10 Game Playstation 1 Terbaik

Beberapa dari anda pasti memiliki kenangan masa kecil yang indah saat bermain game-game Playstation 1 (PSX) terbaik.  Ya, konsol game yang populer di Indonesia di akhir tahun 90-an hingga awal 2000-an ini memang memiliki ratusan game-game yang sangat seru dan menantang.  Mulai dari game ringan yang asyik dimainkan seperti Crash Time Racing (CTR), game-game pertarungan yang cocok dimainkan bersama teman seperti Tekken 3, hingga beberapa game RPG keren dan serius seperti serial Final Fantasy yang hanya bisa dimainkan sendirian.  Nah, di antara ratusan game tersebut, apa sajakah game Playstation 1 terbaik yang  memiliki rating tinggi menurut website video game, Gamespot?  Berikut daftarnya  dari Top10Indo  :

by Accuracy0 on DeviantArt, Creative Commons



10.  Dino Crisis 2



Rating  :  9.2

Game ini memang sebuah game yang sangat seru dan menegangkan.  Dino Crisis 2 adalah sekuel dari game original Dino Crisis yang menceritakan perjuangan seorang mercenary bernama Regina yang kebetulan terdampar di dunia penuh dinosaurus.  Dibandingkan dengan versi pendahulunya, Dino Crisis 2 jauh lebih seru dan menantang, di mana ada sangat banyak dinosaurus yang harus anda kalahkan di sepanjang permainan.

Satu hal yang sangat seru, anda bisa menemukan puluhan jenis dinosaurus, mulai dari sekawanan Velociraptor yang kecil namun menyebalkan, T-Rex yang berukuran raksasa, hingga dinosaurus yang bisa terbang dan menyelam di air.  Satu hal yang paling seru, anda bisa menggunakan poin dari hasil membunuh dinosaurus untuk membeli berbagai senjata baru yang canggih.




9.  Persona 2



Rating  :  9,2

Game RPG yang satu ini memang mungkin jarang dikenal oleh masyarakat Indonesia karena peredarannya yang sangat langka.  Di Jepang, Persona menjadi salah satu game RPG terlaris sepanjang masa, dengan rekor penjualan mencapai 500 ribu kopi.  Memang, game ini memiliki kualitas terbaik untuk dianggap sebagai salah satu RPG paling keren sepanjang masa.

Persona 2 adalah lanjutan dari game Persona.  Game ini memiliki system battle yang unik dan memungkinkan tiap karakter untuk memanggil suatu "Persona" dalam pertempuran.  Persona ini nantilah yang bisa digunakan untuk mengeluarkan beberapa magic dan jurus yang mematikan.  Daya tarik Persona 2 terletak pada jalan cerita dan presentasi permainan yang disampaikan dengan gaya "sangat anime", dengan berbagai cut-scene  yang memukau dan dubbing suara yang sangat keren.




8.  Grandia 



Rating : 9,2

Satu lagi game RPG yang masuk ke jajaran 10 besar game Playstation 1 terbaik.  Grandia dianggap sebagai salah satu game RPG yang revolusioner dan berani mengimplementasikan berbagai sistem baru.  Berbeda dengan game RPG saat itu yang menganut sistem "Turn Based Attack" (menyerang secara bergiliran), Grandia menyajikan sistem battle yang fresh dan seru, di mana karakter-karakter anda bisa menyerang secara bersamaan dan menghasilkan combo yang mematikan.

Grandia adalah sebuah game yang disajikan dalam presentasi 2 Dimensi yang sangat indah.  Cerita game ini juga sangat menyentuh, dan setiap jalan cerita yang anda pilih akan menentukan anggota tim anda.  Tak heran, selama kurang lebih 60 jam memainkan game ini, banyak gamer yang merasa sangat terhibur.



7.  Tony Hawk's Pro Skater



Rating  : 9,3

Tak ada yang lebih mengasyikkan daripada bermain Tony Hawk Pro Skater dan mencoba meraih skor setinggi-tingginya.  Tony Hawk adalah sebuah game bertema "skate board", di mana tujuan anda adalah berusaha untuk mendapatkan poin sebanyak mungkin dalam batas waktu tertentu.  Poin didapatkan dengan cara melakukan berbagai trik akrobatis di atas skate board anda.  Semakin sulit gerakan-gerakan yang anda lakukan, semakin tinggi pula poin yang bisa anda kumpulkan.

Tony Hawk's Pro Skater disajikan dengan grafis 3 Dimensi yang saat itu terlihat sangat bagus.  Tak heran jika kemudian game ini menjadi sangat terkenal di seluruh penjuru dunia.



6.  Die Hard Trilogy



Rating  :  9.4

Game yang diangkat dari film yang dibintangi oleh Bruce Willis ini memang sangat seru.  Boleh dibilang, Die Hard adalah game action Playstation 1 yang paling seru.  Bagaimana tidak, anda harus menempuh berbagai level dengan tingkat kesulitan yang sangat menantang.  Anda harus menembak musuh-musuh anda dengan berbagai senjata, melompat-lompat menghindari serangan, hingga melakukan berbagai aksi ekstrim untuk tetap bertahan  hidup.  Menyelesaikan game Die Hard terasa sangat memuaskan, karena anda sendiri seolah-olah masuk ke dalamnya dan melakukan berbagai aksi ekstrim nan sangat berbahaya.  Wajib dimainkan oleh penggemar PSX!



5.  Oddworld Abe Exoddus


Rating  :  9,4

Sebenarnya game ini cukup simpel, dan tergolong sebagai game 2D platformer atau side scrolling, seperti Super Mario Bros.  Game-game berjenis ini biasanya memiliki tujuan berjalan dari titik start hingga ujung suatu level, hingga pada akhirnya anda bertemu berbagai macam Boss yang jauh lebih sulit untuk dikalahkan. Jangan salah, walaupun terlihat sangat sederhana, Abe Exodus memiliki gameplay yang sangat membuat kecanduan dan mengasyikkan.

Dalam game ini anda bermain sebagai seorang Mudokon, makhluk aneh kombinasi antara ikan dan katak.  Tujuan anda di sini adalah berpetualang dan membebaskan Oddworld dari berbagai penjahat.  Cerita game ini juga patut dipuji, dan layak mendapat pujian karena penuh dengan unsur humor segar sekaligus drama yang menarik.



4.  Final Fantasy 8



Rating  :  9,5

Final Fantasy 8 bisa dibilang sebagai game Playstation 1 yang menyajikan grafis terbaik, dengan kualitas cuplikan animasi 3 dimensi di tengah-tengah permainan.  Game ini juga melahirkan salah satu pasangan paling legendaris di dunia video game, Squall Leonhart dan Rinoa Heartilly.  Di sepanjang permainan, anda bisa menyaksikan berbagai cerita yang mengharukan dan tidak terlupakan.

Kelebihan dari Final Fantasy 8 adalah sistem di mana anda bisa menggunakan berbagai Guardian Force seperti Shiva, Ifrit, dan Odin yang nantinya menentukan berbagai kekuatan khusus karakter anda.  Game ini juga memiliki Limit Break, mode di mana karakter anda bisa mengeluarkan berbagai serang super yang sangat memuaskan.  Selain itu, masih ada berbagai aktivitas seru di dalam game seperti bermain kartu serta mengumpulkan berbagai senjata legendaris.



3.  Final Fantasy 7



Rating :  9,5

Walaupun secara grafis Final Fantasy 7 masih kalah jauh dibandingkan FF8 atau FF9, game ini memiliki peran penting dalam dunia RPG.  Final Fantasy 7 bisa dibilang sebagai game ciptaan Squaresoft terbaik yang diciptakan untuk mesin Playstation 1.  Game ini menjadi trendsetter sekaligus menciptakan standar baru dalam suatu game RPG.

Disajikan dengan cerita yang sangat indah ala franchise Final Fantasy, FF7 juga memiliki sistem "materia" yang sangat unik, yang bisa menentukan berbagai kemampuan karakter khusus anda.  Game ini juga menyajikan salah satu drama yang paling indah, tragis, dan selalu dikenang dalam dunia game antara Cloud Strife, Aerith, dan Tifa Lockhart.



2.  Tekken 3



Rating  : 9,9

Simpel, sederhana, namun asyik untuk dimainkan kapan saja.  Tekken 3 adalah game pertarungan paling baik yang dibuat untuk PSX.  Selain memiliki berbagai karakter keren dengan desain yang indah seperti Hwoarang, King, Paul, Xiaoyu, hingga Ogre; Tekken 3 menjanjikan sebuah pertarungan seru dengan berbagai jurus yang sangat mematikan.

Tak hanya itu, setiap karakter di Tekken 3 juga memiliki gaya bertarung dan cerita tersendiri.  Saking populernya game ini, sangat sering diadakan berbagai turnamen Tekken 3 internasional yang mempertandingkan puluhan gamer dari seluruh dunia.



1.  Chrono Cross



Rating  :  10

Sangat sedikit game yang bisa meraih nilai sempurna, 10, dari Gamespot.  Dan Chrono Cross adalah satu dari sedikit game tersebut.  Dirilis di akhir masa kejayaan Playstation 1, Chrono Cross dinilai memiliki kualitas gambar yang memukau dan dunia yang sangat indah untuk dimainkan dalam sebuah game RPG.  Tiap-tiap karakter (ada sekitar 50) didesain secara khusus, dan masing-masing mempunyai jurus khas-nya.  Anda juga tidak bisa sekedar "menemukan" karakter tersebut, namun juga harus melakukan banyak hal untuk membuat mereka bergabung dalam tim anda.

Dengan kualitas gambar yang memukau, battle system yang unik, cerita yang mengharukan, dan kemampuan untuk memilih sendiri jalan cerita dalam game; Chrono Cross memang layak disebut sebagai game Playstation 1 terbaik.  Luar biasa!