7 Teknologi Ini Akan Diprediksi Musnah Kurang Lebih 20 Tahun Lagi

Seperti yang sudah kita ketahui, bahwa teknologi semakin lama semakin maju. Tanpa kita sadari, sebenarnya teknologi sudah berjalan sangat cepat. Teknologi yang berjalan sangat cepat ini tentunya akan mempermudah hidup manusia, namun hal ini menyebabkan barang-barang yang kita miliki akan berubah keadaanya menjadi barang yang usang atau barang yang sudah ketinggalan zaman.

Ada banyak contoh yang membuktikan hal ini, contohnya saja dalam dunia smartphone. Muncul sebuah pengumuman smartphone baru yang memiliki fitur terbaru, hal ini akan merubah pandangan anda bahwa smartphone yang anda miliki sekarang adalah smartphone yang sudah ketinggalan zaman atau kuno. Padahal smartphone yang anda miliki sekarang adalah smartphone yang baru saja anda beli dalam waktu dekat.

Laju teknologi tidak akan berhenti maupun melambat. Laju teknologi akan terus berkembang, bahkan terus berkembang dengan kecepatan yang tinggi. Sampai jika tidak kita sadari, jika kita tidak memutakhirkan diri, kita akan ketinggalan zaman dan akan menjadi orang yang udik.

Oleh karena itu kita disarankan untuk selalu membaca artikel ataupun berita yang berkaitan dengan teknologi agar kita tidak ketinggalan zaman. Bahkan dengan perkembangan teknologi yang semakin cepat sekarang, akan ada beberapa teknologi yang di prediksi akan musnah di masa yang akan datang. Berikut ini adalah teknologi yang diprediksi akan musnah kurang lebih 20 tahun lagi:

7.         Menara seluler


Seperti yang kita ketahui bahwa penggunaan teknologi akan semakin meluas, perkembangan teknologi juga akan semakin berkembang. Tapi penggunaan teknologi yang bersifat fisik akan semakin berkurang. Di hari yang akan datang, teknologi yang membutuhkan tempat yang besar tidak akan lagi dibutuhkan. Contohnya saja menara seluler. Mengapa menara seluler di prediksi merupakan teknologi yang akan musnah di masa yang akan datang? Hal ini disebabkan di masa yang akan datang, teknologi smartphone dapat saling berkomunikasi tanpa adanya perantara menara seluler.

Pabirk prosessor dan modem terkemuka yang bernama Qualcomm sudah meriset tentang hal ini. Bahkan dalam melakukan riset, Qualcomm sudah menggandeng Facebook untuk melakukan pengembangan aplikasinya jika teknologi untuk dapat berkomunikasi tanpa adanya perantara menara seluler telah lahir.

Hal ini tentu saja membuat menara seluler menjadi tidak dibutuhkan lagi, mengingat menara seluler tersebut mengganggu keindahan kota, membutuhkan tempat yang besar, dan juga membutuhkan biaya yang besar untuk membuat menara seluler tersebut. Hal tersebut tentu saja akan menimbulkan plus minus, bagi beberapa kelompok. Ada yang merasa dirugikan dengan hadirnya teknologi tersebut dan juga ada yang merasa diuntungkan dengan munculnya teknologi tersebut. Untuk konsumen sepertinya akan merasakan manfaatnya.

6.         Remote


Keberadaan remote saat ini di masa yang akan datang, diprediksi akan musnah. Hal ini dikarenakan teknologi remote dirasakan tidak dibutuhkan lagi. Teknologi smartphone dan gadget saat ini yang menyebabkan teknologi remote bisa musnah di masa yang akan datang. Smartphone bisa dikoneksikan via wifi sehingga smartphone, smartwatch dan juga perangkat mobile lainnya bisa menggunakan aplikasi remote yang akan menggantikan teknologi remote, terutama menggantikan remote televisi.

Tidak perlu menunggu lama, pada saat ini pun Google Home dan Amazon Alexa sudah memiliki teknologi sensor suara untuk lampu. Jadi dengan menggunakan tekknologi ini, kita bisa menyalakan lampu dengan perintah suara. Tentu saja kita bisa menyalakan AC dan mematikannya dengan hanya menggunakan perintah suara saja di masa yang akan datang dan tanpa memerlukan remote.

5.         Kartu kredit


Pertama kali muncul teknologi kartu kredit dikarenakan kemudahan akan metode pembayarannya. Kartu kredit tersebut sudah populer sejak dulu bahkan sampai sekarang pun masih terus digunakan. Tapi saat ini, sudah banyak sekali metode pembayaran lain yang diakui dan dirasa lebih mudah untuk digunakan.

Contohnya saja aplikasi pembayaran seperti OVO atau Go-Pay dari Gojek. Dengan menggunakan teknologi aplikasi pembayaran ini, kita bisa bertransaksi sangat mudah tanpa menggunakan kartu dan hanya menggunakan smartphone saja. Hal ini yang menjadikan salah satu alasan mengapa teknologi kartu kredit diprediksi akan mati di masa yang akan datang.

4.         Media fisik


Seiring perkembangan teknologi, teknologi yang dianggap kuno akan ditinggalkan oleh para customer atau pembeli. Contohnya saja pada tahun 90 an, teknologi CD menggusur penggunaan kaset pita. Kemunculan DVD juga menggusur VHS dan CD. Di masa yang akan mendatang media fisik yang kita pakai saat sekarang akan segera digantikan berkat kecanggihan media internet.

Hal ini dikarenakan, kita tinggal mendownload dari internet saja film, musik, dan game dari internet. Dengan cara mendaftar di website tertentu, kita mempunyai akses untuk mendownload film, musik, dan game dari internet. Apalagi teknologi 5G akan segera hadir. Dengan adanya teknologi 5G, mendownload file yang berukuran sangat besar (Gigabite) akan sangat cepat.

3.         Charger smartphone

Pada saat ini sudah muncul pengisian baterai smartphone dengan teknologi nirkabel. Bahkan teknologi pengisian baterai nirkabel sudah menjadi sebuat tren. Dengan menggunakan ini kita tidak perlu lagi membawa sebuah charger dengan kabel lagi. Kita hanya cukup meletakkannya di sebuah pad dan kita tidak merasa seperti sedang melakukan pengecasan.

Bahkan dalam waktu dekat penggunaan baterai Lithium-ion akan tergantikan dengan teknologi graphene. Material ini akan membuat kapasitas baterai menjadi lebih besar lagi daripada sekarang, dan juga pengecasan menjadi sangat cepat. Hal inilah yang menyebabkan teknologi charger smartphone diprediksi akan musnah di masa yang akan datang.

2.         Mobil konvensional


Mobil saat ini, diprediksi akan musnah di masa yang akan mendatang. Hal itu dikarenakan mobil listrik sudah ditemukan dan dipakai pada saat ini. Hal ini ditandai dengan komitmen dari industri otomotif besar untuk terjun ke ranah mobil listrik. Di masa yang akan datang, kita akan melihat di jalanan akan dipenuhi oleh mobil listrik. Untuk saat ini saja, negara barat sampai dengan negara Asia sudah banyak menggunakan teknologi mobil listrik ini, sebut saja seperti mobil dengan merek Tesla, Chevy Bold, dan juga Nissan Leaf.

1.         Dompet


Dompet yang kita gunakan sekarang akan mulai tergantikan dengan aplikasi pembayaran dalam smartphone. Hal ini dikarenakan dengan menggunakan smartphone akan dirasakan lebih mudah. Kita tidak perlu merasa takut kehilangan uang, karena uang yang kita miliki sudah terseimpan di smartphone kita, dan untuk dapat mengakses aplikasi pembayaran tersebut, kita diminta memasukkan sebuah pin untuk dapat mengaksesnya.

Sehingga jika ada yang mencuri atau smartphone kita hilang, uang kita pun akan tetap aman. Bertransaksi dengan orang lain pun akan menjadi lebih mudah, kita tidak perlu untuk membayar dengan menggunakan uang pas, dan penjual juga tidak perlu menyediakan uang kembalian. Sehingga hal tersebut dirasa sangat praktis. Dengan demikian, hal tersebut akan membuat penggunaan dompet diprediksi akan musnah di masa yang akan datang.