Smartwatch Layak kah di Beli?

Apakah anda menggunakan jam tangan? Jam tangan biasa atau smartwatch? Apakah anda tertarik untuk menggunakan jam tangan pintar (smartwatch)? Menggunakan smartwatch memang kekinian tapi apakah itu layak dibeli? Pada kesempatan kali ini penulis akan mencoba mengupas kelebihan dan kekurangan dari smartwatch.

Smartwatch, siapa yang tidak tahu? Pasti semuanya tahu dengan gadget ini. Jika tidak berarti anda kurang membaca dan menonton tv. Sejarah smartwatch sebenarnya panjang. Untuk menciptakan smartwatch yang canggih seperti sekarang dibutuhkan waktu bertahun-tahun.

Jam Quartz adalah smartwatch pertama. Jam ini mempunyai layar LCD (liquid cristal display) yang dapat menunjukkan angka-angka. Pada tahun 1982 Saiko membuat jam tangan TV pertama di dunia, Saiko TV Watch. Teknologi LCD membuat pengguna dapat melihat angka-angka dan bahkan grafik dari sebuah jam saja. Tetapi jam ini tidak dapat menyimpan data. Lalu Saiko membuat mengembangkan jam tangannya dan diberi nama Seiko data-2000, jam ini bisa menyimpan data-data anda. Lalu perkembangan jam pintar dikembangkan lagi sehingga muncullah jam seperti yang sekarang.

Bagi sebagian orang, smartwatch sama seperti jam biasa yang hanya mempunyai kelebihan untuk menunjukkan jam saja, tapi ternyata jam ini pernah menyelamatkan hidup orang lain. Breitling Emergency Watch adalah sebuah jam yang dapat memancarkan sinyal darurat sepanjang 90 mil laut. Pada tahun 2003, dua orang pilot asal Inggris diselamatkan oleh Breitling Emergency Watch yang mengalami kecelakaan. 

Lalu muncul pertanyaan, apakah produk smartwatch akan menggeser posisi smartphone dan tablet? Jawabannya mungkin bisa dan mungkin tidak. Kalau tidak bisa, kenapa tidak bisa? Smartwatch masih memiliki beberapa kelemahan. Sehingga dengan kelemahan itu, sepertinya sulit smartwatch untuk bersaing dengan smartphone. 

Berikut ini adalah kelebihan dan kekurangan dari smartwatch. Saya akan menjabarkannya satu persatu. Kelebihan dari smartwatch adalah:

4. Alat olahraga (pengukur langkah kaki)


Pekerjaan zaman sekarang yang lebih banyak di depan komputer membuat olah raga menjadi lebih penting dari sebelumnya. Jika kita kerja duduk terus di depan komputer tanpa memperdulikan kesehatan, maka suatu saat kita akan menjumpai masalah kesehatan, kesehatan itu adalah harta yang tak ternilai. 

Olah raga yang paling praktis adalah jalan. Bahkan di dalam rumah pun anda bisa Olahraga berjalan kaki. Olah raga jalan kaki yang direkomendasikan adalah 7000 langkah sampai 8000 langkah perhari. Bahkan ada beberapa pakar yang mengatakan bahwa 10.000 langkah tiap hari akan benar-benar meningkatkan kesehatan kita. Bagaimana caranya kita mengetahui sudah berapa langkah kaki kita berolahraga​? Caranya cukup mudah yaitu dengan menggunakan padometer. Alat ini sudah tertanam di smartwatch. Dengan membeli smartwatch berarti anda sudah otomatis membeli fitur ini.

3. Selalu terhubung.


Jika anda bekerja di sebuah kantor, anda diharuskan untuk selalu mengetahui pesan yang datang baik itu dari bos atau pun dari client. Jika pesan tersebut tidak dibaca atau tidak ditanggapi, maka bos atau client akan marah ke kita. Untuk menghindari kelalaian dan kelupaan itu, bisa dilakukan dengan smartwatch. Smartwatch yang terhubung dengan smartphone akan selalu mendapatkan notifikasi langsung ketika ada pesan masuk sehingga kita tidak lalai untuk segera menindaklanjuti pesan yang masuk itu. 

2. Praktis. 


Karena smartwatch selalu terhubung dengan smartphone, menyebabkan smartwatch mendapatkan selalu notifikasi ketika ada pesan yang masuk. Anda tidak perlu mengeluarkan hp untuk mengecek pesan yang masuk. Sehingga jika ada rapat atau sedang bertemu dengan orang penting, anda bisa mengecek pesan masuk tanpa diketahui oleh orang itu.

1. Memiliki tampilan dan wallpaper yang banyak.


Ketika kita membeli jam tangan biasa, kita hanya bisa melihat 1 tampilan saja. Tapi dengan menggunakan smartwatch, kita bisa mengubah tampilan-tampilan hp sesuka hati kita. Ada banyak pilihan tampilan yang bisa dipilih oleh kita sehingga kita tidak bosan.

Selain memiliki beberapa kelebihan, smartwatch juga memiliki beberapa kekurangan, diantaranya:

5. Memiliki fitur yang kurang banyak.


Smartwatch masih memiliki fitur yang tidak sebanyak smartphone. Jika smartphone bisa memasukkan ribuan aplikasi ke dalam handphonenya maka smartwatch hanya memiliki beberapa aplikasi saja.Hal ini menjadi kekurangan yang besar, karena jika hp hanya mempunyai fitur yang sedikit, maka ini sama saja seperti jam biasa.

4. Harganya masih tergolong mahal.


Berapa harga smartwatch? Bervariasi. Ada yang mahal dan ada yang murah. Tapi semurah-murahnya smartwatch, kita harus keluar uang sekitar ratusan ribu rupiah. Ratusan ribu rupiah dengan fitur seadanya jika dibandingkan dengan jam biasa bisa didapatkan dengan harga 50.000 saja, maka smartwatch ini tergolong mahal. 

Samsung galaxy gear mematok harga sekitar 3,5 - 5 juta untuk satu smartwatch-nya. Harga sekian bisa digunakan untuk membeli handphone yang lumayan canggih.

3. Daya tahan baterai yang lemah.


Kemampuan dari baterai smartwatch pun masih bisa dibilang lemah. Menurut sebuah riset, baterai smartwatch yang paling tahan lama hanya bisa bertahan sekitar 10 jam. Hal ini di karenakan smartwatch hanya mempunyai kapasitas baterai yang sedikit.

2. Membutuhkan sebuah handphone untuk terhubung.


Smartwatch hanya akan menjadi jam biasa tanpa kemampuan yang berarti tanpa sebuah handphone. Smartwatch tidak bisa menerima pesan (notifikasi), smartwatch tidak bisa menjawab panggilan telepon masuk, smartwatch tidak bisa mendengarkan musik jika tidak terhubung ke handphone. Jadi kita harus memiliki handphone yang harganya ratusan ribu sampai jutaan jika kita ingin menikmati fitur dari smartwatch. Contohnya adalah smartwatch buatan Apple, iWatch. iWatch harga di pasaran sekitar 3 jutaan. Tentunya untuk bisa menggunakan fitur dari iWatch secara maksimal, kita harus memiliki handphone iPhone terlebih dahulu. Sedangkan handphone iPhone itu sendiri harganya mahal. Tapi jika anda memang termasuk golongan orang yang mampu, maka silahkan untuk membeli iWatch.

Banyak orang yang tidak mengetahui bahwa smartwatch iWatch tidak bisa digunakan untuk handphone jenis android. Mereka berfikir bahwa handphone iWatch bisa digunakan untuk jenis handphone yang lain. Akibat dari pikiran ini, banyak dari mereka yang tidak bisa menikmati fitur secara maksimal dari smartwatch iWatch.

1. Sulit diperbaiki.


Jika handphone anda rusak, dimana anda harus memperbaiki handphone anda? Ada banyak tukang servis handphone, tapi kalau tukang servis smartwatch? Apakah ada? Setahu saya yang ada adalah tukang servis jam tangan (biasa). Lalu kalau tukang servis smartwatch ada, berapakah harganya? Jangan-jangan harga perbaikannya mahal. Kalau servis smartwatch tidak ada, kalau smartwatch rusak diapakan smartwatch-nya? Apakah di lem biru (lempar beli yang baru)?

Kesimpulannya selidiki terlebih dahulu, apakah anda benar-benar membutuhkan smartwatch atau tidak? Anda juga harus hati-hati menjadi konsumtif, jangan sampai anda besar pasak dari pada tiang. Anda harus ukur kemampuan ekonomi anda, jangan sampai anda membeli barang yang tidak anda butuhkan sedangkan barang yang lebih anda butuhkan tidak mampu anda beli.