10 Game PC Strategi Terbaik

Memainkan strategi game di konsol PC tidak hanya seru dan mengasyikkan.  Game ini menuntut anda untuk berpikir dan merancang berbagai langkah untuk menaklukkan lawan anda.  Berbeda dengan game-game lainnya yang mengutamakan ketepatan anda dalam menekan tombol "serang", game-game strategi menuntut anda untuk lebih pintar dalam mengatur segala aspek; membangun unit-unit tertentu, mengumpulkan sumber daya, memperkuat pertahanan, serta merencanakan serangan dengan baik.  Nah, apa sajakah 10 game PC strategi terbaik?  Berikut daftarnya dari Top10Indo

Image Credit : Flickr.com, Creative Commons



1.  Warcraft III



Warcraft III boleh dibilang sebagai salah satu game strategi yang akan terus melegenda sepanjang masa.  Di game ini, anda bermain di sebuah dunia fantasi untuk mengendalikan berbagai ras khayalan, seperti Orc, Demon, Elf, dan masih banyak lagi.  Warcraft III menjadi sangat populer ketika dirilisinya sebuah mod bernama DotA (Defense of the Ancients) yang sangat populer online, di mana kini anda lebih fokus mengendalikan seorang hero daripada seluruh unit pasukan anda.

Popularitas Warcraft III yang sangat tinggi menjadikan game ini menjadi salah satu game yang paling banyak dipertandingkan dalam kompetisi internasional.  Jangan heran jika anda melihat adanya titel gelar juara Warcraft/ DotA yang diberikan pada pemenang kompetisi.



2.  Starcraft II  : Wings of Liberty



Sama seperti Warcraft III, Starcraft II juga sangat populer dimainkan secara online dan ada pula kompetisi internasional yang dianggap sangat bergengsi.  Starcraft II mengambil setting di luar angkasa, dalam sebuah perang bintang futuristik di mana anda bisa mengendalikan berbagai unit mulai dari robot berukuran kecil hingga pesawat tempur yang canggih.

Salah satu kelebihan game ini adalah campaign mode yang bisa dimainkan secara non-linear, dan hal ini tentunya akan membuat anda lebih menikmati peran sebagai pengatur strategi.  Satu hal yang perlu anda perhatikan, tingkat kesulitan game ini cukup tinggi dan bisa membuat frustasi.



3.  Age of Empires III



Age of Empires adalah sebuah game legenda, dan bagi anda yang mengenal komputer di tahun 90-an pasti pernah memainkan Age of Empires 2.  Dibandingkan pendahulunya, game ini memiliki grafis yang lebih baik dan cerita campaign yang lebih dramatis.  Dalam Age of Empires, anda bisa memainkan berbagai bangsa di seluruh penjuru dunia, seperti bangsa Cina, Breton, Mesir, Persia, hingga Afrika.  Anda memulai peradaban bangsa anda dari mulai sangat primitif, dengan persenjataan seadanya dan pertahanan yang hanya terbuat dari kayu.  Jika anda berhasil memajukan peradaban anda, maka anda akan memperoleh upgrade persenjataan, pasukan, dan unit-unit sumber daya yang lebih bagus.  

Dalam game ini, tujuan anda adalah mengungguli atau menaklukkan bangsa-bangsa saingan anda.  Hal ini bisa dilakukan dengan jalan perang, atau melalui jalur diplomasi.  Yang jelas, selain mempelajari strategi perang, dalam game ini anda juga bisa belajar sejarah peradaban berbagai bangsa di dunia.  Benar-benar sebuah game masterpiece!



4.  Company of Heroes



Game ini mengambil latar belakang Perang Dunia II, dan setting tempat, kondisi alam, serta sumber daya pasukan yang anda miliki sangat mirip dengan kondisi nyata yang terjadi saat itu.  Dalam game, anda bertugas mengontrol pasukan Sekutu yang bertugas untuk membebaskan benua Eropa dari genggaman Nazi.  Perjalanan anda dimulai dari invasi di pantai Normandy, yang cukup sulit dan memakan banyak korban.

Dalam Company of Heroes, anda dituntut untuk sangat cermat dalam mengatur serangan.  Tiap-tiap unit yang anda kontrol, semisal artileri, mortar, infantri, atau tank memiliki kelebihan dan kelemahan masing-masing.  Pemilihan unit pasukan yang salah bisa berakibat fatal, serta membuat anda kalah total dalam perang.  Melalui game ini, anda juga bisa mempelajari sejarah Perang Dunia II dengan sangat mendetail.



5.  Rise of Nations



Satu kata yang patut disematkan untuk game ini : adiktif!  Yap, game ini bisa membuat anda betah berlama-lama di depan komputer untuk menyelesaikan satu map tertentu.  Game ini memiliki konsep seperti Age of Empires, di mana anda memilih satu bangsa dan membangun peradaban bangsa tertentu dari mulai paling primitif hingga memasuki peradaban serba canggih dan robotik.  Perbedaan utama game ini dari Age of Empires adalah di mana anda bisa mengontrol peradaban di atas abad 21, di mana semua peperangan akan dilakukan dengan robot, pesawat canggih, serta misil jarak jauh.

Game ini juga lebih berfokus pada unsur peperangan daripada unsur pengumpulan sumber daya.  Walaupun masih penting, namun kekuatan pasukan anda lebih penting dibandingkan dengan kemampuan untuk menguasai sumber daya tertentu.  Dengan tingkat kesulitan yang tinggi, Rise of Nations bisa membuat anda menghabiskan cukup banyak waktu.



6.  Total War : Shogun 2



Bagi anda yang sangat menyukai kebudayaan Jepang pasti akan sangat gembira memainkan game ini.  Total War : Shogun 2 mengambil setting waktu di abad pertengahan, di mana di Jepang sedang terjadi perang saudara untuk memperebutkan wilayah serta pengaruh Kristen yang di bawa oleh bangsa Barat mulai masuk.  Dalam game ini, anda berperan menjadi salah satu Daimyou (pimpinan) salah satu klan dan anda harus berusaha menaklukkan klan-klan lainnya.

Game ini memiliki keunggulan dari segi grafis serta unit pertempuran yang sangat tidak biasa.  Anda bisa menyerang musuh dengan panah api, meriam model abad pertengahan, senapan sekali tembak sekali isi, atau dengan menggunakan jenderal-jenderal terbaik anda yang memiliki berbagai kemampuan; mulai dari samurai hingga jurus-jurus ninja.



7.  Civilization 5



Game ini adalah kombinasi antara Age of Empires dengan Rise of Nations.  Dibandingkan kedua game tersebut, Civilization 5 memiliki sistem diplomasi yang lebih kompleks dan menantang.  Sistem pergerakan ekspansi dan serangan anda diatur dalam sebuah kotak hexagonal, yang mengatur seberapa jauh anda bisa melangkah di setiap giliran.  Walaupun sistem pertempuran dalam game ini tidak terlalu seru, namun bagi pecinta game strategi, Civilization 5 adalah pilihan yang tepat.  Ini karena unsur diplomasi yang lebih kuat, di mana anda bisa menaklukkan satu map murni hanya dengan diplomasi, tanpa perlu menyerang negara lain dengan pasukan anda.



8.  XCOM : Enemy Unknown



Dirilis oleh developer yang juga mengembangkan serial Civilization, XCOM dengan cepat berhasil menjadi salah satu game strategi PC paling sukses dalam dekade ini.  Game ini bersetting dalam peperangan luar angkasa, di mana anda harus berperang melawan alien-alien jahat yang mencoba mengambil alih kontrol sistem tata surya.  Sama seperti Civilization, game ini memiliki sistem pertempuran turn-based dan tingkat kesulitan yang cukup tinggi.



9.  League of Legends



Game ini benar-benar brilian, dan menjadi salah satu game strategi online yang popularitasnya meningkat drastis belakangan ini.  Dalam League of Legends, anda bisa menciptakan sendiri karakter anda, meningkatkan skillnya, dan menggunakannya untuk berpetualang di dunia fantasi.  Di game ini, anda bisa fokus untuk menghabisi monster-monster jahat, atau membentuk tim untuk melawan pemain lain dari berbagai penjuru dunia.  Grafis yang indah, gameplay yang menarik, serta sistem kombinasi antara RPG dan Strategi yang unik membuat League of Legends meraih banyak penghargaan internasional baik dari situs review game maupun penghargaan resmi dari instansi tertentu.



10.  Hero Academy



Game yang pertama kali dipopulerkan di iPhone ini mendapat sambutan yang cukup meriah, hingga akhirnya versi PC-nya pun dibuat.  Dalam Hero Academy, anda mengontrol satu tim yang terdiri dari beberapa pasukan dengan kemampuan berbeda-beda,, seperti ksatria, penyihir, pemanah, dan masih banyak lagi.  Game ini dimainkan seperti memainkan bidak catur, dalam bidang persegi, di mana anda dinyatakan menang apabila berhasil membunuh semua pasukan lawan atau menghancurkan kristal mereka.

Walaupun simpel dan disajikan dalam grafis 2 dimensi, Hero Academy mampu menjadi sebuah game yang sangat asyik untuk dimainkan.  Terbukti, sangat banyak situs review game yang tidak ragu lagi untuk memberi nilai 9 untuk game ini.

Artikel Lainnya