10 Resep Praktis Sarapan Pagi

Sarapan pagi adalah suatu hal yang sangat penting dan tidak boleh dilewatkan.  Sarapan pagi yang berkualitas sangat membantu kita dalam menjalani aktivitas yang akan kita lakukan selama seharian.  Namun karena masalah waktu dan kesibukan, banyak orang yang melewatkan makan pagi dengan alasan terburu-buru dan tak mempunyai cukup waktu untuk membuat sarapan pagi.

Pada kesempatan ini, Top10Indo akan memberikan berbagai resep praktis untuk sarapan pagi yang bisa disiapkan hanya dalam waktu 5 sampai 15 menit.  Tak hanya praktis, menu makanan berikut juga memiliki kandungan gizi yang menyehatkan bagi anda.  Berikut resepnya:

Image Credit: Wikimedia Commons


10.  Keju dan Apel


Menu makanan ini terbilang sangat cocok untuk makan pagi karena mengandung banyak kandungan gizi dan sangat cepat, bahkan tidak memerlukan waktu lama untuk mengolahnya.  Ya, anda bisa langsung mengonsumsi kedua bahan makanan ini tanpa perlu memasaknya terlebih dahulu, sehingga tak akan ada waktu yang terbuang untuk menyiapkan sarapan.

Cukup siapkan sebuah apel dan satu atau dua ons keju Cheddar yang sebelumnya sudah anda masukkan ke dalam kulkas.  Potong-potong apel dan keju tersebut menjadi potongan kecil, dan keduanya siap untuk disantap.  Akan lebih baik juga apabila anda menambahkan beberapa potongan kacang almond dan kismis untuk memperkaya kandungan gizi.



9.  Telur Dadar/ Orak-Arik


Jangan membiasakan diri untuk tidak sarapan hanya karena alasan anda terburu-buru untuk berangkat kerja ataupun sekolah.  Sebenarnya, sangat banyak menu makanan yang bisa disiapkan hanya dalam waktu kurang dari 3 menit dan disantap dalam waktu yang cepat pula.  Contohnya adalah telur dadar atau orak-arik ini.

Cara membuatnya cukup mudah, pecahkan 2 atau 3 butir telur ke dalam mangkok.  Tambahkan sedikit garam, lalu goreng telur tersebut di atas wajan.  Akan lebih enak dan sehat apabila anda menambahkan sedikit bawang merah dan tomat ke dalam telur dadar tersebut.



8.  Milkshake


Jika anda termasuk sebagai jenis orang yang sulit untuk mencerna makanan dalam bentuk padat di pagi hari, maka milkshake ini adalah pilihan yang tepat.  Membuatnya pun cukup mudah dan cepat, karena anda hanya perlu memasukkan bahan-bahan yang tersedia ke dalam blender.  Selain itu, kandungan gizi dalam milkshake juga sangat bagus sebagai sumber energi di pagi hari.

Cara standar menyiapkan milkshake adalah dengan cara memasukkan satu buah pisang dan 3 strawberry (bisa diganti dengan satu apel) ke dalam blender.  Tambahkan satu cangkir susu manis.  Jika ingin lebih enak, masukkan pula sesendok vanili dan madu.  Tambahkan sedikit air dan gula, lalu blender hingga halus.



7.  Roti bakar


Menu ini juga sangat disarankan untuk dikonsumsi di pagi hari, karena selain enak, praktis, juga sangat sehat.  Biasanya, menu ini banyak disajikan di negara-negara Barat sebagai sarapan favorit untuk mengawali hari yang panjang.  Proses pembuatannya pun sangat cepat dan mudah, apalagi jika anda memiliki toaster atau mesin pembuat roti bakar.

Jika anda tidak memiliki toaster, jangan khawatir.  Menu ini tetap bisa dibuat dengan mudah dan cepat.  Lumuri 3-4 tangkap roti tawar dengan margarin dan selai favorit anda.  Panaskan satu sendok makan margarin di atas teflon, lalu letakkan roti tawar tersebut di teflon.  Bakar hingga warnanya kecoklatan.



6.  Scrambled Tofu (tumis tahu)


Tahu tak hanya dikenal sebagai bahan makanan bergizi, namun kelezatannya juga membuatnya masuk dalam satu dari sepuluh makanan khas Cina terlezat di dunia.  Harganya pun murah, dan cara memasaknya juga gampang dan cepat sehingga sangat cocok digunakan untuk sarapan pagi.  Jika anda memiliki sedikit waktu luang, cobalah untuk membuat menu makanan ini.

Cara menyiapkannya juga cukup sederhana.  Hancurkan dua kotak tahu, giling hingga halus.  Lalu masukkan gilingan tahu tersebut bersama dua butir telur ayam yang sudah dikocok.  Tambahkan garam sesuai selera, lalu goreng hingga matang.  Akan lebih enak jika dimasak bersama irisan daun bawang dan ayam cincang.



5.  Cappuccino dan Biskuit


Kombinasi antara cappuccino dan biskuit di pagi hari benar-benar enak disantap.  Kandungan kafein dalam kopi khas Italia ini bisa membuat anda lebih siap dalam beraktivitas.  Biskuit yang berukuran kecil, berasa manis, dan tidak terlalu mengenyangkan juga cocok sebagai pengganjal perut untuk mengawali aktivitas anda hingga waktu makan siang nanti.

Saat ini, banyak cappuccino instan dalam berbagai merk yang bisa anda beli, dan bisa dibuat hanya dengan cara menyeduh air panas.  Untuk biskuit, disarankan untuk memilih yang di atas atau di dalamnya terdapat potongan kacang-kacangan serta buah-buahan kering, agar terasa lebih nikmat dan lebih sehat.



4.  Onigiri (Nasi Kepal)


Tak ada salahnya untuk mencoba sarapan pagi dengan salah satu masakan khas Jepang paling enak ini.  Onigiri adalah menu sarapan yang sangat populer di Jepang, yang biasanya juga dimasukkan ke dalam bekal makan siang para pekerja kantoran ataupun anak sekolah.  Kandungan gizinya juga sangat bagus, dan makanan ini cukup mengenyangkan.

Untuk menyiapkan onigiri, anda hanya memerlukan satu centong nasi, rumput laut kering (disebut juga dengan Nori) dan isian onigiri sesuai selera, bisa berupa buah plum, telur ikan salmon, daging cincang, ataupun hanya sekedar garam.  Bungkus isian dengan nasi yang dikepalkan, lalu bungkus  lagi nasi tersebut dengan rumput laut kering.



3.  Sereal


Sereal adalah salah satu resep praktis sarapan pagi paling populer di dunia.  Bagaimana tidak, makanan ini sangat sempurna karena mengenyangkan, memberi energi, dan bisa disiapkan dalam waktu kurang dari 5 menit.  Oleh karena itu, jika anda termasuk orang yang suka terburu-buru, siapkan selalu sereal dan susu di kulkas anda.

Anda juga bisa memodifikasi sereal sehingga lebih lezat dan lebih bergizi.  Anda bisa mengganti susu dengan yoghurt vanilla.  Tambahkan juga sedikit kacang almond dan anggur atau kismis ke dalam sereal.  Jika perlu, tambahkan sesendok madu.



2.  Sandwich


Menu makanan ini sempurna untuk makanan pagi, karena di dalamnya terdapat banyak bahan makanan yang mengadung gizi lengkap, mulai dari karbohidrat, protein dan berbagai vitamin.  Untuk menyiapkannya pun cukup mudah dan praktis, apalagi jika anda memiliki waktu longgar antara 10-15 menit di pagi hari.  Selain itu, anda juga bisa membawa beberapa potong sandwich sebagai bekal makan siang.

Untuk satu buah sandwich, anda cukup menyiapkan dua buah roti tawar.  Di antara roti tawar tersebut, anda bisa menyelipkan bahan-bahan seperti selembar keju,cheddar, seiris bawang Bombay, seiris tomat dan timun, seiris selada, serta telur rebus yang dipotong kecil.  Akan lebih enak jika anda menambahkan seiris ham ataupun kornet sapi.



1.  Fruit Salad (Salad Buah)


Salad buah adalah menu makan favorit di pagi hari karena praktis dan juga sangat menyehatkan.  Tak hanya itu, untuk menyiapkan menu makanan ini pun cukup mudah dan hanya memerlukan waktu singkat.  Yang lebih menarik lagi, anda bisa membuat salad buah dalam jumlah banyak sekaligus, menyimpannya di kulkas, dan bisa anda makan untuk 2-3 kali sarapan pagi.

Untuk membuatnya, anda cukup memotong kecil-kecil buah apel, pisang, dan mangga.  Anda bisa menambahkan atau mengganti tiga buah tersebut dengan buah-buahan lainnya.  Campurkan buah tersebut dengan yoghurt, susu kental manis, dan sedikit madu.  Bisa pula menambahkan perasan lemon untuk sentuhan akhir menu ini.  Nah, ternyata untuk membuat resep sarapan praktis cukup mudah dan tidak memerlukan waktu yang banyak bukan?  Oleh karena itu, mulai saat ini anda bisa sarapan pagi tanpa khawatir terlambat masuk ke kantor atau sekolah.