10 Makanan Paling Enak Didunia

Berikut ini adalah daftar 10 makanan paling enak didunia yang dibuat berdasarkan survei yang diadakan oleh kantor berita CNN.  Ada ratusan makanan khas dari berbagai negara yang diikutkan dalam survei, dan akhirnya berhasil didapatkan 10 hidangan paling lezat yang pernah diciptakan.  Yang cukup mengejutkan, salah satu masakan Indonesia, yaitu Rendang, berhasil menduduki peringkat ke-11 daftar ini.  Penasaran apa sajakah kesepuluh makanan paling enak tersebut?  Berikut daftarnya  :

Image Credit by BillHoller on Flickr.com, Creative Commons



10.  Chicken Muamba (Gabon)



Masakan khas dari benua Afrika ini berbahan dasar ayam yang dimasak dengan banyak mentega.  Ayam diracik bersama berbagai macam bumbu dan rempah-rempah seperti tomat, merica, cabe, dan bawang putih; lalu dimasak bersama mentega khas Gabon yang memiliki cita rasa sangat kaya dan gurih.  Chicken Muamba sangat lezat dimakan di musim dingin karena di dalamnya terdapat rempah-rempah yang menghangatkan tubuh serta kandungan lemak yang tinggi.



9.  Ice Cream (Amerika Serikat)



Es krim memang enak dinikmati kapanpun, di manapun, dan selalu disukai oleh setiap orang di seluruh dunia.  Sensasi dingin dan manis dari es krim membuat makanan ini sangat cocok disajikan sebagai pencuci mulut ataupun snack di siang hari yang panas.  Yang dimaksud es krim yang dikategorikan sebagai satu dari 10 makanan paling enak di dunia adalah es krim favorit Amerika Serikat, di mana di dalamnya selalu dihiasi dengan kacang, marshmallow, dan saus cokelat pekat yang bisa membuat anda ingin terus dan terus menikmatinya.



8.  Tom Yum Goong (Thailand)



Makanan ini juga sangat terkenal dan bisa ditemukan di hampir seluruh restoran oriental di dunia.  Makanan ini menjadi salah satu lambang Thailand, dan menjadi sesuatu yang wajib dinikmati jika anda berkunjung ke negara ini selain deretan pantai eksotis yang indah.  Tom Yum Gung pada intinya bisa dideskripsikan sebagai semangkuk besar sup yang di dalamnya terdapat berbagai hidangan laut seperti udang dan cumi; serta daging ayam dan sayuran.  Tom Yum memiliki rasa pedas yang dominan, berpadu dengan sensasi asam segar yang membuatnya sangat segar ketika dinikmati.



7.  Penang Assam Laksa (Malaysia)



Konon, masakan khas dari negara tetangga ini memiliki kelezatan yang tidak tertandingi dan menjadi salah satu menu makanan wajib bagi turis-turis mancanegara di Malaysia.  Penang Assam Laksa adalah sebuah masakan di mana di dalamnya ikan makarel direbus bersama jahe, mint, lemongrass, bawang putih, dan lemon.  Makanan ini disajikan berkuah, bersama mie panjang.  Bisa dibayangkan, aroma masakan ini yang begitu menggoda dan bisa anda rasakan kelezatannya bahkan sebelum anda menyuapkannya ke dalam mulut.



6.  Hamburger (Jerman)



Tak banyak yang tahu bahwa Hamburger sebenarnya berasal dari Jerman.  Makanan yang dipopulerkan oleh McDonald ke seluruh dunia ini memang menjadi salah satu makanan universal yang bisa ditemukan di 90 persen negara di dunia.  Selain mengenyangkan, Hamburger juga memiliki nilai protein yang tinggi.  Bayangkan saja kelezatan daging sapi yang disajikan di antara dua roti lembut, ditambah dengan kesegaran dari tomat dan daun selada.  Hamburger akan makin lezat apabila disajikan bersama kentang goreng dan segelas minuman bersoda,  Hmmm!



5.  Bebek Peking (Cina)



Jika anda berkunjung ke Cina, maka anda wajib merasakan kelezatan Bebek Peking.  Makanan ini terasa spesial dan menjadi salah satu primadona dari ribuan masakan Cina yang tersebar di seluruh dunia.  Bebek Peking disajikan dengan cara memanggang bebek yang sudah dilumuri sirup khusus, kemudian dipotong kecil-kecil dan disajikan dengan saus khas yang kelezatannya tidak terbayangkan.  Rasa masakan ini sangat gurih, renyah, manis, dan sangat cocok disajikan bersama teh Cina hangat.



4.  Sushi (Jepang)



Sushi dikenal sebagai salah satu masakan dengan kandungan gizi yang paling tinggi.  Bahkan di Jepang sendiri, sushi dianggap sebagai salah satu makanan mewah yang disantap pada waktu-waktu tertentu atau saat menjamu tamu.  Rata-rata, Sushi disajikan dalam bentuk daging ikan mentah yang diiris tipis, diberi sedikit campuran saus, cuka, dan bumbu-bumbu lainnya, dan disajikan di atas sekepal kecil nasi putih.  Ukuran sebuah Sushi tidak terlalu besar, sehingga bisa disantap dengan sekali telan.  



3.  Cokelat (Meksiko)



Cokelat pertama kali diolah menjadi makanan oleh bangsa Meksiko.  Makanan manis ini pun bisa ditemukan di seluruh dunia, di seluruh supermarket yang menjual bahan-bahan makanan.  Cokelat bisa disantap sebagai makanan kecil, disajikan dalam bentuk batangan setelah dicampur dengan susu, kacang, dan bahan-bahan lainnya.  Cokelat bisa juga disajikan dalam bentuk minuman, atau sebagai campuran untuk membuat kue.  Jangan salah, cokelat juga memiliki peran penting dalam peradaban manusia, dan salah satunya digunakan sebagai makanan untuk mengekspresikan rasa cinta.



2.  Pizza Neapolitan (Italia)



Kelezatan Pizza pastinya sudah tidak asing bagi anda.  Roti bulat datar yang diatasnya ditaburkan berbagai macam topping, seperti pepperoni, paprika, serta dilumuri saus tomat dan keju yang melimpah pasti sangat lezat untuk disantap.  Pizza Neapolitan ini sedikit berbeda dari Pizza yang biasa anda temui, dan tentunya lebih lezat.  Pizza ini pertama kali diproduksi di kota Naples, dan selalu dimasak dalam tungku kayu dengan temperatur tertentu.  Hasilnya, roti yang disajikan dalam Pizza jauh lebih renyah dan gurih.  Kenikmatan makanan ini makin bertambah dengan ditaburkannya saus dan keju khas Naples yang akan membuat anda ketagihan menikmatinya.



1.  Massaman Curry (Thailand)



Memang tidak disangka bahwa masakan terlezat di dunia berasal dari negara tetangga kita, Thailand.  Massaman Curry sering disebut sebagai "Raja Kari", dan bahkan memiliki potensial sebagai "Raja Seluruh Makanan di Dunia".  Makanan ini terdiri dari daging ayam, paprika merah, dan kentang yang disajikan dengan kuah kari yang konon membuat anda tak akan rela untuk menyisakannya setetes pun.  Rasa yang terkandung dari masakan ini sangat kaya, didominasi oleh rasa manis, pedas, dan gurih.  Massaman Curry akan lebih sempurna jika disajikan bersama semangkuk hangat nasi putih.

Artikel Lainnya