5 Game Smartphone Seru Yang Dulu Pernah Berjaya

Game atau permainan merupakan sebuah hal yang merupakan salah satu kebutuhan manusia. Karena manusia di dunia nyata dihadapkan oleh rutinitas yang terkadang membosankan dan membuat stress, oleh karena itulah manusia cendrung mencari cara untuk menghilangkan stress dan menghilangkan kebosanan yang melanda dirinya tersebut.

Dengan perkembangan teknologi yang semakin lama semakin berkembang, maka perkembangan game pun juga semakin berkembang. Contohnya saja dulu kita hanya dapat memainkan game simple seperti atari. Sekarang kita bisa memainkan game dengan grafis yang mendekati nyata (atau bahkan sudah nyata). Bahkan kita dapat memainkan game HD dari smartphone kita sekarang dan bukan tidak mungkin, suatu hari nanti kita dapat memainkan game PC dari smartphone kita.

Di dalam smartphone itu sendiri, terdapat ratusan hingga ribuan game yang diciptakan setiap tahunnya. Bahkan ada beberapa game yang termasuk kedalam game yang sangat populer. Karena minat masyarakat yang besar terhadap game smartphone tersebut maka masing-masing developer membuat dan mengembangkan game-game baru yang lebih baik dari pada game-game sebelumnya atau game yang sudah ada, juga tidak lupa ditambahkan fitur-fitur yang lebih inovatif di dalam game tersebut. Hal tersebut memiliki tujuan untuk mendapatkan keuntungan dari para gamer yang menginstall game yang dibuat oleh para developer tersebut.

Sebagai contoh, game yang bertipe MOBA (Multiplayer Online Battle Arena) seperti Mobile Legends yang masih digemari, bahkan sampai sekarang. Game ini masih dimainkan oleh banyak kalangan. Dari kalangan atas sampai kalangan bawah memainkan game Mobile Legends ini. Dari artis sampai tukang gorengan pun memainkan game ini. Game ini sudah didownload sebanyak 50 juta kali di aplikasi Google Play Store.

Dengan kata lain game ini sudah 50 juta pengguna smartphone Android dari seluruh dunia sangat menyukai game ini. Hal tersebut sangat wajar, mengingat bahwa game bertipe MOBA tersebut sebelum kemunculan Mobile Legends hanya bisa dimainkan di PC, dimana hanya beberapa orang yang memiliki leptop dan juga PC. Misalnya game DOTA yang hanya bisa dimainkan di PC saja.

Tetapi jika kita amati lebih mendalam lagi, ternyata game yang dulu pernah populer dan banyak diminati oleh masyarakat, sekarang mulai ditinggalkan. Banyak penyebab orang-orang meninggalkan game yang pernah populer di masyarakat dulu. Seperti contohnya adalah fitur yang tidak update, buruknya alur permainan, kalah bersaing dengan pendatang baru, juga terlalu sederhananya game tersebut. Berikut ini adalah game-game yang pernah populer di zaman dulu tapi ditinggalkan di masa kini:

5.       Clash Royal


Game yang diciptakan oleh Super Cell ini pernah populer dan diminati oleh masyarakat di dunia di tahun 2016. Hal tersebut karena game tersebut keren di masanya. Tetapi seiring dengan banyaknya game-game baru yang keluar, maka game ini juga mulai ditinggalkan pemainnya. Contohnya saja sejak kemunculan Mobile Legends. Game Mobile Legends membuat banyak orang yang dulunya sering memainkan game Clash Royal tersebut ternyata pindah kelain hati yaitu Mobile Legends.

Hal tersebut dikarenakan game Clash Royal cendrung monoton dan berulang-ulang sehingga membuat pemain menjadi bosan dan jenuh. Selain itu juga game Mobile Lagends yang lebih dinamis daripada game Clash Royal. Tetapi sekarang game Clash Royal sudah melakukan update sehingga lebih menarik dari sebelumnya. Meskipun tidak sepopuler dulu, game Clash Royal ini masih ada beberapa orang yang setia memainkan permainan ini.

4.       Flappy Bird


Game ini merupakan game bertipe never ending/endless. Game bernama Flappy Bird ini pernah populer atau banyak yang mendownload dan memainkannya pada tahun 2013 yang lalu. Hal yang menarik dari permainan Flappy Bird adalah tingkat kesulitan yang dimiliki oleh game ini. Untuk mencapai 10 poin saja, perjuangan yang harus dilakukan tidaklah mudah. Biasanya orang memainkan ini untuk menunjukan kehebatannya dalam mengumpulkan poin-poin. Bahkan ada yang mendapatkan poin sampai ratusan poin. Tetapi game ini makin lama makin ditinggalkan oleh penggunanya.

Hal tersebut karena game ini sangat sederhana dan hampir monoton. Tidak ada update, dan tidak ada hal perkembangan lainnya. Hanya itu-itu saja. Game ini tidak bisa bersaing dengan game yang ada saat ini, dan juga game yang monoton atau itu-itu saja, sesulit apapun bisa diselesaikan dengan mudah jika terus berusaha, jadi game susah itu akan menjadi mudah dan membosankan.

3.       Clash of Clans


Game ini adalah game yang dibuat oleh Super Cell. Sebuah perusahaan game yang sama dengan Clash Royal, tapi game Clash of Clans adalah game yang diciptakan terlebih dahulu oleh perusahaan ini. Game ini dulu pernah populer dan banyak diunduh oleh banyak orang pada tahun 2012. Tapi setelah masuk di tahun 2016, orang-orang sudah meninggalkan game ini dan berganti memainkan game lain seperti Mobile Legends.

Mungkin yang menyebabkan orang bosan memainkan game ini adalah karena game ini terlalu monoton. Walaupun pada awal bermain ada banyak hal-hal baru didalam game, tapi jika levelnya sudah tinggi maka yang didapatkan hanya itu-itu saja. Hal ini jelas sangat menjemukan. Tapi masih ada kemungkinan jika game Clash of Clans ini masih banyak yang memainkan. Mengingat game ini masih ada di play store dan masih bisa diunduh oleh banyak orang.

2.       Line Let’s Get Rich


Game ini adalah game buatan Line. Line adalah sebuah perusahaan yang terkenal dengan aplikasi untuk chatting. Line Let’s Get Rich ini merupakan game yang bisa bersaing dengan Clash of Clans dalam hal popularitas dan kepopuleran.

Game ini adalah game yang membesut tema monopoli, dimana kita bisa merebut kota/negara, hingga membangun landmark. Tapi meskipun demikian, ternyata game ini bernasip sama dengan game Clash of Clans. Dimana game ini ternyata ditinggalkan oleh banyak orang dikarenakan tidak ada pengembangan dari game ini.

1.       Pokemon Go


Game Pokemon Go ini pernah sangat populer di Indonesia. Game ini populer karena inovasi yang ada didalam game ini. Ketika kita menginginkan memainkan game Pokemon Go ini, kita diwajibkan untuk keluar rumah dan mencari Pokemon di luar rumah. Game ini menggunakan teknologi Augmented Reality. Meskipun demikian ada beberapa hal yang menyebabkan permainan ini turun kepopulerannya.

Pokemon Go telah mengakibatkan beberapa kecelakaan, hal ini dikarenakan pengendara kendaraan yang tidak fokus dalam berkendara karena mencari pokemon. Selain dari kecelakaan yang kerap terjadi karena game Pokemon Go ini, ada juga insiden lain selain pencurian smartphone ketika memainkan game ini karena orang tersebut memainkan pokemon ini di daerah yang rawan dengan tindakan pencurian. Itulah beberapa hal yang membuat para pemain Pokemon Go menghentikan untuk memainkan Pokemon Go ini. Selain dari itu muncul juga pesain Pokemon Go yaitu Mobile Legends.