7 Teknologi Hologram Canggih Yang Sudah Ada di Dunia Nyata

Teknologi yang semakin lama semakin canggih, membuat kita tidak menyangka bahwa teknologi  hologram yang dulu dianggap sebagai suatu hal yang mustahil untuk diciptakan ternyata sekarang bisa diciptakan.

Walaupun teknologi hologram yang ada pada saat ini tidak secanggih seperti yang ada di film-film fiksi saat ini, tapi teknologi hologram ini merupakan teknologi yang bisa dikatakan canggih dan mutakhir. Bukan tidak mungkin hologram yang ada sekarang dapat berkembang menjadi hologram yang lebih hebat lagi di masa yang akan datang. Berikut ini adalah teknologi hologram yang sudah ada di dunia nyata:

7.         Laser plasma hologram


Teknologi laser ini bisa memancarkan cahaya yang sangat terang, selain itu laser ini bisa membentuk berbagai macam wujud seperti kupu-kupu, buah apel, dan lain sebagainya. Cahaya laser yang dipancarkan tersebut akan ditampilkan dalam wujud 3 dimensi. Hal tersebut bisa terjadi karena dengan mengkontrol sumbu simetris X, Y dan juga Z.

Teknologi hebat ini, bisa digunakan untuk berbagai macam hal, contohnya saja untuk menampilkan iklan di sudut jalanan di perkotaan yang besar dan bisa juga digunakan sebagai sinyal darurat dalam situasi yang sangat genting. Dengan adanya laser plasma hologram ini, akan menggantikan teknologi lama seperti layar yang menampilkan iklan objek 2 dimensi dan juga spanduk.

6.         Event Hologram


Jika kalian mengadakan sebuah acara besar, tentunya anda menginginkan supaya acara besar tersebut dihias agar semakin meriah dan menarik. Tapi tentunya untuk menghias ruangan tersebut untuk menjadi lebih menarik lagi, bisa dikatakan tidak mudah untuk sebagian orang. Banyak orang yang membutuhkan usaha yang lebih, apalagi jika anda termasuk orang yang belum memiliki pengalaman dalam mendekorasi sebuah acara besar.

Maka tingkat kesulitannya akan lebih besar lagi. Tetapi dengan menggunakan teknologi hologram ini, anda bisa menghias acara besar anda menjadi lebih menarik dari sebelumnya. Bahkan dengan menggunakan event hologram ini, anda bisa menghias dekorasi yang lebih bagus melebihi dekorasi dengan menggunakan hiasan manual.

Contohnya saja ada beberapa orang yang menggunakan hologram jenis ini sebagai wujud hantu untuk menakuti orang lain dan tentu saja untuk memeriahkan suasana. Alat buatan AtmosFX ini memang belum begitu populer digunakan oleh masyarakat, tetapi alat ini mempunyai kemungkinan besar untuk digunakan oleh orang-orang lainnya, untuk menghias dekorasi.

5.         Holovect


Alat hologram ini memiliki kelebihan dibandingkan dengan alat hologram yang lainnya. Alat holografik ini mempunyai desain yang simpel dan dapat dibawa kemana-mana. Alat hologram ini merupakan sebuah alat hologram yang sangat kecil, bahkan merupakan hologram terkecil di dunia. Ukurang hologram yang sangat tipis ini, berukuran setipis rambut manusia.

Berbeda dengan hologram yang lainnya, anda membutuhkan kancamata untuk menyaksikan hologram tersebut, maka untuk bisa melihat hologram yang satu ini, anda tidak perlu menggunakan kacamata. Dengan menggunakan alat hologram yang bernama Holovect ini dapat menggambar 50 benda dalam waktu 1 detik.

Bayangkan jika hologram ini sudah dijual bebas dengan harga yang terjangkau. Pastinya kita bisa melihat keindahan dari teknologi hologram terkecil di dunia pada saat ini. Sayangnya hologram ini belum di jual bebas di pasaran.

4.         Physical Hologram


Hologram ini termasuk hologram yang sangat keren. Bahkan termasuk sebagai hologram yang pernah ada. Seorang mahasiswa dari MIT yang terletak di kota Cambridge ini telah menciptakan hologram yang berbeda dari hologram yang ada sekarang, karena hologram ini merupakan hologram yang bisa bergerak, bahkan bisa merespon pergerakan kalian. Bahkan pergerakannya pun seperti gambar tiga dimensi, yang setiap gerakannya akan mengikuti gerakan tubuh kalian.

Baik itu memainkan bola, memainkan kartu, bisa membentuk tangan kalian, bisa menjadi penjaga buku ataupun leptop. Teknologi physical hologram ini berbeda dengan hologram yang hanya menampilkan gambar saja. Karena hologram ini menampilkan objek fisik dan bukan objek gambar. Dengan menggunakan teknologi ini, ada kemungkinan teknologi ini dapat dikembangkan kembali, sehingga menjadi lebih canggih daripada sekarang.

3.         Table Hologram


Hologram ini merupakan hologram yang membutuhkan meja untuk menampilkan hologram ke orang-orang. Dengan menggunakan hologram ini, maka hologram ini akan menampilkan gambar 3 dimensi yang  bisa disaksikan diatas meja.

Untuk bisa membuat hologram yang seperti ini, maka dibutuhkan spesifikasi yang sangat canggih dan juga kartu grafis yang sangat canggih untuk dapat merealisasikannya. Dengan spesifikasi canggih yang dimiliki oleh alat ini, maka alat ini dapat menampilkan 1 terabyte data grafis untuk bisa ditampilkan menjadi sebuah gambar 3 dimensi.

Kalau dilihat-lihat, table hologram ini seperti hologram yang digunakan dalam film iron man. Dalam film ini, komputer milik Tony Stark tidak menampilkan gambar seperti gambar pada umumnya, tetapi komputer milik Tony Stark tersebut menampilkan gambar dengan objek tiga dimensi yang bisa digerakan ke kanan dan kekiri (lebih fleksibel). Jika table hologram ini berhasil untuk diciptakan di dunia nyata, maka komputer hologram yang kita lihat di film iron man tersebut akan terwujud juga.

2.         Material Fused Hologram


Hologram ini merupakan hologram yang membutuhkan sebuah wadah agar bisa menjadi kenyataan. Contohnya saja proyektor asap, dimana sinar akan ditembakan ke asap sehingga timbulah sebuah hologram yang sangat menarik.

Juga ada hologram yang membutuhkan air menggenang sebagai wadahnya agar menjadi sebuah gambar yang cukup menarik. Dengan menggunakan hologram ini, kita bisa membuat hologram apapun sesuai dengan imajinasi kita, misalnya saja kita menginginkan untuk membuat hologram seseorang yang lagi lompat-lompat, ataupun membuat hologram seseorang yang menendang sebuah bola.

1.         Hologram For Shopping Mall


Untuk menarik perhatian pengunjung, mall-mall menggunakan hologram agar orang-orang selalu berkunjung ke mall tersebut. Hologram ini tidak menampilkan gambar 3 dimensi, melainkan hologram ini menampilkan gambar yang lebih keren yaitu menampilkan gambar 7 dimensi yang memiliki efek visual animasi. Hologram ini dimulai di negara maju seperti di negara Dubai dan negara Jepang. Dengan hologram yang hampir terlihat asli ini, maka mall yang dikunjungi orang-orang, akan terlihat seperti kebun binatang, karena banyak binatang hologram yang berkeliling di dalam mall.

Tetapi ternyata hologram ini hanyalah sebuah hoax yang artinya hologram ini tidak ada di dunia nyata. Hoax ini diciptakan sebagai iklan kampanye oleh National Geographic. Tetapi meskipun demikian, hologram yang ternyata hoax ini, masih memiliki kemungkinan untuk dapat direalisasikan kedalam dunia nyata.

Hal tersebut bisa saja terjadi dengan terus berkembangnya teknologi. Bukan tidak mungkin, beberapa puluh tahun lagi, atau bahkan beberapa tahun lagi hologram yang sangat nyata bisa ditampilkan di mall-mall dengan sangat keren. Meskipun begitu, kemungkinan hologram ini akan muncul pertama kali di negara-negara maju contohnya saja di negara Amerika.