15 Kartun Terbaik Sepanjang Masa

Film kartun yang diputar di televisi telah banyak menghibur kita di masa kecil dulu. Bahkan di waktu sekarang beberapa serial itu masih terus dilanjutkan hingga ratusan episode atau dibuat versi terbarunya dengan animasi yang lebih canggih sehingga kini film kartun dapat dinikmati oleh anak-anak dan orang dewasa juga,.

Pada kesempatan kali ini, Top10Indo akan mengajak kamu untuk menilik daftar 15 Kartun Terbaik Sepanjang Masa. Apakah kartun-kartun favoritmu termasuk dalam daftar di bawah ini?



15. Popeye the Sailor




Bagi anak-anak yang lahir di tahun 90-an tentunya ingat dengan lelaki pelaut berotot yang suka memakan bayam dan memiliki pacar bernama Olive ini.

Popeye Sailor Man adalah karakter fiksi kartun yang diciptakan oleh Elzie Crisler Segar. Karakter pertama kali muncul di komik strip daily king features , Thimble Theatre, pada 17 Januari, 1929 kemudian muncul dalam teater dan televisi kartun animasi.

14. Rugrats




Rugrats adalah serial televisi animasi Amerika yang diciptakan oleh Arlene Klasky, Gabor Csupo dan Paul Germain untuk Nickelodeon. Acara ini berfokus pada sekelompok balita bernama Tommy, Chuckie, si kembar Phil dan Lil, dan Angelica. Kehidupan mereka sehari-hari biasanya melibatkan pengalaman hidup umum yang menjadi petualangan dalam imajinasi bayi.

13. Mickey Mouse



Mickey mouse, kartun legendaris yang diciptakan oleh Walt Disney. Siapa sih yang tidak kenal dengan karakter tikus yang lucu ini? di masa sekarang bahkan wajah Mickey Mouse ada dimana-mana, dan bentuknya sudah lebih disempurnakan serta diberi warna agar menarik.

12. South Park



South Park adalah  animasi komedi sitkom bagi orang dewasa di Amerika yang diciptakan oleh Trey Parker dan Matt Stone untuk jaringan televisi Comedy Central.

Acara ini berkisar tentang empat anak laki-laki-Stan Marsh, Kyle Broflovski, Eric Cartman, dan Kenny McCormick-dan petualangan aneh mereka di dalam dan sekitar kota Colorado tituler. Sama seperti The Simpsons, South Park menggunakan ensemble cast yang sangat besar dari karakter berulang. Ditujukan untuk pemirsa dewasa, acara menjadi terkenal karena bahasanya yang kasar dan gelap.

11. Pokemon



Serial legendaris yang terutama disukai oleh anak laki-laki ini dahulu sering menemani masa kecil kita di hari minggu.

Setelah berusai sepuluh tahun, Satoshi yang bercita-cita menjadi pokemon master diperbolehkan untuk memulai perjalanannya di dunia Pokemon. Profesor Oak, peneliti pokemon lokal memberikannya tiga pokemon (Bulbasaur, Charmander, Squiritle) untuk menemaninya. Profesor Oak juga memberikannya sebuah pokemon listrik bernama Pikachu. Bersama Pikachu pun, Satoshi memulai perjalanan panjangnya.

10. Dexter's Laboratory



Dexter adalah seseorang pemuda yang sehari-harinya bekerja di laboratorium untuk meneliti penemuan baru dan ingin berkemampuan cukup seperti Albert Einstein, dan mengenakan pakaian khusus laboratorium. Ayah dan ibu Dexter kurang mengerti soal laboratorium, namun eksperimen Dexter dan percobaannnya dibuyarkan oleh saudaranya, Dee Dee.

Dexter juga bekerja keras demi bersaing dengan musuhnya, Mandark. Laboratorium Dexter dapat difungsikan untuk percobaan sinar laser, cara penghentian radioaktif, sinar-X, alat pencegah melamona, spray anti-CFC, dll. Dee Dee selalu membuyarkan hasil milik Dexter dengan menekan sebuah tombol yang menimbulkan ledakan besar di lab tersebut.

9. Futurama




Futurama adalah serial kartun televisi dari Amerika ciptaan Matt Groening yang sebelumnya juga menciptakan The Simpsons. Menceritakan tentang seorang anak muda bernama Philip J. Fry yang hidup di New York pada tahun 1999, yang ketika datang tahun baru 2000 terperangkap di sebuah mesin pembeku dan dicairkan kembali seribu tahun kemudian (tahun 3000). Di sini ia bertemu dengan berbagai makhluk alien dan robot, dan juga keturunan dari keponakannya yang seorang profesor dan penemu barang-barang ilmiah.

Teman-teman Fry adalah wanita bermata-satu (cyclops) bernama Leela (Turanga Leela); robot Bender (Bender "Bending" Rodriguez); Professor Hubert Farnsworth, keturunan keponakan Fry; birokrat Hermes Conrad; dokter dari spesies amphibi Zoidberg (John Zoidberg); dan Amy Wong anak orang kaya.

8. Avatar: The Last Airbender



Pada usianya yang ke 12, Aang seorang anak pengendali angin yang berasal dari Kuil Udara Selatan diberitahu oleh para tetua bahwa dia adalah Avatar yang kelak akan menciptakan perdamaian dunia. Aang yang bingung dan tertekan punkabur dari Kuil Selatan bersama banteng raksasanya. Namun ia malah tenggelam ke laut. Aang menggunakan kemampuannya untuk melindungi diri tetapi itu malah membuat mereka terjebak di dalam bongkahan es. 

Dua remaja dari suku air, Katara dan Sokka menemukannya tak lama kemudian. Dan dimulailah petualangan Aang menjadi seorang Avatar bersama dua sahabat barunya itu.

7. Batman: The Animated Series



Anak-anak yang lahir di tahun 90-an pasti ingat dengan serial kartun yang diputar di televisi di sekitar tahun-tahun 1990.

6. Spongebob Squarepants




Kalau kartun yang satu ini, pasti semua orang tahu karena serial ini cukup lama diputar setiap pagi di saluran televisi Indonesia.

Kartun ini menceritakan tentang kehidupan sehari-hari Spongebob si spons bercelana kotak yang hidup di kota bikini bottom bersama teman-teman lautnya yang konyol.

5. Scooby-doo Where Are You?






Walaupun format acara dan tokoh-tokoh serial ini berbeda-beda semenjak diciptakan, versi serial TV Scooby-Doo yang paling terkenal adalah yang terdiri atas Scooby-Doo --- seekor anjing yang mampu berbicara --- dan empat orang remaja: Fred "Freddie" Jones, Daphne Blake, Velma Dinkley, dan Norville "Shaggy" Rogers.

Kelima tokoh ini (secara resmi dikenal sebagai "Mystery, Inc") berkeliling dunia menggunakan sebuah mobil van yang dinamai "Mystery Machine", dan memecahkan berbagai misteri yang berhubungan dengan hantu dan kekuatan gaib. Pada akhir tiap episode-nya, kekuatan gaib itu ternyata memiliki suatu penjelasan yang masuk akal, biasanya mengenai rencana-rencana kriminal yang menggunakan kostum dan efek mekanis khusus dengan tujuan untuk menakut-nakuti atau mengalihkan perhatian. Pada versi-versi Scooby-Doo yang lebih baru disajikan variasi-variasi yang baru mengenai tema-tema kekuatan gaib, dan menampilkan beberapa tokoh baru seperti Scooby-Dum, sepupu Scooby-Doo, dan Scrappy-Doo, keponakan Scooby-Doo.

4. The Flinstsones




The Flintstones bercerita tentang kehidupan keluarga di zaman batu. Dalam serial ini kejadian yang lucu dan menarik terjadi, baik antara suami istri keluarga Flintstone (Fred dan Wilma), tetangga, maupun teman mereka.

Popularitas serial ini terutama disebabkan oleh kesamaannya dengan kejadian sehari-hari zaman modern yang digambarkan dalam seting zaman batu.

3. Tom and Jerry




Tom and Jerry adalah sebuah serial animasi Amerika Serikat hasil produksi MGM yang bercerita tentang seekor kucing (Tom) dan seekor tikus (Jerry) yang selalu bertengkar. Meski Tom yang selalu agresif mengejar Jerry, pada akhirnya dia yang selalu sengsara karena trik-trik cerdas yang dibuat oleh Jerry.

2. The Simpsons




Program yang ditujukan untuk pemirsa dewasa ini pertama kali mulai ditayangkan sebagai potongan acara Tracey Ullman Show pada tahun 1987. Setiap episode The Simpsons berfokus pada kehidupan keluarga Simpsons yang terdiri dari Homer, Marge, Bart, Lisa dan Maggie tinggal di sebuah kota bernama Springfield. Keluarga Simpsons ini disertai lebih dari 300 tokoh-tokoh pendukung yang sendiri juga telah cukup dikenal para penontonnya.

Saat ini, The Simpsons ditayangkan oleh FOX di Amerika Serikat, dan merupakan serial animasi terpanjang dalam sejarah Amerika Serikat. The Simpsons sudah menjajaki musim ke-25 pada tahun 2014.

1. Looney Tunes



Looney Tunes adalah kumpulan serial TV yang terbagi menjadi puluhan episode. Serial ini diproduksi oleh Warner Bros. dengan acara serupa, Merrie Melodies.

Nama acara ini merupakan variasi dari Silly Symphonies milik The Walt Disney Company. Tokoh-tokoh utama yang terlibat ialah Bosko, Buddy, kemudian Bugs Bunny, Daffy Duck, Porky Pig, Elmer Fudd, Sylvester, Tweety, Marvin the Martian, Taz, Wile E. Coyote dan Road Runner, Foghorn Leghorn, Yosemite Sam, Pepé Le Pew, Speedy Gonzales, dsb.