10 Jurusan Kuliah Paling Unik di Dunia


Bingung menentukan jurusan kuliah? Sebenarnya ada banyak sekali jurusan yang bisa dipilih, baik di bidang sains, sosial, maupun kesenian. Masing-masing universitas memiliki jurusan yang berbeda. Ada sejumlah jurusan yang sangat berbeda dibanding lainnya. Langsung saja, berikut ini adalah 10 jurusan paling unik di dunia.

10. Meme Studies


Suka hal-hal yang lucu? Jurusan Meme Studies di Northwestern University bisa menjadi pilihan yang tepat. Bagi kebanyakan orang, meme hanyalah hiburan di kala senggang. Tetapi di universitas ini, para mahasiswa memelajari meme secara mendalam. Mulai dari latar belakang munculnya meme, cara membuat, hingga tanggapan masyarakat. Hal tersebut menarik untuk dipelajari dan dianalis dengan serius. Ternyata, ada berbagai hal yang menyebabkan suatu meme dapat populer di masyarakat.

Jurusan ini memiliki prospek yang cukup baik karena internet terus perkembang. Pengguna internet yang masih muda cenderung menyukai konten-konten lucu seperti meme. Maka, ahli meme dapat dipekerjakan di berbagai perusahaan teknologi atau bidang lainnya. Tugas mereka yaitu memproduksi meme untuk hiburan atau iklan. Jumlah tayangan dan tanggapan dari masyarakat akan mengalirkan uang pada perusahaan.

9. Wanghong


Jurusan ini juga berhubungan erat dengan internet, khususnya media sosial. Jurusan Wanghong mengajarkan para mahasiswa untuk membuat sensasi di dunia maya. Universitas yang memilikinya adalah Yiwu Industrial & Commercial College di Cina. Tujuannya adalah memanfaatkan efek sosial media untuk publikasi, periklanan, dan sebagainya. Hal tersebut memiliki prospek yang besar karena pengguna media sosial terus meningkat dari tahun ke tahun. Banyak di antaranya adalah anak muda yang mudah dipengaruhi oleh konten.

Para mahasiswa di jurusan ini akan diajarkan berbagai hal. Mulai dari cara melakukan selfie yang benar, cara membuat caption, hingga cara menanggapi komentar dari orang-orang. Jika diikuti dengan benar, mereka bisa menjadi selebgram seperti Awkarin. Tertarik untuk menjadi bagian darinya? Siapkan diri dengan gadget yang baik. Fasilitas tersebut akan mendukung perkuliahan. Sebab selain memelajari teori, mahasiswa juga akan diminta untuk praktik langsung. Jadi ilmunya bisa diterapkan.

8. Sexuality Studies


Siapa sangka, ternyata ada universitas yang membuka jurusan khusus untuk memelajari seks. Kampus tersebut adalah Ohio State University. Para tenaga pendidiknya akan mengajari berbagai hal tentang seksualitas. Mulai dari sejarahnya, pandangan dari segi biologis, budaya di masyarakat, dan sebagainya. Tidak hanya itu, para mahasiswa juga belajar tentang LGBT dan hukum yang mengikatnya.

Menarik bukan jurusan ini? Sayangnya, Jurusan Sexuality Studies mungkin akan sulit dibuka juga di Indonesia. Sebab, masyarakat sekitar masih memandang seks sebagai sesuatu yang tabu. Berbeda dengan masyarakat Ohio, mereka memiliki pandangan yang lebih luas dan siap menerima pendidikan seks secara terbuka.

7. Harry Potter Mithology


Harry Potter adalah serial buku legendaris yang ditulis oleh J. K. Rowling. Di seluruh dunia, ada banyak sekali orang yang menggemarinya. Mungkin itulah alasan dibukanya Jurusan Harry Potter Mithology di University of California, Los Angeles. Jurusan tersebut dipenuhi oleh Potterhead, sebutan untuk penggemar Harry Potter. Tidak hanya menggemari bukunya, mereka juga menggemari adaptasi filmnya yang telah dibuat.

Apa saja yang dipelajari? Para mahasiswa diberi materi tentang mitologi dan teori yang menjadi latar belakang dibuatnya serial Harry Potter. Ternyata, ada berbagai hal yang bisa digali dan diteliti lebih lanjut. Bagaimana dengan prospek kerjanya? Para lulusan bisa bekerja di berbagai jenis industri kreatif. Mereka bisa menggunakan ilmu semasa kuliah untuk menciptakan konten yang menarik baik berupa buku, film, iklan, video, dan sebagainya.

6. Jurusan Komik


Jika suka membaca komik, jurusan ini adalah tempat yang cocok. Jurusan Komik dibuka di Minneapolis College of Art and Design. Selama kuliah di sini, mahasiswa diwajibkan untuk membaca berbagai jenis komik. Lalu mereka diminta untuk menganalis sejarah, alur cerita, karakter yang muncul, dan sebagainya. Tidak hanya komik Amerika yang dipelajari, tetapi juga komik-komik dari berbagai negara lainnya.

Selain itu, para mahasiswa juga diajari untuk menggambar komik. Siapa bilang membuat komik itu mudah? Ternyata ada banyak hal yang harus dipelajari seperti anatomi tubuh manusia,  perspektif, cara membuat dialog yang efektif, dan sebagainya. Para lulusan bisa bekerja di bidang kreatif sebagai komikus atau ilustrator.

5. Video Game Studies


Ingin bermain game selama kuliah tanpa dimarahi dosen? Daftar saja ke jurusan ini! Di University of Central Florida, para mahasiswa dibimbing untuk menjadi ahli dalam bidang game. Tidak hanya diberitahu cara-cara untuk menguasai suatu game, mereka juga dilatih untuk menciptakan game itu sendiri.

Penasaran bagaimana cara membuat game? Tahapan-tahapannya cukup rumit. Mereka harus membuat sistem permainan, membangun grafis, hingga merilisnya di masyarakat. Diharapkan, lulusan jurusan ini dapat bekerja di bidang penciptaan game. Bagaimana dengan gajinya? Mereka berpotensi memperoleh gaji besar karena industri game terus berkembang.

3. Beatles Popular Music and Society


Siapa sangka, ternyata ada jurusan kuliah yang khusus memelajari Beatles! Namanya Jurusan Beatles Popular Music and Society yang berada di Liverpool Hope University. Para mahasiswa diajari untuk menganalisis bagaimana musik Beatles memengaruhi budaya pop. Mereka tentunya orang-orang yang berminat di bidang musik.

Band Beatles memang memiliki pengaruh yang sangat besar di dunia. Bisa dibilang, mereka adalah band legendaris tahun 1960-an. Hingga kini musik-musiknya masih diperdengarkan di berbagai stasiun radio dan televisi. Para pendengar setianya pun masih meramaikan forum-forum yang membahas Beatles.

2. David Beckham Studies


Jurusan ini cocok untuk orang-orang yang menyukai olahraga sepakbola. Ada banyak pemain sepakbola yang populer di seluruh dunia, salah satunya David Beckham. Saking populernya, University of Staffordshire sampai membuka Jurusan David Beckham Studies. Para mahasiswanya diajari berbagai sejarah tentang sepakbola, aturan permainannya, dan lain-lain.

Mereka diberi berbagai modul untuk dipelajari. Salah satu modul tersebut khusus membahas sepak terjang David Beckham mulai dari awal menekuni sepak bola hingga terkenal seperti sekarang. Bagaiamana dengan prospek kerja jurusan ini? Para mahasiswanya bisa bekerja di bidang yang berkaitan dengan sepakbola, contohnya menjadi wartawan olahraga.

1. The Simpson and Philosophy


Inilah jurusan paling unik di dunia! Siapa yang tidak tahu The Simpson, serial kartun legendaris yang telah ditayangkan selama bertahun-tahun? Para tokohnya mudah diingat karena semua berkulit kuning. Serial kartun ini disukai banyak penonton karena lucu dan sering menyinggung isu-isu di dunia. Bahkan, The Simpson dianggap telah memprediksi beberapa kejadian bersejarah.

Karena itulah, University of California di Berkeley membuka Jurusan The Simpson and Philosophy. Para mahasiswanya diajari untuk membedah makna-makna filosofis di balik cerita The Simpson. Salah satunya adalah meneliti salah satu episode yang memprediksi secara tepat bahwa Donald Trump menjadi Presiden Amerika. Tentunya ada hal-hal yang mendasari pembuatan episode tersebut.