10 Film Kisah Nyata Terbaik

Menyaksikan film yang berkualitas memang mengasyikkan, apalagi bila film-film tersebut diangkat dari kisah nyata yang bernar-benar terjadi.  Tentu saja, film yang diangkat dari kisah nyata akan lebih seru untuk disaksikan karena kita cenderung membanding-bandingkan, apakah versi yang anda saksikan lebih menarik dari versi yang sesungguhnya terjadi.

Kali ini, Top10Indo akan menyajikan daftar sepuluh film kisah nyata terbaik di dunia.  Film-film ini memiliki berbagai macam tema, mulai dari perang, romansa, action, drama, bahkan horror.  Yang manakah di antara sepuluh judul berikut yang menjadi favorit anda?

Image Credit: Wikimedia Commons

10.  Hotel Rwanda


Cerita dalam Hotel Rwanda benar-benar mencekam dan mengerikan.  Film ini bercerita tentang perang saudara di Rwanda, Afrika, antara suku Hutu dan Tutsi.  Perang yang berlangsung juga tidak main-main, di mana terjadi pembantaian massal yang menewaskan jutaan orang, banyak di antaranya yang dibunuh dan dieksekusi dengan sangat kejam.  

Kisah nyata dari Paul Rusesabagina yang menyediakan hotel tempatnya bekerja sebagai penampungan para pengungsi menjadi sorotan utama Hotel Rwanda.  Untuk melindungi para pengungsi tersebut, Paul harus berkorban banyak hal, seperti harta, tenaga, dan bahkan beberapa kali nyaris terbunuh.



9.  United 93


United 93 adalah sebuah event yang diangkat dari kisah nyata seputar pembajakan pesawat yang digunakan untuk menabrak gedung World Trade Center tahun 2001.  Setelah tiga pesawat lainnya dengan sukses dibajak dan digunakan untuk menabrak WTC dan Pentagon, ternyata masih ada pesawat keempat yang diduduki teroris pada hari yang sama.

Perbedaannya, para penumpang di penerbangan ini mencoba melawan usaha para teroris untuk menabrakkan pesawat tersebut.  Mereka melakukan berbagai hal yang dramatis, menantang nyawa, serta heroik untuk bisa bertahan hidup.



8.  Goodfellas


Goodfellas adalah sebuah film kriminal yang diadaptasi dari sebuah novel non-fiksi.  Film ini dibintangi oleh Robert de Niro, dan meraih sukses yang luar biasa di pasaran.  Selain dinominasikan dalam enam Academy Awards, Goodfellas juga meraih beberapa penghargaan bergengsi internasional lainnya, seperti lima award dari British Academy of Television and Arts.

Goodfellas bercerita tentang berbagai aktivitas kriminal yang dilakukan oleh sekelompok gangster.  Mereka melakukan berbagai kejahatan seperti perampokan, pembunuhan, dan penyanderaan.  Tak hanya itu, mereka juga harus berkompetisi dengan penjahat lainnya untuk mengambil alih pimpinan teratas di dunia kriminal.



7.  The Exorcist


Tak banyak film horor yang diangkat dari kisah nyata, dan The Exorcist adalah salah satunya.  Diproduksi pada tahun 1973, The Exorcist termasuk sebagai salah satu film terpopuler dan paling laris sepanjang masa.  Film ini bercerita tentang petualangan seorang pendeta muda yang berusaha untuk menyembuhkan seorang gadis yang kerasukan arwah jahat.  

Cerita ini dibuat berdasarkan pengalaman nyata seorang pendeta muda yang berusaha menyembuhkan seorang anak berusia 14 tahun dari kerasukan di daerah Maryland, Amerika Serikat.  Ia harus tinggal selama dua bulan sebelum berhasil menyembuhkan anak terseut dan kerap menyaksikan fenomena aneh, di antaranya melihat tubuh sang anak melayang sendiri dan terkadang mengucapkan sumpah serapah dalam bahasa Latin.



6.  An American Crime


Film yang dibintangi oleh Ellen Page ini bisa membuat andad merasa sedih, kesal, sekaligus ngeri ketika menyaksikannya.  An American Crime adalah cerita seorang anak yang disiksa habis-habisan oleh keluarga yang mengasuhnya, setelah dititipkan oleh kedua orangtuanya yang harus bekerja di luar kota.  Penyiksaan yang dilakukan pun sangat kejam, mulai dari pemukulan, siksaan mental, hingga pemerkosaan.  Akhirnya, sang anak pun meninggal dengan tragis.

Cerita ini diangkat dari kisah nyata yang dialami oleh Sylvia Likens pada tahun 1965.  Wanita yang menyiksanya, Gertrude Baniszewski pun benar-benar ada.  Selain film ini, ada versi lain dari kisah Sylvia Likens yang lebih sadis, berjudul The Girl Next Door.



5.  Schindler's List


Schindler's List adalah sebuah film yang sangat berkualitas, dan termasuk sebagai salah satu film perang terbaik.  Sama seperti tipikal film perang, Schindler's List juga menyajikan drama yang dibumbui dengan berbagai kekejaman serta aksi heroik.  Di sini, yang menjadi topik utama adalah tentang pembantaian massal kaum Yahudi di Perang Dunia II.

Tokoh utama dalam film ini, Oskar Schindler, adalah tokoh yang benar-benar ada.  Ia menyelamatkan hidup ribuan orang Yahudi dengan menampung mereka di pabrik miliknya.  Oskar Schindler juga harus berkorban banyak hal untuk mereka, termasuk keselamatannya sendiri yang sering dipertaruhkan.



4.  Zodiac


Apa jadinya apabila seorang kartunis memutuskan untuk beralih profesi menjadi detektif amatir?  Ya, ini adalah topik yang diangkat dalam fim Zodiac yang tayang pada tahun 2007.  Diangkat dari kisah nyata tahun 1970, kasus yang berusaha diusut oleh sang detektif amatir adalah seorang pembunuh yang menjuluki dirinya sebagai "zodiac killer".

Zodiac killer meneror kota San Francisco, di mana ia membunuh korban-korbannya dengan sadis dan selalu meninggalkan secarik pesan berisi teka-teki di setiap aksinya.  Sang detektif amatir yang terobsesi dengan pesan-pesan zodiac killer pun berusaha mengusut kasus ini, yang pada akhirnya justru membahayakan nyawa dirinya dan keluarganya sendiri.



3.  127 Hours


Salah satu film paling fenomenal, unik, namun juga sangat berkesan.  127 Hours adalah film yang bercerita tentang seorang pendaki gunung yang terjebak di bawah reruntuhan batu di sebuah tebing di daerah Utah, Amerika Serikat.  Ia pun harus berusaha bertahan hidup sendirian, di bawah tindihan batu, tanpa makanan dan minuman.

Cerita yang mengerikan ini diangkat dari petualangan fantastis seorang pendaki bernama Aron Ralston, di mana pada akhirnya ia berhasil dievakuasi setelah bertahan hidup selama kurang lebih lima hari.  Namun dalam lima hari itulah Aron mengalami sebuah drama dan pengalaman yang benar-benar tidak terbayangkan oleh manusia.  Ia harus melakukan berbagai hal menjijikkan, bahkan mengerikan, hanya untuk bertahan hidup.



2.  The Pianist


Satu lagi cerita nyata tentang Perang Dunia II yang berhasil diangkat dengan sangat baik dalam sebuah film layar lebar.  The Pianist menceritakan petualangan seorang pemain piano keturunan Yahudi yang harus bersembunyi dari kejaran para tentara Jerman.  Ia berpindah dari satu bangunan ke bangunan kosong lainnya, terkadang harus mengurung diri selama berhari-hari tanpa air dan makanan.

Bisa dibayangkan trauma yang dialami oleh sang pianis, baik secara fisik maupun mental.  Di akhir cerita, ia terlihat sangat kurus dan lebih tua dua puluh tahun.  Sang pianis yang bernama Wladyslaw Szpilman ini akhrinya memutuskan untuk mengangkat petualangannya ke dalam sebuah novel, yang akhirnya juga dibuat versi filmnya dengan sangat baik oleh Ronald Harwood.



1.  Erin Brockovich


Yang membuat film ini begitu memukau bukan hanya akting Julia Roberts, namun juga kisah nyata yang melatarbelakanginya.  Erin Brockovich adalah seorang "advokat konsumen", bukan seorang pengacara atau ahli hukum, yang berhasil menegakkan kebenaran untuk penduduk kota kecil di California yang keracunan oleh air minum mereka sendiri.

Perjuangan Erin yang tak kenal lelah dalam mengumpulkan bukti-bukti dan menghadiri ratusan sidang berbuah manis ketika ia berhasil membawa penduduk kota kecil tersebut memenangi tuntutan senilai 333 juta US Dollar.  Film ini juga mampu mengantar Julia Roberts mendapatkan penghargaan Oscar.