15 Film Animasi Jepang yang Wajib Kamu Tonton

Negara Jepang memang dikenal sudah memuncaki peringkat atas jika itu menyangkut soal film-film dan serial animasi. Tak kalah dari serial anime-anime populer yang diangkat dari komik, film-film movie animasi Jepang pun ternyata tak kalah bagusnya untuk ditonton para anak muda dan orang tua.

Banyak orang di Indonesia mungkin sudah menontonnya juga, tetapi mungkin ada baiknya jika kamu menilik daftar 15 Film Animasi Jepang yang Wajib Kamu Tonton ini jika kamu memang suka menonton film animasi Jepang:

15. From Up on Poppy Hill




Umi Matsuzaki tinggal di sebuah rumah yang terletak di atas bukit Poppy. Setiap hari dia mengangkat bendera sinyal untuk berharap perjalanan para pelaut aman. Sementara itu Shun Kazama adalah seorang yatim piatu yang ingin mengungkap masa lalunya. Bersama teman-teman sekelasnya Shun tinggal di sebuah clubhouse tua.

Dan ketika clubhouse itu terancam akan dibongkar, Shun dan teman-temannya bersama dengan Umi pun memutuskan untuk melawan dengan melakukan debat.

14. When Marnie Was There



Anna Sasaki menderita penyakit asma, membuatnya tumbuh menjadi anak yang pendiam, tidak ramah, dan anti sosial. Kemudian atas rekomendasi dokter pun Anna dikirim ke pedesaan yang memiliki udara dan lingkungan bersih.

Suatu hari, saat berkeliaran di luar Anna menemukan sebuah rumah terlantar yang dinamai "Marsh House". Di sana dia bertemu dengan seorang gadis misterius bernama Marnie. Dengan cepat pun mereka berdua pun berteman, namun dari hari ke hari Anna pun menyadari kebenaran di balik kemisteriusan "Marsh House" dan teman barunya itu.

13. The  Wind Rises




"The Wind Rises" menceritakan kisah Jiro Horikoshi yang menciptakan fighter Mitsubishi A6M Zero, pesawat paling terkenal dalam sejarah Jepang. Saat masih kecil, Jirou bermimpi merancang pesawat terbang seperti idolanya, Giovanni Battista Caproni. Melalui bencana, asmara, perang, dan kepedihan, Jirou terus  berjuang mengejar mimpinya itu di latar belakangi oleh militerisme Jepang abad ke-20.

12. Toki wo Kakeru Shoujo




Makoto Konno, seorang pelajar SMA di Tokyo, mendapat kemampuan fantastis untuk melakukan perjalanan waktu saat terlibat dalam sebuah kecelakaan di perlintasan kereta api pada suatu hari. Awalnya dia merasa kaget dengan kemampuan barunya tersebut, tetapi Makoto kemudian memanfaatkannya agar tidak terlambat ke sekolah dan memperoleh nilai sempurna saat ujian, namun ia segera sadar bahwa mengubah masa lalu tidak semudah yang ia bayangkan.

"Toki wo Kakeru Shojo" adalah sebuah novel remaja yang ditulis oleh Tsutsui Yasutaka. Cerita ini telah dibuat menjadi drama TV, film, dan Manga. Film ini berhasil memenangkan Animation of the Year di Tokyo Anime Awards tahun 2007.

11. Porco Rosso




Porco Rosso adalah pilot pesawat tempur Perang Dunia I veteran yang telah berubah menjadi babi antropomorfik melalui kutukan langka. Dia dikenal sebagai Marco Pagot saat masih berwujud manusia, tetapi dia kini menjuluki dirinya sebagai "Red Pig."

10. The Boy and The Beast




 Kyuta adalah seorang yatim piatu yang tinggal di jalanan Shibuya, dan suatu hari dia masuk ke dalam dunia fantastis binatang, kemudian dia diambil oleh Kumatetsu.

Kyuta dan Kumatetsu memulai pelatihan bersama dan perlahan membentuk ikatan sebagai ayah pengganti dan anak. Tetapi ketika kegelapan mengancam untuk membawa dunia manusia dan binatang ke dalam kekacauan, ikatan yang kuat antara pasangan ini akan ditentukan dalam uji-final showdown yang hanya dapat dimenangkan jika keduanya dapat bekerja sama dengan menggunakan semua  kekuatan dan keberanian mereka.

9. Paprika



Di dunia nyata, Dr. Atsuko Chiba sangat terkenal dan cerdas. Tetapi dalam dunia mimpi, dia adalah si rambut merah gagah Paprika. Berkat teknologi baru yang dikembangkan di laboratoriumnya, Paprika mampu melompat ke mimpi orang-orang dan melihat ke dalam pikiran terdalam para pemimpi dengan memasukkan dan menganalisa mimpi mereka, kemudian menggunakan informasi tersebut untuk menyelesaikan masalah emosional dan psikologis. 

8. Anohana





Jinta Yadomi hidup mengasingkan dirinya bagaikan seorang pertapa, menghabiskan hari-harinya jauh dari sekolah dan bermain video game di rumah. Suatu hari di musim panas, teman masa kecilnya, Meiko "Menma" Honma, yang meninggal dalam suatu kecelakaan muncul di rumahnya dan memintanya mengabulkan keinginannya.

Film ini diangkat dari serial animenya sendiri, dimana ceritanya dikisahkan kembali melalui sudut pandang karakter utama yang berbeda dengan beberapa tambahan kisah dari masa kecil keenam sahabat ini.

7. Ponyo



Seorang anak kecil yang kesepian bernama Sousuke tinggal bersama ibunya di tepi laut. Suatu hari, di tengah air pasang, ia menemukan seekor ikan mas kecil. Senang bisa menemukan teman, Sousuke pun kemudian memutuskan untuk memeliharanya dan memberinya nama "Ponyo".

Dalam film ini sihir dan realitas berbentrokan di sekitar Ponyo dan Sousuke, menguji tekad mereka. Meskipun banyak tantangan yang mereka hadapi, Ponyo dan Sousuke bisa membentuk persahabatan yang kuat dan mereka belajar banyak hal dari makhluk-makhluk unik yang mereka jumpai.

6. Grave of the Fireflies




Seita dan adiknya Setsuko adalah dua anak Jepang yang hidupnya porak-poranda oleh perang brutal. Mereka kehilangan ibu dan rumah karena perang itu. Keduanya sekarang yatim piatu dan tunawisma, Seita dan Setsuko tidak punya pilihan selain berjalan di pedesaan, dilanda kelaparan dan penyakit, namun malah mendapatkan sikap apatis dari orang dewasa di sepanjang jalan.

Hotaru no Haka didasarkan pada cerita pendek 1967 semi-otobiografi dengan nama yang sama oleh Akiyuki Nosaka, yang berpusat pada pengalamannya selama dan setelah pemboman Amerika dari Kobe pada tahun 1945.

Film ini telah memenangkan beberapa penghargaan termasuk Japan Catholic Film Award pada tahun 1988, Penghargaan Khusus di 31 Blue Ribbon Awards pada tahun 1989, the Animation Jury and Rights of the Child Awards di Festival Film Chicago Anak Internasional pada tahun 1994, dan 1st Moskow International Children's and Youth's Film Festival Grand Prix di tahun 1998.

5. A Letter to Momo



Momo adalah seorang anak perempuan yang tumbuh di kota besar, namun setelah ayahnya meninggal dia harus pindah bersama ibunya ke rumah tua di sebuah pulau terpencil. Momo tidak terlalu senang dengan lingkungan baru yang aneh ini, dan dia masih dibingungkan oleh sepucuk surat yang ditinggalkan oleh ayahnya ketika masih hidup.

Suatu hari ketika Momo menjelajahi loteng rumah besar barunya, dia menemukan sebuah buku berdebu dan usang. Dan sejak saat itu, hal-hal yang benar-benar tak terduga mulai terjadi di sekelilingnya.

4. My Neighbor Totoro




Semua orang tentunya tahu dengan film yang satu ini. Film ini telah dikenal hampir di seluruh dunia dan mendapat sangat banyak penghargaan. Tatsuo Kusakabe pindah bersama kedua putrinya, Satsuki dan Mei, ke pedesaan agar lebih dekat dengan ibu mereka, yang dirawat di rumah sakit.

Gadis-gadis ini suatu hari bertemu dengan makhluk mirip kelinci, dan ketika mereka mengejarnya  mereka menemukan "Totoro" sang makhluk mistis raksasa. Dengan cepat mereka bertiga pun berteman, dan kedua gadis itu memulai kehidupan mereka yang penuh dengan petualangan magis di alam bersama makhluk-makhluk fantastis dari hutan.

3. Perfect Blue



Mima Kirigoe adalah mantan anggota dari grup pop idol bernama "CHAM!" dan film ini berkisar pada kehidupan dan perjuangannya yang berusaha mengejar karirnya sebagai seorang aktris.

Film ini memenangkan penghargaan Film Asia Terbaik  selama Festival Film Fantasia 1997. Di tahun 1998 film ini juga memenangkan Best Film - Animasi Fantasia Bagian Penghargaan selama Festival Fantasporto. Dan pada tahun 2000 film ini memenangkan Best Animated Feature, B-Movie Award selama Festival Film B-Movie.

2. Sprited Away



Chihiro Ogino dan orangtuanya menemukan sebuah daerah terlantar dalam perjalanan ke rumah baru mereka. Chihiro memutuskan untuk bertualang di tempat yang terlampau sepi ini tetapi hal-hal aneh mulai terjadi ketika senja tiba. Saat ia kembali ke restoran dimana orangtuanya makan, ternyata keduanya telah berubah menjadi babi.

Chihiro tanpa disadari telah menyeberang ke dunia roh dan sekarang dia terjebak di dalamnya. Dia harus mengumpulkan keberanian untuk hidup dan bekerja di antara roh serta berusaha menyelamatkan orangtuanya dengan bantuan dari Haku dan para makhluk mistis unik yang dia temui di sepanjang jalan.

Spirited Away" berhasil menarik penonton sebanyak sekitar 23 juta dan meraup pendapatan sebesar 30 miliar yen, mengalahkan "Titanic" untuk menjadi film tersukses dalam sejarah Jepang. Film ini juga memenangkan penghargaan Oscar pada tahun 2002 dalam kategori Film Animasi Terbaik dan menjadi anime pertama yang meraih penghargaan dalam kategori tersebut.

1. The Tale of the Princess Kaguya




Okina dan Ouna adalah pasangan suami istri tua yang tinggal di pegunungan. Okina adalah pemotong bambu, dan suatu hari dia menemukan seorang bayi perempuan di dalam sebuah rebung yang ditemukannya. Karena tidak punya anak, pasangan suami istri itu pun memutuskan untuk membesarkan bayi yang kemudian diberi nama "Kaguya" ini.

Film ini juga telah mendapatkan sangat banyak penghargaan, dan beberapa di antaranya adalah penghargaan sebagai film animasi Jepang terbaik.