Hal-Hal Yang Membuat Teknologi Berkembang Sangat Pesat

Seperti yang telah kita ketahui, bahwa perkembangan teknologi sangat pesat saat ini. Hal tersebut disebabkan oleh salah satunya perkembangan komputer pada saat ini. Tanpa perkembangan komputer seperti sekarang ini, maka teknologi tidak akan semaju sekarang. Hal ini dikarenakan hampir semua orang menggunakan teknologi komputer.

Mulai dari anak kecil, orang dewasa, hingga para professional. Perkembangan komputer pun akan semakin maju di masa yang akan mendatang, hal ini merupakan kenyataan yang tidak bisa dibantah. Hal ini dikarenakan bahwa semakin banyak kebutuhan manusia yang semakin kompleks dan semakin rumit. Selain itu ada banyak hal yang menyebabkan teknologi komputer akan berkembang semakin pesat di kemudian hari.

7.         Kebutuhan waktu


Salah satu yang terpenting dari teknologi komputer adalah kecepatan. Semakin cepat sebuah komputer maka semakin berguna komputer tersebut. Hal itu dikarenakan manusia membutuhkan segalanya menjadi serba cepat. Salah satu contohnya adalah ketika anda menginginkan untuk membeli sebuah barang dari sebuah smartphone anda, maka barang tersebut bisa didapatkan tanpa harus mendatangi tokonya langsung.

Bayangkan jika smartphone atau PC anda lemot atau lelet? Tentunya aktifitas belanja online akan menjadi terganggu bukan? Dan orang-orang akan kesulitan untuk berbelanja karena kurang canggihnya atau cepatnya komputer atau smartphone tersebut. Tentunya itu adalah salah satu contoh saja, ada contoh lain yang menyebabkan bahwa kebutuhan waktu merupakan kebutuhan yang berhubungan dengan perkembangan komputer pada saat ini.

6.         Kebutuhan fasilitas yang canggih


Coba difikirkan apa yang dibutuhkan dari sebuah komputer? Yang dibutuhkan dari sebuah komputer adalah fasilitas yang canggih yang dimiliki komputer tersebut. Karena manusia sangat membutuhkan fasilitas yang canggih untuk menunjang pekerjaannya.

Contohnya saja ketika manusia menginginkan untuk menulis sebuah artikel, jika menggunakan mesin tik yang jadul, maka akan ada beberapa hal yang menyusahkan. Bagaimana jika mengetik terlalu cepat sehingga tombol di mesin tik tersebut tersangkut? Bagaimana jika terdapat kesalahan dalam melakukan pengetikan ketika menggunakan mesin tik? Tentunya masalah tersebut akan mudah diatasi ketika kita menggunakan komputer.

5.         Kebutuhan karena usaha atau bisnis


Dengana adanya teknologi komputer saat ini, maka berpengaruh juga terhadap dunia bisnis atau usaha. Dengan adanya komputer dan internet pada saat ini, seseorang bisa membuat toko online, atau online shop. Dengan demikian maka seseorang bisa membeli berbagai macam kebutuhan barang tanpa harus menggunjungi toko fisik atau mall. Bahkan dengan berbelanja online, seseorang bisa mencari barang-barang yang unik yang sulit untuk dibeli di toko fisik, misalnya saja untuk membeli buku yang langka di pasaran. Tapi ketika berbelanja online, buku tersebut bisa didapatkan dengan mudah.

Teknologi komputer juga bisa mempermudah transaksi antara pihak penjual dan pembeli. Contoh konkritnya adalah pada bidang usaha keuangan atau bank yang memanfaatkan internet dalam melakukan transaksi perbankan. Bahkan sekarang muncul teknologi uang digital dan sebagainya yang dapat mempermudah dalam transaksi. Sehingga teknologi uang digital tersebut membuat penjual tidak perlu mengeluarkan uang kembalian jika pembeli tersebut membeli sesuatu. Dan pembeli juga tidak perlu menyediakan uang pas (fisik) ketika penjual tidak memiliki kembalian. Hal tersebut tentu akan menjadikan transaksi menjadi lebih praktis. Tetapi itu adalah sebagian kecil saja dari manfaat dari teknologi komputer untuk bisnis.

4.         Kebutuhan akan tingginya permintaan dan penawaran


Seperti yang kita ketahui, di dalam toko online banyak permintaan dan penawaran yang datang dari konsumen atau dari pelanggan. Teknologi komputer tentu saja akan mempermudah dalam mengatasi banyaknya permintaan dan penawaran yang datang dari konsumen tersebut.

Hal tersebut sangat menguntungkan, karena penjual dapat menawarkan barang lewat online tanpa harus tatap muka atau secara langsung kepada konsumen sehingga selain hemat waktu anda juga menghemat ongkos kirim. Bahkan ada beberapa orang yang kaya raya dari jualan online. Hal tersebut sangat hebat mengingat untuk dapat melakukan hal tersebut tidak perlu untuk bertatap muka dan hanya berada di depan komputer saja.

3.         Kebutuhan akan hobi


Seperti yang kita ketahui, manusia adalah satu-satunya makhluk yang berakal. Karena manusia adalah makhluk yang berakal, maka manusia memiliki hobi yang beraneka ragam dan beraneka jenis. Contohnya saja manusia hobi bermain sepak bola, bermain bola basket, bahkan bermain komputer. Bahkan bermain komputer merupakan aktifitas yang sangat mengasyikan.

Tidak heran perusahaan game komputer membuat beraneka ragam jenis permainan komputer atau game komputer. Itu karena banyaknya permintaan akan permainan atau game komputer. Bayangkan game GTA V dapat meraup untung miliaran rupiah (jika dikonversi ke rupiah) dalam waktu 1 hari saja. Artinya peminat game sangat banyak sekali. Inilah yang menyebabkan teknologi komputer akan selalu berkembang.

2.         Kebutuhan akan informasi


Zaman dahulu, informasi hanya bisa didapat dari majalan dan koran saja. Tetapi sejak muncul teknologi internet, maka informasi menjadi lebih mudah gampang di dapat. Anda bisa dengan mudah mencari informasi lewat Google search dan juga lewat YouTube. Ada bisa mencari berbagai macam video tutorial dengan mudah dengan menggunakan YouTube.

Teknologi internet yang memberikan kemudahan untuk mendapatkan informasi bagi orang-orang tersebut, berkaitan dengan smartphone dan komputer. Oleh karena itu teknologi komputer akan selalu berkembang dikarenakan manusia yang membutuhkan akan informasi tersebut. Bahkan semua orang bisa menulis di internet sekarang, semua orang bisa membuat video di internet, dan semua orang bisa memperoleh informasi secara gratis.

Walaupun informasi tersebut dapat kita peroleh secara gratis, namun informasi tersebut bukan berarti bebas dari efek samping. Informasi tersebut tetap memiliki efek samping yang cukup berbahaya jika kurang teliti, yaitu munculnya hoax. Yaitu informasi-informasi bohong yang beredar di masayarakat. Hal tersebut dapat disebarkan dengan mudah karena siapa pun bisa membuat artikel di internet, siapa pun bisa membuat video di internet. Hal itu tentunya akan membuat orang yang berniat jahat, atau pun orang yang tidak memiliki kompetensi di bidang itu. Sehingga sumber merupakan hal yang penting dalam memperoleh informasi di Internet.

1.         Kebutuhan akan pendidikan


Seperti yang kita ketahui, bahwa pendidikan merupakan suatu kebutuhan. Dengan adanya teknologi internet yang muncul pada saat ini, maka muncul juga sebuah teknologi yang bernama e-learning, dimana seseorang tersebut bisa melaksanakan belajar mengajar secara cepat dan mudah. Dengan menggunakan teknologi ini, maka seorang guru dapat melakukan ujian dengan menggunakan fasilitas internet, dan untuk menjawab pertanyaan dari guru tersebut, murid bisa menjawabnya dari leptop atau komputer yang terhubung dengan internet. Sehingga belajar mengajar menjadi lebih praktis.

Juga muncul kursus online, dimana seseorang tidak perlu menghadiri kelas untuk melakukan kegiatan kursus. Seseorang hanya perlu menatap layar komputer kemudian melihat video yang diberikan oleh guru, atau bisa melakukan sesi webcam dengan guru. Bisa juga guru tersebut memberikan soal-soal latihan kepada murid tersebut kemudian murid tersebut disuruh menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut yang kemudian akan dikoreksi oleh guru tersebut apabila jawaban dari murid tersebut salah.