10 Film Perang Terbaik

Apa sajakah daftar film-film perang terbaik di dunia?  Pada artikel kali ini, kami akan mengulas sepuluh film perang terbaik versi IMDb yang sudah diberi rating setidaknya oleh 1000 pengunjung situs film terbesar dunia ini.  Agar lebih relevan, kami hanya memasukkan film-film perang yang diproduksi setelah tahun 1990 dan menceritakan tentang peperangan setelah Perang Dunia I.

Tentu saja, judul-judul berikut ini tidak hanya menyajikan baku tembak dan adu senjata, namun juga berbagai drama di dalamnya.  Dalam setiap film perang, anda bisa menyaksikan ketegangan, kesedihan, kematian, kebahagiaan, kelegaan, dan kejayaan.  Langsung saja, berikut daftarnya dari Top10Indo:

By Bruno Toič [CC-BY-3.0 (http://creativecommons.org/licenses/by/3.0)], via Wikimedia Commons


10.  The Hurt Locker


Rating IMDb:  7,7

Keberhasilan The Hurt Locker memenangkan 6 penghargaan Oscar membuat film ini layak dimasukkan ke dalam salah satu dari sepuluh film perang terbaik di dunia.  Film ini bercerita tentang tiga orang prajurit Amerika Serikat yang bertugas sebagai pasukan penjinak bom elit di Baghdad, Irak.  Mereka hampir setiap hari harus mempertaruhkan nyawa untuk menjinakkan bom, yang terkadang harus dilakukan dengan sangat cermat dan hati-hati, dan terkadang harus berlomba dengan waktu sebelum bom tersebut meledak.

Dirilis pada tahun 2008, The Hurt Locker juga menyajikan cerita seputar persahabatan dan loyalitas ketiga orang pasukan penjinak bom tersebut.  Film ini dibintangi oleh Jeremy Renner yang juga dinominasikan sebagai aktor terbaik Oscar, dan beberapa tahun setelahnya tampil sebagai Hawkeye dalam film The Avengers.

  

9.  Tae Guk Gi: The Brotherhood of War


Rating IMDb:  8,0

Tak semua film perang terbaik di dunia harus diproduksi oleh industri film besar di Hollywood.  Tae Guk Gi adalah film buatan Korea Selatan yang tidak hanya bisa memukau dunia, namun juga memenangkan berbagai penghargaan internasional.    Dibintangi oleh Dong Gun-jang, Tae Guk Gi bercerita tentang dua kakak beradik Jin-tae dan Jin-seok dalam perang antara Korea Utara dan Korea Selatan di tahun 1950.

Jin-seok yang sebenarnya ingin menuntut ilmu di bangku kuliah pun terpaksa bergabung dengan pasukan militer garis depan.  Sang kakak, Jin-tae akhirnya memutuskan pula untuk terjun ke medan perang untuk melindungi dan membebaskan adiknya dari tugasnya tersebut.  Film ini adalah sebuah film perang dengan ending paling tragis, yang bisa membuat anda menitikkan air mata ketika menyaksikannya.



8.  Incendies


Rating IMDb:  8,1

Incendies adalah sebuah film berbahasa Prancis yang dirilis pada tahun 2010.  Film ini berhasil memenangi penghargaan Oscar untuk kategori film asing terbaik.  Film ini memiliki lebih banyak unsur drama daripada unsur peperangan di dalamnya.  Berlokasi di wilayah Timur Tengah, Incedies bercerita tentang sepasang saudara kembar yang tinggal di Kanada, Jeanne dan Simon yang menerima wasiat terakhir dari ibunya untuk menempuh sebuah perjalanan ke Timur Tengah guna mencari asal-usul ayah mereka yang meninggal di medan pertempuran di Timur Tengah.  Ternyata, perjalanan yang semula terdengar membosankan dan menyusahkan menjadi sebuah titik balik dalam hidup kedua saudara kembar tersebut.  Mereka menemukan berbagai fakta mengejutkan tentang ayah, leluhur, dan juga ibu mereka, yang sama sekali tidak terduga.  Benar-benar sebuah film yang dramatis dan bisa membuat anda meneteskan air mata.



7.  Hotel Rwanda


Rating IMDb:  8,2

Tak ada film perang yang bisa membuat kita begitu terguncang seperti Hotel Rwanda.  Film ini bercerita tentang kondisi di tengah peperangan suku Hutu dan Tutsi di Afrika yang diangkat berdasarkan kisah nyata yang dituturkan oleh Paul Rusesabagina.  Paul yang bekerja sebagai manajer sebuah hotel saat itu harus bekerja keras menyelamatkan masyarakat sipil kalangan Tutsi dari kejaran suku Hutu yang ingin membunuh semua kaum Tutsi.

Walaupun tak banyak baku tembak, film ini menyajikan berbagai adegan kejam yang menyeramkan.  Beberapa adegan menggambarkan di mana kaum Tutsi dibantai dengan menggunakan parang dan golok, diiringi dengan lagu suku Afrika yang terkesan menyeramkan.  Tak hanya itu, anak-anak, ibu hamil, dan orang tua pun tak lepas dari kekejaman suku Hutu.  Hotel Rwanda menunjukkan ketulusan Paul yang luar biasa dalam melindungi orang-orang ini.  Ia harus mengorbankan banyak hal dalam hidupnya, mulai dari harta, bahkan beberapa kali membahayakan nyawanya sendiri.



6.  Downfall


Rating IMDb:  8,3

Downfall adalah sebuah film bertemakan peperangan yang disajikan dari sudut pandang sekretaris pribadi Hitler dalam hari-hari menjelang kekalahan Jerman Barat dalam Perang Dunia II.  Film yang ditayangkan pertama kali pada tahun 2004 ini memiliki judul asli Der Untergang dan mampu meraih 1 nominasi Oscar dan 17 penghargaan film internasional.

Dalam Downfall, anda bisa melihat lebih dekat kisah kehidupan Adolf Hitler.  Mulai dari caranya mengobarkan semangat pasukan dengan pidato berapi-api, saat di mana ia marah-marah dan memaki jendral-jendralnya, saat ia mencoba terus yakin akan harapan palsu bahwa Jerman akan memenangi Perang Dunia II, hingga saat-saat terakhir Hitler sebelum ia menghabisi nyawanya sendiri dengan sebutir peluru.  Film ini sangat tragis, ironis, dan membuat kita menyadari bahwa perang akan selalu membawa kehancuran, terutama bagi pihak yang kalah.



5.  Inglorious Basterds


Rating IMDb:  8,3

Dirilis pada tahun 2009, Inglorious Basterds mendapat tanggapan yang cukup positif, baik dari segi penjualan maupun kritik internasional dari berbagai asosiasi film.  Berbeda dengan film-film perang lainnya yang berlatar-belakang kisah nyata, Inglorious Basterds adalah sebuah film fiksi bersetting Perang Dunia II yang diangkat dari kisah sutradara eksentrik, Quentin Tarantino.

Selain disajikan dalam berbagai adegan yang luar biasa dan musik yang memukau, Inglorious Basterds juga menyajikan banyak unsur humor yang bisa membuat kita tertawa terbahak-bahak.  Akting Brad Pitt dan Cristoph Waltz dalam film ini juga patut diacungi jempol karena terkesan sangat jenaka, namun juga realistis.



4.  The Pianist


Rating IMDb:  8,5

Lagi, sebuah film perang dengan unsur drama yang sangat kental.  The Pianist berkisah tentang kehidupan seorang pemain piano dalam pengungsiannya di Perang Dunia II.  Wladyslaw Szpilman, seorang pianis handal yang kerap tampil di radio dikirim ke kamp konsentrasi Nazi karena diketahui memiliki darah Yahudi.  Beruntung, ia akhirnya bisa lolos dan bersembunyi di sebuah rumah kosong.

Drama dimulai ketika ia harus mencoba untuk bertahan hidup di dalam rumah tersebut, karena ia sama sekali tidak berani untuk keluar mencari bahan makanan karena daerah di sekitar rumah diduduki oleh pasukan Nazi.  Ia terpaksa harus memakan semua yang bisa dimakan, sampai terlihat sangat kurus dan menyerupai mayat hidup.  Cerita terkesan makin mengharukan, karena di rumah itu ada sebuah piano yang sangat ingin dimainkan oleh sang pianis, namun ia tidak bisa melakukannya karena takut terdengar oleh pasukan Nazi.  Akting gemilang Adrien Brody dalam film ini benar-benar memukau dan mengantarkannya memenangkan Piala Oscar 2003.



3.  Life Is Beautiful


Rating IMDb:  8,5

Life is Beautiful dirilis pada tahun 1997 dan wajib ditonton bagi anda pecinta film perang.  Selain sangat mengharukan dan indah, film ini juga memiliki sebuah pesan yang sangat bermakna yang mungkin akan selalu anda ingat seumur hidup.  Berkisah tentang kehidupan seorang pria bernama Guido, Life is Beautiful berfokus pada perjuangan Guido dan anaknya untuk bertahan hidup di kamp konsentrasi Nazi.

Guido yang memiliki darah Yahudi benar-benar disiksa di kamp konsentrasi tersebut.  Mulai dari kerja paksa yang berat, penyiksaan, hingga kurangnya bahan makanan membuat hidupnya sangat merana bahkan sangat dekat dengan kematian.  Namun dalam kondisi yang sengsara tersebut, ia terus berusaha untuk menghibur putranya yang masih kecil, dan berkata bahwa mereka hanya sedang "berlibur".  Ketika menyaksikan akhir dari film ini, jangan heran jika anda secara tidak sadar meneteskan air mata karena jalan cerita yang benar-benar dramatis dan menyentuh.



2.  Saving Private Ryan


Rating IMDb:  8,6

Jika anda mencari sebuah film perang yang penuh dengan baku-tembak yang seru, ledakan-ledakan bom, serta drama yang berkualitas; maka Saving Private Ryan adalah jawabannya.  Film ini konon dikabarkan menjadi sumber inspirasi bagi game-game perang terbaik di dunia, dan mampu memenangkan 5 penghargaan Oscar sekaligus.

Dibintangi oleh Tom Hanks sebagai pemeran utama, Saving Private Ryan menceritakan petualangan suatu pasukan untuk menjemput seorang prajurit bernama Ryan yang seluruh saudara laki-lakinya gugur di medan perang.  Selain penuh dengan aksi yang memukau, Saving Private Ryan juga menyajikan drama yang emosional dan cukup mengharukan.  



1.  Schindler's List


Rating IMDb:  8,9

Akhirnya, sampai juga kita pada posisi pemuncak daftar film perang terbaik di dunia.  Schindler's List yang dirilis pada tahun 1993 hingga kini masih terus diperbincangkan karena kualitasnya yang memukau dan keberhasilannya meraih 7 penghargaan Oscar.  Film yang disutradarai oleh Steven Spielberg dan dibintangi oleh Liam Neeson ini juga mengangkat tema tentang kekejaman Jerman dalam membantai kaum Yahudi di kamp konsentrasi selama Perang Dunia II.

Hampir sama seperti Hotel Rwanda, Schindler's List berkisah tentang perjuangan seorang kaya bernama Oskar Schindler dalam menyelamatkan banyak orang dari kekejaman Nazi.  Ia bahkan menghabiskan seluruh hartanya untuk "membeli" dan "menyelamatkan" orang-orang yang namanya masuk ke dalam kamp konsentrasi Jerman.  Ia pun mengubah pabriknya sebagai tempat penampungan korban tersebut, dan hingga akhir perang Oskar Schindler tercatat berhasil menyelamatkan 1.100 nyawa dari kamar gas dan pembunuhan massal tentara Nazi.  Singkat kata, Schindler's List adalah sebuah film yang sangat indah, yang menunjukkan bahwa nilai-nilai kemanusiaan jauh lebih berharga daripada harta maupun kekuasaan.  Benar-benar suatu masterpiece!

Artikel Lainnya