10 Lagu Indonesia Paling Romantis

Ada sangat banyak lagu Indonesia romantis yang sangat cocok untuk dimainkan dalam momen-momen tertentu, misalkan ulang tahun pernikahan, hari Valentine, atau saat anda ingin mengungkapkan perasaan pada orang yang anda sayangi.  Memang, lagu-lagu romantis terbaik Indonesia ini dinyanyikan oleh para musisi terbaik yang kualitasnya tidak diragukan lagi.  Liriknya sangat indah, musikalitas melodinya harmonis, dengan makna mendalam yang pastinya akan membuat mood anda berdua menjadi dipenuhi dengan rasa cinta.  Nah, apa sajakah 10 lagu Indonesia paling romantis?  Berikut daftarnya  :

Image Credit : Arteyfotografia.com, Creative Commons



1.  Cinta Kan Membawamu (Dewa 19)


Lagu klasik dari Dewa 19 ini memang luar biasa romantis.  Dinyanyikan oleh Ari Lasso dan hanya diiringi oleh piano dari Ahmad Dhani, lagu ini mempunyai kesan romantis yang membuat hati anda merinding ketika mendengarkannya.  Lagu ini berkisah tentang sebuah kerinduan seseorang pada kekasihnya, dan kesedihannya ketika mereka berdua harus terpisah.

Lagu ini bisa dibilang menjadi lagu romantis Indonesia terbaik hasil kolaborasi dua master musik Indonesia tahun 90-an.  Kita tunggu saja, semoga di masa depan Ahmad Dhani masih bisa membuat lagu-lagu dengan kualitas master seperti ini.



2.  Sempurna (Andra and the Backbone)


"Sempurna" adalah lagu Indonesia yang sangat romantis.  Bercerita tentang kekaguman dan rasa syukur seseorang terhadap kekasihnya yang begitu sempurna bagi dirinya.  Memang, pada dasarnya tak ada yang sempurna di dunia ini.  Namun ketidak sempurnaan yang ada di dalam diri seseorang akan tertutupi oleh rasa cinta yang kita miliki.

Secara musikalitas, kualitas lagu ini benar-benar harus diacungi jempol.  Peranan Andra sebagai mantan pentolan Dewa 19 sangat terasa, terutama dalam permainan gitarnya yang sangat memukau sepanjang lagu.  Sangat romantis, dan tentu saja sempurna!



3.  Menanti Sebuah Jawaban (Padi)


Tak berlebihan jika menyebut Padi sebagai salah satu band dengan spesialis lagu-lagu romantis di Indonesia. "Menanti Sebuah Jawaban" bisa dibilang sebagai salah satu lagu romantis terbaik ciptaan Padi.  Lagu ini berkisah tentang seseorang yang menunggu jawaban dari pernyataan cintanya,  Lirik lagu ini terkesan penuh harapan, namun juga tersirat sedikit rasa putus asa.

Membuat lagu cinta yang penuh dengan kata-kata indah namun tidak terkesan murahan dan gombal tidaklah mudah, dan Padi selalu berhasil melakukan hal ini dengan baik.  Lagu-lagu cinta mereka selalu terkesan romantis, dan sangat layak untuk mendapat acungan jempol.



4.  Belahan Jiwa (KLa Project)


Jika kita berbicara tentang grup musik yang paling ahli dalam membuat lirik-lirik puitis nan indah, tentu kita tidak bisa melupakan nama Kla Project.  Band yang dimotori oleh Katon Bagaskara ini memang sangat piawai dalam merangkai kata-kata yang bermakna mendalam.  Lagu-lagu cinta mereka bukan sekedar lagu cinta biasa.  Semuanya memiliki makna yang filosofis, sangat romantis, dan membuat kita menengok ke dalam diri kita sendiri.

Belahan Jiwa adalah sebuah lagu romantis ciptaan KLa Project, bercerita tentang perjuangan seseorang di negeri seberang, di mana ia selalu mengenang kekasihnya yang berada jauh di sana.  Ia dipenuhi akan harapan untuk kelak membawa sang kekasih bersanding di sisinya.



5.  Selamanya Cinta (D'Cinnamons)


"Selamanya Cinta" adalah sebuah lagu cinta Indonesia yang memiliki unsur kesedihan dan kegalauan tingkat tinggi.  Lagu ini berkisah tentang rasa cinta seseorang yang tidak bisa ia ungkapkan.  Walaupun rasa rindu menyerangnya dan waktu kian berlalu, ia masih juga tidak bisa mengungkapkan rasa cintanya.  Namun, hal ini sama sekali tak membuat rasa cintanya berkurang sedikitpun.

Dilantunkan hanya dengan iringan gitar akustik, lagu ini benar-benar memiliki kesan romantis yang kuat.  Dengan suara sang vokalis yang sangat indah serta makna lirik yang mendalam, kita seolah bisa merasakan kegalauan akan rasa cinta yang tidak terungkapkan.



6.  Kala Cinta Menggoda (Chrisye)


Berbeda dengan lagu-lagu cinta di atas, "Kala Cinta Menggoda" memiliki irama yang lebih ceria dan beat yang lebih cepat.  Namun, hal ini sama sekali tidak mengurangi kesan romantis di dalamnya.  Suara Chrisye yang sangat enak didengar berpadu indah dengan iringan musik eksotis yang sangat unik, bahkan di tengah lagu suara penyanyi keroncong Indonesia, Waldjinah, ikut melebur bersama Chrisye.

Lagu ini bercerita tentang rasa cinta yang tiba-tiba datang menghampiri.  Rasa cinta tersebut belum terungkapkan, karena masih terhalang-halangi oleh rasa sungkan, khawatir, dan mungkin segan.  Walau begitu, gejolak cinta tak bisa terhindarkan lagi, seperti yang terungkap dalam lirik berikut  :

"Maka izinkanlah aku mencintaimu,
Atau bolehkan aku sekedar, sayang padamu."


7.  Dan (Sheila on 7)


Lagu yang dibuat di awal karir band asal Jogja ini memang unik.  Memiliki lirik yang simpel, notasi yang juga sederhana, namun sangat enak didengarkan dan tidak murahan.  Sejak lagu ini muncul, popularitas Sheila on 7 meroket drastis hingga kini mereka dikenal sebagai salah satu band paling legendaris di Indonesia.

Lagu ini berkisah tentang penyesalan seseorang yang telah menyakiti kekasihnya.  Penyesalan tersebut begitu dalam, sehingga akhirnya melukai dirinya sendiri.  Ia merasa sangat berdosa, dan rela untuk dilupakan, dilukai, dan dicaci maki oleh kekasihnya.  Kesan romantis dalam lagu ini berpadu kuat dengan kesedihan, kebingungan, dan pengorbanan.



8.  Ruang Rindu (Letto)


Salah syarat suatu lagu layak disebut sebagai lagu romantis adalah kualitas lirik di dalamnya.  Dan soal membuat lirik yang indah nan puitis, Letto-lah jagonya.  Keindahan lirik yang tersaji dalam lagu ini berpadu dengan suara sang vokalis yang indah dan musikalitas kelas tinggi yang menyajikan nada-nada lembut yang menyejukkan hati.

Dari judulnya saja, "Ruang Rindu" sudah menunjukkan kesan romantis yang sangat kuat.  Lagu ini berkisah tentang seorang pemuda yang merindukan kekasihnya yang datang dan pergi begitu saja dalam hidupnya, meninggalkannya sendirian, dipenuhi oleh rasa rindu.



9.  Kuil Cinta (Slank)


Slank yang dikenal sebagai band yang gemar melantunkan lagu-lagu bernada kritik sosial ternyata cukup piawai juga menciptakan lagu bertemakan cinta.  Salah satu lagu Slank paling romantis adalah lagu berjudul "Kuil Cinta" yang juga menjadi soundtrack film "Get Married".

Lagu ini berkisah tentang arti keagungan cinta yang sangat suci, bersih, dan tinggi.  Slank ining mengungkapkan bahwa cinta adalah sumber kebahagiaan, suka cita, dan selalu menciptakan perdamaian abadi.  Lagu ini disampakain dengan nada-nada yang cukup keras jika dibandingkan dengan lagu romantis lainnya, namun keindahannya tetap bisa membuat hati anda bergetar.



10.  Mungkin Nanti (Peterpan)


Salah satu lagu terbaik yang pernah diciptakan oleh Peterpan.  Lagu ini diciptakan jauh sebelum berbagai konflik melanda salah satu band terbaik Indonesia.  Lagu ini sangat sarat dengan unsur keindahan dan bisa ikut menghanyutkan perasaan anda jika didengarkan dengan sungguh-sungguh.  Menyayat hati, namun memiliki nilai romantisme yang tinggi.

"Mungkin Nanti" bercerita tentang perpisahan sepasang kekasih, yang tentu saja diwarnai oleh unsur kesedihan dan kegalauan.  Ada kekhawatiran tersembunyi jika mereka tak bisa bertemu lagi satu sama lain, atau ketika kelak mereka bertemu, semuanya sudah menjadi sangat berbeda.


Nah, itu tadi adalah 10 lagu Indonesia paling romantis versi Top10Indo.  Jika anda memperhatikan, ada sebuah kesamaan di antara lagu-lagu tersebut.  Yap, semua lagu ini berasal dari tahun 90-an dan awal 2000-an, saat musik Indonesia sedang jaya-jayanya dan belum terpengaruh pasar asing serta komersialisasi yang berlebihan.  Semoga saja di masa datang, musisi Indonesia kembali bisa menciptakan lagu-lagu seindah dan seromantis lagu-lagu ini.

Artikel Lainnya