10 Masakan Khas Jepang Paling Enak

Ada sangat banyak masakan khas Jepang yang kelezatannya diakui di seluruh dunia.  Masakan-masakan ini ternyata tidak hanya nikmat di lidah, namun juga memiliki kandungan gizi yang sangat tinggi dan bisa menutrisi badan maupun otak.  Nah, dalam artikel kali ini Top10Indo akan membahas tentang makanan-makanan Jepang paling enak di dunia.

Jika beberapa waktu yang lalu kami sempat membahas tentang 10 makanan paling enak di Indonesia, maka dalam artikel ini masakan-masakan Jepang-lah yang akan dibahas secara mendetail.  Sudahkah anda mencoba makanan-makanan lezat di bawah ini?



10.  Yakitori


Yakitori bisa juga disebut sebagai "sate versi Jepang".  Makanan ini biasanya dipesan saat hangout bersama teman-teman di pub, menikmati karaoke, atau dalam sebuah pesta ulang tahun.  Tak heran jika kemudian Yakitori dianggap sebagai "makanan pergaulan" karena makanan ini hampir selalu ada di setiap acara kumpul-kumpul.

Yakitori bisa terbuat dari berbagai macam daging, mulai daging sapi, babi, ataupun hati ayam.  Daging ini dipanggang hingga terlihat crispy, kemudian dilumuri saus asam-manis yang membuat lidah anda merasa sangat dimanjakan.  Benar-benar makanan yang sangat lezat!



9.  Kari Jepang


Kari memang masakan yang berasal dari India, namun ternyata popularitasnya juga sangat tinggi di Jepang.  Berbeda dengan kari India, kari Jepang memiliki rasa yang lebih halus dan tidak terlalu pedas.  Saking enaknya, kari bahkan diresmikan sebagai masakan nasional resmi Jepang.  Biasanya, kari dinikmati bersama semangkuk nasi hangat yang harum.

Penggemar kari pasti merasa seperti di surga jika kebetulan berada di Jepang.  Bagaimana tidak, ada puluhan jenis masakan kari yang sangat lezat yang bisa anda temui di negara ini.  Mulai dari kari ayam, kari sapi, hingga kari seafood.



8.  Yakiniku


Yakiniku sebenarnya adalah salah satu masakan asli Korea, namun diadaptasi oleh masyarakat Jepang dengan berbagai bumbu tradisional dan cita rasa khas Jepang.  Makanan ini terbuat dari daging sapi yang diiris tipis-tipis, dilumuri saus lezat, dan kemudian dipanggang di atas panggangan barbecue.  Karena ukurannya yang terbilang kecil, anda harus terampil menggunakan sumpit untuk bisa memasak Yakiniku.

Sensasi memanggang sendiri Yakiniku di atas panggangan inilah yang membuat makanan ini terasa lebih lezat.  Biasanya Yakiniku disajikan di restoran, di mana anda datang bersama keluarga atau teman, membentuk lingkaran kecil mengelilingi panggangan, dan mengobrol sambil menikmati kelezatan masakan khas Jepang ini.



7.  Nabe


Nabe adalah "sup kebanggaan Jepang", dan makanan ini wajib dinikmati oleh anda yang berkunjung ke Jepang di musim dingin.  Berbeda dengan miso sup yang lebih lazim ditemui dan hanya terdiri dari miso dan tahu, Nabe memiliki bahan-bahan yang lebih kaya.  Biasanya, di dalam Nabe terdapat irisan daging, kepiting rebus, mie, dan sayur-sayuran.

Biasanya Nabe dimasak di dalam sebuah hotpot, yaitu panci berisi air panas dan bumbu Nabe yang direbus hingga mendidih.  Bahan-bahan dasar Nabe pun dimasukkan satu persatu dan direbus hingga matang dan empuk, setelah itu disajikan ke mangkuk masing-masing anggota keluarga.



6.  Onigiri


Makanan ini pasti sangat familiar bagi anda yang gemar membaca manga atau menonton anime.  Ya, Onigiri atau "nasi kepal" adalah salah satu bekal makanan yang hampir selalu bisa ditemui pada setiap pelajar atau pekerja kantoran.  Cara membuat Onigiri pun terbilang cukup mudah.  Anda mengisi nasi dengan bahan-bahan yang anda inginkan, membentuknya menjadi segitiga, dan Onigiri pun siap disantap.

Ada berbagai isian onigiri yang bisa anda pilih.  Mulai dari buah plum yang memiliki rasa asam. telur ikan, atau suiran ikan salmon goreng.  Onigiri bisa dimakan langsung, bisa juga ditambahkan dengan saus khusus yang bisa memperkaya rasa masakan Jepang ini.



5.  Ramen


Ramen adalah mie khas Jepang yang kelezatannya sudah dikenal di seluruh dunia.  Bahkan di Jepang, Ramen dikenal sebagai salah satu makanan paling populer.  Kedai ramen biasanya menjadi tempat jajan anak-anak sekolah atau pekerja kantoran dalam perjalanan pulang menuju ke rumah.  Kedai ramen sendiri erat dengan nuansa Jepang yang sangat khas dan kental.

Ramen disajikan dalam mangkuk berukuran besar, dengan kuah khas Ramen dan berbagai topping di dalamnya seperti ikan yang dibentuk melingkar, telur rebus, dan sayur-sayuran.  Makanan ini sangat enak disantap di malam yang dingin.



4.  Okonomiyaki


Okonomiyaki adalah makanan khas Osaka yang berarti "panggang apa pun yang anda suka".  Makanan ini juga populer dinikmati dalam grup kecil bersama teman.  Konsep membuat okonomiyaki sebenarnya cukup sederhana, yaitu membuat omelet yang diatasnya ditaburi berbagai makanan yang dipanggang, seperti daging sapi, daging ayam, seafood, maupun sayuran.

Selain memiliki rasa yang kaya, Okonomiyaki juga memiliki kandungan gizi yang tinggi karena di dalamnya terdapat juga berbagai macam sayuran seperti kubis dan wortel yang diiris kecil-kecil.  Makanan ini sangat enak dinikmati bersama segelas sake atau teh Jepang.



3.  Takoyaki


Satu lagi makanan khas Osaka yang sangat terkenal kelezatannya di Jepang.  Takoyaki adalah "makanan kaki lima" paling populer yang dijual di Jepang.  Hampir di setiap acara festival, pasar malam, atau konser luar ruangan anda bisa menemukan pedangan Takoyaki dengan gerobaknya yang khas.  Aroma Takoyaki juga pasti mengundang pengunjung untuk membelinya.

Takoyaki terbuat dari cumi-cumi yang dibentuk menyerupai bakso, kemudian dibakar atau dipanggang.  Bagian luar Takoyaki terlihat crispy dan renyah, sementara bagian dalamnya terasa lembut, juicy, dan kaya rasa.  Benar-benar masakan khas Jepang yang sangat lezat.



2.  Tonkatsu


Tonkatsu konon disebut sebagai makanan kerajaaan karena kelezatannya yang begitu menggoda.  Pada umunya, Tonkatsu terbuat dari daging babi  yang digoreng hingga berwarna kecoklatan dan terlihat sangat renyah serta menggoda.  Namun saat ini, sudah banyak pula Tonkatsu yang terbuat dari daging sapi, dan rasanya pun juga sangat lezat.

Setelah digoreng, Tonkatsu disajikan bersama parutan lobak, buah plum, acar Jepang, dan saus khas yang membuat makanan ini terasa lezat.  Biasanya, Tonkatsu juga dimakan bersama nasi kari, sehingga kelezatannya pun makin berlipat ganda.



1.  Sushi


Tak perlu diragukan lagi, sushi adalah masakan khas Jepang yang paling enak dan paling terkenal.  Makanan ini bahkan masuk ke dalam daftar 10 makanan paling enak di dunia.  Ini karena sushi tidak hanya memiliki rasa yang sangat lezat, namun juga kandungan gizi yang sangat tinggi yang mampu menutrisi otak dan seluruh bagian tubuh lainnya.

Sushi sebenarnya adalah masakan yang simpel.  Daging ikan segar (biasanya ikan salmon) diiris tipis dan diletakkan di atas nasi yang dikepal kecil.  Biasanya sushi disajikan bersama saus khas, dan dimakan dalam satu kali telan.  Jadi, jangan sampai anda melewatkan masakan khas Jepang paling enak ini!