6 Teknologi Modern Yang Bisa Membantu Meningkatkan Penjualan Produk

Dalam dunia bisnis atau dunia usaha, meningkatkan penjualan merupakan sesuatu hal yang harus dilakukan. Hal ini dikarenakan meningkatnya penjualan berbanding lurus dengan keuntungan yang didapat. Semakin besar penjualannya maka keuntungan yang di dapat besar juga. Begitu pun sebaliknya, jika penjualan kecil, maka keuntungan yang di dapat kecil pula. Oleh karena itu dibutuhkan berbagai macam strategi untuk meningkatkan penjualan kita. Untuk dapat meningkatkan penjualan dibutuhkan strategi, salah satunya strategi marketing dan juga pendekatan kepada costumer. Pendekatan kepada costumer merupakan sebuah strategi penting untuk bisnis anda.

Banyak costumer saat ini yang lebih tertarik untuk membeli barang-barang dari media online dibandingkan dengan membeli langsung. Hal tersebut dikarenakan membeli online dianggap lebih pratkis dibandingkan dengan membeli secara langsung. Membeli barang secara online juga dapat menghemat biaya. Hal tersebut dikarenakan kita tidak perlu mengeluarkan uang untuk pergi ke mall atau pun kepasar yang tentu saja hal tersebut akan mengeluarkan ongkos perjalanan.

Walaupun membeli online tetap ongkos kirim, tetapi ongkos kirim yang dikeluarkan lebih kecil dibandingkan dengan ongkos perjalanan jika kita pergi ke mall. Bahkan dalam suatu kasus ongkos kirim tersebut terkadang digratiskan oleh penyedia toko online karena suatu sebab (promo dan sebagainya). Sehingga itu adalah sebagian alasan mengapa orang lebih tertarik membeli barang secara online dibandingkan pergi ke toko fisik seperti mall dan pasar.

Melihat banyaknya minat masyarakat untuk membeli berbagai macam produk dari internet (toko online) maka strategi marketing pun harus dirubah. Mau tidak mau, kita harus menggunakan teknologi untuk meningkatkan penjualan kita. Oleh karena itu penggunaan teknologi dianggap sebagai suatu solusi untuk meningkatkan penjualan kita.

Dengan menggunakan teknologi secara maksimal, bisa dipastikan penjualan akan meningkat. Tidak sedikit orang yang mendapatkan untung jutaan rupiah bahkan puluhan juta rupiah perbulan hanya dari bisnis online saja. Oleh karena itu peningkatan penggunaan teknologi merupakan salah satu strategi marketing yang bagus.

6.         Sosial media


Seperti yang kita ketahui bahwa ada banyak media sosial pada saat ini yaitu Facebook, Twitter, Instagram dan lain sebagainya. Pada awalnya media sosial tersebut digunakan untuk mencari teman dan agar komunikasi dengan teman-teman menjadi lancar. Tapi ternyata media sosial tersebut dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan penjualan dan untuk meningkatkan bisnis.

Anda bisa berkomunikasi dengan costumer anda melalui media sosial, anda bisa memasarkan dan menawarkan produk terbaru kepada costumer dan anda bisa memperbesar penjualan anda. Bahkan anda bisa menjangkau pasar ke seluruh dunia dengan menggunakan media sosial. Dengan demikian tentunya media sosial merupakan sebuah teknologi yang bisa dikatakan teknologi yang bisa meningkatkan penjualan.

5.         Web dan mobile platform


Munculnya teknologi komputer dan teknologi smartphone yang terhubung dengan internet pada saat ini juga merubah cara belanja orang-orang. Banyak orang yang belanja menggunakan toko online dikarenakan lebih praktis dan juga karena alasan lainnya. Toko online ini tentunya sangat berkaitan dengan website dan juga aplikasi mobile. Karena toko online berkaitan dengan pemasaran lewat website dan juga aplikasi mobile.

Walupun marketplace sudah dapat menggantikan penggunaan website sebagai toko online seperti marketplace tokopedia, bukalapak, shopie, dan lain sebagainya, tapi penggunaan website sebagai toko online masih tetap perlu. Hal tersebut dikarenakan untuk membangun image professional kepada para costumer, karena marketplace seperti tokopedia dan yang lainnya memiliki tampilan dan fitur yang tidak bisa di customize (dirubah-rubah). Sedangkan website dan mobile platform bisa dirubah sesuai dengan keinginan.

4.         Sistem membership


Dengan munculnya teknologi komputer dan teknologi internet pada saat ini, maka bermunculan teknologi-teknologi lainnya yang berhubungan. Salah satunya adalah teknologi membership. Dengan menggunakan membership, costumer dapat mendaftar di formulir pendaftaran dengan melakukan persyaratan tertentu (misalnya membayar sejumlah uang pendaftaran) sehingga costumer yang sudah mendaftar tesebut akan mendapatkan potongan harga atau diskon ketika berbelanja di website anda. Dengan demikian costumer tersebut akan berfikir bahwa berbelanja di toko anda memiliki keuntungan tersendiri.

3.         Mobile payment


Jika anda menyadari berjualan atau berdagang secara online merupakan hal yang menguntungkan, maka anda juga bisa memanfaatkan teknologi mobile payment atau pembayaran mobile. Hal tersebut mempunyai tujuan agar costumer tersebut akan bisa melakukan pembayaran produk tanpa adanya jeda, sehingga setelah dia memilih produk yang ingin dibelinya, dia kemudian bisa langsung melanjutkan pembayaran dengan sangat mudah.

Dengan adanya kemudahan seperti ini, tentunya hal tersebut tentunya akan menjadi sebuah daya tarik tersendiri untuk costumer anda. Sebenarnya teknologi ini sudah dimanfaatkan oleh banyak marketplace, contohnya saja tokopedia, shopie, bukalapak dan lain sebagainya. Anda juga bisa memanfaatkan teknologi ini untuk memperluas penjualan anda dan juga meningkatkan costumer anda.

2.         Free wi-fi


Sejak munculnya teknologi internet, maka muncul juga sebuah kecanduan baru yang disebut kecanduan internet. Internet merupakan sebuah kebutuhan sekarang. Hal tersebut adalah hal yang wajar mengingat untuk dapat melakukan berbagai macam aktifitas kita memerlukan bantuan internet. Contohnya saja untuk memperoleh informasi akan suatu hal, untuk menonton video, untuk berjualan, dan lain sebagainya.

Bahkan ada yang membutuhkan internet dalam pekerjaannya. Oleh karena itu internet tersebut mempunyai nilai tersendiri dalam masyarakat. Menyediakan wi-fi gratis adalah salah satu penarik pengunjung atau costumer untuk berada di dalam tempat jualan anda. Dengan demikian anda akan memiliki peluang untuk mendapatkan keuntungan lebih besar lagi.

1.         Blog dan vlog


Seperti yang kita ketahui bahwa bisnis online bisa kita lakukan dengan berjualan melalui marketplace dan juga melalui website dan aplikasi mobile. Kita juga bisa berjualan online lewat blog dan vlog. Banyak orang yang tidak mengetahui perbedaan blog dan website. Mereka menganggap bahwa website dan blog adalah dua hal yang sama, padahal keduanya berbeda. Website adalah versi professionalnya.

Dengan kata lain dengan menggunakan website kita bisa membuat tampilan sesuka hati kita, hal tersebut tentunya jika kita mengerti dan memahami bahasa pemrogramman. Sedangkan blog kita tidak bisa membuat tampilannya sesuka hati kita, karena blog tersebut sudah menyediakan template yang tampilannya sudah dibuat oleh orang lain. Dan juga terdapat perbedaan perbedaan lainnya yang bisa anda cari sendiri di Google. Sedangkan Vlog adalah kepanjangan dari Video Blog, yaitu sebuah video yang menjelaskan tentang produk anda.

Dengan memanfaatkan Blog dan Vlog diharapkan penjualan dari produk ada akan semakin besar lagi, hal tersebut dikarenakan  costumer yang melihat blog dan vlog anda akan lebih mengetahui lebih banyak lagi tentang kelebihan dan keuntungan membeli produk tersebut, sehingga mendorong atau memotivasi mereka untuk membeli produk tersebut. Hal ini lah salah satu kelebihan dari memanfaatkan teknologi blog dan vlog.