3 Inovasi Teknologi Keren Yang Mungkin Belum Kamu Ketahui

Teknologi semakin lama semakin keren dan semakin maju. Dengan kemajuan teknologi yang semakin pesat sekarang, sudah banyak alat-alat yang ditemukan. Alat-alat ini akan mempermudah manusia untuk menyelesaikan sesuatu pekerjaan. Tetapi ada beberapa teknologi yang belum banyak diketahui oleh banyak orang.

Padahal teknologi ini bisa membantu untuk membantu pekerjaan-pekerjaan manusia atau untuk mempermudah pekerjaan manusia.  Hal ini mungkin dikarenakan bahwa banyak yang menganggap bahwa teknologi ini adalah fiksi atau hanya bisa terjadi di khayalan saja. Padahal teknologi ini benar-benar sudah ada di dunia nyata.

3.       Structure Sensor


Alat ini adalah alat yang digunakan untuk menyalin objek tiga dimensi  apapun yang kita mau. Jadi kita tidak perlu membuat objek tiga dimensi lagi jika kita ingin membuat sebuah objek tiga dimensi (contohnya patung). Alat ini diciptakan memang khusus untuk mobile divice. Jadi objek tiga dimensi dapat kita salin dan kita masukkan kedalam smartphone atau kedalam tablet kita dengan mudah. Selain dapat dihubungkan dengan smartphone kita, kita dapat memasukkan objek tiga dimensi tersebut kedalam micro USB. Kita bisa juga menshare object tersebut keorang lain. Lalu ketika kita berhasil menyalin objek tiga dimensi tersebut, kita bisa langsung mencetaknya menggunakan printer tiga dimensi.

Dengan menggunakan alat ini, tentu saja membuat objek tiga dimensi menggunakan printer tiga dimensi menjadi lebih mudah. Kita tidak perlu membuat dari awal atau mendesain dari awal objek tiga dimensi tersebut. Kita hanya cukup menyalin objek yang ingin kita print dengan menggunakan printer tiga dimensi. Hal ini sangat praktis sekali.

Dengan menggunakan alat ini, kita juga bisa memainkan sebuah game yang berbasis augment reality. Jadi bukan hanya untuk menyalin atau menscan objek tiga dimensi saja.

Tetapi yang disayangkan adalah smartphone yang bisa kita gunakan untuk menggunakan alat ini adalah ipad saja. Karena hanya ipad yang mendukung structure sensor. Sedangkan smartphone lain tidak mendukung alat sensor ini. Sehingga jika ada yang menginginkan untuk menggunakan alat ini, seseorang tersebut harus membeli ipad terlebih dahulu.

2.       Luna 360 Camera

Seiring perkembangan zaman kamera di dunia, sekarang lahir kamera yang dapat merekam 360 derajat. Kamera ini sudah ada saat ini, meskipun kamera ini masih sangat jarang di Indonesia (beberapa orang di Indonesia sudah memilikinya). Namun demikian, alat ini sebenarnya kamera 360 sudah populer di negara-negara lain seperti di negara Jepang. Banyak orang Jepang yang sudah menggunakan kamera ini. Hampir disetiap jalan, anda akan menemukan beberapa orang yang menggunakan kamera 360 derajat ini di negara Jepang. Hal ini berbanding terbalik jika dibandingkan dengan negara Indonesia yang masih sedikit dalam menggunakan kamera ini.

Kamera 360 derajat juga semakin lama semakin canggih. Contohnya saja kamera Luna 360. Kamera ini adalah kamera 360 derajat yang merupakan kamera terkecil di dunia. Dengan menggunakan kamera ini kamu bisa membuat foto 360 derajat atau bahkan video 360 derajat dengan sangat mudah. Kamera ini juga termasuk kamera yang canggih. Karena kamera ini dapat merekam foto dan video 360 derajat tanpa adanya blindspot. Hasil rekaman kamera ini jika dibandingkan dengan hasil rekaman dari camera termahal maka kamera Luna 360 derajat adalah kamera yang baik. Untuk bisa membuat kamera seperti ini, diperlukan tahap pengembangan yang bisa dibilang cukup panjang.

Karena ukurannya yang sangat kecil (hanya sebesar bola biliar). Maka sangat mudah sekali untuk membawa kamera ini. Berapa besar ukuran bola biliar? Ukurannya kurang lebih berdiameter sekitar 6 cm. Dengan ukuran seperti ini, kita bisa memasukkan kamera ini ke saku celana kita yang bahkan mempunyai ukuran saku celana yang kecil sekali pun.

Untuk daya tahan, tidak usah diragukan lagi. Alat ini, mempunyai daya tahan yang cukup luar biasa. Alat ini merupakan alat kamera yang tahan terhadap air (fitur IP68 waterproof). Dengan adanya fitur ini, kita tidak perlu takut jika kita memasukkan alat ini ke saku celana atau saku kemeja lalu tiba-tiba hujan turun sedangkan kita tidak membawa payung. Bukan hanya itu, alat ini bisa dibilang alat yang mampu bertahan diruangan yang cukup ekstrim.

Kamera Luna 360 ini juga mendukung wi fi. Dengan adanya wi fi, maka kamera ini dapat dengan mudah dihubungkan ke handphone smartphone kita dengan sangat mudah. Selain itu, fitur yang dimiliki oleh kamera Luna 360 ini adalah dapat menyimpan lokasi dimana pengguna menggunakan alat ini untuk merekam, serta kapan pengguna menggunakan alat ini. Fitur wireless transfer data juga dimiliki oleh alat ini. Hal ini memudahkan kita untuk melakukan pemindahan data. Tidak ketinggalan fitur live streaming dapat menjadi nilai tambah untuk alat ini. Jadi dengan menggunakan alat ini, kita tidak perlu repot untuk memindahkan data.

Alat ini sudah mendukung android dan ios. Dengan menggunakan alat kamera Luna 360 ini, kita bisa menghubungkannya ke smartphone, tablet bahkan kita bisa menghubungkannya ke heanset VR Google cardboard. Alat ini dilengkapi dengan transfer magnetic adaptor yang berfungsi untuk charging device dan juga untuk media transfer file.

1.       Knocki

Dengan menggunakan alat ini, kita bisa merubah semua benda di sekitar kita menjadi remote control. Benda-benda tersebut bisa kita kontrol atau kita kendalikan jika benda tersebut terhubung dengan alat ini melalui perantara wi-fi. Dengan menggunakan alat ini, kita bisa menyalakan lampu, smart tv, bahkan kita bisa menyalakan alarm jika ada orang yang mengetuk di depan rumah. Alat Knocki ini bisa anda tempel di mana saja, anda bisa menempelkannya di meja, dinding, ataupun di pintu, sangat praktis sekali.

Tetapi benda ini hanya bisa mengendalikan benda-benda yang terhubung dengan konsep internet of things, dengan kata lain, hanya smart object yang dapat dihubungkan dan dikendalikan oleh benda ini. Salah satu contohnya, jika anda ingin membuat kopi dengan mudah, anda cukup menghubungkan benda ini dengan mesin pembuat kopi otomatis lalu ketukkan beberapa kali, maka mesin knocki akan membuat mesin pembuat kopi secara otomatis hidup dan membuatkan kopi spesial untuk anda tanpa perlu anda bangun membuka mata ataupun pergi menuju mesin kopi untuk membuat kopi, anda hanya memerlukan ketukan.

Uniknya, dengan menggunakan alat ini, kita bisa menghubungkan banyak benda (bukan satu benda saja), jadi kita bisa dengan sangat praktis mengatur benda-benda disekitar kita. Caranya adalah alat ini dihubungkan dengan benda tersebut, lalu setting alat tersebut berapa kali ketukan akan memicu benda yang sudah kita tentukan tersebut. Jadi setiap ketukan menjadi sebuah kode untuk menggerakan benda-benda tertentu. Hal ini merupakan hal yang sangat praktis dan sangat menyenangkan.