10 Cara Meningkatkan Page Rank

Bagi anda yang memiliki website atau blog dan berminat untuk mencari uang lewat internet, Page Rank adalah suatu hal yang sangat penting.  Apa yang dimaksud dengan Page Rank?  Page Rank bisa disebut sebagai sebuah skala yang digunakan mesin pencari (Google) untuk menentukan seberapa bagusnya website atau blog anda di mata mereka.  Google Page Rank memiliki skala dari 0 sampai 10.  Semakin tinggi Page Rank, maka semakin bagus pula situs anda di mata Google.  Hal ini membuat Google cenderung menempatkan situs anda di halaman pencarian Google, dan tentunya ini akan berakibat lebih banyak pengunjung yang mampir ke situs anda.


Pertanyaannya, bagaimana cara meningkatkan Page Rank?

Sebelum anda berbicara tentang tips dan triknya, akan lebih baik jika anda mencoba mengecek Page Rank anda dahulu di link INI.

Sudah?  Oke berikut tips dari Top10Indo untuk mendapatkan Google Page Rank yang bagus setelah update Google Penguin tahun 2013  :

Image Credit : Pixabay.com, Creative Commons


10.  Bertukar link

Perlu dimengerti, salah satu faktor utama yang menentukan tinggi rendahnya Page Rank website anda adalah seberapa banyak link dari website luar yang mengarah ke website anda.  Tentunya, semakin banyak link berkualitas yang menunju ke situs anda, maka Google akan cenderung menempatkan situs anda di halaman depan pencarian.  Nah, metode yang paling tepat dan mudah untuk melakukan hal ini adalah bertukar link dengan sesama blogger atau pemilik website di luar sana.  Selain bermanfaat untuk meningkatkan Page Rank, hal ini juga berpotensi untuk menambah jumlah pengunjung ke situs anda.  

Tapi tunggu dulu, setelah update terbaru yang dilakukan Google di tahun 2013, sembarangan bertukar link justru bisa merugikan situs anda.  Baca alasannya di poin berikut.



9.  Pahami konsep nofollow/ dofollow



Ketika anda meminta seseorang memajang link di blog-nya, ada dua macam link yang bisa anda dapatkan;"nofollow" dan "dofollow".

"nofollow" link ditandai dengan kode rel="nofollow" di dalam HTML, contohnya
<a href="www.situsanda.com" rel="nofollow">Situs anda<./a>
Nofollow menandakan bahwa situs tersebut tidak meminta Google mengecek situs anda, dan tidak menganggapnya sebagai link keluar (ke website anda) sebagai link yang berkualitas.  Akibatnya, link nofollow tidak berguna untuk menaikkan Page Rank

"dofollow" adalah jenis link yang menunjukkan bahwa situs tersebut menyetujui situs anda sebagai situs yang berkualitas, dan merekomendasikan pada Google untuk mengeceknya.  Apabila anda melihat script HTML yang tidak terdapat kode "rel='nofollow' di dalamnya, maka link tersebut tergolong dofollow.
Contoh
<a href="www.situsanda.com">Situs anda<./a>
Link dofollow diperhitungkan oleh Google sebagai rujukan menentukan Page Rank.  Jadi, apakah link dofollow lebih baik daripada link nofollow?  Tunggu dulu, anda baru bisa menemukan jawabannya di poin berikutnya.



8.  Pahami konsep kualitas link



Link dofollow hanya dianggap bagus bagi situs anda apabila memiliki kualitas yang baik.  Seperti yang dijelaskan dalam video Google Webmaster Help, link berkualitas adalah link yang memiliki hubungan kuat, relevan, dan "nyambung" dengan artikel sebuah website atau blog.  Intinya, link "dofollow" anda baru akan disebut berkualitas apabila link tersebut dipajang di artikel blog/ website yang sesuai dengan website anda.  Satu lagi, link dofollow akan lebih baik apabila dipajang di dalam postingan artikel, bukan di sidebar, footer, atau bagian website lainnya.

Apa yang terjadi apabila ada link dofollow yang tidak sesuai/ relevan dengan blog anda?  Well, jika Google menemukan ada sejumlah banyak link dofollow yang mengarah ke blog anda namun berasal dari sumber yang tidak relevan, waspadalah.  Google bisa mencurigai anda melakukan praktek ilegal jual beli link (ya, Google sekarang melarang proses jual beli link!), dan akibatnya tidak akan memasukkan situs anda dalam pencarian Google sama sekali, atau menaruh situs anda di halaman-halaman belakang di mana visitor yang datang akan jauh lebih sedikit.



7.  Blogging di blog orang lain

Konsep ini disebut juga dengan guest blogging.   Temuan blog yang sesuai temanya dengan situs anda.  Mintalah pada penulis blog tersebut untuk menulis artikel di dalamnya.  Buat artikel yang sesuai, releva, original, dan berkualitas.  Nah, di dalam artikel ini, anda bisa memajang link ke situs anda.  Ini akan dihitung sebagai link berkualitas yang berguna untuk meningkatkan Page Rank.



6.  Promosi di forum

Pajang link website anda di signature forum, dan cobalah untuk aktif berdiskusi di dalamnya.  Ingat, jangan melakukan spam di dalam forum, karena hal itu bisa berakibat negatif, mulai dari ban ID, bahkan mungkin anggota forum melaporkan blog anda sebagai blog spam ke Google.

Intinya, ikuti aturan forum, dan cobalah untuk menjadi member forum yang baik.



5.  Gunakan jejaring sosial



Seperti yang saya bahas dalam artikel "Cara Membuat Blog Yang Keren", jejaring sosial bisa menjadi sumber yang tepat untuk mendatangkan pengunjung.  Manfaatkan fasilitas Facebook Fan Page, Twitter, Pinterest, Instagram, dan lain-lain untuk berinteraksi dengan pengunjung sekaligus membuat situs anda menjadi lebih populer.



4.    Bina hubungan antar-blogger

Bergabunglah dengan komunitas blogger dan bina hubungan yang baik dengan mereka.  Anda nantinya bisa saling melakukan guest blogging, bertukar link yang berkualitas, dan melakukan berbagai diskusi yang bisa membuat blog anda terlihat lebih terpercaya di mata masyarakat dan Search Engine.  Gunakan juga kesempatan ini untuk saling bertukar tips dan informasi seputar bisnis online.



3.  Gunakan keyword yang banyak dicari orang



Gunakanlah judul artikel dan konten yang berisi bahasa yang kira-kira akan diketik oleh orang di mesin pencari.  Selain meningkatkan jumlah pengunjung, menggunakan keyword yang populer juga bisa membantu menambah Page Rank anda.  Gunakanlah Google Keyword Tool untuk menganalisa seberapa populer kata-kata yang akan anda gunakan sebagai judul postingan.



2.  Jangan melakukan praktek SEO (Search Engine Optimization) Ilegal

Jangan tergoda dengan cara-cara ilegal untuk mendapatkan pengunjung dengan jumlah banyak dalam waktu singkat.  Jangan meng-copy paste artikel, jangan melakukan jual-beli link, jangan pula mencoba untuk membeli trafik atau melakukan teknik-teknik "blackhat SEO".  Ingat, membangun Page Rank yang tinggi sebenarnya adalah proses yang simpel.  Anda hanya perlu ketelatenan dan kesabaran serta sedikit kerja keras untuk memperolehnya.



1.  Buat artikel dengan konten yang menarik, bermanfaat, dan berkualitas.



Pada akhirnya, semua kembali pada kualitas website dan blog anda.  Seberapa baguskah artikel di dalamnya?  Apakah artikel di dalamnya bermanfaat atau menghibur bagi orang lain?  Apakah situs anda membuat orang lain ingin kembali mengunjunginya?  Apakah artikel-artikel di dalamnya original dan bukan hasil copy paste?

Bahkan, untuk menekankan hal ini, Google mengatakan, "Anda tidak perlu pusing-pusing memikirkan soal SEO.  Cukup buat artikel yang bagus dan berkualitas, maka 'abrakadabra!', kami akan mendatangkan pengunjung ke situs anda."

Artikel Lainnya