7 Teknologi Ini Akan Menolong Spesies Yang Akan Mengalami Kepunahan

Dinasaurus adalah salah satu contoh hewan yang sudah punah di dunia ini. Pada zaman dulu, dinasaurus bisa punah disebabkan oleh meteor yang menabrak bumi. Dengan demikian, spesies dinasaurus menjadi punah karena alam tersebut. Pada saat ini, terdapat beberapa hewan juga yang hampir mengalami kepunahan.

Hal tersebut disebabkan oleh beberapa faktor, contohnya saja manusia yang selalu memburu beberapa spesies hewan tanpa mengembangbiakan hewan tersebut. Jika hewan tersebut punah, tentu saja akan berakibat pada hal lainnya. Dengan demikian banyak manusia yang memutar otak agar kepunahan spesies hewan tertentu tidak terjadi. Berikut ini adalah teknologi yang bisa berfungsi untuk menyelamatkan beberapa spesies hewan dari kepunahan:

7.         Pelacak GPS



GPS tracker adalah sebuah teknologi yang berupa alat yang digunakan untuk melacak suatu benda, contohnya saja untuk melacak keberadaan mobil. Dengan menggunakan GPS tracker, maka mobil yang sudah dipasang GPS tracker tersebut akan lebih aman dari ancaman pencuri. Karena mobil yang sudah dipasang GPS tracker tersebut ketika dicuri, mobil tersebut bisa dilacak keberadaannya. Dengan demikian dipastikan akan lebih aman.

Ternyata teknologi GPS tracker ini, bukan hanya bisa digunakan untuk melacak suatu benda saja, teknologi GPS tracker ini bisa juga digunakan untuk melacak benda-benda hidup seperti hewan. Dengan menggunakan GPS tracker ini, para ilmuwan bisa memonitor hewan-hewan yang hampir punah, sehingga kepunahan dari hewan tersebut bisa dihindari. Hewan-hewan yang hidup di lingkungan yang terpecil bisa dilihat keberadaanya dengan menggunakan teknologi GPS.

Dengan demikian, kita bisa mengetahui di mana letak hewan tersebut. Bukan hanya hewan-hewan yang dilindungi saja yang bisa di ketahui keberadaannya. Hewan-hewan buas yang dapat membahayakan manusia pun bisa di monitoring, sehingga kita bisa menjaga jarak dengan hewan-hewan buas tersebut. Para ilmuwan juga dengan mudah menangkap hewan buas tersebut jika hewan buas tersebut kabur dari hutan dan masuk ke pemukiman warga.

6.         Citra satelit


Teknologi ini juga bisa dimanfaatkan untuk menyelamatkan hewan dari kepunahan. Dengan menggunakan teknologi ini para ilmuwan bisa banyak peluang untuk melakukan konservasi hewan dengan menggunakan teknologi pemetaan satelit, hal ini tentu saja sangat bermanfaat untuk para hewan-hewan tersebut.

Dengan menggunakan teknologi ini, tentu saja para ilmuwan ataupun para ahli biologi bisa melihat lebih dekat habitat atau wilayah hewan tertentu sehingga bisa di ambil datanya dan informasinya. Bahkan dengan menggunakan teknologi yang bisa dikatakan canggih ini, memeriksa kelompok besar hewan bisa dilakukan secara real time. Hal tersebut dikarenakan terdapat satelit yang memungkinkan hal ini. Sehingga setiap ada perubahan, detik itu juga para ilmuwan ataupun para ahli biologi bisa mendapatkan info terbaru.

5.         Terapi gen


Untuk mencegah beberapa hewan mengalami kepunahan akibat dari kematian, para ilmuwan bekerja sama untuk mencegah beberapa hewan mati akibat penyakit. Tasmanian devil adalah hewan yang terkena penyakit kanker wajah menular yang mengakibatkan para ahli zoologi kebingungan sampai sekarang.

Jika para ahli zoologi tidak bisa mengobati hewan Tasmanian devil tersebut, maka hewan tersebut bisa mengalami kepunahan suatu saat nanti akibat dari terkena penyakit. Akhirnya para ilmuwan berhasil menemukan cara untuk mengobati atau menyelamatkan hewan tersebut dengan menggunakan terapi gen. Dengan demikian penyakit yang membuat para ilmuwan tersebut bingung pun dapat teratasi.

4.         Teknologi drone


Zaman sebelum ditemukan peralatan drone, untuk meneliti dan untuk melakukan konservasi hewan, manusia harus mendatangi tempat tersebut, bahkan jika tempat tersebut merupakan tempat yang terpecil. Hal ini tentu saja sangat merepotkan, melelahkan dan memakan waktu. Karena hal ini lah manusia mencari cara agar dapat melakukan konservasi hewan dan melakukan penelitian dengan lebih mudah dari sebelumnya.

Setelah mereka berfikir, ternyata mereka mengetahui bahwa untuk bisa melakukan konservasi dan penelitian, mereka bisa memanfaatkan drone sebagai alat bantu. Peralatan drone yang semakin lama semakin murah dan canggih tentunya akan sangat membantu para ilmuwan untuk melakukan konservasi hewan dan melakukan penelitian.

Teknologi drone digunakan untuk berbagai macam hal, ada yang digunakan untuk mengamati jalan raya, digunakan untuk mengantarkan barang, dan lain-lain. Bahkan sekarang ada drone yang bisa dimanfaatkan untuk konservasi hewan. Dengan menggunakan drone ini, kita dapat merekam video dan mengambil gambar bahkan untuk di daerah yang paling terpecil.

Dengan demikian, kita dapat melakukan pemantauan kondisi-kondisi hewan tersebut. Hal ini tentu saja sangat bermanfaat untuk mencegah spesies tertentu mengalami kepunahan. Drone juga dapat dimanfaatkan untuk perang terhadap perburuan ilegal untuk membantu menangkap gambar kendaraan dan individu yang memburu satwa liar di luar sana.

3.         Koleksi suara


Ada beberapa hal yang penting dalam penelitian dan konservasi hewan. Salah satunya adalah koleksi suara satwa liar seperti contohnya adalah kicauan burung dan vokalisasi.Koleksi suara satwa liar tersebut bisa didapatkan dengan cara mengumpulkannya. Hal tersebut dapat dilakukan dengan cara yang beraneka ragam.

Peneliti yang melakukan penelitian tersebut selain mendapatkan koleksi suara, peneliti tersebut juga mendapatkan data real time tentang statistik dari populasi buru yang berada di seluruh dunia. Hal tersebut tentu saja akan bermanfaat untuk mencegah kepunahan dari salah satu jenis hewan, terutama hewan yang dilindungi. Jika tidak ada teknologi yang sekarang tentunya peneliti akan kesulitan untuk memperoleh dan mengumpulkan data-data tersebut.

2.         Analisis komputer


Seperti yang kita ketahui, komputer adalah sebuah peralatan yang serba guna. Dengan menggunakan komputer kita bisa saja mengolah data, dan lain sebagainya. Peralatan seperti komputer ini ternyata berguna juga untuk meningkatkan populasi satwa liar yang menurun. Dengan menggunakan super komputer, kita bisa mengetahui secara akurat kapan dan dimana hewan dan manusia berselisih satu sama lain.

Dengan mengetahui informasi ini, para peneliti dapat memanfaatkannya untuk melakukan pendekatan yang lebih proaktif untuk mencegah masalah habitat dan juga perilaku. Hal ini tentu saja akan mencegah kepunahan spesies tertentu yang tentu saja akan sangat merugikan manusia jika hal tersebut terjadi.

1.         Sonografi laut


Selain hewan darat yang berpontensi untuk mengalami kepunahan, ternyata hewan yang berada di air seperti hewan yang hidup di lautan juga beresiko untuk mengalami kepunahan. Lautan sekarang beresiko untuk terkena berbagai masalah perubahan iklim dan juga penangkapan ikan yang terlalu berlebihan. Dengan menggunakan peralatan yang bernama Sonografi laut, akan membuat para peneliti mengetahui lebih banyak di bawah permukaan air laut.

Dengan menggunakan alat ini, kita dapat menjelajah kedalaman laut yang tidak dapat dilakukan oleh penyelam. Dengan menggunakan alat ini, kita juga bisa mencegah dari bahaya kedalaman laut, sehingga hal yang tidak diinginkan bisa di hindari. Dengan kata lain peralatan ini merupakan peralatan yang dapat mencegah kepunahan suatu spesies.