10 Jurusan Kuliah Terbaik untuk Anak IPA


Galau memilih jurusan kuliah? Banyaknya pilihan memang bisa membuat bingung. Supaya lebih mudah, persempit pilahan tersebut berdasarkan bidang yang dipilih saat SMA. Ada yang masuk ke kelas Bahasa, Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS), dan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Berikut ini adalah 10 jurusan terbaik untuk anak IPA.

10. Teknik Lingkungan


Jurusan kuliah ini memelajari segala hal tentang lingkungan. Di antaranya adalah permasalahan lingkungan yang timbul, solusi untuk menghadapinya, hingga langkah-langkah pencegahan di masa depan. Tidak hanya kondisi di Indonesia yang dianalisis, tetapi juga kondisi di luar negeri. Para mahasiswa akan dilatih untuk membandingkan beberapa fenomena di berbagai tempat untuk mencari solusi terbaik.

Bagaimana dengan prospek kerjanya? Lulusan Jurusan Teknik Lingkungan bisa bekerja di berbagai perusahaan dan industri besar yang membutuhkan ahli lingkungan. Biasanya perusahaan tersebut bergerak di bidang pertambangan, minyak, petrokimia, dan sebagainya. Para lulusan bisa mendaftar ke PT Pertamina, Chevron, Unilever, Kimia Farma, dan masih banyak lagi.

9. Teknik Penerbangan


Dari tahun ke tahun, permintaan akan transportasi udara semakin meningkat. Hal tersebut didukung oleh banyaknya maskapai yang sering memberi promo tiket pesawat murah. Tidak heran apabila bandara-bandara selalu sibuk. Selain membutuhkan awak penerbangan, negara juga membutuhkan tenaga ahli yang dapat merakit pesawat.

Karena itulah dibuka Jurusan Teknik Penerbangan. Para mahasiswa akan diajari untuk menciptakan pesawat baru. Hal itu bisa mengurangi tingkat ketergantungan Indonesia dalam impor pesawat. Mereka juga akan dilatih untuk mengembangkan pesawat yang sudah tersedia menjadi lebih canggih. Diharapkan, model pesawat tersebut lebih efektif dan efisien dalam berbagai aspek, misalnya bisa menghemat bahan bakar.

8. Teknik Perminyakan


Lulusan Jurusan Teknik Perminyakan dinilai memiliki penghasilan yang tinggi. Di Amerika, tenaga ahli yang bergelar S1 di bidang ini bisa digaji sebanyak $120,000 per tahun. Banyak sekali bukan? Jumlah itu bisa lebih besar apabila memiliki gelar yang lebih tinggi dan mengambil spesialisasi.

Besarnya gaji setelah kerja membuat banyak calon mahasiswa tergiur untuk mendaftar di Teknik Perminyakan. Mereka akan sering belajar tentang ilmu bumi. Tidak hanya itu, tentunya mereka masih memelajari Fisika, Biologi, dan Kimia. Tertarik untuk mendaftar ke sana? Sebaiknya persiapkan diri dengan baik sejak SMA. Perkuat pengetahuan di bidang IPA supaya lebih lancar saat kuliah.

7. Teknik Kimia dan Material


Mahasiswa jurusan ini memelajari cara memproses bahan baku maupun bahan kimia menjadi barang yang lebih bermanfaat. Contohnya adalah produksi obat-obatan, makanan, bahan bakar, dan sebagainya. Bidang ini membutuhkan pengetahuan yang tinggi di bidang IPA. Para mahasiswa akan sering menekuni mata kuliah Kimia, Fisika, Biologi, hingga Matematika.

Lulusan Jurusan Teknik Kimia dan Material memiliki prospek kerja yang cerah. Sebab, tenaga ahli di bidang tersebut dicari oleh banyak industri. Tugasnya adalah merancang produk lalu mengujinya sebelum dijual ke masyarakat. Produk yang dihasilkan pun beragam, mulai dari yang sangat kecil seperti chip komputer hingga yang sangat besar seperti sayap pesawat.

6. Teknik Mekanik


Tertarik mendalami bidang teknik? Jurusan Teknik Mekanik bisa menjadi pilihan yang patut dipertimbangkan. Tenaga ahli di bidang tersebut sering dicari oleh berbagai perusahaan. Jadi setelah lulus kuliah, para mahasiswa bisa langsung bekerja. Hal tersebut menjadi daya tarik tersendiri bagi Jurusan Teknik Mekanik.

Apa saja tugas para insinyur mekanik? Mereka membuat rencana dan desain untuk mesin maupun peralatan. Tidak hanya itu, mereka diberi tanggung jawab untuk mengawasi proses produksi. Di antaranya adalah pemasangan komponen, pengoperasian, perawatan dan pengelolaan, hingga reparasi peralatan.

5. Teknik Sipil


Jurusan ini cocok untuk orang-orang yang tertarik pada proses pembangunan. Para mahasiswa memelajari banyak program komputer dan hitung-hitungan. Mereka harus sangat teliti supaya bisa merencanakan pembangunan dengan baik dan benar. Jika hitungan mereka meleset, akibatnya bisa fatal. Proyek tersebut berpotensi cepat rusak dan membahayakan masyarakat sekitar.

Lulusan Jurusan Teknik Sipil bisa bekerja di perusahaan konstruksi yang membangun gedung, jalan raya, jembatan, kanal, dan berbagai megastruktur lainnya. Mereka ditugasi untuk membuat rencana pembangunan dan mengawasi pelaksanaannya. Pekerjaan sebagai insinyur sipil memiliki masa depan yang cerah. Mereka bisa memperoleh gaji yang tinggi sesuai jabatan.

4. Set Desain


Suka menonton film atau pementasan drama? Karya seni tersebut membutuhkan tenaga set designer. Mereka bertugas mendesain, menata, dan menciptakan latar. Tidak ada latar yang persis sama, jadi dibutuhkan imajinasi yang tinggi menciptakannya. Mereka akan belajar secara teori maupun praktik selama kuliah.

Saat bekerja, set designer berhubungan dengan berbagai pihak. Pertama-pertama mereka harus berdiskusi dengan sutradara proyek tersebut. Hal ini penting agar latar yang diciptakan sesuai dengan cerita dan dapat mendukung suasana. Mereka juga harus bekerja sama dengan staf properti, teknisi pencahayaan, tukang kayu, dan masih banyak lagi. Pekerjaan ini membutuhkan pribadi yang bisa bekerja dalam tim.

3. Desain Interior dan Arsitektur


Jika suka menggambar, jurusan ini bisa menjadi pilihan. Ilmu yang dipelajari tidak hanya seputar menggambar dan mendesain. Para mahasiswa juga harus mendalami hitung-hitungan dan berbagai teori eksakta. Tugas di jurusan ini terkenal banyak. Para dosen sering memberi tugas untuk mendesain agar mahasiswanya terbiasa.

Jika ingin berfokus pada desain interior, biasanya para mahasiswa perlu memelajari ilmu bisnis dan komunikasi. Sebab, hal-hal tersebut berkaitan erat. Contohnya, seorang klien meminta desainer interior untuk menata kafe yang baru dibukanya. Pekerjaan tersebut membutuhkan perpaduan antara kemampuan mendesain dengan benar dan kemampuan menyesuaikannya dengan gaya yang cocok agar lebih ramai pembeli.

2. Desain Grafis


Seiring perkembangan zaman, permintaan akan publikasi makin meningkat. Banyak perusahaan yang membutuhkan desain untuk iklan, buklet, buku, majalah, dan sebagainya. Karena itulah lulusan Jurusan Desain Grafis memiliki prospek kerja yang cerah. Tenaga mereka akan sering dibutuhkan oleh klien. Bagaimana dengan gajinya? Besarnya penghasilan menyesuaikan tempat kerja dan klien yang ditangani.

Tertarik untuk menjadi bagian dari jurusan ini? Siapkan diri untuk memelajari berbagai software desain, contohnya Adobe Photoshop. Para mahasiswa akan diajari untuk membuat desain baru dan menggabungkan beberapa desain yang sudah ada. Hal tersebut membutuhkan ketelitian, kesabaran, dan kecermatan.

1. Kedokteran


Kedokteran terkenal sebagai jurusan yang paling sulit untuk dimasuki. Setiap tahun, banyak sekali calon mahasiswa yang mendaftar ke sana. Namun sayangnya, hanya sekian persen yang berhasil diterima. Biaya kuliah di Kedokteran pun cenderung lebih mahal dibanding jurusan-jurusan lainnya. Para mahasiswa juga membutuhkan waktu yang cukup lama sampai bisa melakukan sumpah dokter.

Namun, semua kerja keras itu terbayar saat sudah bekerja. Dokter dikenal sebagai profesi yang kaya. Mereka memiliki penghasilan tinggi, tetapi beban kerjanya juga tentu banyak. Jadi dibutuhkan ketekunan dan kesabaran untuk berhasil di bidang ini. Tertarik untuk mendaftar di Jurusan Kedokteran? Siapkan diri untuk menghadapi tes masuknya yang ketat.