10 Film Terpopuler di Dunia

Hingga saat ini, sudah puluhan ribu film sudah diproduksi di seluruh dunia.  Beberapa dari film tersebut bahkan berhasil meraih pemasukan senilai miliaran juta dollar dan menduduki posisi teratas dalam daftar Box Office.  Nah, diantara film-film tersebut, manakah yang berhak duduk dalam daftar 10 besar film terpopuler di dunia?

Dalam daftar ini, Top10Indo menyajikan nama-nama film yang berhasil meraih pemasukan terbanyak berdasarkan daftar resmi Box Office.  Selain itu, jumlah pemasukannya juga disesuaikan dengan nilai inflasi, karena mungkin pada tahun 80-an nilai mata uang 1 US Dollar senilai dengan 5 US Dollar di tahun 2013.  Setelah menyetarakan nilai inflasi, berikut daftar film terlaris dan terpopuler sepanjang masa:

Image Credit: Wikimedia Commons

10.  Snow White and the Seven Dwarfs


Total pemasukan (semua pemasukan dihitung setelah menyesuaikan nilai inflasi):  889 juta US Dollar

Film kartun produksi Disney yang dirilis tahun 1937 ini tidak disangka-sangka bisa tampil sebagai satu di antara film terpopuler di dunia.  Walaupun mengangkat cerita berdasarkan dongeng anak-anak, popularitas Snow White and the Seven Dwarfs tetaplah sangat tinggi.  Karena kesuksesannya di pasar domestik dan internasional, film ini kemudian diproduksi ulang di tahun 1990.

Tentu kita sudah familiar dengan cerita Putri Salju atau Snow White yang hidup bersama 7 orang kurcaci kecil, diberi apel beracun oleh seorang nenek sihir, dan ditolong oleh pangeran tampan berkuda putih.  Cerita ini sebenarnya sederhana, namun cukup populer di seluruh pelosok dunia.



9.  The Exorcist


Total pemasukan:  902 juta US Dollar

The Exorcist adalah salah satu film horor paling seram di dunia yang diproduksi pada tahun 1973.  Keberhasilan film ini secara artistik dibuktikan dengan keberhasilannya meraih 10 Academy Awards dan duduk di peringkat teratas daftar film di Amerika Serikat selama beberapa minggu berturut-turut.  Selain itu, film ini juga dianggap sebagai inspirasi lahirnya berbagai film horor modern lainnya.

The Exorcist berkisah tentang seorang gadis yang kerasukan arwah iblis yang muncul dari sebuah jimat kuno dari Irak.  Gadis yang kerasukan tersebut melakukan berbagai kekejaman dan membunuh banyak orang.  Usaha beberapa tokoh untuk mengeluarkan arwah iblis dari tubuh sang gadis inilah yang membuat film ini diberi judul The Exorcist.



8.  Doctor Zhivago


Total pemasukan:  1.012 juta US Dollar

Selain sukses secara pasar, Doctor Zhivago juga meraih 5 penghargaan Oscar, sebuah prestasi yang hanya berhasil diraih oleh segelintir film dari jutaan lainnya yang sudah pernah diproduksi.  Film yang dirilis pada tahun 1965 ini dibintangi oleh Omar Sharif dan Julie Chrisite, serta dianggap memiliki unsur romansa, drama, dan peperangan yang memukau.

Doctor Zhivago bercerita tentang kehidupan seorang dokter sekaligus penyair yang terjebak dalam aktivitas politik istri yang sangat dicintainya.  Ia pun harus mengalami berbagai drama, suka, duka, bahkan tragedi selama terlibat perpolitikan pada masa Revolusi Bolshevik di Rusia.



7.  Jaws


Total pemasukan:  1.045 juta US Dollar

Film keluaran tahun 1975 ini dianggap sebagai salah satu yang mampu mengangkat nama Steven Spielberg sebagai sutradara elit di Hollywood.  Tiga penghargaan Oscar yang diterima oleh film ini membuktikan kualitasnya yang tidak perlu diragukan lagi, baik dari segi  cerita, akting, maupun presentasi secara keseluruhan.

Jaws mengisahkan tentang petualangan penuh darah di sebuah pulau, yang terus menerus diteror oleh hiu putih raksasa.  Bisa ditebak, cerita pun penuh dengan darah dan adegan-adegan menyeramkan sebelum kekejaman sang hiu berhasil sepenuhnya dihentikan.



6.  The Ten Commandments


Total pemasukan:  1.068 juta US Dollar

Tak ada yang lebih bisa menggerakan publik untuk menyaksikan sebuah film selain latar belakang sejarah yang ada di dalam film tersebut, apalagi jika dikaitkan dengan nilai-nilai budaya dan agama.  Contohnya adalah  film The Ten Commandments yang berhasil meraup sukses besar secara marketing setelah dirilis pada tahun 1956.

Film ini merangkum petualangan Moses alias Nabi Musa yang membawa umatnya ke jalan Tuhan dan lari dari kekejaman Pharaoh (Fir'aun).  Ada berbagai adegan dramatis seperti saat Moses mengubah tongkatnya menjadi ular, atau saat ia membelah lautan, yang membuat film ini makin populer dan memukau.



5.  Titanic


Total pemasukan:  1.105 juta US Dollar

Titanic menjadi satu-satunya film yang diproduksi setelah tahun 1990 yang berhasil masuk dalam daftar sepuluh film terpopuler di dunia sepanjang masa.  Aksi Leonardo Dicaprio dan Kate Winslet tak bisa dibantah lagi menjadi salah satu poin paling penting yang membuat Titanic bisa sukses di pasaran.  Selain itu, semua unsur sinematografi dalam film ini disajikan dengan sangat apik.

Cerita Titanic berkisar dalam petualangan sepasang kekasih dari strata sosial yang berbeda di atas Titanic, kapal pesiar termegah di dunia.  Kisah mereka dipenuhi dengan teror, ketika Titanic menabrak gunung es dan perlahan-lahan tenggelam ke laut.  Adegan-adegan dalam film ini bisa dijamin membuat kita tertawa, bahagia, bahkan meneteskan air mata.  Wajar jika film ini kemudian disebut sebagai salah satu film romantis terbaik di dunia.



4.  E.T.: The Extra Terrestrial


Total pemasukan:  1.157 juta US Dollar

Satu lagi film anak yang berhasil meraih sukses luar biasa di dunia.  Film keluaran tahun 1982 ini disutradarai oleh Steven Spielberg, dan di dalamnya kita bisa menyaksikan akting brilian dari Peter Coyote, Henry Thomas, dan Drew Barrymore.  Tak hanya sukses di pasaran, E.T. juga berhasil menyabet 4 penghargaan Oscar, 27 nominasi, dan 44 penghargaan film bergengsi lainnya.

Cerita E.T. juga dibilang sederhana dan penuh fantasi, di mana seorang anak tiba-tiba menemukan makhluk aneh yang ternyata adalah seorang alien.  Sang anak kecil pun berusaha melakukan berbagai petualangan untuk mengembalikan sang alien ke planet asalnya.  Sepanjang petualangan inilah terjalin persahabatan yang lucu dan mengharukan antara sang anak dan sang alien.



3.  The Sound of Music


Total pemasukan:  1.162 juta US Dollar

Bagi anda yang menyukai film musikal seperti Les Miserables yang baru-baru ini sangat populer, maka anda wajib menyaksikan The Sound of Music.  Tak hanya terpopuler, film ini bahkan dianggap sebagai salah satu yang terbaik di dunia.  Lima penghargaan Oscar yang berhasil disabet The Sounds of Music menunjukkan kualitasnya yang sangat memesona.

The Sound of Music adalah sebuah cerita tentang seorang wanita yang meninggalkan biara gereja untuk menjadi pengasuh anak seorang petinggi negara.  Ia pun berhasil mengubah anak-anak yang tadinya sangat dingin dan kaku berubah menjadi sosok penuh cinta dan ceria.  Unsur peperangan dalam film ini juga memperkuat kesan dramatis di dalamnya.



2.  Star Wars: Episode IV: A New Hope


Total pemasukan:  1.453 juta US Dollar

Wajar jika Star Wars masuk sebagai film terpopuler dan terlaris di dunia, karena puluhan tahun setelah film ini dirilis pada tahun 1977, masyarakat masih ramai memperbincangkannya.  Film ini sudah dirilis menjadi 7 seri, namun serial pertamanya inilah yang berhasil meraup pemasukan paling besar.  Selain itu, film ini meraih prestasi fenomenal dengan memenangkan 6 penghargaan Oscar sekaligus.

Star Wars adalah sebuah film science-fiction di luar angkasa, mengisahkan tentang petualangan Luke Skywalker yang bergabung dalam kelompok Ksatria Jedi.  Ia harus menjaga perdamaian di sistem tata surya sekaligus melawan musuh terbesarnya, Darth Vader.



1.  Gone With the Wind


Total pemasukan:  1.648 juta US Dollar

Pasti anda tidak menyangka bahwa film paling populer dan tersukses di pasaran diraih oleh sebuah film yang diproduksi sebelum Perang Dunia II berakhir, tepatnya pada tahun 1939.  Setelah mengkonversi nilai inflasinya, terbukti Gone With the Wind tak bisa ditandingi popularitasnya oleh film lain karena berhasil meraih lebih dari 1.600 juta dolar pemasukan dari seluruh dunia.

Film ini diangkat dari sebuah novel, bercerita tentang petualangan cinta Scarlett O'Hara yang penuh dengan gairah, intrik, penipuan, dan drama selama perang saudara di Amerika Serikat.  Selain romantis, Gone With the Wind juga menyajikan adegan-adegan yang menguras emosi anda.  Kualitas film ini tentunya tak perlu diragukan lagi, terutama dengan keberhasilannya meraih 8 penghargaan Oscar dan rating yang cukup tinggi dari IMDb.  Benar-benar sebuah film yang wajib anda saksikan!

Artikel Lainnya