10 Kisah Cinta Paling Romantis

Keindahan cinta kerap diungkapkan melalui berbagai kisah dan cerita.  Kasih sayang antara sepasang kekasih juga selalu mengiringi kehidupan umat manusia sejak berabad-abad yang lalu.  Pada artikel ini, tim Top10Indo akan menyajikan sepuluh kisah cinta paling romantis di dunia yang berasal dari berbagai belahan penjuru bumi.

Cerita-cerita ini tak hanya indah, namun juga bermakna dalam, bahkan juga mengharukan.  Yang jelas, kita bisa belajar bahwa cinta memang memabukkan, namun untuk meraihnya kita memerlukan berbagai pengorbanan dan perjuangan keras.  Kisah cinta ini sangat cocok untuk dibaca sambil mendengar lagu-lagu paling romantis di dunia.  Tanpa panjang lebar lagi, berikut kisah-kisahnya:

by drmvm 1 on Flickr.com via Creative Commons

10.  Shah Jahan dan Mumtaz Mahal


Cerita ini membuktikan bahwa cinta bisa melahirkan keajaiban dunia.  Shah Jahan adalah raja India di bawah dinasti Mughal.  Sebagai seorang raja, ia sangat mencintai Mumtaz Mahal, seorang istri yang dinikahinya sejak masih berusia 15 tahun.  Tujuh belas tahun setelah pernikahannya, Mumtaz Mahal meninggal dunia dan meninggalkan kesedihan mendalam pada sang raja.

Untuk mengenang istrinya, Shah Jahan pun membangun sebuah monumen sangat indah yang bernama Taj Mahal, yang hingga kini disebut sebagai salah satu keajaiban dunia.  Ironisnya, sang raja tak pernah bisa menyelesaikan monumen tersebut, karena dipenjarakan oleh putranya sendiri.  Ia pun menghabiskan masa tuanya di dalam tahanan, sambil mengenang sosok sang istri sembari menatap monumen yang di bangunnya.  Di akhir hayatnya, Shah Jahan akhirnya dikuburkan di samping makam istri tercintanya.



9.  Sam Pek Eng Tay


Cerita yang disebut juga sebagai "kisah cinta sepasang kupu-kupu" ini dianggap sebagai Romeo Juliet-nya negeri Cina.  Alkisah, seorang pemuda bernama Liang Shangbo memiliki sahabat baik bernama Zi Yingtai, yang sebenarnya adalah seorang perempuan yang menyamar menjadi seorang lelaki untuk menuntut ilmu.  Ketika mengetahui bahwa Zi Yingtai sebenarnya adalah seorang wanita, sang pemuda pun langsung jatuh hati.  Liang Shangbo tak hanya jatuh cinta pada kecantikan, namun juga pada kecerdasan sosok Zi Yingtai.

Tragis, ternyata Yingtai sudah dijodohkan oleh orang tuanya.  Li Shangbo pun tenggelam dalam kesedihan, hingga akhirnya meninggal dunia.  Pada hari pernikahannya, barulah Yingtai mengetahui bahwa Li Shangbo sudah meninggal.  Ia pun meninggalkan prosesi pernikahan, lari ke makam Li Shangbo, dan masuk ke dalam liang kuburnya.  Konon, jiwa sepasang kekasih tersebut berubah menjadi sepasang kupu-kupu yang indah.



8.  Marie dan Pierre Curie


Kisah cinta yang romantis tak harus selalu berasal dari legenda dan kisah-kisah kuno.  Marie dan Pierre Curie adalah sepasang kekasih yang kisah cintanya mampu berguna bagi seluruh umat manusia.  Marie yang memiliki kejeniusan dalam bidang kimia jatuh hati pada dosen laboratoriumnya, Pierre.  Mereka pun akhirnya menikah, dan berpartner dalam melakukan berbagai penelitian.

Marie dan Pierre berhasil menemukan zat potonium, radium, dan dianugerahi hadiah Nobel karena sukses menjelaskan efek radioaktif.  Setelah Pierre meninggal, Marie pun bertekad untuk meneruskan penelitiannya, sebagai bukti cinta pada sang suami.  Ia kembali menerima Nobel Prize di tahun 2011, dan terus mengajar di Universitas hingga akhir hayatnya.



7.  Layla Majnun


Cerita ini berasal dari negeri Timur Tengah, diceritakan oleh penyair dari Iran yang bernama Nizami.  Ada seorang pemuda bernama Qays yang saling cinta dengan gadis cantik bernama Layla.  Sayangnya, hubungan cinta mereka tidak direstui.  Qays merasa sedih, mengasingkan dirinya ke hutan, dan hidup bersama hewan.  Kesedihannya membuatnya bertingkah seperti orang gila, hingga akhirnya dipanggil sebagai Majnun.

Qays akhirnya mendapat kesempatan untuk hidup bersama Layla setelah ia mendapat bantuan untuk menaklukkan suku sang gadis.  Sayangnya, walaupun ia berjaya di pertempuran, sang orang tua tetap tidak mau menikahkan anaknya dengan orang gila, dan justru memberikan Layla ke orang lain.  Ketika suami Layla akhirnya meninggal, dan Qays berusaha meminangnya, ia justru menemui ajalnya.  Mereka baru bisa bersatu setelah keduanya dikuburkan bersebelahan.



6.  Odysseus dan Penelope


Kisah cinta ini bercerita tentang pasangan muda di legenda kuno Yunani yang baru menikah, Odysseus dan Penelope.  Baru beberapa saat bersama, Odysseus sudah harus memimpin perjalanan untuk sebuah ekspedisi.  Perjalanan yang diperkirakan hanya memakan waktu beberapa bulan ternyata harus ditempuh hingga puluhan tahun.

Ini terjadi karena Odysseus menerima kutukan dari dewa laut, Poseidon.  Ia selalu diombang-ambingkan di atas samudera, mendarat di pulau-pulau nan jauh, serta harus melawan berbagai monster ganas.  Setelah dua puluh tahun dan rambutnya mulai memutih, akhirnya ia bisa pulang ke rumah dan menemui istri tercintanya.



5.  Napoleon dan Josephine


Pemimpin besar seperti Napoleon-pun ternyata tidak berdaya menghadapi perasaan cinta.  Napoleon yang saat itu sudah menjadi kaisar Eropa jatuh cinta pada wanita bangsawan bernama Josephine, yang tak hanya cantik, namun juga sangat kaya.  Namun, keduanya tidak bisa menikah dan terang-terangan saling mencintai, karena usia Josephine yang jauh lebih tua dari Napoleon, yang tidak sesuai dengan adat-istiadat saat itu.

Mereka hanya bisa saling bertukar surat, tanpa bisa saling memiliki.  Hal ini membuat Josephine merasa tersiksa, dan memilih untuk meninggalkan Napoleon diam-diam.  Napoleon pun merasa sangat sedih, dan hal ini masih menjadi sesuatu yang melukai hati  Kaisar Penakluk Eropa tersebut hingga akhri hayatnya.



4.  Paris dan Helena


Siapa sangka, seorang wanita cantik bisa mengakibatkan perang brutal yang berlangsung selama sepuluh tahun dan membunuh jutaan prajurit.  Alkisah, Paris, seorang pangeran kerajaan Troya jatuh cinta pada Helena, wanita yang konon disebut sebagai gadis tercantik di dunia.  Masalahnya, Helena sudah menikah dan mencintai suaminya, Menelaus, raja Sparta.  Paris tak putus asa, dan ia pun memutuskan untuk menculik sang putri.

Alhasil, perang berkobar dengan dahsyat, bahkan melibatkan perang antar dewa.  Helena yang terus merindukan suaminya baru bisa kembali ke pelukannya setelah dibebaskan oleh tentara yang dipimpin oleh Agamemnon.  Troya berhasil dibumi-hanguskan, dan semua panglima perangnya, termasuk Paris, dibunuh dengan kejam.



3.  Tristan dan Isolde


Cerita ini bersetting di zaman Raja Arthur.  Tristan, sepupu Raja Cornwall ditugaskan untuk menjemput Isolde, seorang gadis yang akan dinikahi sang raja.  Dalam perjalanan, ternyata keduanya saling jatuh cinta.  Namun karena loyal pada sang raja, keduanya pun harus mengubur dalam-dalam rasa cintanya.  Isolde menikah dengan sang raja, dan Tristan menikahi gadis bernama Isseult.  Walaupun demikian, Tristan sama sekali tidak menyentuh Isseult karena masih jatuh hati pada Isolde.

Suatu hari, Tristan menderita sakit parah dan hampir menemui ajal.  Ia pun meminta Isolde untuk mengunjunginya, karena mungkin hal itu bisa membuat penyakitnya sembuh.  Ia juga mengatakan, jika Isolde masih mencintainya, maka ia harus berlayar di atas kapal dengan layar putih.  Jika tidak, maka ia harus memasang layar hitam.  Ketika kapal mendekat, Tristan meminta sang istri untuk mengecek warna layar kapal karena tidak bisa meninggalkan tempat tidur.  Sang istri yang sudah membaca surat Tristan sebelumnya berbohong, bahwa layar kapal tersebut berwarna hitam.  Tristan yang sedih pun langsung meninggal seketika.  Isolde yang mengetahui Tristan telah meninggal akhirnya jatuh sakit karena penyesalan, dan tak lama kemudian pun ia menemui ajal.



2.  Cleopatra dan Mark Anthony


Kisah ini menjadi bukti bahwa rasa cinta bisa membuat seorang wanita menentang penguasa dunia.  Cleopatra adalah ratu Mesir, yang berstatus sebagai istri Julius Caesar, Kaisar Roma yang kekuasaannya saat itu tersebar di seluruh dunia.  Namun, Cleopatra justru jatuh cinta pada jenderal muda, Mark Anthony, dan keduanya pun memutuskan untuk menikah.

Mark Anthony pun memutuskan untuk bertempur membela kerajaan Mesir melawan pasukan Roma.  Di tengah pertempuran, ia menerima informasi palsu bahwa Cleopatra telah meninggal.  Terkejut, ia kehilangan semangat tempurnya, dan akhirnya gugur di medan laga.  Cleopatra yang mendengar kematian kekasihnya merasa sangat sedih, dan memutuskan untuk menyusul sang kekasih dengan meminum racun.



1.  Romeo dan Juliet


Bisa jadi, kisah ini adalah kisah cinta paling romantis yang pernah diciptakan.  Ditulis oleh William Shakespeare, Romeo dan Juliet bercerita tentang dua anak muda yang saling mencintai di sebuah kota bernama Verona.  Romeo pada awalnya diminta untuk bertemu dengan Rosaline, calon istrinya.  Namun, ia justru salah bertemu dengan Juliet, dan keduanya pun jatuh cinta dan memutuskan untuk diam-diam menikah.

Tentu saja, pernikahan itu akhirnya ditentang banyak pihak, apalagi Juliet sudah diharuskan menikahi seorang pemuda bernama Paris.  Romeo juga terpaksa bertarung dan membunuh beberapa orang dari keluarga Juliet, dan akibatnya ia harus masuk penjara.  Ia pun diasingkan dari Verona, dengan ancaman hukuman mati jika nekat kembali.

Untuk bisa hidup bersama kekasihnya, Juliet membuat sebuah rencana.  Ia meminta seseorang memberinya semacam obat, yang bisa membuatnya koma dan nampak mati selama beberapa hari.  Ketika tubuhnya diletakkan di makam keluarga di luar Verona, Romeo bisa menjemputnya diam-diam setelah ia kembali sadar.

Ironisnya, pesan rahasia Juliet tidak sampai pada Romeo.  Ia justru mendengar kabar bahwa sang kekasih telah meninggal.  Romeo pun membeli sejumput racun dan dengan penuh rasa marah masuk ke acara pemakaman Juliet.  Di sana, ia bertarung dengan beberapa orang, dan membunuh Paris, pria yang seharusnya menikahi Juliet.  Hancur oleh kesedihan dan luka-luka pertempuran, Romeo memutuskan untuk bunuh diri dan meminum racun yang dibawanya.  Ketika Juliet akhirnya sadar dan menemui banyak mayat bergelimpangan di sekitarnya, termasuk mayat keluarga dan kekasihnya, ia menjadi sangat sedih dan menusuk jantungnya dengan sebilah pisau.  Benar-benar sebuah kisah romantis yang sangat tragis.