10 Game RPG PS1 Terbaik

Masih ingatkah anda akan game-game RPG terbaik PS1 yang sangat populer di Indonesia dari tahun 1998 hingga awal 2000-an?  Bagi anda yang sempat memainkan game-game RPG ini, tentu ada kenangan tersendiri yang sangat berkesan hingga sekarang.  Walaupun mungkin secara grafis game-game RPG PS 1 bukanlah yang terbaik, namun jalan cerita game-game RPG ini sungguh luar biasa.  Suka, duka, tragedi, komedi, semuanya disajikan dengan baik, dan jangan kaget ketika anda menitikkan air mata saat memainkan game-game ini.  Kesan ini makin kuat membekas di memori kita dengan berbagai lagu dan soundtrack musik yang sangat indah.  Jadi, apa sajakah 10 game RPG PS1 terbaik?  Berikut daftarnya  :


Image Credit : Flickr.com, Creative Commons


10.  Legend of Mana


Mungkin game ini tidak terlalu populer, namun bagi yang sempat memainkannya, Legend of Mana pasti menjadi sebuah game yang sangat berkesan.  Bagaimana tidak, Legend of Mana menganut jalan cerita "non-linear", di mana anda bisa membangun sendiri dunia anda dan memilih jalan cerita mana yang harus dilalui, karakter mana yang harus dibantu, dan  masih banyak lagi keputusan-keputusan yang sangat penting yang anda tentukan sendiri.  Belum lagi adanya mini game, seperti membuat sendiri senjata dan magic anda, menangkap dan beternak monster untuk dijadikan peliharaan sekaligus teman berpetualang, hingga bercocok tanam untuk menumbuhkan buah-buahan ajaib.  Semua ini diramu dengan grafis yang saat itu sangat indah serta musik yang sangat berkesan.  Jalan cerita di game ini juga sangat dalam dan memiliki pesan positif, di mana keserakahan dan kejahatan manusia membuat berbagai kerusakan di "Mana Tree" dan mendorong lahirnya monster-monster haus darah.

Pecinta game ini pasti masih hafal dengan karakter-karakter seperti Niccolo, kelinci gemuk yang mata duitan; Bud dan Lisa, sepasang penyihir cilik yang menumpang hidup di rumah anda; Elazul, ksatria tampan dan misterius; Daena, kucing wanita yang sangat lincah; serta masih banyak lagi.



9.  Harvest Moon : Back to Nature



Sebenarnya game ini lebih tepat digolongkan sebagai game simulasi/ strategi.  Namun karena masih ada unsur "Role-Playing"-nya, maka kami memutuskan untuk memasukkan Harvest Moon ke kategori ini.  Di dalam game Harvest Moon, anda berperan menjadi seorang laki-laki muda yang mewarisi sepetak lahan pertanian dari kakek anda.  Anda diminta untuk mengolah lahan tersebut dalam waktu 3 tahun, dengan cara menanaminya dengan berbagai tanaman, beternak sapi, ayam, kambing, sekaligus menjalin hubungan baik dengan warga desa.  Jika anda berhasil melakukan semuanya dengan baik, maka anda akan diizinkan untuk tetap tinggal di tanah pertanian tersebut.

Harvest Moon memang sebuah game yang sangat berbeda dan membuat kecanduan.  Di saat game lain menuntut kita untuk membunuh musuh-musuh jahat, Harvest Moon mengajarkan untuk mencintai alam dan berbuat baik kepada sesama.  Yang paling seru dari game ini adalah ketika anda bisa menikahi satu gadis desa pilihan anda (Popuri, May, Karen, Ann, atau Ellie) dan akhirnya anda bisa memiliki anak.  Selain itu, ada berbagai festival dan mini game seperti acara dansa tahun baru, lomba memasak, lomba adu ayam, festival sapi dan kambing terbaik, serta masih banyak lagi.  Sungguh game yang sangat seru untuk dimainkan.



8.  Digimon World 1 (Digital Monster)



Ada tiga seri game Digimon bertipe RPG yang dirilis untuk PS1 (Digimon 1, Digimon 2, Digimon 3), namun di antara ketiga game tersebut, Digimon 1-lah yang terbaik.  Di game ini, anda diberi seekor monster yang diperoleh setelah melalui berbagai tes kepribadian.  Monster yang masih kecil ini nantinya bisa berubah menjadi monster yang lebih kuat setelah melalui berbagai macam latihan dan pertempuran.  Perubahan monster ini juga bergantung pada cara anda merawat monster tersebut.  Jika monster tersebut mengalami banyak kekecewaan dan kesedihan, maka ia bisa berubah menjadi monster berkarakter kegelapan yang jahat.  Jika monster tersebut dikembang biakkan dengan sempurna, maka ia bisa menjadi sosok yang sangat kuat.

Dalam game Digimon, anda bertugas untuk mengajak 108 Digimon yang tersebar liar untuk bergabung bersama anda membangun sebuah kota.  Digimon-digimon yang bergabung ini nantinya mendirikan fasilitas baru di kota tersebut, seperti toko peralatan, restauran, arena duel, dan banyak lagi.  Jika ke-108 Digimon sudah terkumpul, anda akan menghadapi Boss Digimon jahat yang bernama Machinedramon.



7.  Valkyrie Profile


Game ini dikenal karena keindahan grafisnya yang didominasi oleh ilustrasi 2 dimensi yang sangat cantik.  Dalam Valkyrie Profile, anda berperan sebagai "Lenneth", seorang prajurit dewa Odin yang bertugas untuk mengumpulkan jiwa-jiwa prajurit pemberani yang sudah mati.  Anda bertugas untuk melatih jiwa-jiwa tersebu, menaikkan levelnya, dan mempersenjatai mereka dengan perlengkapan terbaik sebelum mengirimnya ke Valhalla (istana Odin).

Faktor paling keren dari Valkyrie Profile adalah sistem pertarungan yang sangat memuaskan.  Di sini, anda bisa membuat ratusan combo mematikan, diakhiri dengan killing move yang disertai animasi keren.  Belum lagi musik dan suara para karakter terdengar saling bersahut-sahutan selama battle.  Game ini juga memiliki jalan cerita yang rumit serta dialog yang cukup panjang dan membuat anda berpikir keras saat memainkannya.


6.  Wild Arms



Seri Wild Arms 1 dan 2 boleh dibilang sebagai seri RPG PS1 yang sangat indah.  Berlokasi di dunia barat yang penuh monster dan bandit, Wild Arms menyajikan ceritanya dalam bentuk berbagai potongan anime yang keren di sela-sela petualangan anda.  Setiap karakter di game ini memiliki kepribadian yang sangat unik dan karakter yang sangat berbeda satu sama lain.  Battle system di Wild Arms juga sangat keren, dan bisa membuat anda ketagihan memainkannya.

Wild Arms 1 dan Wild Arms 2 juga tergolong sebagai game RPG yang di dalamnya terdapat banyak puzzle untuk dipecahkan.  Beberapa puzzle bahkan sangat sulit, serta membuat anda berpikir keras sebelum bisa memecahkannya.


5.  Xenogears



Jika anda mencari game RPG PS1 yang paling keren, Xenogears adalah jawaban yang tepat.  Game ini bisa dibilang sebagai mahakarya dari Squaresoft, dan mungkin hanya bisa ditandingi oleh serial Final Fantasy.  Xenogears memiliki jalan cerita yang luar biasa kompleks dan memerlukan puluhan jam untuk menamatkannya.  Dunia dalam Xenogears terasa suram, gelap, dan kejam.  Namun di balik semua itu, ada sebuah petualangan seru tak terlupakan yang bisa membuat anda terlena.

Satu hal yang paling keren dari game Xenogears  :  Robot!  Yap, di game ini anda bisa menggunakan dan mengontrol berbagai robot untuk membantu petualangan anda.  Robot-robot ini sangat tangguh, dan memiliki berbagai macam jurus yang bisa dikombinasikan satu sama lain dalam pertarungan.


4.  Thousand Arms


Game ini peredarannya juga sangat terbatas di Indonesia.  Beruntunglah anda yang sempat memainkan Thousand Arms, karena game ini menyajikan banyak hal keren dalam sebuah RPG.  Anda berperan sebagai Meis, seorang jagoan muda yang haus akan petualangan.  Di game ini, anda tidak hanya harus mengalahkan musuh-musuh jahat, namun juga menjalin hubungan baik dengan para karakter wanita, alias dating.  Yap, di berbagai kesempatan anda akan dibawa ke dalam sebuah cut-scene di mana anda harus berdialog dengan karakter wanita pilihan anda.  Pilihan dialog yang tepat akan membawa reaksi positif, dan sebaliknya anda juga bisa gagal total dalam merebut hati pasangan anda.  Reaksi positif akan memberi anda berbagai item kuat yang sangat berguna dalam pertempuran, bahkan membuka jalan cerita baru.

Hal terbaik dari Thousand Arms adalah voice character atau suara para karakter dalam game.  Yap, dalam adegan tertentu, para karakter tidak hanya berbicara lewat teks, namun juga dengan suara.  Hal ini diperindah dengan desain karakter 2 dimensi ala anime yang sangat keren.  Hal ini tentunya membuat anda merasa semakin terhanyut dalam dunia Thousand Arms.  Satu lagi, soundtrack game ini yang berjudul "Depend on You" dinyanyikan oleh Ayumi Hamasaki, salah satu penyanyi terpopuler di Jepang saat itu.



3.  Chrono Cross



Chrono Cross muncul di penghujung kejayaan PS1.  Game ini adalah satu dari sedikit game PS1 yang bisa mendapat rating di atas 9 (dari maksimal 10) dari situs review Gamespot.  Memang, ditinjau dari segi manapun, Chrono Cross adalah game yang luar biasa.  Ada puluhan karakter dengan karakter dan kekuatan yang berbeda-beda.  Jalan cerita di game ini juga sangat mengharukan, dan ada 2 ending berbeda yang bisa anda dapatkan, tergantung dari cara anda memainkan game ini.  Selain itu, "Radical Dreamers" yang menjadi soundtrack utama Chrono Cross juga dinobatkan sebagai salah satu soundtrack game terbaik sepanjang masa.

Chrono Cross berkisah tentang petualangan Serge, seorang penjelajah waktu yang bisa berpindah dari satu dimensi ke dimensi lainnya.  Petualangan Serge yang bermula sangat sederhana, mencarikan hadiah untuk kekasihnya, menjadi sangat kompleks dan berubah menjadi misi menyelamatkan dunia.  Ia harus bertarung dengan 6 naga dengan elemen yang berbeda-beda, merekrut puluhan karakter lain untuk membantunya, serta mengalahkan "Time Devourer" atau "Pelahap Waktu".  Sangat luar biasa!


2.  Suikoden Series (Suikoden 1 dan Suikoden 2)



Pada awalnya, orang yang melihat game Suikoden secara sepintas pasti akan memandang sebelah mata game ini.  Bagaimana tidak, grafis Suikoden series memang sangat sederhana, dengan model 2 dimensi yang kalah jauh jika dibandingkan dengan serial Final Fantasy.  Namun jangan salah, Suikoden menyimpan banyak harta karun yang membuat anda akan terus mengingatnya setelah anda memainkan game ini.  Dalam game Suikoden, anda berperan sebagai seorang anak muda yang mendapatkan kekuatan "Rune Misterius" (Soul Eater dan Bright Shield).  Dengan kekuatan itulah, anda yang tadinya hanya pemuda biasa dituntut untuk bisa mengakhiri kerusuhan serta perang saudara yang terjadi di dunia Suikoden.  Anda pun harus membangun kerajaan sendiri, dan mengumpulkan ke-108 tokoh lainnya untuk membantu anda dalam pertempuran.

Dalam game ini, hal yang paling asyik adalah saat merekrut ke-108 karakter tersebut.  Ada berbagai metode yang sulit, rumit, bahkan konyol untuk merekrut karakter yang akan bertarung untuk anda tersebut.  Setelah direkrut, tentu saja mereka akan tinggal di kastil anda.  Ada yang membuka restoran, toko, penginapan, dan ada yang bisa anda ajak untuk terlibat dalam pertempuran.  Jika anda berhasil mengumpulkan ke-108 karakter tersebut, pada akhirnya anda akan mendapatkan ending game yang berbeda dan jauh lebih baik dari normal ending.  

Para pecinta Suikoden pasti hafal dan ingat dengan nama-nama seperti Nanami, Viktor, Flik, McDohl, Miklotov, Camus, Mukumuku, dan masih banyak karakter unik lainnya.


1.  Final Fantasy Series (Final Fantasy 7,8,9)



Serial Final Fantasy produksi Squaresoft boleh dibilang sebagai game yang sangat bersejarah di konsol PS1.  Final Fantasy 7 adalah game yang sukses besar, menyajikan cerita yang mengharukan dan terus dikenang hingga saat ini; antara tokoh utama Cloud dan kekasihnya Aeris.  Game ini juga melahirkan tokoh Tifa Lockhart, salah satu karakter wanita tercantik dan terseksi dalam dunia game.

Final Fantasy 8 menceritakan kisah cinta yang sangat romantis antara Squall Leonhart dan Rinoa.  Game ini juga meledak di pasaran, dan menjadi salah satu game PS1 yang menembus rekor penjualan tertinggi.  Final Fantasy 8 menyajikan kualitas grafis yang saat itu sangat luar biasa, dengan animasi komputer super indah yang muncul di berbagai titik dalam game.

Final Fantasy 9 menjadi penanda masa kejayaan PS1.  Game ini hadir hanya beberapa saat sebelum PS1 "pensiun" dan digantikan oleh PS2.  Final Fantasy 9 berkisah tentang petualangan Zidane Tribal, Princess Garnet, Steiner, Vivi, dan kawan-kawan yang disajikan dalam 4 CD.  Lagu dalam game ini, "Melodies of Life" dianggap sebagai salah satu lagu terbaik dari serial Final Fantasy, bahkan dalam dunia game.

Kejayaan serial Final Fantasy, Chrono Cross, dan Xenogears menunjukkan dominasi Squaresoft kala itu dalam memproduseri game-game RPG terbaik untuk PS1.  Ironis, justru sejak Final Fantasy 10, kualitas game Final Fantasy terus mengalami penurunan, bahkan mendapat kritikan kejam dari fans-nya sendiri.


Nah, itu tadi adalah nostalgia singkat tentang game-game RPG PS1 terbaik.  Yang manakah game favorit anda di antara 10 game tersebut?

Artikel Lainnya