10 Cara Menghasilkan Uang dari Internet

Kemajuan internet yang sudah sedemikian pesat membuatnya tidak sekedar menjadi sebuah media informasi saja, namun juga bisa menjadi lahan yang potensial menghasilkan uang.  Pertanyaannya, bagaimanakah cara menghasilkan uang dari internet?  Topik utama seputar cara mencari uang lewat internet inilah yang akan kami bahas dalam artikel Top10Indo berikut ini.

Yang harus anda sadari sebelum mencoba meraup keuntungan lewat dunia maya, hal ini juga membutuhkan proses, kesabaran, dan kerja keras layaknya usaha lainnya.  Anda memerlukan ketekunan, kedisiplinan, kecerdasan, dan juga sedikit keberuntungan untuk menjadi pebisnis online.  Berikut cara-caranya:

by SEOPlanter on Flickr.com via Creative Commons

10.  Membuat blog dan memasang iklan PPC

Cara ini adalah yang paling umum dan mudah dilakukan oleh para pebisnis internet.  Intinya, anda mendaftar ke program PPC (Pay Per Click) seperti Google Adsense, Bidvertiser, Chitika, KlikSaya (lokal), KumpulBlogger (lokal), Adsense Camp (lokal), AdPlus (lokal) dan lain-lain.  Setelah iklan terpasang di blog atau website, anda akan mendapatkan bayaran setiap kali pengunjung meng-klik iklan tersebut.

Besar pemasukan yang bisa anda terima bergantung dari jenis iklan yang ditampilkan.  Google Adsense menjanjikan pemasukan paling tinggi, bisa mencapai 1 dollar per klik.  PPC lokal seperti KlikSaya biasanya menghasilkan antara 300 hingga 500 rupiah perklik.  Makin banyak pengunjung, makin besar pula potensi anda untuk menghasilkan banyak uang.  Untuk membuat website atau blog yang bagus, anda mutlak memerlukan artikel-artikel berkualitas.  Silakan baca "10 Cara Membuat Blog Yang Keren" dari kami.



9.  Membuat blog dan memasang iklan CPM


Hampir sama seperti PPC, iklan CPM (cost per mile) biasanya didapat setelah anda mendaftar ke publisher seperti Google Adsense, TribalFusion, Ambient Digital Indonesia (lokal), dan sebagainya.  Bedanya, anda tidak dibayar per klik, melainkan setiap seribu visitor yang mengunjungi blog anda.  Biasanya iklan CPM ini berbentuk pop-up yang muncul secara otomatis jika ada yang mengunjungi situs anda.

Potensi pemasukan CPM juga bergantung pada jumlah pengunjung blog.  Selain itu, negara tempat pengunjung anda berada juga sangat menentukan jumlah pendapatan.  Pengunjung dari negara Amerika Serikat, Inggris, dan Kanada menghasilkan uang paling besar, sedangkan pengunjung dari negara-negara Asia menghasilkan pemasukan yang jauh lebih kecil.  Google Adsense biasanya bisa menghasilkan 1-3 dollar per seribu pengunjung dari Indonesia, dan lebih tinggi lagi jika pengunjung anda datang dari Amerika Serikat, Inggris, dan Kanada.



8.  Menulis review

Biasanya program ini diperuntukkan khusus untuk website atau blog yang dibuat dalam bahasa Inggris.  Setelah website anda memiliki cukup pengunjung, artikel yang berkualitas, dan memiliki Google Page Rank setidaknya 3, maka website tersebut sudah siap untuk menghasilkan uang lewat review.  Cukup daftar saja ke situs-situs seperti ReviewMe atau Helium, di mana nanti anda akan mendapatkan tugas untuk menulis review suatu produk tertentu dan mempromosikan ke dalam website.

Dibandingkan dengan PPC dan CPM, pemasukan dari menulis review jauh lebih besar.  Satu artikel sepanjang 400 kata bisa dihargai antara 4 hingga 5 US Dollar.  Hal ini wajar, mengingat membuat website berbahasa Inggris dengan Page Rank di atas tiga bukanlah hal yang muda.



7.  Menulis untuk sharing revenue website


Jika anda gemar menulis (terutama dalam bahasa Inggris) namun tidak ingin susah-susah memikirkan masalah promosi website dan sebagainya, maka program sharing revenue adalah cara yang tepat untuk menghasilkan uang dari internet.  Di sini, anda hanya perlu menulis artikel untuk suatu website, dan nantinya mereka akan membagi komisi yang diterima dari iklan kepada anda selaku penulis, sesuai dengan perjanjian yang berlaku, misal 50-50, atau 60-40.

Biasanya website sharing revenue seperti HubPages, InfoBarrel, Triond, dan Shvoong sudah memiliki nama baik di mata Google, sehingga sering muncul di halaman pertama pencarian.  Jadi, anda hanya perlu fokus di masalah menulis artikel dan tidak perlu terlalu banyak menghabiskan waktu untuk berpromosi.



6.  Melakukan micro works

Micro works cocok dilakukan bagi anda yang memiliki banyak waktu luang.  Program ini membantu anda mendapatkan uang dari internet dengan melakukan berbagai pekerjaan kecil, seperti memberikan Like di Facebook, mendaftar di website tertentu, mengisi formulir, memasang link, atau bahkan hanya sekedar meninggalkan komentar.

Situs-situs seperti MicroWorkers dan Amazon MTurk memberikan lowongan bagi anda untuk melakukan berbagai pekerjaan ini.  Walaupun mudah, bayaran untuk satu pekerjaan biasanya sangat kecil, jarang yang melebih 0,5 US Dollar per pekerjaan.



5.  Menjual jasa


Anda memiliki kemampuan dalam membuat desain tertentu?  Atau mungkin anda memiliki keahlian dalam menerjemahkan berbagai bahasa asing?  Jika ya, maka anda bisa mencari uang dengan menjual jasa-jasa anda melalui berbagai website seperti Fivvers dan ODesk.  Anda bisa memasang iklan tentang keahlian anda dan menunggu kontak dari klien, atau "menjemput bola" dengan mencari iklan-iklan yang membutuhkan jasa sesuai dengan keterampilan yang anda miliki.  Jumlah pemasukan yang didapat bergantung dari seberapa banyak klien bersedia membayar anda.  Jadi, selain harus memiliki kemampuan khusus, anda juga harus memiliki CV yang baik serta kemampuan bernegosiasi.



4.  Menjual produk secara online

Cara ini belakangan juga sudah banyak diterapkan di Indonesia dan terbilang cukup sukses.  Anda memiliki produk spesial yang menarik bagi konsumen?  Maka cobalah untuk memasarkannya secara online.  Bisa melalui berbagai situs seperti TokoBagus atau Forum FJB Kaskus, atau bahkan hanya melalui akun Facebook anda.

Jika ingin terlihat lebih profesional, anda bisa membuat website jual-beli online tersendiri.  Jika anda berhasil membangun reputasi yang bagus, peluang untuk sukses di bidang ini masih sangat besar karena belum banyak pesaingnya di Indonesia.



3.  Membuat dan memasarkan tutorial


Apakah anda memiliki keahlian di bidang tertentu seperti bermain musik, berpidato, menyanyi, programming, editing video, desain, dan sebagainya?  Selain menjual jasa, anda bisa juga membuat semacam video atau ebook tutorial dan memasarkannya melalui internet.  Tentu saja, agar produk anda laris, anda harus menyertakan berbagai bukti yang menunjang keahlian anda.

Menjual tutorial juga bisa menjadi sebuah sarana mencari uang dari internet yang cukup menguntungkan.  Bayangkan saja, anda hanya perlu melakukan satu kali proses produksi untuk pembuatan tutorial.  Karena barang anda berformat digital, maka biaya untuk mendistribusikannya ke para pengunjung juga sangat minimal.



2.  Domain Flipping

Domain flipping adalah sebuah bisnis online terbaru yang belakangan ini cukup populer.  Dalam bisnis ini, intinya anda membeli sebuah domain (domain adalah nama website tertentu) dan menjualnya lagi dengan harapan ada orang yang ingin membelinya dengan harga yang lebih tinggi.  Kami pernah beberapa kali menemukan kasus, di mana domain yang hanya dibeli dengan harga puluhan dollar bisa terjual hingga harga ribuan dollar.

Walaupun terkesan menggiurkan, bisnis ini memerlukan modal, pengetahuan, dan kesabaran yang cukup banyak.  Anda bisa mencoba mengamati aktivitas domain flipping di berbagai website, salah satu yang paling terkenal adalah Flippa.com.



1.  Membuat situs yang banyak dikunjungi orang


Sebenarnya, cara menghasilkan uang dari internet cukup sederhana.  Buatlah satu situs yang banyak dikunjungi orang, maka dengan sendirinya situs itu akan menghasilkan uang untuk anda.  Mark Zuckerberg pada awal mendirikan Facebook sempat berkata, "Jangan berpikir untuk mendatangkan orang ke situs anda, namun berpikirlah untuk membuat situs anda sekeren mungkin sehingga pengunjung akan secara otomatis berdatangan sendiri."

Definisi "banyak" di sini terbilang relatif, namun jika situs anda sudah berhasil menembus ranking Alexa di atas 100.000 (1 sampai 99.999) dan atau menghasilkan page views di atas 500.000 per bulan untuk trafik Indonesia, maka situs tersebut sudah bisa dikatakan "populer".  Jika sudah mencapai tahap ini, tak perlu susah-susah memikirkan metode apa yang harus anda gunakan untuk mendapatkan uang, karena jika pengunjung banyak, maka cara apapun akan menguntungkan.  Para pengiklan akan berbondong-bondong mengontak anda, dan anda pun bisa lebih leluasa memilih program yang paling menguntungkan dan relevan dengan isi situs.