10 Tips Menjadi Orang Sukses

Setiap orang pasti ingin menjadi individu yang sukses dan berhasil.  Dalam hal ini, sukses berarti mampu meraih prestasi gemilang dalam hidup anda, baik dalam hal pendidikan, karir, kesehatan, cinta, maupun secara religius.  Kira-kira, apa sajakah tips menjadi orang sukses yang mudah untuk dilaksanakan?  Itulah topik yang akan dibahas oleh Top10Indo kali ini.

Sebelum membaca tips dari kami, yang harus anda sadari terlebih dahulu adalah konsep bahwa "kesuksesan berasal dari dalam".  Intinya, seberapapun kayanya atau berhasilnya anda, namun jika diri anda belum merasa sukses, maka hal itu sama sekali tidak berarti.  Oleh karena itu, selain berusaha untuk menjadi orang yang berhasil di mata masyarakat, anda juga harus bisa berdamai dengan diri anda sendiri untuk bisa meraih kesuksesan yang sejati.  Langsung saja, berikut tipsnya dari kami:

by Victor1558 on Flickr.com via Creative Commons

10.  Bayangkan diri anda menjadi seseorang yang sukses

Tahap awal ini akan membantu anda dalam memotivasi diri sendiri untuk menjadi sukses.  Bayangkanlah bagaimana penampilan anda, di mana anda berada, dan apa yang akan anda lakukan ketika anda menjadi orang yang berhasil dalam mencapai mimpi.  Bayangkanlah pula hal-hal yang bisa anda lakukan untuk orang-orang terdekat yang anda cintai ketika berhasil meraih kesuksesan.

Selain membantu dalam memotivasi diri sendiri, hal ini juga berguna untuk menanamkan mimpi anda dalam-dalam di alam bawah sadar.  Efeknya, anda tidak akan mudah menyerah dan putus asa dalam menggapai kesuksesan yang sudah terbayangkan.



9.  Hargai waktu


Menurut majalah Forbes (sebuah majalah internasional yang memuat kisah-kisah hidup pebisnis kaya dan sukses), ciri pertama orang yang sukses adalah kebiasaannya untuk menghargai waktu.  Orang-orang yang berkualitas biasanya mengalokasikan waktu mereka dengan benar-benar cermat, sehingga tak ada waktu yang terbuang dengan sia-sia.

Perlu diingat, hal ini tidak berarti anda harus bekerja saja tanpa perlu bersenang-senang.  Tetap sediakan waktu khusus untuk menghibur anda, seperti bermain game, rekreasi, atau ngobrol dengan teman.  Namun, jangan sampai anda waktu kerja atau belajar anda terganggu oleh hal-hal yang tidak produktif.  Pada intinya, work hard, play hard.  Bekerja sekeras mungkin, dan bersenang-senanglah sepuas mungkin, asalkan pada waktu yang tepat.



8.  Temukanlah hal yang anda sukai, dan kerjakanlah dengan tekun

Cobalah untuk menemukan suatu hal yang benar-benar anda senangi dan nikmati, lalu latihlah hal tersebut terus-menerus sampai anda menjadi orang yang ahli dalam hal tersebut.  Misalkan anda gemar menyanyi, maka ikutlah les menyanyi dan kejar impian untuk menjadi penyanyi terkenal.  Jika anda suka bermain game, cobalah untuk bermain sebanyak mungkin, ikuti turnamen game, atau buat website game yang besar dan sukses.

Oprah Winfrey pernah mengatakan, "Salah satu tanda bahwa anda sukses adalah apabila orang lain bersedia membayar anda untuk melakukan hal-hal yang ingin anda lakukan".  Yang penting, melakukan sesuatu yang anda sukai ini harus dibarengi dengan kerja keras, tekad yang bulat, dan dedikasi yang tinggi.



7.  Rencana yang matang


Tahap selanjutnya setelah membayangkan diri anda menjadi orang sukses dan menemukan hal yang ingin anda kerjakan untuk menjadi sukses adalah dengan membuat rencana yang matang.  Pasang target tertentu, tentunya target tersebut haruslah realistis.  Tulis juga cara-cara alternatif yang bisa anda lakukan agar target tersebut tercapai dengan lebih mudah. 

Membuat rencana yang matang sangat penting dalam hal apapun, termasuk dalam cara menjadi pengusaha sukses.  Tentunya, anda harus disiplin dalam mengeksekusi rencana ini, dan harus benar-benar menghargai waktu serta komitmen yang sudah anda buat.



6.  Hati-hati dengan rasa percaya diri anda

Untuk menjadi pribadi yang sukses, anda harus sangat berhati-hati dengan rasa percaya diri.  Jangan sampai terlalu tinggi, dan jangan sampai terlalu rendah.  Rasa percaya diri yang rendah akan membuat anda menjadi pribadi yang rendah diri dan takut untuk mencoba hal-hal baru.  Hal ini tidak akan membawa anda lebih dekat pada kesuksesan.

Di suatu waktu, terkadang anda perlu juga menurunkan rasa percaya diri anda.  Terutama saat menerima kritikan, saran, dan pendapat dari orang lain.  Rasa percaya diri yang terlalu tinggi bisa membuat saran-saran dan nasihat orang lain tersebut masuk kuping kanan dan keluar lagi dari kuping kiri anda.  Oleh karena itu, ketahuilah kapan anda harus mengatur tingkat kepercayaan diri.



5.  Pahami hal-hal yang bisa membantu anda mencapai target


Ketika sedang mengejar suatu target tertentu, ketahuilah dengan pasti berbagai hal yang bisa mempermudah proses anda dalam meraihnya.  Hal-hal ini bisa berupa materi (uang), relasi, atau kemampuan tertentu; seperti kemampuan berbahasa asing, kemampuan menggunakan software komputer tertentu, dan hal-hal penting lainnya.

Ketika anda sudah mengetahui hal-hal ini dengan jelas, pelajari kemungkinan-kemungkinan untuk menguasainya.  Dengan melakukan hal ini, maka target anda akan lebih mudah tercapai dan jalan anda menuju kesuksesan akan makin mulus.



4.  Fokus

Tentukan target utama dan cobalah untuk fokus dalam mengejar hal ini.  Jangan biarkan diri anda terganggu dengan berbagai hal kecil yang bisa mengaburkan atau menjauhkan anda dari kesuksesan.  Memang, untuk bisa tetap fokus diperlukan keseriusan, ketekunan, dan pengorbanan yang tinggi; dan hal inilah yang dilakukan oleh semua orang-orang sukses di dunia.

Jika anda ingin lebih fokus, cobalah untuk membagi target anda menjadi beberapa target yang lebih kecil.  Fokus dari satu bagian kecil ke bagian kecil lainnya, lalu tentukan jangka waktu ideal untuk meraihnya.  Misalkan fokus utama anda adalah "kuliah di luar negeri", maka pecahkan target anda menjadi sub-unit kecil, seperti "belajar bahasa Inggris", "mencari beasiswa", dan "mendapat nilai yang bagus".



3.  Berada di dekat orang-orang sukses


Untuk membangun mentalitas sukses, anda perlu menempatkan diri anda di kalangan orang-orang yang berhasil.  Tidak hanya sebagai sumber motivasi, orang-orang sukses itu bisa anda gunakan sebagai bahan pembelajaran dan juga sebagai relasi.  Oleh karena itu, cobalah membangun jaringan dengan orang-orang yang berhasil, baik secara profesi, materi, maupun spiritual.

Cobalah untuk mendatangi seminar-seminar yang diadakan oleh tokoh-tokoh sukses.  Baca kisah hidup mereka, tonton video-video mereka, dan tanamkan pada diri anda sendiri bahwa kelak anda bisa sesukses, atau bahkan lebih sukses dari mereka semua.



2.  Temukan orang yang bisa membimbing anda ke jalan sukses

Satu hal yang harus diingat, untuk menjadi sukses dalam bidang apapun, anda tidak bisa melakukannya sendirian.  Anda memerlukan bimbingan dari orang yang sudah berhasil di bidang ini, karena mereka tidak hanya bisa memberi anda pengetahuan teknis, namun juga berbagai motivasi serta pengalaman yang mungkin selama ini tidak pernah terpikirkan oleh anda.

Jika anda tidak bisa menggali ilmu secara langsung dari orang-orang ini, cobalah untuk melakukannya secara tidak langsung.  Misal dengan mencermati prestasi dan pencapaiannya, memahami kisah hidupnya, serta berusaha memahami pola pikir mereka.



1.  Tujuan akhir anda adalah hidup yang lebih bahagia


Kembali ke awal poin tadi, di mana keberhasilan tidak selalu berarti kebahagiaan.  Orang yang sukses adalah orang yang bahagia dengan hidupnya, yang merasa senang melakukan berbagai hal yang dilakukannya.  Mereka tidak sekedar bekerja untuk mencapai target, namun mereka mencintai pekerjaan mereka.  Tercapainya target hanyalah "hadiah" dari proses yang memang sudah mereka jalani dengan suka rela.

Jangan sampai anda mengorbankan kebahagiaan jangka panjang demi kesuksesan sesaat.  Ingat, yang bisa menentukan sukses tidaknya seseorang adalah dirinya sendiri.  Dan kesuksesan sejati adalah suatu hal yang mampu membuat anda hidup lebih bahagia.