10 Cara Mengatasi Susah Tidur

Ada banyak penyebab susah tidur seperti stres, kondisi kesehatan, rasa takut, khawatir, atau memang karena tubuh kita belum merasa lelah.  Di dalam artikel ini, kita akan membahas mengenai berbagai tips dan cara yang bisa anda lakukan untuk mengatasi susah tidur.  Jika anda melakukan tips-tips ini secara teratur, maka anda akan lebih mudah untuk tidur nyenyak dan merasa segar ketika bangun di pagi hari.

Susah tidur atau insomnia bisa menjadi suatu hal yang menghambat aktivitas, terutama jika anda adalah orang yang harus bekerja di pagi hari atau harus masuk ke kelas tertentu.  Oleh karena itu, jika anda mengalami kesulitan untuk bisa tidur nyenyak, segeralah mencoba untuk mengatasinya.  Berikut tipsnya dari Top10Indo:

by pajaa, DeviantArt, Creative Commons


10.  Buat jadwal tidur yang teratur

Penyakit susah tidur biasanya terjadi karena tidak teraturnya waktu tidur anda.  Mungkin karena suatu hal anda baru bisa tidur hingga dini hari, dan akibatnya baru bisa bangun pagi di siang hari.  Karena kondisi tubuh masih segar, otomatis di malam harinya anda tidak bisa tidur.  Hal ini bisa menjadi masalah apabila keesokan harinya anda harus bangun pagi, dan jika terjadi berulang-ulang, maka ritme jam tubuh anda akan kacau. 

Manusia memiliki jam biologis atau siklus tertentu yang harus dilakukan secara teratur.  Apabila dilanggar, hal ini bisa menimbulkan berbagai dampak negatif seperti susah tidur, stress, dan menurunnya daya tahan tubuh. Oleh karena itu, buatlah jadwal tidur yang teratur, dan berusahalah untuk menepatinya.



9.  Kondisi tempat tidur yang nyaman



Terkadang susah tidur terjadi karena kondisi kamar yang tidak kondusif.  Mungkin saja kamar anda berantakan, kotor, dan tidak teratur, sehingga ketika anda baru saja memejamkan mata, tak lama kemudian anda merasa risih dan terbangun.  Sekali anda terbangun dari tidur nyenyak, kemungkinan untuk melanjutkan tidur yang berkualitas sangat tipis.

Oleh karena itu, gunakan ranjang tempat anda berbaring hanya untuk tidur.  Jangan melakukan aktivitas lain di atas ranjang, seperti browsing internet, mengerjakan tugas, apalagi makan.  Jadikan ranjang sebagai tempat yang eksklusif untuk beristirahat.



8.  Berolahraga secara teratur

Olahraga teratur juga sangat berperan penting dalam proses mengatasi susah tidur.  Salah satu sebab insomnia adalah anda masih memiliki energi yang berlebih di malam hari.  Akibatnya, anda justru tidak bisa mengistirahatkan badan dan harus melakukan hal-hal lain terlebih dahulu sebelum bisa tertidur nyenyak.  Hal seperti inilah yang mengakibatkan pola tidur menjadi tidak teratur.

Setidaknya, cobalah melakukan olahraga ringan setiap hari, contohnya berjalan kaki selama tiga puluh menit. Olahraga ini bisa membantu melancarkan sistem metabolisme tubuh dan mekanisme kerja sel.  Yang perlu diingat, jangan melakukan olahraga tiga jam sebelum anda tidur karena hal ini bisa membuat tubuh anda terlalu lelah dan membuat tidur tidak nyaman.



7.  Relaksasi


Perasaan tegang, baik secara fisik maupun mental adalah salah satu penyebab paling utama susah tidur.  Untuk mengatasinya, anda harus membuat tubuh anda merasa rileks sesaat sebelum tidur.  Bagaimana caranya?  Ada berbagai cara yang mudah, murah, dan cepat untuk membuat tubuh anda lebih santai.  Salah satunya adalah dengan berbaring santai, tarik nafas dalam-dalam, dan hembuskan.  Lakukan selama kurang lebih 3 menit.

Aroma terapi dan meditasi juga terbukti sangat efektif untuk relaksasi.  Anda bisa membaca artikel kami yang berjudul "10 Cara Meditasi Yang Benar" untuk mengetahui lebih dalam mengenai berbagai teknik meditasi.



6.  Hindari makanan dan minuman yang menyebabkan susah tidur

Jangan mengonsumsi makanan yang mengandung kafein tinggi seperti kopi, alkohol, dan minuman bersoda.  Kafein membuat syaraf-syaraf tubuh anda menjadi lebih waspada, dan tentu saja hal ini akan mengganggu proses tidur.  Nikotin yang terkandung pada rokok juga menjadi salah satu penghambat relaksasi tubuh yang bisa mengakibatkan insomnia.

Minuman-minuman yang mengandung ginseng lebih baik jangan dikonsumsi menjelang tidur.  Jangan pula makan terlalu banyak sesaat sebelum tidur, karena perut anda akan bekeja keras mencerna makanan tersebut, dan makanan-makanan itu memproduksi energi berlebih yang membuat anda tidak mengantuk.



5.  Jangan melakukan dan memikirikan sesuatu yang meresahkan sebelum tidur



Sebelum tidur, disarankan untuk tidak berdebat dan memikirkan hal-hal yang membuat anda khawatir, resah, cemas, dan was-was.  Jika hal ini terjadi dan rasa khawatir tersebut menjadi sangat besar, otak anda tidak akan berhenti berpikir, dan akhirnya anda pun tak bisa memejamkan mata.  Cobalah membaca tips dari kami tentang "10 Cara Menghilangkan Rasa Was-Was" jika hal ini sering terjadi pada anda.

Jangan berdebat sebelum tidur.  Hindari pula untuk menonton acara-acara TV yang bisa membuat anda merasa marah dan gusar.  Ingat, buatlah saat-saat sebelum memejamkan mata sebagai saat yang damai dan menenangkan hati, maka tidur anda pun akan jauh lebih enak.



4.  Buat kondisi kamar anda sesejuk mungkin

Kondisi kamar yang sejuk bisa membuat tidur lebih nyaman.  Jika kondisi kamar kondusif, kondisi insomnia akan dengan mudah takluk oleh rasa ingin tidur.  Oleh karena itu, sangat penting untuk memperhatikan sirkulasi udara di kamar anda.  Jika kamar terasa panas, jangan ragu untuk membuka jendela atau pintu sehingga kondisinya menjadi lebih sejuk.

Jika anda menggunakan AC, set udara ke kondisi yang sejuk, namun tidak terlalu dingin sehingga anda tetap bisa tidur tanpa selimut.  Usahakan juga untuk mematikan lampu atau menggunakan penerangan seminimal mungkin untuk membantu anda tidur.



3.  Dengarkan musik berirama lembut



Mendengarkan musik bisa menjadi salah satu obat yang ampuh untuk mengatasi susah tidur.  Sangat disarankan untuk mendengarkan musik-musik instrumental yang lembut dengan nada-nada pelan yang membuat anda merasa mengantuk.  Pastikan untuk mengeset volume musik agar tidak terlalu keras, namun hanya terdengar samar-samar.

Disarankan juga untuk tidak mendengarkan lagu favorit anda sebelum tidur, karena lagu-lagu ini bisa membuat sel-sel otak menjadi aktif dan pada akhirnya anda justru akan terjaga.  Pilih musik yang menenangkan, namun jarang anda dengarkan dalam aktivitas sehari-hari.



2.  Konsumsi makanan yang bisa membuat tidur lebih pulas

Ada berbagai makanan yang bisa anda makan sebelum berangkat tidur yang memiliki berbagai kandungan yang efektif untuk membuat tubuh menjadi rileks.  Contohnya adalah susu yang mengandung banyak zat melatonin yang membuat tubuh anda menjadi lebih cepat tertidur.  Konsumsilah segelas susu hangat dengan sedikit gula di malam hari untuk mempermudah proses relaksasi.

Selain kopi, teh herbal dengan aroma yang harum juga sangat membantu proses relaksasi.  Cobalah untuk mengonsumsi teh atau kopi dengan snack-snack ringan yang tidak membuat anda merasa terlalu kenyang.  Satu poin lagi, pastikan bahwa snack tersebut tidak terlalu pedas atau asin.



1.  Buang jauh-jauh rasa khawatir anda, tidurlah seperti bayi


Ada pepatah kuno yang mengatakan:"Jangan berpikir sebelum tidur."  Satu dari tiga penderita insomnia mengalami susah tidur karena masalah psikologis dan rasa cemas yang menghantui mereka.  Oleh karena itu, anda harus benar-benar berpikir tentang hal-hal yang tidak mengenakkan sebelum tidur.  Cobalah untuk pasrah kepada alam, pejamkanlah mata anda, dan beristirahatlah.

Jika anda adalah orang yang religius, berdoa sebelum tidur bisa membuat diri anda merasa lebih aman dan nyaman.  Apabila rasa khawatir anda sudah sirna, maka masalah susah tidur pun akan teratasi dengan sempurna.  Semoga beberapa tips dari kami bermanfaat bagi anda.