10 Game PC RPG Terbaik

RPG atau Role Playing Game  adalah salah satu jenis game yang paling digemari oleh para gamers di seluruh dunia.  Di dalam artikel kali ini, Top10Indo akan membahas beberapa game RPG terbaik untuk PC yang meraih rating tinggi di berbagai situs video game.  Jika anda adalah seorang gamer sejati, tentunya anda tak ingin melewatkan game-game terbaik dalam daftar ini.

Memainkan sebuah game RPG memiliki keasyikan tersendiri.  Dalam game ini anda tidak hanya sibuk mengalahkan lawan-lawan, tapi juga seolah-olah terjun ke dalam dunia karakter yang anda mainkan.  Game RPG juga memiliki sistem "Level-Up" yang membuat karakter anda lebih kuat dan mendapatkan berbagai kemampuan baru.  Jika beberapa waktu yang lalu kami menulis artikel tentang "10 Game RPG PSX Terbaik", kali ini kita akan berfokus pada konsol PC.  Berikut daftarnya  :

Image Credit : DeviantArt.com, Creative Commons




10.  Diablo III



Siapa yang tidak kenal dengan nama besar Diablo.  Setelah menuai sukses besar melalui Diablo I dan Diablo II, Diablo III hadir dengan membawa sejumlah besar perubahan drastis.  Game ini pantas disebut sebagai salah satu game PC RPG terbaik karena gameplay yang memuaskan dan anda bisa membangun karakter sesuai dengan keinginan anda sendiri.

Sama seperti pendahulunya, Diablo III berfokus pada penjelajahan dungeon dan membunuh monster sebanyak-banyaknya untuk mendapatkan loot berupa senjata dan armor langka.  Game ini sangat asyik untuk dimainkan secara online dan memiliki grafis yang sangat bagus dan memukau.



9.  Mass Effect 3



Mass Effect 3 adalah sebuah game RPG yang benar-benar akan membuat anda masuk ke dalam dunianya.  Game ini berkisah tentang peperangan antar galaksi, dan anda berperan sebagai Commander Shephard, seorang manusia bumi yang bisa anda ciptakan sendiri penampilan fisiknya.  Seperti game bertemakan luar angkasa, di sini anda harus melawan berbagai macam alien dengan senjata-senjata futuristik.

Salah satu nilai lebih dari Mass Effect 3 adalah jalan ceritanya yang begitu menyentuh.  Grafis game ini luar biasa bagus, dan dubbing suara tiap-tiap karakter benar-benar memukau.  Dalam game ini anda akan menemukan kisah sedih, drama, komedi, hingga percintaan antar karakter.



8.  Fallout 3



Fallout 3 adalah salah satu game master piece ciptaan Bethesda dan sangat layak untuk disebut sebagai salah satu game RPG terbaik.  Di sini, anda diberi kebebasan untuk menciptakan sendiri karakter anda, dalam sebuah dunia Wild West setelah terjadinya Apocalypse (kiamat kecil).  Sebagian umat manusia musnah, dan anda harus menjelajahi dunia gurun pasir yang penuh dengan bandit dan monster.

Fallout 3 adalah sebuah game yang membuat anda bebas menjadi diri anda sendiri.  Anda bisa menjadi jagoan baik yang menolong semua orang, bisa juga menjadi seorang penjahat yang melakukan berbagai tindakan kriminal seperti pembunuhan dan perampokan.  Semua pilihan anda memiliki konsekuensi yang akan berpengaruh ke dalam jalan cerita yang akan anda lalui.



7.  The Witcher 2 : Assasin's King



Poin yang membuat The Witcher 2 sangat bersinar sebagai sebuah game adalah grafis game ini yang benar-benar indah.  The Witcher bahkan menyabet banyak award sebagai game terbaik di tahun 2012.  Apa yang membuat The Witcher begitu mengasyikkan?  Tentu saja adalah kebebasan anda dalam menentukan sendiri jalan cerita anda.  Hampir sama seperti Fallout 3, The Witcher memberi anda kebebasan untuk menjadi seorang patriot atau penjahat keji.  Di sini, anda berperan sebagai Gerald, seorang Witcher (pemburu monster) yang berusaha mencari kebenaran masa lalunya.  Satu lagi poin tambahan, dalam The Witcher 2 terdapat banyak adegan dewasa dan menampilkan para karakter wanita tanpa busana.  Terdengar makin menarik, kan?



6.  Guild Wars 2



Mungkin Guild Wars 2 lebih tepat disebut sebagai sebuah game MMORPG, karena memang hanya bisa dimainkan secara online.  Sejauh ini, Guild Wars 2 mampu menjadi game RPG online terbaik yang dimainkan oleh jutaan user di seluruh dunia.  Keunggulan dari game ini adalah gameplay yang mengasyikkan, grafis yang memukau, serta update reguler yang selalu dilakukan developer sehingga membuat game ini makin seru.

Guild War 2 bahkan dinobatkan sebagai game RPG terbaik 2012 oleh Angry Joe Show, padahal game ini sudah dirilis sejak tahun 2010.  Ini membuktikan bahwa Guild Wars 2 masih sangat populer dan disukai oleh para gamer di seluruh dunia.



5.  Neverwinter Nights



Tidak semua game RPG yang masuk dalam daftar 10 game RPG PC terbaik adalah game baru.  Contohnya adalah Neverwinter Nights, game keluaran tahun 2002 yang hingga kini masih tetap dimainkan dan dianggap sebagai salah satu pelopor game Dungeon & Dragon yang menginspirasi game besar seperti Diablo dan Dragon Age Origins.

Neverwinter Nights menjanjikan sebuah petualangan yang seru selama ratusan jam.  Anda bisa menciptakan sendiri karakter anda, merekrut karakter-karakter lain ke dalam party member, dan semua karakter yang bertarung bersama anda ikut meramaikan jalan cerita dan tidak hanya sekedar menjadi pelengkap.  Anda pun juga bisa menciptakan berbagai senjata dan sihir yang benar-benar kuat.



4.  Baldur's Gate II : Shadow of Amn 



Baldur's Gate II adalah sebuah game RPG yang lebih tua dari Neverwinter Nights, dirilis pada tahun 2002.  Game ini dinilai sukses dalam menggabungkan unsur-unsur murni sebuah game RPG, battle system yang mengasyikkan, dan jalan cerita yang sangat memukau.  Hingga kini, cerita dalam Baldur's Gate bisa disebut sebagai salah satu cerita terbaik dalam game RPG.

Grafis yang sederhana tidak membuat game ini lantas dipandang sebelah mata.  Baldur's Gate II membuat anda merasa tidak hanya memainkan game ini, tapi hidup di dalamnya.  Benar-benar game bersejarah yang tak akan lekang dimakan waktu!



3.  The Elder Scrolls V : Skyrim 



Skyrim adalah sebuah game RPG yang sempurna.  Game ini bisa dimainkan terus menerus tanpa ending, dan anda bisa menjelajah dunia Skyrim yang penuh dengan berbagai monster ganas dan naga yang berbahaya.  Skyrim mungkin adalah salah satu RPG yang mampu mengubah persepsi orang tentang sebuah video game.  Di sini anda bisa menjadi apa yang anda mau.  Seorang pendekar berpedang, pencuri, pengemis, pandai besi, atau warga kota biasa.  Game yang juga disebut sebagai salah satu game open world terbaik ini tidak hanya menjanjikan ratusan jam penuh petualangan, namun juga dunia bagi anda untuk hidup di dalamnya.  Jika anda seorang pecinta RPG, maka Skyrim adalah game yang wajib dimainkan.



2.  Dragon Age : Origins



Game produksi BioWare ini meledak ketika diluncurkan di pasaran pada tahun 2009.  Mungkin hingga saat ini, Dragon Age adalah game RPG yang mempunyai jalan cerita yang benar-benar kompleks untuk dimainkan.  Game ini menuntut anda untuk setidaknya menghabiskan waktu 100 jam di depan layar monitor untuk mengetahui semua rahasia di dalamnya.

Selain bertempur dengan monster dan dragon, anda juga harus menjalin hubungan dengan karakter-karakter lain.  Segala pilihan yang anda buat untuk melakukan atau tidak melakukan sesuatu akan berpengaruh pada jalan cerita dan reaksi karakter lain dalam berinteraksi dengan anda.  Sama seperti The Witcher 2, dalam Dragon Age juga ada beberapa adegan yang diperuntukkan khusus untuk gamer dewasa.



1.  Dark Souls : Prepare to Die Edition



Jika ada sebuah game RPG yang benar-benar bisa membuat anda merasa puas memainkannya, maka game ini adalah Dark Souls.  Untuk menyelesaikan sebuah misi dalam game ini, anda dituntut untuk benar-benar memutar otak.  Tidak ada tanda-tanda panah ajaib yang menunjukkan ke mana anda harus menuju, dan tidak ada petunjuk dari langit yang bisa memandu anda.

Dark Souls menyajikan sebuah game dengan grafis yang memukau.  Dalam petualangan anda membasmi ratusan monster dan demon.  Setiap anda mengalahkan monster, anda akan menyerap souls mereka yang berguna untuk menaikkan level dan mempelajari skill baru.  Singkat kata, Dark Souls adalah sebuah game RPG yang sangat menantang sekaligus memesona!

Artikel Lainnya