7 Teknologi Jadul Yang Digunakan Kembali

Perkembangan teknologi yang maju tentu saja akan membuat teknologi sekarang akan menjadi teknologi jadul di masa yang akan datang. Teknologi yang dulu digunakan dan sangat populer, di saat yang sekarang teknologi tersebut menjadi teknologi jadul yang jarang di gunakan. Tetapi ternyata ada teknologi jadul yang tidak digunakan pada saat ini, ternyata teknologi tersebut sekarang digunakan kembali, atau bisa dibilang bangkit dari kubur. Hal itu terjadi karena suatu sebab. Contohnya saja seperti feature phone yang hanya bisa menerima pesan singkat atau SMS. Berikut ini adalah teknologi jadul yang digunakan kembali:

7.         Vinyl


Teknologi ini menjadi teknologi yang digunakan kembali. Padahal teknologi ini merupakan teknologi jadul tetapi digunakan kembali. Vinyl menjadi satu dari 10 pembelian musik secara fisik. Dengan kembalinya Vinyl, maka melahirkan Record Store Day yang mempromosikan musk lokal dan juga independen lewat edisi spesial yang merupakan album populer. Tahun yang lalu kenaikan penggunaan Vinyl tersebut mencapai lebih dari 10 persen di Inggris.

Vinyl yang lebih dikenal oleh masyarakat Indonesia sebagai piringan hitam, telah digantikan oleh CD, DVD, dan bahkan sekarang tanpa media fisik. Tetapi ternyata teknologi ini diminati lagi oleh sebagian orang, salah satunya di Inggris. Mungkin dikarenakan kwalitas yang dihasilkan dari piringan hitam berbeda?

6.         Kaset


Siapa disini yang masih mendengarkan musik atau lagu menggunakan kaset? Kemungkinan tidak ada atau sangat kecil yang menggunakannya. Tapi ternyata teknologi kaset yang sudah ketinggalan zaman ini ternyata bisa “bangkit dari kubur” atau digunakan kembali. Buktinya saja Justin Bieber, The Weeknd dan Eminem berhasil menjual hasil karyanya menggunakan kaset. Kaset ternyata bisa comeback ke dunia musik.

Hal ini mungkin dikarenakan karakter Star Lord di film Guardian of Galaxy yang diperankan oleh Chris Pratt yang selalu mendengarkan musik era 1980 an lewat kaset yang dimasukkan kedalam walkman. Walaupun demikian, sepertinya kaset masih tidak bisa mengalahkan CD dan DVD.

5.         Kamera polaroid


Sebenarnya kamera ini sudah merupakan kamera yang ketinggalan zaman, sejak kemunculan kamera DSLR dan juga kamera smartphone. Kamera polaroid ini tergantikan oleh kamera DSLR yang dianggap orang lebih canggih dibandingkan dengan kamera polaroid ini. Tetapi ternyata kamera polaroid ini digunakan kembali untuk menggambil gambar, dan bahkan kamera polaroid ini masih begitu populer. Hal ini dikarenakan kamera polaroid ternyata meskipun jadul memiliki beberapa kelebihan dibandingkan dengan kamera DSLR.

Kamera polaroid mudah digunakan bagi pemula yang senang akan berfoto-foto. Untuk orang yang awam, menggunakan kamera digital/DSLR bukanlah pilihan yang terbaik. Hal ini karena kamera digital/DSLR harus disetting terebih dahulu sebelum digunakan. Tombol yang dimiliki oleh kamera digital atau kamera DSLR ini ada banyak yaitu sekitar 20 tombol. Bahkan dibutuhkan beberapa teknik dengan mengkombinasikan beberapa tombol.  Sedangkan kamera polaroid, kamera ini dirancang untuk mempermudah pemotretan penggunanya. Tombol yang dimiliki oleh kamera ini hanya ada satu saja, dan hanya berfungsi untuk menggambil gambar saja. Dengan hanya satu tombol saja yang dimiliki oleh kamera ini, maka siapapun akan bisa menggunakannya.

Mencetak foto dengan menggunakan kamera polaroid juga sangat mudah. Berbeda dengan menggunakan kamera digital dan DSLR dimana untuk mendapatkan hasil foto jadi harus dicetak dan membutuhkan waktu atau proses. Anda harus memindahkan foto dari kamera digital ke memory card ke dalam komputer terlebih dahulu, kemudian mengeditnya. Hal tersebut tentunya akan menghabiskan waktu berjam-jam. Berbeda dengan menggunakan kamera polaroid, anda cukup memfoto objek yang ingin anda foto, maka foto akan langsung tercetak dari kamera. Anda cukup mengkibas-kibaskan foto anda, maka foto jadi dalam waktu satu menit saja.

Kamera polaroid memiliki desain unik untuk dibawa berwisata. Berbeda dengan kamera digital dan DSLR, kamera polaroid memiliki desain kamera yang lucu dan bisa dijadikan aksesoris. Anda bisa melengkapi kamera anda dengan tas kulit, hardcase glow in the dark yang cukup keren dan fashionable. Refill film nya pun memiliki bentuk yang lucu-lucu juga.

4.         Mesin fax


Meskipun menggunakan email sudah terkenal aman, tetapi teknologi email ini, masih memiliki kemungkinan untuk direntas atau di hack. Ada beberapa orang yang khawatir jika email yang dikirimkan kepada orang lain tersebut di hack, oleh karena itu teknologi mesin faks telah digunakan kembali ke ruang di kantor. Hal ini juga dilakukan oleh rumah produksi Sony yang membawa dan menggunakan kembali mesin faks kedalam ruang kerjanya.

Hal tersebut dikarenakan terjadinya perentasan email di tahun 2014 yang lalu yang membongkar tentang film yang akan dikeluarkan berikutnya yaitu film James Bond dan Spiderman. Padahal informasi tersebut merupakan informasi yang dirahasiakan oleh mereka.

3.         Mesin tik


Walaupun teknologi mesin tik sudah sangat jadul dan sudah tergantikan dengan teknologi komputer pada saat ini. Tetapi ternyata banyak yang merasa nyaman dengan menggunakan mesin tik ini. Contohnya saja aktor Hollywood yang bernama Tom Hanks yang mengatakan merasa nyaman menggunakan mesin tik.

Aktor ini memiliki dan mengkoleksi ratusan alat mesin tik zaman dulu. Ada kemungkinan bahwa mesin tik akan digunakan kembali oleh sebagian orang dikarenakan rasa aman dan nyaman daripada menggunakan teknologi komputer pada saat ini. Hal ini sama seperti dengan munculnya kembali mesin fax yang digunakan di kantor-kantor.

2.         Retro game console


Walaupun telah banyak game-game dengan grafis yang luar biasa dan mendekati kenyataan. Ternyata ada beberapa console jadul yang muncul dan dirilis kembali. Salah satunya adalah Nitendo Entertainment System yang pada tahun 1983 dan Super Nitendo pada tahun 1990 yang dirilis kembali dan menjual lebih dari 6,3 juta unit produk mereka.

Keduannya juga membuat beberapa 2D games. Hal ini mungkin dikarenakan ada beberapa hal yang menyebabkan permainan 2D memiliki keasikan tersendiri ketika dimainkan. Berbeda dengan game 3D atau game zaman sekarang yang memiliki story dan beberapa kekurangan (meskipun grafisnya sangat memukau). Tapi ada yang merasa beberapa game 2D memiliki story yang lebih bagus dari pada game zaman sekarang.

1.         Ponsel klasik


Smartphone yang ada sekarang tentunya akan jauh lebih canggih dibandingkan dengan ponsel jaman dulu. Dimana sekarang kita bisa menggunakan internet, menggambil foto, bermain game, browsing, mengirimkan email dan lain sebagainya menggunakan smartphone milik kita. Tetapi ternyata masih ada orang yang memilih menggunakan ponsel klasik dibandingkan dengan menggunakan smartphone yang ada pada saat ini.

Hal ini dikarenakan ada beberapa orang yang masih gaptek dengan teknologi smartphone pada saat ini, sehingga menggunakan ponsel jaman dulu dianggap lebih mudah. Selain itu juga karena alasan lain, salah satunya menggunakan ponsel zaman dulu yang hanya bisa telephone dan sms, tentunya akan lebih hemat dalam penggunaan baterai dibandingkan dengan smartphone zaman sekarang.