5 Teknologi Televisi Yang Akan Hadir di Masa Yang Akan Datang

Seiring perkembangan teknologi yang semakin lama semakin berkembang. Maka televisi juga akan semakin maju atau berkembang. Zaman dulu contohnya TV masih menggunakan televisi hitam putih. Maka sekarang televisi sudah menggunakan televisi berwarna yang menggunakan layar datar dan mempunyai diameter yang tipis. Bahkan ada sekarang televisi yang resolusinya​ sudah 4K. Dengan demikian televisi sekarang nyaman dan menyenangkan untuk di saksikan. Tapi suatu saat nanti, televisi akan semakin canggih lagi sehingga diharapkan akan lebih menghibur dibandingkan dengan televisi zaman sekarang. Hal tersebut kemungkinan besar akan terjadi.

Televisi itu sendiri adalah suatu alat elektronik sebagai media telekomunikasi yang berfungsi untuk menerima suara dan gambar bergerak. Televisi ada yang berwarna dan juga ada yang hitam putih. Televisi merupakan dua kata gabungan dari bahasa Yunani dan Latin yaitu tele dan visio. Tele yang berasal dari bahasa Yunani mempunyai arti jauh, sedangkan visio yang merupakan bahasa Latin mempunyai arti penglihatan.

Sehingga jika digabungkan akan menjadi alat komunikasi jarak jauh dengan menggunakan media penglihatan. Tapi ternyata televisi di masa depan mungkin akan mengalami sedikit perubahan arti, mengingat bahwa teknologi televisi akan semakin berkembang lagi di masa yang akan datang. Jadi bisa saja kemampuan dari televisi akan berkembang. Berikut ini adalah teknologi televisi yang akan hadir di masa yang akan datang:

5. Televisi dengan kemampuan 3D



Ketika film Avatar ditayangkan di bioskop-bioskop​. Bahkan film Avatar ditayangkan di bioskop 3D. Maka pada saat itu kepopuleran bioskop dengan format 3D sudah mulai berkembang. Lalu beberapa tahu kemudian muncul televisi yang mempunyai software 3D di dalam televisi tersebut.

Jika kita sekarang menggunakan televisi berwarna dengan menggunakan LED ataupun LCD. Maka di masa yang akan datang teknologi televisi akan semakin maju lagi. Televisi ada kemungkinan akan menggunakan teknologi 3D. Bahkan nanti ada televisi yang bisa menyaksikan tayangan 3D tanpa menggunakan kacamata khusus. Hal ini membuat televisi akan semakin menghibur dan akan semakin menarik untuk dilihat. Selain dari pada itu hal ini juga membuat nilai tambah orang-orang untuk membeli televisi. Walaupun demikian membuat televisi menjadi 3D akan menimbulkan beberapa masalah yang mungkin saja bisa diselesaikan.

Contohnya saja untuk berita dan film dokumenter akan sulit untuk menerapkan efek 3D. Tetapi untuk olahraga dan film hal tersebut sangat mungkin untuk diterapkan pada televisi tiga dimensi. Hal ini mungkin saja akan menjadi hal yang populer di masa yang akan datang mengingat bahwa hal ini berdasarkan pengalaman di berbagai negara beberapa tahun belakangan ini ada stasiun tv yang menyiarkan siaran televisi di beberapa bioskop 3D, yaitu siaran sepak bola dan olahraga lainnya.

4. Televisi dengan aroma


Jika zaman dulu televisi hanya bisa menggeluarkan gambar dan suara saja. Sekarang teknologi bisa menciptakan hal yang dulu tidak bisa diciptakan, contohnya saja misalnya televisi dengan teknologi gambar 3D. Pada zaman ini malah keluar televisi yang lebih canggih lagi yaitu televisi yang bisa mengeluarkan aroma. Sebenarnya teknologi yang bisa mentransfer aroma merupakan teknologi fiksi ilmiah yang ada didalam film-film pada abad kedua puluh. Namun beberapa tahun kemudian, hal tersebut masih belum dapat terealisasi. Tapi pada tahun sekarang ada tanda-tanda bahwa teknologi  televisi yang dapat mentransfer aroma berhasil untuk diciptakan. Dengan adanya teknologi televisi yang bisa mentransfer aroma maka teknologi ini diberi nama teknologi Smell-o-Vision yang dikembangkan oleh peneliti yang berasal dari Tokyo Jepang.

Dengan adanya televisi ini, akan ada alat tambahan yang terhubung dengan televisi yang berbentuk kapsul aroma yang akan mengeluarkan aroma ketika kapsul aroma tersebut di panaskan dengan suhu tertentu. Penonton dapat merasakan udara sentrifugal yang beraroma ke arah penonton. Dengan demikian penonton bisa saja merasakan aroma dari tayangan yang disiarkan di televisi. Coba bayangkan jika hal tersebut dapat diciptakan dan sempurna. Tentunya jika ada acara memasak di televisi, kita bisa mencium bau aroma dari masakan tersebut sehingga akan menggugah selera orang yang menonton acara televisi tersebut.

3. Robot presenter


Jika teknologi robotika di negara Jepang sudah digunakan sebagai resepsionis dan juga sebagai pengantar tamu, pembersih hotel dan pelayan. Maka suatu saat nanti teknologi robotika juga akan digunakan untuk presenter di televisi. Dengan menggunakan robot ini, pekerjaan sebagai manusia sebagai presenter akan bisa digantikan oleh robot. Dengan tampilan yang sangat menyerupai manusia normal, robot ini jika dilihat secara sepintas tidak mirip seperti robot dan sangat mirip dengan manusia normal. Selain itu, mereka juga dapat berbicara layaknya manusia dengan menggunakan suara dalam berbagai macam intonasi suara. Dan jika ingin di setel, robot tersebut dapat berbicara dalam bahasa yang lain.

Para ilmuwan di Jepang sekarang sudah menciptakan banyak robot presenter yang memiliki penampilan yang berbeda-beda. Diharapkan di masa yang akan datang robot ini akan semakin maju dan akan menggantikan presenter manusia. Tentunya tema dan baju yang dikenakan oleh robot ini disesuaikan dengan tema berita yang dibawakannya. Tapi hal ini masih merupakan pengujian di negara Jepang sana. Tidak menutup kemungkinan bahwa teknologi ini akan digunakan untuk negara-negara lain di dunia. Jika demikian akan ada satu pekerjaan lagi yang tidak akan membutuhkan bantuan manusia.

2. Personalized TV Social TV


Jika televisi yang kita saksikan zaman sekarang hanya bisa satu arah dan kita hanya bisa menontonnya saja. Dimasa yang akan datang, kita tidak hanya bisa menonton televisi saja. Kita bisa juga saling berinteraksi dengan menggunakan televisi. Dengan menggunakan internet televisi yang terhubung dengannya akan menjadi televisi yang bisa berubah menjadi TV social. Dengan teknologi ini, kalian bisa saling berkomunikasi satu sama lain dan memberikan komentar dengan fitur chat room dan juga forum yang terpisah. Dengan menggunakan TV sosical anda bisa memberikan komentar dan saran terhadap apapun yang berada di televisi. Walaupun sebenarnya teknologi ini sudah ada di platform YouTube.

1. Siaran langsung  dengan smartphone


Televisi zaman dulu sampai bahkan sekarang ini jika ingin menyiarkan siaran secara langsung membutuhkan peralatan yang tidak sedikit atau bisa dikatakan banyak. Dengan teknologi yang semakin berkembang dan dunia internet yang semakin lama semakin cepat, wartawan akan memungkinkan untuk melakukan siaran langsung dengan menggukan ponsel atau smartphone. Sekarang dengan menggunakan smartphone maka hal tersebut bisa dilakukan dengan mudah.

Tentunya jika hal tersebut bisa dilakukan, maka akan semakin fleksibel lagi dalam menyiarkan berita. Dengan demikian, jika kita ingin menyiarkan berita di tempat terpecil yang terbatas, pihak televisi tetap bisa melakukan siaran langsung dengan menggunakan smartphone yang berukuran sangat kecil. Meskipun demikian peralatan smartphone saat ini belum bisa menyamai kamera besar yang digunakan oleh wartawan. Diharapkan dihari yang berikutnya, masalah ini bisa teratasi.