10 Cara Menghilangkan Rasa Malas

Pernahkah anda memiliki rencana yang sangat bagus, namun gagal terlaksana karena rasa malas menghalangi anda untuk mengeksekusi rencana tersebut?  Ya, kemalasan memang dikenal sebagai salah satu faktor penghambat sukses.  Banyak orang yang memiliki potensi dan bakat besar, namun gagal menjadi seseorang yang sukses karena rasa malas.

Jika anda ingin mengetahui cara-cara ampuh untuk menghilangkan rasa malas, silakan baca artikel dari Top10Indo berikut ini.  Di sini, kami menyajikan berbagai tips dari berbagai psikologis untuk mengatasi kemalasan yang bisa membawa efek negatif bagi karir, pendidikan, bahkan kesehatan anda.

By Nurambus on DeviantArt via Creative Commons

10.  Kembangkan pola hidup teratur dan terorganisir

Sebagian rasa malas datang karena berbagai elemen dalam hidup anda yang berantakan dan tidak teratur.  Hal ini bisa berupa jadwal yang berantakan, ruangan kerja yang amburadul, penyimpanan dokumen dan arsip yang tidak terarsip dengan baik, pola hidup yang tidak sehat, catatan yang berantakan, dan sebagainya.  Jika anda ingin menghindari rasa malas, cara pertama yang paling efektif adalah dengan menata hidup anda.

Pastikan untuk menata ulang dan membuat segala hal yang berantakan dalam hidup anda menjadi lebih teratur.  Susun jadwal aktivitas, mulai dari bangun pagi hingga berangkat tidur.  Rapikan ruang kerja anda, dokumen-dokumen, dan berbagai peralatan sehari-hari.  Jika perlu, rapikan juga kamar anda agar mood kerja menjadi lebih baik.



9.  Buat jadwal kegiatan harian


Membuat jadwal kegiatan harian bisa membantu menghikangkan rasa malas untuk melakukan aktivitas tertentu.  Dalam berbagai kasus, rasa malas muncul karena anda tidak menyadari atau melupakan adanya aktivitas yang harus dilakukan.  Ketika anda mengingatnya, anda sudah terlibat dalam kegiatan lain.  Akibatnya, kegiatan yang seharusnya dilakukan jadi tertinggalkan, dan ada kecenderungan akan terus menerus tertunda.

Oleh karena itu, buatlah jadwal harian yang realistis dan bisa anda tepati.  Jika ada aktivitas penting yang menuntut banyak konsentrasi anda, set juga reminder atau pengingat di telepon selular anda, sehingga anda tidak akan melupakannya.



8.  Cobalah untuk melakukan berbagai aktivitas yang tidak menyenangkan sepagi mungkin

Pasang target untuk menyelesaikan kegiatan-kegiatan yang susah dan menuntut banyak konsentrasi di pagi hari, setelah anda bangun tidur, sarapan, dan mandi.  Saat itu, energi anda masih penuh sehingga akan lebih mudah untuk menyelesaikan hal-hal yang tidak anda sukai.  Tubuh yang masih segar pun akan lebih efektif untuk melawan kemalasan.

Jika anda menunda-nunda suatu aktivitas hingga siang, bahkan malam hari, rasa malas kemungkinan besar yang akan menang dan mencegah anda menyelesaikan tugas tersebut.  Ini karena di malam hari tubuh anda sudah letih, dan pikiran anda ingin beristirahat dan menjauhkan diri dari hal-hal yang tidak menyenangkan.



7.  Hindari sofa atau tempat tidur sebelum waktu istirahat


Jika anda masih memiliki suatu kegiatan yang harus dilakukan, misalkan belajar atau mengerjakan tugas; hindari untuk duduk di sofa yang empuk atau berbaring di tempat tidur sebelum tugas anda tersebut selesai.  Tempat yang empuk dan nyaman adalah suatu hal yang bisa membangkitkan rasa malas.  Tanpa sadar, anda bisa menghabiskan berjam-jam di depan TV atau bahkan tertidur di atas kasur yang nyaman.

Lakukan kegiatan-kegiatan yang harus anda lakukan jauh dari sofa maupun tempat tidur.  Jika harus belajar, carilah tempat di mana anda bisa duduk dengan nyaman, namun tidak menimbulkan rasa malas; misal di meja belajar.



6.  Motivasi diri anda sendiri

Anda harus mendorong diri anda sendiri untuk menjauhi rasa malas.  Misalkan anda perlu melakukan olahraga yang rutin namun selalu terhambat oleh kemalasan; maka tanamkanlah berulang-ulang manfaat positif olahraga dalam diri anda.  Carilah berbagai alasan yang bisa membuat anda melakukan hal tersebut dengan sukarela.

Katakan pada diri anda bahwa anda bisa menjadi orang yang lebih baik dengan melakukan aktivitas-aktivitas yang selama ini terhalang oleh rasa malas.  Jika perlu, cobalah minta motivasi dari orang-orang terdekat anda seperti keluarga, teman, atau pacar.



5.  Jangan ragu untuk menghadiahi diri anda sendiri


Setiap kali berhasil mengalahkan rasa malas, berikanlah sebuah hadiah kecil untuk diri anda sendiri.  Misalkan makanan dari restoran favorit anda, jalan-jalan di akhir pekan, atau barang kecil yang sudah ingin anda beli sejak lama.  Katakanlah di dalam hati, "Jika saya berhasil menyelesaikan aktivitas ini, maka saya akan membeli barang '........' sebagai hadiah untuk diri saya sendiri."

Sistem penghargaan ini secara psikologis mampu membuat anda melawan rasa malas.  Lakukanlah berulang kali pada tahapan awal, hingga anda mencapai tahapan di mana aktivitas tersebut bisa dilakukan tanpa memberi hadiah untuk diri sendiri.



4.  Luangkan waktu untuk membuat daftar "yang harus dilakukan" sebelum berangkat tidur

Lima atau sepuluh menit sebelum tidur, cobalah untuk mengambil buku catatan anda.  Tulislah hal-hal yang harus dilakukan keesokan pagi, dan buat alokasi waktu yang anda perlukan untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut.  Jangan hanya menuliskan hal-hal yang menyita konsentrasi anda dan tidak menyenangkan untuk dilakukan, namun tulis juga aktivitas yang bisa membuat anda senang dan terhibur.

Daftar "yang harus dilakukan" ini adalah salah satu cara menghilangkan rasa malas yang sangat ampuh.  Dengan membuat catatan, aktivitas keseharian anda akan lebih terorganisir, dan besar kemungkinan kegiatan ini tak akan tertunda di pagi hari berikutnya.



3.  Olah raga dan pola hidup sehat


Rasa malas juga bisa terjadi karena kurangnya nutrisi di dalam tubuh, atau karena anda kurang olah raga.  Oleh karena itu, cobalah meluangkan waktu setiap hari, setidaknya 20 menit untuk melakukan olah raga.  Malas untuk berolahraga?  Lakukanlah olahraga yang anda sukai untuk meminimalisir rasa malas tersebut, misalkan bermain sepak bola, badminton, atau bahkan melakukan meditasi.

Kemalasan untuk mengerjakan suatu aktivitas tertentu juga bisa terjadi karena tubuh yang lemas akibat kurangnya gizi atau tidak sarapan pagi.  Artikel kami yang berjudul "10 Resep Praktis Sarapan Pagi" mungkin bisa membantu anda menyiapkan makan pagi yang bergizi namun bisa disiapkan dengan cepat.



2.  Buat target

Cara lain yang lebih ampuh untuk mengatasi rasa malas adalah dengan membuat target atau deadline dari sebuah aktivitas tertentu.  Dengan adanya target, aktivitas-aktivitas anda akan lebih terarah, terjadwal, teratur, dan anda jadi lebih mudah memotivasi diri sendiri.  Ini karena adanya target tertentu yang harus dikejar, sehingga tujuan akhirnya akan lebih terlihat jelas.

Satu hal yang penting, buatlah target yang realistis yang sesuai dengan kemampuan anda.  Target yang terlalu tinggi justru bisa menimbulkan rasa frustrasi dan membuat anda makin malas melakukan kegiatan tersebut.  Jadi, pastikan anda benar-benar menganalisa kemampuan diri dengan baik sebelum menentukan target.



1.  Mulai saat ini juga, jangan menunda


Nah, jika saat ini anda teringat harus mengerjakan sesuatu, namun masih belum dikerjakan karena terhalang oleh rasa malas, kerjakanlah saat ini juga.  Kemalasan timbul karena anda terlalu banyak menunda sesuatu.  Oleh karena itu, jika sesuatu terlintas di pikiran anda, dan mungkin untuk dikerjakan saat itu juga, maka kerjakanlah segera.

Cara paling efektif untuk menghilangkan rasa malas adalah dengan menghindari kebiasaan menunda.  Dan untuk mengatasi hal ini, andalah orang yang paling bisa melakukannya.  Buktikan bahwa anda adalah seorang yang tangguh dan tidak akan takluk pada kemalasan yang menghambat kesuksesan gemilang.