10 Tips Membuat Kulit Putih

Ada berbagai cara tradisional maupun medis yang bisa anda lakukan untuk membuat kulit menjadi lebih putih.  Tentu saja, memiliki kulit putih yang mulus adalah harapan bagi setiap wanita, karena warna kulit yang cerah cenderung identik dengan kecantikan.  Selain itu, kebanyakan masyarakat di Indonesia juga menganggap orang dengan kulit putih terlihat lebih menarik untuk dipandang.

Apa saja rahasia yang bisa membuat kulit anda makin bersinar cerah dan mulus?  Kali ini Top10Indo akan membahas berbagai langkah yang bisa anda tempuh serta berbagai bahan makanan yang bisa membuat kulit anda lebih sehat dan tampak indah.  Satu hal yang perlu diingat, memutihkan kulit bukanlah suatu proses instan, namun memerlukan kedisiplinan dan terapi rutin.  Langsung saja, berikut tipsnya  :

Image Credit : Flickr.com, Creative Commons


10.  Buah Pepaya

Selain enak dikonsumsi, ternyata buah yang satu ini juga memiliki banyak khasiat, salah satunya untuk membuat kulit anda terlihat lebih indah.  Buah pepaya memiliki berbagai kandungan alami yang bisa membuang berbagai racun dari dalam tubuh, mempercepat regenerasi sel-sel kulit mati, dan mencegah keriput serta penuaan dini.

Untuk memutihkan kulit, anda disarankan untuk mengonsumsi jus pepaya.  Anda bisa juga menggunakan pepaya sebagai krim, yaitu dengan cara menumbuk dan menghaluskan campuran pepaya hijau dan pepaya matang.  Oleskan di seluruh permukaan wajah, dan biarkan selama kurang lebih 20 menit  sebelum membilasnya.



9.  Kentang



Tidak banyak yang menyangka bahwa kentang memiliki khasiat yang hebat untuk membuat kulit anda lebih indah dan halus.  Kentang memang sayuran yang banyak mengandung karbohidrat serta vitamin E yang berfungsi untuk memberi nutrisi yang optimal pada kulit anda.  Selain enak dikonsumsi, sayuran ini ternyata juga memiliki berbagai khasiat tersembunyi.

Cara membuat kentang sebagai masker pemutih kulit cukup mudah.  Parut sayuran ini hingga halus, campurlah dengan sedikit madu (lebih disarankan untuk menggunakan madu murni), kemudian gunakanlah sebagai masker di wajah anda selama kurang lebih 15 menit.



8.  Almond



Almond memang tidak terlalu populer di Indonesia dan lebih banyak digunakan sebagai bahan campuran coklat atau kue.   Kacang yang memiliki rasa khas dan sangat gurih ketika dikonsumsi ini sangat bermanfaat dalam revitalisasi kulit dan membuat wajah anda tampak lebih cerah bercahaya.  Almond juga memiliki berbagai nutrisi yang memacu regenerasi kulit.

Cara untuk menggunakan almond sebagai bahan pemutih kulit cukup mudah.  Siapkan segelas susu cair, dan rendam sekitar 5 buah biji almond dan 1 ruas kunyit di dalamnya.  Setelah seharian, angkat almond dan kunyit tersebut, tumbuk hingga halus, dan gunakanlah sebagai krim wajah alami untuk memutihkan kulit.



7.  Tomat

Sayuran yang satu ini selain segar dan enak dikonsumsi sebagai jus ternyata juga memiliki kandungan vitamin C yang sangat banyak.  Vitamin C sangat berguna untuk menutrisi kulit, membuatnya lebih sehat dan memiliki warna yang cerah.  Untuk membuat kulit lebih putih, anda bisa secara rutin mengonsumsi tomat sebagai jus, dimakan mentah, atau dicampur sebagai salad.

Jika ingin membuat krim pemutih wajah dari tomat, pilihlah tomat dengan ukuran yang agak besar.  Parut hingga halus, campur dengan beberapa tetes lemon dan sedikit air mawar.  Gunakan campuran tersebut sebagai krim wajah anda.



6.  Minyak Alpukat



Buah alpukat tidak hanya lezat dikonsumsi, namun minyaknya memiliki khasiat yang manjur untuk membuat kulit lebih putih berseri.  Biasanya, minyak alpukat ini dijual di berbagai toko kosmetik sebagai bahan alami untuk membersihkan kulit.  Selain memiliki nutrisi tinggi untuk membuat kulit lebih sehat, minyak alpukat juga sangat bermanfaat sebagai pemicu revitalisasi sel-sel baru.

Kegunaan utama minyak alpukat adalah sebagai bahan pembersih kulit, terutama dari berbagai riasan dan make-up di wajah.  Dengan menggunakan minyak alpukat sebagai pembersih, anda akan mendapatkan dua manfaat sekaligus : membersihkan sekaligus memutihkan.



5.  Kombinasi Putih Telur dan Jeruk Nipis

Kedua bahan makanan ini memang sepintas tidak memiliki kaitan satu sama lain, namun siapa sangka campuran putih telur dan jeruk nipis adalah ramuan yang sangat manjur untuk membuat kulit anda makin sehat, cantik, dan lebih putih.  Kandungan protein dan vitamin E yang tinggi dalam putih telur sangat bermanfaat untuk meremajakan kulit anda.  

Cara membuat ramuan putih telur dan jeruk nipis cukup mudah, anda tinggal mencampurkan kedua bahan ini dan gunakanlah untuk melumuri seluruh wajah anda.  Diamkan selama kurang lebih 8 menit, kemudian bilaslah dengan air dingin untuk hasil yang lebih maksimal.



4.  Teh

Selain memiliki zat anti oksidan yang bisa mencegah kanker, teh sangat berguna untuk membantu memutihkan kulit anda.  Pilihlah berbagai teh herbal yang memiliki kandungan anti oksidan yang tinggi dan konsumsilah secara rutin untuk membantu proses pemutihan kulit dari dalam.  Selain itu, teh juga bisa merevitalisasi dan meremajakan kulit,

Anda bisa juga menggunakan air campuran teh (tentu saja tanpa campuran gula dan krim) yang diseduh dengan air hangat.  Gunakanlah larutan ini untuk membilas wajah sebelum tidur untuk merapatkan pori-pori dan memberikan nutrisi ekstra bagi kulit wajah.



3.  Bunga Chamomile



Bunga ini mungkin sering anda temukan sebagai campuran berbagai macam kosmetik atau sebagai pemberi aroma tambahan bagi teh.  Tak hanya itu, ternyata Chamomile sangat bermanfaat untuk membuat kulit lebih putih dan cantik alami.  Selain itu, chamomile juga manjur digunakan sebagai salah satu bahan untuk menjaga kesehatan mata.

Selain memiliki fungsi sebagai sumber nutrisi, Chamomile sangat membantu proses pemulihan luka atau bengkak yang mungkin terjadi pada kulit.  Jadi, jangan ragu untuk mengonsumsi berbagai produk kecantikan yang mengandung Chamomile di dalamnya.



2.  Paprika

Siapa sangka sayuran yang sering digunakan sebagai topping pizza ini memiliki khasiat yang bagus untuk memutihkan kulit.  Paprika memiliki berbagai kandungan vitamin yang menyehatkan kulit dan membuat wajah menjadi lebih bersinar.  Namun jangan salah, untuk mendapatkan manfaat optimal dari paprika anda harus menggunakannya sebagai masker.

Cara menggunakan paprika sebagai krim kulit juga cukup simpel.  Anda bisa menghaluskan campuran paprika hijau dan merah dengan menggunakan parutan atau blender.  Nah, campurlah dengan sedikit air dingin, lalu gunakan campuran ini sebagai krim wajah.



1.  Yoghurt



Produk olahan susu ini tidak hanya bisa memperlancar pencernaan, namun juga sangat bermanfaat untuk membuat kulit menjadi lebih putih.  Yoghurt bisa dikonsumsi secara teratur sebagai pencuci mulut setelah makan, bisa juga ditambah sedikit bahan pemanis untuk membuatnya terasa lebih nikmat ketika disantap sebagai makanan.

Untuk manfaat yang optimal dalam memutihkan wajah, anda bisa menggunakan campuran yoghurt dengan beberapa tetes madu.  Gunakanlah campuran ini untuk melumuri wajah anda, dan biarkanlah selama kurang lebih 8 menit.  Setelah itu, bilas hingga bersih dengan air dingin.