10 Cara Mengatasi Stress Berat

Stress berat adalah salah satu tanda-tanda depresi yang harus diatasi sedini mungkin.  Jika penyakit psikologis ini tidak teratasi, ada kemungkinan kesehatan fisik seseorang akan menjadi terganggu.  Akibat lanjutnya pun bisa berbahaya, mulai dari hilangnya semangat hidup hingga gangguan jiwa tingkat berat.  Tak jarang, karena penanganan yang terlambat, kondisi mental seseorang bahkan tak bisa pulih seperti sedia kala.

Nah, dalam artikel ini, Top10Indo akan mencoba memberikan berbagai tips, alternatif, dan cara untuk mengatasi stress berat.  Setidaknya, cara-cara ini bisa dicoba untuk mengurangi beban pikiran dan meringankan tekanan dalam pikiran dan emosi anda.  Berikut cara-caranya:

by Life Mental Health on Flickr.com via Creative Commons

10.  Sadari tanda-tanda stress berat

Tahap pertama yang harus dilalui untuk menghilangkan stress adalah menyadari tanda-tandanya.  Apakah anda tiba-tiba susah tidur di malam hari karena dihantui berbagai kekhawatiran?  Apakah anda kehilangan nafsu makan secara mendadak?  Apakah anda seolah-olah merasa kekurangan energi, padahal tidak melakukan aktivitas berat?  Apakah tiba-tiba anda ingin marah dan menangis?

Jika jawaban dari pertanyaan tersebut adalah "Ya", dan hal ini terjadi secara berulang-ulang, maka kemunngkinan besar anda sedang menderita stress berat.  Maka setelah menyadarinya, tindakan lebih lanjut untuk menyembuhkan hal ini harus segera diambil.



9.  Cari penyebab stress 


Tahap selanjutnya yang harus dilakukan adalah mencari hal-hal yang menyebabkan pikiran dan emosi menjadi tertekan.  Sepintas, hal ini terdengar mudah namun sebenarnya sulit untuk dilakukan.  Terutama jika anda merasa "takut" untuk menghadapi sumber masalah anda.  Yang jelas, anda tidak bisa selamanya menghindar dari hal ini.  Makin cepat anda hadapi, makin baik.

Mungkin stress anda bersumber karena putus cinta dan gagal dalam melupakan mantan pacar.  Mungkin kondisi keuangan menjadi alasan utama tekanan pikiran.  Atau mungkin juga ada penyebab lain, seperti karir, pendidikan, lingkungan kerja, opini masyarakat, dan lain-lain.  Segera temukan penyebabnya, dan sebelum mencoba menyelesaikannya, lakukan langkah-langkah di bawah ini terlebih dahulu.



8.  Pergi ke luar rumah

Ketika sudah mengetahui penyebab stress yang dialami, jangan langsung mencoba untuk menyelesaikannya.  Yang pertama harus anda lakukan adalah menenangkan pikiran, menata perasaan, dan mengontrol emosi, sehingga anda bisa mengambil keputusan dengan kepala dingin dan penuh pertimbangan.  Jika anda memaksa untuk mengambil keputusan saat itu juga, hal ini justru bisa berakibat fatal.

Salah satu cara paling ampuh untuk menenangkan pikiran adalah dengan cara pergi ke luar rumah.  Tinggalkanlah kamar tempat anda menumpahkan kesedihan.  Pergilah keluar dan hirup energi positif dari alam bebas yang penuh dengan karunia.



7.  Olahraga aerobik


Aktivitas keluar rumah akan lebih baik jika dilakukan di pagi hari, diselingin dengan olahraga aerobik seperti jogging atau berlari-lari kecil.  Olahraga jenis ini sangat efektif untuk menghilangkan berbagai energi negatif dan perasaan gundah di dalam pikiran anda.  Cobalah untuk membuat tubuh anda berkeringat, maka perasaan anda akan jauh lebih lega.

Selain aerobik, anda bisa juga pergi ke gym untuk melakukan olahraga lain yang lebih bervariasi, seperti angkat beban.  Yang jelas, cobalah untuk membuang berbagai perasaan yang mengganjal hati dan pikiran melalui keringat yang keluar ketika berolahraga.



6.  Tidur nyenyak

Jika tubuh lelah karena berolahraga, maka otomatis kita akan lebih mudah tertidur.  Tidur yang nyenyak dan berkualitas sangat esensial dan penting untuk membuat pikiran kembali jernih.  Pastikan untuk tidur di waktu-waktu yang tepat, di ruangan yang nyaman dan jauh dari berbagai macam gangguan.  Jika perlu, matikan telepon genggam.

Artikel kami yang berjudul "10 Cara Mengatasi Susah Tidur" mungkin juga bisa membantu untuk tidur lebih nyenyak.  Anda pasti akan merasakan perbedaan yang lebih drastis, di mana pikiran akan menjadi lebih ringan dan hati lebih plong setelah bangun dari tidur yang berkualitas.



5.  Bila perlu, kunjungi dokter


Apabila anda masih mengalami susah tidur dan benar-benar sudah mendapatkan efek samping dari stress berat yang dialami, cobalah untuk meminta bantuan profesional.  Kunjungilah psikolog atau psikiater, dan cobalah untuk mengatur satu hingga dua sesi konseling.  Mereka akan memberi anda berbagai alternatif yang bisa membantu mengatasi stress.

Selain itu, ada kemungkinan  para dokter ini bisa memberi obat yang mengatasi efek samping stress, seperti susah tidur, pusing berat, atau turunnya nafsu makan.  Yang penting, saat berkonsultasi anda harus benar-benar jujur mengungkapkan segala hal yang ditanyakan oleh sang dokter atau psikolog.



4.  Ambil libur untuk melakukan aktivitas yang anda sukai

Cobalah untuk meninggalkan berbagai aktivitas rutin anda seperti sekolah, kuliah, atau kerja (termasuk pekerjaan sehari-hari).  Mintalah izin libur atau cuti, dan gunakan waktu tersebut untuk melakukan hal-hal yang benar-benar anda sukai.  Ingat, jangan hanya berbaring di kamar, karena hal ini justru bisa membuat rasa stress makin besar.

Pergilah ke restoran favorit anda, makan-makanan yang menjadi kesukaan.  Atau mungkin anda bisa pergi berbelanja barang-barang yang sudah lama diinginkan.  Yang terpenting di sini adalah bagai mana anda bisa menghibur diri untuk membuat perasaan menjadi lebih baik.



3.  Ceritakan masalah anda ke orang lain


Carilah orang yang benar-benar anda percayai, seperti teman dekat, anggota keluarga, atau kekasih.  Jangan ragu untuk meminta bantuannya untuk mendengarkan masalah anda.  Tumpahkanlah semua perasaan yang terpendam dalam hati.  Metode "curhat" ini bisa sangat membantu, terutama jika selama ini anda lebih banyak menyimpan masalah sendirian.

Ketika bercerita, cobalah pula untuk meminta pendapat dan nasihat dari orang tersebut.  Dengarkan baik-baik, dan coba pikirkan apakah nasihatnya bisa digunakan untuk menyelesaikan masalah anda.  Satu hal terpenting, pilihlah orang yang benar-benar anda percaya.



2.  Buat perubahan-perubahan dalam hidup

Ganti suasana di sekitar anda dengan berbagai perubahan, mulai dari perubahan-perubahan kecil seperti mengganti gaya rambut, menata ulang kamar, atau mengambil berbagai kursus dan aktivitas yang baru.  Perubahan-perubahan kecil ini bisa membantu anda melupakan stress di pikiran sekaligus mensugesti diri untuk lebih siap membuka lembaran hidup baru.

Jika stress yang anda alami ternyata terlalu berat, jangan ragu untuk melakukan perubahan yang lebih besar, seperti pindah kos, pindah tempat kerja, atau pindah sekolah; tentunya keputusan ini harus diambil setelah mempertimbangkan berbagai untung-rugi dan faktor di dalamnya.



1.  Yakin, fokus, dan berpikir positif


Setelah melakukan hal-hal di atas untuk membuat pikiran dan hati lebih tenang, maka langkah yang harus diambil dan paling penting dalam cara mengatasi stress berat adalah dengan bertempur melawannya.  Cari berbagai solusi untuk move on.  Cobalah untuk fokus membangun hidup ke arah yang lebih baik dengan membuat berbagai target tertentu.  Jangan lupa untuk berpikir positif.

Teruslah untuk memotivasi diri, bahwa anda mampu menjadi sosok yang sukses.  Stress hanyalah batu rintangan kecil untuk meraih keberhasilan yang gemilang di masa depan.  Percayalah bahwa anda adalah sosok yang kuat, tegar, dan memiliki masa depan yang cerah.