10 Film Terbaik Sepanjang Masa

Apa sajakah judul-judul yang layak menyandang gelar sebagai "film terbaik sepanjang masa"?  Setelah melakukan riset, Top10Indo akan menyajikan sebuah daftar yang berisi film-film paling berkualitas.  Ranking yang kami buat berikut ini disusun berdasarkan jumlah penghargaan Oscar yang diterima sebuah film, dan jika kedua film menerima jumlah penghargaan yang sama, maka peringkat ditentukan berdasarkan rating IMDb.

Jika anda mengaku sebagai penggemar film, tentu saja anda harus menyaksikan judul-judul berikut.  Jangan heran jika beberapa film tersebut sangat susah dicari, karena memang dirilis pada zaman dahulu.  Langsung saja, berikut daftar dari kami:

10.  Gone with the Wind

Penghargaan Oscar:  8  Rating IMDb:  8,2

by Kevin Dooley on Flickr.com via Creative Commons

Delapan penghargaan Oscar yang disabet oleh Gone with the Wind membuat kualitas film bergenre drama romantis ini terbukti secara nyata.  Tak hanya dari segi kualitas film, dua pemainnya yaitu Vivien Leigh dan Hattie McDaniel berhasil meraih penghargaan sebagai Pemeran Utama Wanita Terbaik dan Pemeran Pendukung Wanita Terbaik.

Selain dianggap sebagai salah satu film paling berkualitas sepanjang masa, Gone with the Wind juga berhasil mencatatkan diri sebagai film paling populer di dunia.  Setelah disesuaikan dengan inflasi, film ini berhasil meraih pemasukan lebih dari 1,6 milyar US Dollar.



9.  On the Waterfront

Penghargaan Oscar:  8  Rating IMDb:  8,3


Sama seperti Gone with the Wind, On the Waterfront juga berhasil meraih delapan Oscar.  Film yang dirilis pada tahun 1954 ini bercerita tentang kehidupan seorang pegawai biasa yang berusaha membuka praktek-praktek korupsi di tempat perusahaan finansialnya bekerja.  Film yang berdurasi kurang lebih 108 menit dan masih dirilis dalam format hitam-putih ini memang menyajikan jalan cerita yang mencekam.

Diperankan oleh bintang flamboyan Marlon Brando, On the Waterfront juga berhasil meraih penghargaan Oscar untuk kategori Sutradara Terbaik, Aktor Utama Terbaik, dan Pemeran Pembantu Wanita terbaik, dan lima penghargaan lainnya.  Keberhasilannya memperoleh 8 Oscar dianggap luar biasa, karena biaya produksi film yang tidak terlalu tinggi.



8.  Amadeus

Penghargaan Oscar:  8  Rating IMDb:  8,4


Diluncurkan ke layar lebar pada tahun 1984, Amadeus memiliki kualitas yang benar-benar bisa membuat anda tercengang.  Film ini bercerita tentang kehidupan komposer musik jenius, Wolfgang Amadeus Mozart, yang dituturkan dari mulut temannya yang saat ini mendekam di sebuah rumah sakit jiwa.  Anda akan terkejut menyaksikan sisi lain dari Mozart yang penuh dengan kekejaman dan kegelapan selain bakatnya yang begitu dipuja-puja dunia.

Amadeus sukses meraih delapan penghargaan Oscar, di antaranya untuk kategori Pemeran Pria Terbaik yang diraih oleh F. Murray Abraham.  Tak hanya itu, Amadeus juga memenangi kategori Sutradara Terbaik, Make-up Terbaik, Screenplay Terbaik, dan empat kategori lainnya.


7.  Gigi

Penghargaan Oscar:  9  Rating IMDb:  6,8


Hanya mengantongi rating 6,8; rating tersebut adalah yang terendah di antara film lainnya dalam daftar ini.  Namun secara mengejutkan, dengan kualitas yang biasa-biasa saja Gigi mampu meraih sembilan penghargaan Oscar.  Dirilis pada tahun 1958, film ini memang dianggap cukup beruntung mampu meraih banyak Oscar karena pada tahun tersebut tak banyak film berkualitas yang diproduksi.

Gigi berkisah tentang kehidupan sosialita seorang playboy kaya yang tinggal di kota Paris.  Keberhasilan sutradara Vincente Minnelli dalam meramu cerita dan mengarahkan para pemainnya membuatnya mampu meraih satu penghargaan Oscar untuk kategori Sutradara Terbaik.



6.  The English Patient

Penghargaan Oscar:  9  Rating IMDb:  7,3


Penghargaan sembilan Oscar menunjukkan tingginya kualitas The English Patient.  Film ini dianggap sebagai salah satu film romansa dengan setting Perang Dunia II terbaik.  Unsur kekejaman perang yang berpadu dengan harapan, ketakutan, dan rasa cinta membuat emosi penonton yang menyaksikannya benar-benar bercampur aduk.

The English Patient menceritakan kisah cinta antara seorang perawat dengan pasien perangnya yang terjadi pada periode akhir Perang Dunia II.  Penampilan Juliette Binoche patut diacungi jempol karena ia mampu mengantongi gelar Oscar sebagai Pemeran Pembantu Wanita Terbaik.



5.  The Last Emperor

Penghargaan Oscar:  9  Rating IMDb:  7,8


The Last Emperor adalah film keluaran tahun 1987 yang berkisah tentang kaisar Cina terakhir.  Saat itu, Cina sedang mengalami masa transisi di mana bentuk pemerintahan kerajaan diubah menjadi republik komunis.  Akibatnya, para keluarga kerajaan termasuk Kaisar harus diasingkan dari masyarakat dan menjalani hidup yang sangat sederhana.

Walaupun tidak memenangi Oscar dalam kategori aktor dan aktris terbaik, sembilan penghargaan yang dimenangi oleh film ini membuktikan betapa baiknya aspek pendukung lainnya, seperti musik, desain kostum, sinematografi, dan editing.  Selain itu, sutradara Bernardo Bertolucci juga berhasil menyabet award sebagai Best Director.



4.  West Side Story

Penghargaan Oscar:  10  Rating IMDb:  7,6


West Side Story adalah salah satu film romantis yang diadaptasi dari salah satu kisah cinta paling romantis di dunia, Romeo and Juliet.  Diracik dengan gaya musikal yang kental, West Side Story yang dirilis pada tahun 1961 berhasil meraih keuntungan yang cukup besar.  Dengan biaya produksi yang "hanya" sekitar 6 juta US Dollar, film ini mampu mendatangkan lebih dari 63 juta US Dollar dari penjualan tiket saja.

Sepuluh penghargaan Oscar yang berhasil diraih oleh West Side Story di antaranya dianugerahkan untuk kategori Sutradara Terbaik, Pemeran Pembantu Pria Terbaik, dan Pemeran Pembantu Wanita Terbaik.  Aspek lain seperti sound, film-editing, dan sinematografi juga berhasil mendapatkan penghargaan Oscar.



3.  Titanic

Penghargaan Oscar:  11  Rating IMDb:  7,6


Tak ada yang tidak mengenal jalan cerita Titanic, sebuah film yang menceritakan tentang kisah cinta antara seorang pemuda miskin dengan gadis kaya di atas kapal mewah Titanic.  Unsur romansa, sedikit komedi, drama, serta tragedi membuat Titanic mampu menjadi salah satu film yang akan selalu diingat dalam sejarah umat manusia.

Walaupun Leonardo Dicaprio dan Kate Winslet sebagai aktor dan aktris utama tidak meraih penghargaan dari Oscar, soundtrack film ini yang berjudul My Heart Will Go On yang dinyanyikan oleh Celine Dion berhasil melengkapi sebelas penghargaan Oscar yang berhasil diraih oleh Titanic.



2.  Ben-Hur

Penghargaan Oscar:  11  Rating IMDb:  8,1


Tak ada yang menyangka bahwa sebuah film yang diproduksi pada tahun 1959 bisa menyajikan sebuah petualangan fantasi yang sangat fantastis.  Melihat keterbatasan teknologi pada saat itu, tidak mungkin untuk menambahkan berbagai efek maupun animasi komputer untuk mempercantik film.  Biaya produksinya pun terlihat sangat murah, "hanya" sekitar 16 juta US Dollar.

Ternyata, Be-Hur yang berkisah tentang kehidupan seorang pangeran Yahudi yang harus menjalani nasib sebagai budak ini berhasil meraih 11 piala Oscar.  Charlton Heston yang berperan sebagai Ben-hur juga mampu meraih penghargaan paling prestisius bagi insan perfilman tersebut.



1.  The Lord of the Rings: The Return of the King

Penghargaan Oscar:  11  Rating IMDb:  8,3


Dirilis pada tahun 2003, film ini tergolong paling muda di antara film lainnya.  Pada awalnya, tak banyak yang menyangka bahwa The Return of the King mampu menjadi sebuah film yang berkualitas, mengingat ia harus menandingi reputasi novelnya yang dianggap sangat bagus.  Ternyata, banyak yang beranggapan bahwa film ini jauh lebih berkualitas daripada versi novelnya.

Petualangan fantasi di negeri khayalan ini berhasil meraih 11 piala Oscar, walaupun sama sekali tak ada artis atau aktornya yang memenangi penghargaan ini.  Sutradara Peter Jackson yang dianggap sebagai kunci sukses The Return of the King mampu melengkapi kejayaan film ini di ajang piala Oscar.