10 Novel Terlaris di Dunia

Novel adalah salah satu hiburan paling tua yang ada dalam sejarah umat manusia.  Para penulis ternama dunia sudah secara rutin mempublikasikan karya-karya mereka untuk dikonsumsi masyarakat sejak abad ke-16.  Nah, kira-kira dari sekian banyak judul novel yang sudah dipublikasikan, manakah yang paling banyak terjual?

Topik tentang sepuluh novel terlaris di dunia inilah yang akan dibahas dalam artikel Top10Indo berikut.  Data di bawah didapat dari New York Times' Best Sellers.  Sudah pernahkah anda membaca semua novel terbaik dalam daftar ini?

Image Credit: by Spirit-Fire on Flickr.com via Creative Commons


10.  The Da Vinci Code

Total penjualan:  80 juta kopi


Novel karangan Dan Brown ini cukup laris dan populer, karena dianggap mengungkap teori konspirasi tersembunyi.  Setelah diangkat ke layar lebar, penjualan Da Vinci Code pun makin melonjak hingga akhirnya mencapai 80 juta kopi di seluruh dunia.

Cerita berkisah tentang pakar simbologi dari Universitas Harvard, Robert Langdon.  Ia dibangunkan oleh panggilan telepon di tengah malam. Kurator tua dari Louvre telah terbunuh di dalam museum, tubuhnya ditutupi simbol-simbol aneh dan misterius. Kematian tersebut ternyata merupakan sebuah teka-teki yang harus dipecahkan dan membawa mereka menemukan jejak petunjuk tersembunyi dalam karya pelukis Leonardo da Vinci.  Petunjuk tersebut ternyata berhasil mengungkap fakta-fakta mengejutkan seputar umat manusia yang selama ini disembunyikan oleh banyak pihak.



9.  She: A History of the Adventure

Total penjualan:  83 juta kopi



She adalah karya H. Rider Haggard yang dirilis pertama kali pada tahuin 1887.  Bermodalkan pengetahuannya tentang Afrika dan legenda kuno, penulis H. Rider Haggard menngungkapkan kisah tentang Aisyah, ratu dari suku Afrika Tengah yang misterius dan konon memiliki kemampuan untuk hidup abadi. Ratu yang disebut dengan julukan "Dia-yang-harus-harus-dipatuhi," oleh rakyatnya  adalah perwujudan dari sosok perempuan dari legenda yang sangat cantik.  Satu hal lagi, sang ratu bisa menjadi sosok yang lebih mematikan daripada laki-laki.  Novel She dianggap sebagai salah satu perintis novel bergenre Lost World atau novel yang berkisah tentang sebuah dunia misterius yang "hilang" dari peradaban modern.



8.  The Lion, the Witch, and the Wardrobe

Total penjualan:  85 juta kopi


Judul ini adalah serial kedua dari judul The Chronicles of Narnia.  Ditulis oleh C.S. Lewis, novel ini bercerita tentang petualangan Peter, Susan, Edmund dan Lucy dalam dunia fiksi di balik lemari ajaib. Kisah klasik mengungkapkan berbagai hal fantastis dan menakjubkan, yang bisa membuat  pembaca dari segala usia merasa terpesona ketika membacanya.

The Lion, The Witch and the Wardrobe, juga dilengkapi dengan ilustrasi gambar dari Christian Burningham yang membuat cerita terkesan makin indah. Novel ini wajib dibaca bagi anda yang menyukai cerita-cerita fantasi klasik.



7.  And Then There Were None

Total penjualan:  100 juta kopi


Salah satu novel terbaik yang ditulis oleh spesialis penulis misteri, Agatha Christie.  Sama seperti novel karangannya yang lain, And Then There Were None disajikan dengan sangat cerdas dan membuat pembacanya berpikir.

Kisah berkisar tentang sepuluh orang yang diundang ke rumah kesepian di Pulau Negro oleh tuan rumah yang misterius. Dengan cara yang misterius, satu per satu dari tamu undangan tersebut mati, sesuai dengan lagu anak-anak yang berjudul  Ten Little Indian. Novel ini juga secara perlahan mengungkap masa lalu yang kelam dan rahasia yang berusaha disembunyikan oleh tiap-tiap tamu undangan.



6.  Dream of the Red Chamber

Total penjualan:  100 juta kopi


Novel Cina yang ditulis oleh Cao Xueqin dan dirilis pada abad ke-18 ini sudah diterjemahkan ke dalam berbagai bahasa.  Selama lebih dari setengah abad, Dream of Red Chamber telah diakui sebagai salah satu karya sastra Cina terbesar, berkisah tentang cerita Romeo-Juliet ala Cina yang mampu menggambarkan salah satu peradaban terbesar dunia. 

Novel ini memiliki unsur romansa, drama, dan budaya yang sangat kental.  Perpaduan antara ketiga unsur tersebut menjalin sebuah cerita yang mengaduk-aduk emosi anda sebagai seorang pembaca.  Satu lagi sebuah karya tulis yang wajib dibaca bagi pecinta dunia sastra.  Kisah ini juga bisa disebut sebagai salah satu cerita cinta paling romantis di dunia.



5.  The Hobbit

Total penjualan:  100 juta kopi


Sebuah novel di dunia fantasi cipatan J.R.R Tolkien yang dipublikasikan sebelum karya terbesarnya, The Lord of the Rings.  Ditulis sebagai pendahuluan dari The Lord of the Rings, The Hobbit menceritakan kisah Bilbo Baggins, seorang hobbit yang kehidupannya yang damai dan tenang berubah 180 derajat ketika ia bergabung dengan penyihir Gandalf dan tiga belas kurcaci dalam sebuah petualangan untuk merebut kembali harta curian. Dalam perjalanan yang penuh dengan bahaya, Bilbo Baggins sendiri harus menghadapi penjaga harta tersebut, yaitu seekor naga yang paling ditakuti di alam semesta. Karya ini disebut oleh The Times of London sebagai karya literatur yang mendekati kesempurnaan.



4.  Le Petit Prince

Total penjualan:  100 juta kopi


Ditulis oleh seorang novelis Prancis, Antoine de Sant-Exupery, novel yang bisa diterjemahkan menjadi Pangeran Kecil ini dalah buku yang paling banyak diterjemahkan dari bahasa Perancis ke berbagai bahassa di seluruh dunia. Novel ini bercerita tentang seorang anak kecil yang meninggalkan planet kecilnya yang aman, sendirian untuk menempuh perjalanan menjalajahi alam semesta.  Dalam petualangannya, sang Pangeran Kecil mempelajari keanehan perilaku orang dewasa melalui serangkaian pertemuan yang unik, lucu, dan fantastis. Walaupun sepintas novel ini tampak seperti cerita anak-anak, namun jika didalami lagi sebenarnya ada sebuah makna tersembunyi yang ingin disampaikan oleh sang penulis.



3.  The Lord of the Rings

Total penjualan:  150 juta kopi


Trilogi The Lord of the Rings adalah salah satu karya sastra yang paling banyak dibaca dan sangat berpengaruh sepanjang masa . Diterbitkan pada tahun 1954 , The Lord of the Rings menceritakan petulangan penyihir Gandalf dan seorang hobbit muda bernama Frodo Baggins dalam sebuah perjalanan sangat berbahaya untuk menghancurkan sebuah cincin  misterius. Cincin ini tersebut  adalah sebuah senjata ampuh yang dimiliki oleh Pangeran kegelapan bernama  Sauron . Dengan kekuatan cincin tersebut, Sauron berencana untuk menghancurkan dunia yang aman dan damai . Satu-satunya cara untuk mencegah hal tersebut menjadi kenyataan adalah mengembalikan cincin ke Mordor , satu-satunya tempat yang dapat menghancurkan cincin tersebut.  Cerita fantasi ini benar-benar memikat dan merupakan salah satu yang terbaik sepanjang sejarah umat manusia.



2.  A Tale of Two Cities

Total penjualan:  200 juta kopi


Ditulis oleh penulis berbakat Charles Dickens, A Tale of Two Cities bercerita tentang kehidupan Dokter Manette yang akhirnya bisa bertemu kembali dengan putrinya di Inggris setelah delapan belas tahun menyandang sebagai tahanan politik di penjara Bastille. Dalam cerita ini, ada kehidupan dua orang yang sangat berbeda, Charles Darnay, seorang aristokrat Perancis yang tampan, dan Sydney Carton, yang berwajah jelek tapi sangat pandai.  Kedua pemuda tersebut jatuh cinta dan ingin meminang putri Dokter Manette. Kisah cinta yang terkesan sederhana ini pun secara tak terduga berubah menjadi penuh darah dan berbagai adegan yang sangat dramatis.  Jika anda mencari sebuah kisah cinta yang lebih dari sekedar romansa, maka A Tale of Two Cities ini adalah bacaan yang sangat tepat.



1.  Harry Potter

Total penjualan:  450 juta kopi


Karya J.K. Rowling ini adalah sebuah fenomena tersendiri di dunia literatur.  Serial Harry Potter yang terdiri dari tujuh buku berhasil terjual sebanyak 450 juta kopi di seluruh dunia.  Hal ini secara otomatis menjadikan Harry Potter sebagai novel terlaris sepanjang sejarah.

Novel ini berkisah tentang kehidupan Harry, seorang anak lelaki malang yang diadopsi oleh paman dan bibinya yang kejam.  Kehidupannya berubah drastis ketika Harry mengetahui bahwa dirinya adalah seorang penyihir yang mempunyai peranan penting dalam menyelamatkan dunia sihir dari kehancuran.  Ia pun memulai hidup barunya dengan bersekolah di sebuah akademi sihir bernama Hogwarts, di mana ia mengalami berbagai pengalaman fantastis hingga sebuah petualangan berbahaya untuk melawan Lord Voldemort, sosok penyihir jahat yang mengancam kehidupan umat manusia.