10 Game Perang Terbaik dan Terbaru

Berikut ini adalah daftar 10 game perang terbaik dan terbaru yang diproduksi untuk berbagai konsol dan dimainkan baik secara online maupun single player.  Beberapa game perang ini ada yang bertipe strategi, first person shooter, atau third person shooter.  Untuk kategori ini, kami mengambil jenis game perang yang bersetting di abad 20 dan awal abad 21 di berbagai lokasi, seperti lokasi Perang Dunia II, Perang Vietnam, Perang Korea, Perang Teluk, dan berbagai misi rahasia agen khusus.  Langsung saja, berikut daftar 10 game perang terbaik  :


By ISAF Headquarters Public Affairs Office from Kabul, Afghanistan (20100129adf8246638_223.JPG) [CC-BY-2.0 (http://creativecommons.org/licenses/by/2.0)], via Wikimedia Commons



10.  Sniper Elite V2



Melanjutkan kesuksesan pendahulunya, Sniper Elite V2 berhasil menghadirkan sebuah atmosfer game perang yang sangat realistis.  Di game ini, anda berperan sebagai seorang sniper yang menyusup sendirian ke markas berisi tentara Nazi.  Misi anda cukup sulit, karena anda harus menghabisi musuh-musuh anda tanpa suara sedikit pun.  Anda harus menunggu ketika musuh anda berada dalam posisi sendirian, dan melepaskan tembakan jarak jauh sniper yang tepat menghunjam kepala musuh anda.  Jika anda ceroboh atau terlalu berisik, musuh akan mengetahui posisi anda dan berbondong-bondong menyerang, dan hal ini akan berakibat kematian anda.

Keunggulan utama dari Sniper Elite 2 adalah animasi kill cam yang luar biasa bagus, di mana peluru anda akan digambarkan secara slow motion menembus bagian tubuh musuh anda.  Game ini juga menuntut kecermatan serta strategi, dan tidak hanya mengandalkan kemampuan tembak-menembak.



9.  Call of Duty : Black Ops



Jika anda pecinta game perang First Person Shooter, maka Call of Duty : Black Ops wajib dimainkan.  Di game ini, anda berperan sebagai Agen Mason, Agen rahasia Amerika Serikat yang bertugas untuk mengeliminasi musuh-musuh negara di Rusia, Vietnam, Korea, Myanmar, serta berbagai penjuru dunia lainnya.  Game ini sangat bagus dari segi gameplay, karena sangat smooth, seru, dan menjanjikan baku tembak yang sangat realistis.  Tingkat kesulitannya pun cukup tinggi terutama di level-level akhir, dan dijamin anda akan merasa sangat puas setelah menyelesaikannya.

Call of Duty : Black Ops juga memberikan satu "Zombie Mode", di mana anda bisa bermain secara online dan membasmi tentara-tentara zombie ciptaan Nazi.  Sangat seru, dan wajib untuk dimainkan!



8.  Brothers in Arms : Road to Hill 30



Game klasik ini mungkin bisa dibilang sebagai salah satu pelopor revolusioner untuk game-game perang lainnya.  Bersetting pada perang dunia II, game ini adalah game pertama yang menuntut anda untuk maju perang bersama sekelompok tim yang dikendalikan oleh komputer.  Tidak seperti game-game lainnya di mana pasukan yang dikendalikan komputer secara otomatis bergerak sendiri, di game ini anda harus mengarahkan mereka untuk melakukan tugas-tugas tertentu.  Yap, game ini adalah perpaduan antara First Person Shooter dan Strategi yang akan selalu asyik untuk dimainkan hingga saat ini.



7.  Battlefield 1942



Game ini adalah awal kejayaan franchise "Battlefield" di dunia video game.  Setting game ini sangat realistis, mengambil lokasi-lokasi perang paling panas antara tahun 1942-1945, seperti daerah Belgia yang bersalju, pantai Normandy yang menelan puluhan ribu korban, hingga pulau Iwo Jima Jepang yang menjadi pulau maut bagi pihak sekutu (Allied) maupun poros (Axis).  Yang mengasyikkan, di game ini anda bisa memilih untuk berperan sebagai sekutu ataupun poros.  Gameplay akan berubah jika anda mengambil peran yang berbeda.  Contohnya dalam peperangan Iwo Jima, jika anda berperan menjadi Sekutu anda harus merebut bunker-bunker yang dikuasai pasukan Jepang.  Jika anda memilih bermain sebagai Poros, maka anda harus mempertahankan pulau ini dengan membunuh sebanyak mungkin tentara sekutu.  Sangat seru, dan cocok untuk mempelajari sejarah Perang Dunia II.



6.  Company of Heroes



Berbeda dengan game-game sebelumnya yang disajikan dalam genre First Person Shooter, Company of Heroes adalah sebuah game perang strategi.  Dalam game ini, anda dituntut untuk menggabungkan kemampuan analisa dengan strategi perang untuk melawan musuh.  Anda harus pandai-pandai menentukan metode untuk merebut daerah kekuasaan musuh, apakah dengan pasukan infanteri, sepasukan tank, ataupun melalui serangan udara dan laut.  Semua ini tentunya juga harus disesuaikan dengan biaya perang yang anda miliki.

Di tahun 2013, Company of Heroes meluncurkan sekuelnya yang berjudul "Company of Heroes 2".  Sayang game ini kurang mendapat review positif di mata gamer internasional.



5.  Crysis 3



Game yang dirilis di tahun 2013 ini memang sangat asyik untuk dimainkan.  Crysis 3 mengambil setting di masa depan, di mana anda memiliki kebebasan untuk mengeksplor dunia perang secara bebas, layaknya dalam game Grand Theft Auto atau Far Cry 3.  Dalam game ini, kemampuan grafis dan gameplay akan membuat anda benar-benar dimanjakan.  Persenjataan yang ada pun sangat beragam, mulai dari sniper rifle, Rocket Launcher, hingga senjata seperti pisau dan handgun kecil yang bisa anda gunakan tergantung kondisi sekitar.  Bila anda menyukai game perang, jangan sampai anda lewatkan Far Cry 3.


4.  Arma II



Game online ini boleh dibilang sebagai salah satu game perang paling realistis.  Dalam game ini, anda bebas menjelajah sebuah pulau dengan pemain-pemain lainnya.  Anda pun bisa menentukan apakah anda akan bekerja sama dan membentuk tim dengan mereka, atau membunuh serta merebut persenjataan dan perbekalan mereka.  Dalam Arma II, anda tidak hanya harus mewaspadai pasukan lawan, tapi juga harus makan dan minum secara teratur.  Senjata dan peluru cukup langka, dan hanya bisa ditemukan di tempat-tempat khusus atau merampas dari musuh.

Arma II makin seru ketika muncul expansion pack bernama DayZ, yang membuat anda juga harus menghadapi serangan zombie di pulau tersebut.  Very cool!



3.  Far Cry 3



Jika kebanyakan game perang bercerita tentang peperangan besar antar-negara, maka dalam Far Cry anda akan ada dalam perang saudara antar suku.  Di game ini, anda berperan sebagai Jason Brody, yang sedang berlibur di sebuah pulau di Papua Nugini.  Tidak diduga, teman-teman anda tertangkap oleh sekelompok bandit lokal yang dikoordinir oleh Vaas, kakak anda dibunuh, dan anda beruntung bisa lolos dari kejaran mereka.  Untuk membebaskan teman-teman anda, anda harus membantu pasukan lokal yang disebut "Rakyat" melawan pasukan bayaran Vaas dan Hoyt.  Tak hanya berperang dengan mereka, anda juga setiap saat menghadapi serangan hewan-hewan liar seperti harimau, buaya, hiu, bahkan komodo.

Far Cry boleh dibilang sebagai game yang nyaris sempurna, dan mendapatkan berbagai award sebagai game terbaik tahun 2012.



2.  Battlefield 3



Tak ada yang meragukan kualitas grafis Battlefield 3.  Di game ini, anda akan disajikan sebuah game yang benar-benar hidup.  Bersetting di tahun 2014, anda berperan sebagai Sersan Blackburn yang harus menyelesaikan misi-misi rahasia di negara-negara Timur Tengah, Eropa Timur dan Selatan, serta menyerang markas rahasia Rusia.  Game ini sangat realistis, memuaskan, dan memiliki Multiplayer Mode yang mungkin menjadi salah satu yang terbaik hingga saat ini.

Di tahun 2013, Battlefield 4 akan dirilis di pasaran.  Sejauh ini, trailer yang muncul sangat luar biasa, dengan grafis yang sangat realistis.  Memainkan game Battlefield 3 dan 4 membuat anda seakan menyaksikan sebuah film di mana anda terlibat langsung di dalamnya.



1.  Call of Duty : Black Ops 2



Game ini mengambil setting waktu tahun 2025.  Salah satu yang membuat game ini menjadi game perang terbaik adalah adanya opsi yang membuat anda mengambil pilihan-pilihan yang berbeda di dalam game.  Pilihan tersebut akan membawa hasil yang berbeda dan ending yang berbeda pula.  Ini adalah salah satu faktor paling revolusioner yang muncul di serial Call of Duty, dan mungkin yang pertama dalam game perang First Person Shooter.

Secara gameplay, Black Ops 2 juga tidak perlu diragukan lagi.  Game ini memiliki engine khas Call of Duty yang sangat smooth serta menjanjikan sebuah baku tembak seru antara anda dan lawan anda.  Cerita di dalam game ini pun sangat berkesan, dan membuat anda ingin untuk memainkannya lagi dan lagi.

Artikel Lainnya