10 Jurusan Kuliah dengan Gaji Tertinggi


Ada banyak hal yang perlu dipertimbangkan sebelum memilih jurusan kuliah. Mulai dari kesesuaian dengan minat hingga prospek kerja setelah lulus. Berapa perkiraan gaji yang akan diterima setelah bekerja? Hal tersebut juga penting. Langsung saja, berikut ini adalah 10 jurusan kuliah dengan gaji tertinggi.

10. Pendidikan


Lulusan Jurusan Pendidikan memiliki prospek kerja yang baik. Di Indonesia, tenaga pengajar masih sedikit. Padahal, permintaannya terus meningkat dari tahun ke tahun. Gaji yang diperoleh pun beragam. Untuk guru sekolah, gajinya meningkat setelah meraih sertifikasi atau diangkat menjadi PNS. Sedangkan untuk dosen, gajinya bertambah setelah meningkatkan jenjang pendidikan.

Jurusan ini cocok untuk mahasiswa yang tertarik di bidang psikologi dan sosiologi. Ilmu tersebut akan dipakai saat mengajar murid-murid. Cabang Jurusan Pendidikan pun bermacam-macam. Ada Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Pendidikan Matematika, dan sebagainya. Pilihlah yang sesuai dengan minat dan kemampuan diri.

9. Bahasa dan Sastra Asing


Siapa bilang lulusan di bidang bahasa dan sastra tidak bisa kaya? Yang terjadi justru sebaliknya. Jika menguasai bahasa asing dengan baik, ada berbagai prospek kerja dengan gaji yang tinggi. Di antaranya adalah menjadi pemandu jalan bagi turis mancanegara, penulis di media berbahasa asing, tentor bahasa, duta besar, hingga karyawan di perusahaan asing. Gaji yang diperoleh pun beragam.

Jika berminat dengan bidang ini, tentukan pilihan dengan baik. Ada berbagai jurusan bahasa dan sastra asing. Mulai dari Bahasa dan Sastra Inggris, Prancis, Rusia, Cina, Jepang, hingga Arab. Tidak semuanya dimiliki oleh seluruh universitas. Misalnya saja, Sastra Cina hanya tersedia di Universitas Indonesia. Sedangkan Sastra Inggris cenderung lebih umum dan tersedia di mana-mana.

8. Ilmu Komunikasi


Ingin bekerja di lapangan kerja yang dinamis? Jurusan Ilmu Komunikasi bisa menjadi pilihan yang tepat. Para lulusannya bisa bekerja di stasiun televisi, stasiun radio, penerbitan, hingga berbagai media cetak dan online. Gaji yang diperoleh pun beragam. Rata-rata, mereka mendapat US$ 50 ribu per tahun.

Tertarik untuk kuliah di sana? Persiapkan diri untuk mengerjakan banyak tugas. Sebab, mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi tidak hanya belajar secara teori. Mereka juga diberi kesempatan praktik secara langsung. Contoh tugasnya adalah membuat media cetak, membuat film, melakukan penyiaran, dan sebagainya. Dibutuhkan pengelolaan waktu yang baik agar bisa menyelesaikan semuanya sesuai deadline.

7. Arsitektur


Tertarik untuk mendalami bidang teknik? Ada berbagai cabang yang bisa dipilih, salah satunya Teknik Arsitektur. Selama kuliah, mahasiswa akan belajar merancang konstruksi bangunan. Rencana tersebut dibuat dengan mempertimbangkan biaya, luas lahan, material yang tersedia, hingga dampaknya pada lingkungan.

Setelah lulus, para mahasiswa bisa bekerja di berbagai perusahaan bidang arsitektur. Permintaan di bidang ini tidak pernah sepi, sebab kebutuhan manusia akan bangunan terus meningkat. Selain menangani proyek bangunan, bisa juga menangani pembangunan jalan raya, jembatan, waduk, dan sebagainya.

6. Bisnis dan Manajemen


Lulusan Jurusan ini memiliki masa depan yang cerah. Banyak perusahaan besar yang mencari tenaga ahli di bidang bisnis dan manajemen. Prospek jabatannya pun bermacam-macam, mulai dari pegawai operasional, agen asuransi, hingga pejabat investasi. Gaji yang diperoleh pun tergolong banyak, yakni US$ 52 ribu per tahun.

Sebelum berkarier di bidang tersebut, tentunya harus kuliah dulu. Apa saja diajarkan di Jurusan Bisnis dan Manajemen? Ada bermacam-macam materi. Di antaranya adalah akuntansi, pemasaran, asuransi, perbankan, manajemen sumber daya manusia, administrasi, kewirausahaan, dan sebagainya. Tidak hanya diajari teori, tetapi juga melakukan praktik langsung

5. Matematika


Siapa sangka, ternyata lulusan Jurusan Matematika memiliki prospek kerja yang sangat baik. Mereka tidak hanya bisa menjadi tenaga pendidik di bidang matematika. Banyak perusahaan besar yang membutuhkan tenaga mereka untuk melakukan berbagai analisis, penelitian, dan perencanaan dalam berbagai hal. Gajinya pun mencapai US$ 55 ribu per tahun. Jika sudah menekuninya selama 10 tahun, gaji naik menjadi US$ 95.300 per tahun.

Tergiur dengan prospek kerjanya? Pastikan kalau kamu memiliki tekad yang kuat untuk kulah di Jurusan Matematika. Sebab, materi yang disampaikan sangat sulit. Banyak hitung-hitugan dan rumus yang harus dihafalkan.

4. Ilmu Komputer


Seiring dengan perkembangan zaman, permintaan akan ahli komputer terus meningkat. Banyak perusahaan besar yang mencarinya. Jabatan yang ditawarkan adalah programmer, desainer grafis, animator, teknisi jaringan, dan sebagainya. Gaji awal bisa mencapai US$ 55 ribu per tahun. Dengan pengalaman selama 10 tahun, gajinya naik menjadi US$ 105 ribu per tahun.

Tentunya, dibutuhkan usaha keras untuk menjadi ahli komputer. Para mahasiswa jurusan ini banyak belajar secara teori maupun praktik. Mereka dilatih untuk menciptakan program, membuat film, dan sebagainya. Dibutuhkan ketelitian dan ketekunan yang tinggi agar bisa lulus. Para mahasiswa juga membutuhkan gadget yang memadai.

3. Jurusan Teknik


Jurusan ini cocok untuk mahasiswa yang tertarik pada bidang sains. Ada berbagai cabang yang bisa dipilih. Contohnya adalah Teknik Mesin, Teknik Kimia, Teknik Perminyakan, Teknik Elektro, Teknik Komputer, dan sebagainya. Mereka dilatih untuk praktik langsung untuk memperkuat teori yang telah dipelajari.

Berapa gaji yang ditawarkan untuk para lulusan? Besarnya beragam, yang jelas bisa mencapai US$ 65 ribu per tahun. Jumlah tersebut bisa meningkat sesuai jabatan dan pengalaman kerja. Tertarik untuk bekerja di bidang ini? Siapkan diri untuk melalui perkuliahan yang sibuk dan banyak tugas.

2. Kedokteran Hewan


Suka berinteraksi dengan hewan? Jurusan ini bisa menjadi pilihan yang tepat. Para mahasiswa akan diajari untuk merawat dan mengobati hewan yang sakit. Tentunya, sebelum itu mereka harus memelajari berbagai teori. Jurusan ini membutuhkan kemampuan hafalan yang kuat. Para mahasiswanya juga harus tahan banting karena akan mendapat banyak tugas.

Segala kerja keras itu terbayar setelah lulus. Jurusan Kedokteran Hewan memiliki prospek kerja yang tinggi. Mereka bisa bekerja di klinik dan rumah sakit hewan, baik yang domestik maupun asing. Gajinya pun sangat besar. Peluang kerja juga terbuka lebar apabila hendak membuka klinik sendiri. Langkah tersebut membutuhkan modal yang besar. Tetapi jangan khawatir, penghasilan di masa depan bisa menutup modal tersebut.

1. Kedokteran Gigi


Jika ingin kuliah di sini, persiapkanlah biaya yang cukup. Jurusan Kedokteran Gigi terkenal mematok biaya yang mahal. Tidak hanya untuk uang kuliah, tetapi juga untuk berbagai peralatan praktik. Mereka harus melakukan berbagai praktikum dan penelitian. Mahasiswa Kedokteran Gigi terkenal sangat sibuk, banyak di antaranya yang tidak sempat mengikuti kegiatan di luar kuliah.

Tenang saja, semua itu terbayar setelah lulus. Gaji untuk lulusan Jurusan Kedokteran Gigi sangatlah besar. Dengan jumlah tersebut, mereka bisa mengganti modal yang dikeluarkan selama kuliah. Peluang kerjanya pun beragam. Selain bekerja di klinik dan rumah sakit, mereka juga bisa membuka tempat praktik sendiri.