10 Makanan Paling Enak di Indonesia

Apa sajakah makanan enak di Indonesia yang kelezatannya diakui oleh dunia internasional?  Apa alasan masakan-masakan khas Indonesia tersebut bisa membuat para penikmatnya bertekuk lutut saking enaknya? Berikut adalah daftar 10 makanan paling enak di Indonesia yang sudah terkenal di seluruh dunia.

(WT-shared) Jpatokal at wts wikivoyage [GFDL (http://www.gnu.org/copyleft/fdl.html) or CC-BY-SA-3.0-2.5-2.0-1.0 (http://creativecommons.org/licenses/by-sa/3.0)], via Wikimedia Commons



1.  Rendang



Tidak salah jika rendang disebut-sebut sebagai salah satu makanan paling enak di Indonesia, bahkan di dunia.  Masakan yang bahan utamanya terbuat dari daging sapi ini bisa membuat lidah anda bergoyang merasakan kenikmatannya.  Bayangkan saja kelezatan daging sapi yang dipadu dengan bumbu khas rendang dengan rasa manis-pedas yang dominan.  Masakan ini sudah sangat nikmat disantap hanya dengan sepiring nasi putih dan segelas teh tawar.



2.  Sate



Jika anda kebetulan mengunjungi restoran Indonesia di luar negeri, hampir dipastikan bahwa Sate akan masuk sebagai masakan primadona dalam menu tersebut.  Sate sebenarnya memiliki konsep resep yang sederhana, daging dipotong kecil-kecil, dibumbui, dan kemudian dibakar.  Yang membuat kelezatan khas sate muncul adalah saus bumbu yang digunakan, biasanya terdiri dari kecap dan kacang yang dihaluskan.  Berbagai jenis menu sate, seperti sate ayam, sate sapi, dan sate kambing bisa anda nikmati hampir di seluruh pelosok Indonesia.



3.  Bakso



Menu makanan ini terbilang unik dan mungkin hanya bisa ditemui di Indonesia.  Yap, bakso adalah makanan khas Indonesia yang rasa enaknya bisa membuat anda ketagihan dan bisa menghabiskan lebih dari dua porsi sekali makan.  Biasanya, bakso terbuat dari daging sapi yang dihaluskan dan dibentuk menyerupai bola, dihidangkan bersama mie, pangsit, serta sejumput sayur-sayuran dan bawang goreng.  Ingin mencoba variasi lain dari bakso?  Anda bisa saja mencoba bakso ayam dan bakso ikan yang tak kalah lezatnya dari bakso sapi.



4.  Soto



Boleh dibilang, soto adalah "sup khas Indonesia".  Konsep utamanya, soto adalah semangkuk daging dipotong kecil-kecil, disajikan dalam kuah beserta dengan beberapa sayur-sayuran.  Di Indonesia sendiri ada lebih dari ratusan jenis soto yang kelezatannya tidak perlu diragukan lagi.  Sebut saja Soto Madura, Soto Betawi, Soto Sukaraja, serta soto-soto khas daerah lain di Indonesia yang menyajikan kelezatan tersendiri.  Biasanya, soto sangat nikmat disantap bersama kerupuk dan segelas es teh.  Hmmm!



5.  Nasi Goreng



Menu masakan nasi goreng Indonesia sebenarnya bukan suatu hal yang asing ditemui di dunia internasional, karena konsepnya hampir sama dengan "Fried Rice" yang berasal dari Cina dan sudah sangat terkenal.  Hanya saja, nasi goreng Indonesia mempunyai ciri khas tersendiri yang tidak terdapat dalam "Fried Rice" negara-negara lain.  Yang paling utama adalah penggunaan kecap serta berbagai pelengkap nasi seperti hati ayam dan kerupuk udang.  Jangan salah jika di sebuah restoran elit internasional, menu "Nasi Goreng" terpampang di sana.



6.  Pempek



Siapa yang tidak kenal dengan enaknya masakan khas Palembang ini.  Pempek konon pertama kali dibuat oleh imigran asal Cina yang bekerja di Palembang sebagai pedagang ikan dan tepung tapioka.  Dan memang, resep utama Pempek terbuat dari kedua bahan utama tersebut.  Pempek menjadi salah satu hidangan paling dicari di Indonesia karena bisa disantap sebagai snack ringan ataupun makanan utama.  Biasanya, pempek disajikan dengan saus asam manis yang bisa menambah selera makan anda.



7.  Gudeg



Keunikan gudeg sebagai suatu menu masakan menjadikan makanan ini menjadi menu favorit turis mancanegara maupun lokal yang berkunjung ke Jogja.  Gudeg terbuat dari nangka muda yang direbus semalaman, dicampur dengan bumbu rahasia serta santan.  Hasil akhirnya, anda bisa menyantap nangka muda berwarna kecoklatan yang sangat lembut dan manis.  Gudeg biasa disantap dengan telur rebus atau daging ayam yang dibumbui serupa.  Sebagai pelengkap, biasanya gudeg dimakan bersama sambal krecek dan disajikan di dalam besek (semacam keranjang dari anyaman bambu).  Sangat lezat dan eksotis.



8.  Rawon



Masakan khas Jawa Timur ini juga bisa dibilang sebagai salah satu kuliner Indonesia.  Bagi wisatawan mancanegara, Rawon mungkin terlihat seperti sup berwarna hitam kecoklatan yang di dalamnya terdapat banyak daging sapi yang super empuk.  Bumbu khas rawon membuat makanan ini memiliki rasa yang unik sekaligus memanjakan lidah anda dengan berbagai rasa manis, asam, dan asin; sebuah sensasi yang membuat anda ingin menikmatinya lagi dan lagi.



9.  Opor Ayam



Opor ayam identik dengan perayaan Lebaran, festival keagamaan terbesar di Indonesia.  Makanan ini biasanya disantap bersama ketupat, lontong, serta sambal goreng hati.  Opor memiliki rasa unik karena dimasak dengan santan serta kunyit yang memberi warna kuning keemasan di kuah opor.  Daging ayam yang dimasak bersama bumbu opor pun memiliki sensasi rasa tersendiri, terasa lebih gurih dan empuk.  Makanan ini biasanya dinikmati bersama kerupuk udang serta segelas teh manis hangat.



10.  Indomie



Mie instan produksi Indonesia ini kelezatannya sudah dikenal di berbagai negara di seluruh penjuru di dunia.  Konon, Indomie bahkan dinobatkan sebagai mie instan terlezat di dunia.  Kelezatan Indomie terletak pada bumbunya yang sangat kaya akan rasa, gurih, dan dilengkapi dengan bawang goreng serta minyak penyedap.  Indomie membuat anda bisa merasakan lezatnya sebuah hidangan hanya dalam waktu singkat, bisa dibuat oleh siapa saja, kapan saja, di manapun tempatnya.

Artikel Lainnya