10 Cara Menjadi Istri Yang Baik

Kehidupan rumah tangga memang erat dengan suka dan duka.  Alangkah indahnya jika kehidupan rumah tangga anda dipenuhi oleh rasa cinta dan keharmonisan antara suami, istri, dan anak-anak.  Untuk mencapai hal ini tidaklah semudah yang dibayangkan.  Setiap anggota rumah tangga harus mengetahui perannya dengan baik, serta menjalankan kewajibannya sebelum menuntut hak.  Tugas paling berat mungkin dihadapi oleh seorang istri, karena ia adalah tiang rumah tangga yang menopang seluruh keluarga.  Nah, berikut ini adalah 10 cara menjadi istri yang baik versi Top10Indo  :

Image Credit : Flickr.com, Creative Commons



1.  Jangan takut untuk mengungkapkan keinginan dan perasaan anda pada suami



Akan lebih baik apabila apa yang anda inginkan dan rasakan dibicarakan langsung, daripada dipendam dalam hati.  Jangan buat suami anda menebak-nebak apa yang anda inginkan.  Komunikasikan apa yang ada di dalam benak anda, sehingga anda bisa merasa lebih lega dan suami pun tahu apa yang harus ia lakukan mengantisipasi hal yang anda ungkapkan.

Sebagian besar perceraian disebabkan oleh komunikasi yang tidak berjalan lancar.  Oleh karena itu, sebagai istri yang baik, sangat penting untuk memastikan bahwa komunikasi anda dan suami selalu lancar.  Berusahalah untuk lebih terbuka dan jujur; jika anda melakukan hal itu, suami anda pun akan lebih respek dan bersikap sama kepada anda.



2.  Dengarkanlah nasihat suami anda

Sudah menjadi kodrat lelaki untuk cenderung memberikan berbagai saran dan nasihat pada istrinya.  Dengarkanlah nasihat suami dengan serius, dan laksanakanlah.  Dengan melakukan hal itu, suami anda akan merasa lebih dihargai, dan rasa cintanya pada anda juga akan lebih meningkat.  Ketika sang suami memberikan nasihat, tunjukkan ketertarikan anda.  Jika perlu, ulangi apa yang suami katakan agar ia benar-benar merasa yakin bahwa nasihatnya didengarkan oleh istrinya.



3.  Berterimakasihlah pada suami anda



Berterimakasih adalah suatu aktivitas yang sangat simpel, namun banyak dilupakan oleh pasangan suami-istri, terutama yang sudah lama menikah.  Ingat, sekecil apapun bentuk terimakasih anda, pasti akan diperhatikan oleh sang suami.  Ia akan merasa dihargai jika mendengar ucapan yang tulus dari istrinya, setelah seharian bekerja keras mencari nafkah.

Tak perlu menunggu momen-momen tertentu untuk mengucapkan terimakasih pada suami.  Lakukan kapan saja anda merasa perlu untuk melakukannya.  Jika anda menghargai suami dengan mengucapkan terimakasih, maka ia juga akan lebih mengapresiasi apa yang anda lakukan untuk rumah tangga anda berdua.



4.  Rawat diri anda

Anda tetap perlu untuk merawat diri dan tampil cantik walaupun sudah menikah.  Hal ini tentunya untuk bertujuan untuk membuat hubungan anda dengan suami menjadi lebih hangat.  Tak perlu berlebihan, setidaknya rawatlah wajah anda, lakukan sedikit olahraga kecil untuk menjaga berat badan anda.  Jangan lupa untuk menjaga kebersihan kulit dan rambut anda.

Percaya atau tidak, dengan menjaga kecantikan diri anda, suami akan merasa lebih dihargai dan ia pun akan lebih respek pada anda.  Tentu saja hal ini juga sangat berguna untuk mencegah suami anda berpaling pada wanita idaman lain.



5.  Cobalah untuk tetap romantis



Akan sangat menyenangkan apabila anda bisa menjaga romantisme bersama suami seperti ketika anda masih berpacaran.  Walaupun sudah menikah, luangkanlah waktu-waktu spesial untuk anda berdua; mungkin anda bisa menghabiskan makan malam romantis, atau sama-sama menonton bioskop.  Jangan lupa, hadiah-hadiah kecil untuk suami anda juga sangat efektif menjaga kehangatan rumah tangga anda.

Jangan ragu untuk tetap menggunakan panggilan sayang kepada suami anda di waktu-waktu khusus tersebut.  Nikmatilah seperti saat anda merasa bahwa dunia hanyalah milik anda berdua.  Tunjukkanlah pada suami anda bahwa anda bahagia hidup bersamanya.



6.  Berikan waktu khusus kepada suami anda untuk bersosialisasi bersama teman-temannya

Kadang kala, anda perlu membiarkan suami anda pergi bersama teman-temannya untuk sekedar bersenang-senang tanpa anda temani.  Mungkin memang hal ini bisa menimbulkan sedikit rasa cemburu dan kecemasan kalau-kalau suami anda selingkuh.  Namun apabila anda mempercayai suami anda, ia pun pasti akan berusaha sebaik mungkin menjaga kepercayaan anda.

Dengan melakukan hal ini, anda sebagai istri menunjukkan bahwa privasi dan kebebasan suami juga akan terjaga setelah anda berdua menikah.  Sebaliknya, jika anda justru terlalu mengekang suami dan tidak memberinya kebebasan, ia akan mencuri-curi waktu diam-diam untuk lari dari jeratan anda.



7.  Jika ingin mengkritik suami anda, lakukan di saat yang tepat

Terkadang mungkin anda menemukan beberapa kebiasaan suami anda yang tidak anda sukai.  Atau mungkin anda ingin mendiskusikan sesuatu yang sangat emosional.  Jika anda ingin melakukan hal ini, lakukanlah di saat yang tepat.  Jangan mengkritik suami di saat ia baru pulang kerja atau dalam kondisi kelelahan.  Pastikan juga untuk tidak sekedar "memarahi" suami, tapi berilah kritik yang membangun kepadanya.  Jika anda ingin membicarakan hal-hal penting, pastikan suami sudah kenyang, dalam kondisi rileks, dan tidak sedang dalam posisi tertekan oleh pekerjaan.



8.  Tetap jaga kehidupan sosial anda, dan kembangkan hobi/ aktivitas di luar rumah tangga



Walaupun sudah berumah tangga dan memutuskan untuk menjadi seorang istri, anda tetap perlu menjaga kehidupan sosial anda di luar rumah.  Tetap jalin komunikasi dengan teman-teman anda serta berbagai kegiatan yang sering anda lakukan sebelum menikah.  Hal ini sangat berguna untuk mencegah diri anda dari rasa jenuh dan bosan dalam berumah tangga.  Kejenuhan dan kebosanan jika terus ditumpuk lama-lama akan menghadirkan konflik yang siap meledak bagai bom waktu di rumah tangga anda.



9.  Manfaatkan waktu kosong untuk rileks bersama suami anda

Ketika anda dan suami  kebetulan sama-sama memiliki waktu kosong, manfaatkanlah baik-baik waktu itu untuk bersantai.  Anda tidak perlu memaksakan diri untuk melakukan aktivitas tertentu atau pergi ke tempat-tempat tertentu.  Terkadang bagi sang suami, bediam diri di rumah sambil bersantai membaca koran adalah aktivitas yang benar-benar didambakannya setelah lama bekerja keras.  Cobalah untuk menikmati masa-masa santai ini dengan duduk diam dan menikmatinya berdua bersama suami anda.



10.  Percayai suami anda, dan tunjukkanlah hal itu kepadanya



Walaupun terlihat tangguh, sebenarnya banyak pria yang mengalami masalah dengan kepercayaan dirinya.  Oleh karena itu, tunjukkanlah pada sang suami bahwa anda mempercayainya sepenuhnya untuk melindungi anda, dan untuk membimbing anda melalui samudera kehidupan.  Jangan ragu untuk meminta bantuan suami, karena dengan melakukan hal itu ia akan merasa berguna bagi anda.  Sekali lagi, tunjukkan bahwa anda bahagia ketika anda bersama suami, dan ekspresikanlah kesan bahwa ia adalah pria yang paling tepat bagi anda serta paling anda cintai di dunia ini.