10 Cara Mengurangi Mata Minus

Banyak orang yang berpikir bahwa mata minus adalah sesuatu yang permanen dan tidak bisa disembuhkan.  Anggapan ini tentu saja sangat salah, karena banyak hal yang bisa kita lakukan untuk mengurangi, bahkan menyembuhkan mata minus.  Yang jelas, untuk melakukan hal ini kita harus melakukan pola hidup sehat dan mengubah kebiasaan-kebiasaan buruk kita.  Nah, berikut adalah 10 tips untuk mengurangi mata minus dari Top10Indo  :

Image Credits : Wikimedia Commons


10.  Konsumsi sayuran yang baik untuk mata



Cara alami yang paling baik untuk mengurangi mata minus adalah mengonsumsi sayuran dan bauh-buahan yang banyak mengandung vitamin A.  Cobalah untuk mengonsumis wortel, bayam, apel, telur, alpukat, ikan salmon, dan sayuran-sayuran berwarna hijau secara teratur.  Anda bisa menggunakan ikan dan telur sebagai lauk, ditemani dengan sayur-sayuran sebagai sup atau pencuci mulut.  Jika anda bosan mengonsumsi buah-buahan secara mentah, minumlah sebagai jus.  Dengan begini, pola makan sehat akan lebih bervariasi dan tidak monoton.



9.  Lepaskanlah kacamata anda

Ketika masih memungkinkan untuk bekerja tanpa kacamata, lepaskanlah kacamata anda.  Hal ini berguna untuk mengurangi ketergantungan kita pada kaca mata sekaligus menurunkan minus mata.  Dengan melakukan hal ini, mata anda akan menjadi lebih kuat dan banyak bergerak, sehingga otot-otot yang digunakan untuk berakomodasi pun menjadi lebih fleksibel.



8.  Tatap objek yang jauh tanpa menggunakan kacamata

Terapi ini juga sangat efektif untuk membuat mata anda menjadi sehat.  Di pagi hari, biasakanlah untuk menatap benda yang jauh, lebih baik lagi jika di sekitar benda tersebut ada pepohonan yang berwarna hijau. Cobalah untuk melakukan latihan ini selama 5 sampai 10 menit secara rutin.  Dengan melakukan hal ini, mata dan kondisi psikologi anda akan terasa lebih segar.



7.  Lakukan senam mata



Senam mata adalah sebuah aktivitas ringan yang bisa anda lakukan untuk melatih otot-otot mata dalam melakukan fokus pada suatu objek.  Senam mata juga mudah sekali untuk dilakukan kapan saja dan di mana saja.  Cukup kedip-kedipkan mata anda selama beberapa saat.  Setelah itu, cobalah untuk menatap satu benda ke benda lain secara bergantian.  Terapi terakhir, cobalah untuk menatap satu benda diam yang lokasinya jauh dari anda selama beberapa saat.



6.  Tatap dan ikuti benda yang bergerak

Misalkan anda sedang di jalan raya, cobalah untuk menatap dan mengikuti objek yang bergerak dari satu titik ke titik lainnya, misal pejalan kaki, motor, atau burung yang sedang terbang.  Saat menatap benda-benda ini, usahkanlah untuk sesedikit mungkin menggerakkan kepala dan leher anda.  Usahakan menggunakan hanya gerakan bola mata anda untuk mengikuti gerakan objek-objek tersebut.



5.  Gunakan pelindung layar anti-radiasi



Layar anti radiasi mutlak diperlukan apabila anda melakukan pekerjaan yang berhubungan dengan layar monitor komputer.  Untuk jangka panjang, layar anti radiasi bisa melindungi anda dari kerusakan mata dengan sangat efektif.  Apabila komputer dan televisi anda tidak memiliki pelindung radiasi, luangkanlah waktu untuk membelinya.  Benda-benda ini tidak terlalu mahal, namun memiliki manfaat signifikan untuk menjaga kesehatan mata anda.



4.  Terapi daun sirih

Terapi daun sirih dikenal sebagai sebuah metode alami yang paling manjur untuk menyembuhkan mata minus.  Cara melakukannya cukup sederhana, ambil dua daun sirih yang kira-kira bisa menutupi kelopak mata anda.  Bersihkan daun sirih tersebut, dan letakkan menutupi kedua mata anda saat tidur.  Cara ini sangat murah, mudah, namun bermanfaat.



3.  Istirahat setiap 30 menit di depan layar

Pastikan menerapkan rumus untuk beristirahat selama tiga puluh menit dalam aktivitas yang melibatkan mata, seperti membaca, bekerja di depan komputer, atau menonton televisi.  Periode istirahat tidak perlu terlalu lama, cukup 3 sampai 5 menit.  Manfaatkanlah saat-saat istirahat ini untuk melakukan senam mata atau memandang objek-objek jauh yang berwarna hijau.



2.  Keluarkan air mata anda dengan "terapi lilin"



Terapi lilin adalah sebuah cara alami untuk mengurangi mata minus.  Caranya sederhana, nyalakan lilin dan letakkanlah di depan anda.  Berusahalah untuk menatap lilin yang menyala tersebut tanpa berkedip, hingga air mata anda keluar.  Makin banyak air mata yang keluar akan makin baik.  Terapi lilin ini sangat berguna untuk memperkuat daya akomodasi mata.



1.  Jaga kebersihan mata



Faktor ini sangat penting jika anda ingin menjaga kesehatan mata.  Pastikan untuk selalu menjaga kebersihan bola mata anda.  Bersihkan mata anda secara teratur dengan mata, serta lindungi mata anda ketika sedang mengendarai sepeda motor.  Pastikan juga untuk secara rutin mengunjungi dokter mata dan mengecek kadar minus mata anda setidaknya setahun sekali.  Semoga berhasil!

Artikel Lainnya