15 Cara Mengatasi Ketakutan Naik Pesawat

Banyak orang yang merasa ketakutan jika naik pesawat meskipun mereka sudah berkali-kali menaikinya sehingga banyak dari mereka yang lebih memilih jalan darat ketimbang jalan udara. Tetapi apakah hal itu efektif padahal jalan udara dapat lebih mempersingkat waktu perjalananmu? apakah kamu rela melewatkan kesempatan jika ditawari pergi keluar negeri hanya karena takut naik pesawat? tentunya nggak dong.

Kamu salah satu dari mereka yang merasa takut naik pesawat? jangan khawatir, pada kesempatan kali ini Top10Indo akan memberikan kamu daftar 15 Cara Mengatasi Ketakutan Naik Pesawat. Langsung saja yuk cek daftarnya di bawah ini:

15. Jangan begadang di malam sebelum keberangkatan



Meskipun biasanya di dalam pesawat nanti kamu akan tertidur, tidur lebih awal di malam sebelum keberangkatan sangat dapat membantu kamu agar merasa  fresh keesokan paginya. Tubuh kamu akan menjadi lebih fit dan kamu juga akan merasa lebih siap serta fokus pada perjalananmu.

14. Persiapkan segala sesuatu lebih awal



Persiapkan segala sesuatu yang kamu butuhkan lebih awal. Ada baiknya jika kamu mulai melakukan packing beberapa hari sebelum keberangkatan agar kamu tidak panik dan terburu-buru.

13. Jangan baca berita atau nonton film yang menakutkan




Membaca berita atau menonton film yang menyeramkan tentang pesawat bisa membuat kamu tegang dan stress. Apalagi kalau kamu baru pertama kali naik pesawat, sebaiknya hindari mencari-cari info tentang kecelakaan pesawat.

12. Kenakan pakaian yang longgar dan nyaman



Kenakanlah pakaian yang dapat membuat kamu merasa nyaman selama berada di dalam pesawat agar kamu merasa betah dan tidak kelelahan ketika perjalanan. Kamu bisa memilih beberapa baju longgar yang hangat sehingga kamu bisa bergerak lebih leluasa dan tidak merasa sesak.

11. Rileks



Tarik nafas dalam-dalam, cobalah tenangkan pikiranmu dengan memikirkan hal-hal baik dan menyenangkan untuk mengurangi ketegangan dan ketakutanmu.

10. Meditasi ringan



Melakukan meditasi dapat mengatasi rasa takut, menenangkan pikiran, mengatasi stress dan menemukan relaksasi bagi orang-orang yang biasanya sibuk melakukan banyak kegiatan. Tidak perlu berat-berat, kamu hanya perlu melakukan meditasi ringan dengan menenangkan pikiran sejenak dan mengatur sedikit pernafasanmu agar lebih rileks.

9. Hindari minuman berkafein



Mengkonsumsi kafein dapat membuat jantungmu berdebar dan merasa tidak nyaman. Hindarilah meminum minuman seperti kopi, teh, atau apa saja yang mengandung kafein, baik itu di malam sebelum keberangkatan atau selama penerbangan.

8. Pikirkan rencana yang akan kamu lakukan setelah tiba



Tak ada ruginya memikirkan rencana yang akan kamu lakukan setelah tiba di tempat tujuanmu nanti. Hal itu dapat mengalter rasa takutmu, sekaligus dapat membuatmu merasa lebih siap saat tiba di tempat tujuanmu.

7. Ajak bicara penumpang di sekitarmu



Lakukan obrolan ringan pada penumpang yang duduk di sampingmu. Selain dapat mengalihkan perhatianmu dari rasa takut, dengan melakukan hal ini kamu juga bisa mendapatkan lebih banyak teman dan kenalan.

6. Dengarkan musik



Mendengarkan musik dapat menjadi salah satu cara efektif bagi kita untuk berelaksasi dan juga melupakan ketegangan. Dengarkanlah playlist lagu-lagu kesukaanmu yang dapat membuat kamu merasa bahagia.

5. Banyak minum air putih



Meminum air putih membantu agar tubuh kamu tetap fit dan berenergi, serta dapat mengembalikan mood-mu. Cobalah minum lebih banyak air putih daripada minuman berperasa.

4. Tonton film yang menghibur



Tertawa dapat membuat kita merasa lebih terhibur. Tontonlah beberapa film lucu yang sekiranya dapat menghiburmu dan membuatmu merasa lebih santai.

3. Bawa camilan kesukaanmu



Kamu bisa melupakan ketakutanmu selama naik pesawat dengan ngemil makanan kecil kesukaanmu. Camilan manis dapat membantu kita untuk merasa lebih bersemangat serta bahagia.

2. Berpikir positif selama penerbangan



Berpikir positif selama penerbangan menyugesti kita juga agar tidak merasa takut dan tegang. Pikirkanlah hal-hal baik dan menyenangkan untuk membantumu merasa lebih bersemangat.

1. Berdoa


Berdoalah sebelum keberangkatan, mohon agar perjalananmu lancar dan selamat. Yakinlah bahwa segalanya akan baik-baik saja karena Tuhan akan selalu menyertaimu sepanjang perjalanan.