10 Cara Menghilangkan Rasa Was-Was

Di dalam artikel ini, kita akan membicarakan tips ampuh untuk menghilangkan rasa was-was.  Rasa was-was, khawatir, dan taku memang menjadi bagian dari hidup manusia.  Memang wajar jika kita mengalami perasaan tersebut, terutama ketika sedang melakukan hal-hal penting ataupun beresiko tinggi, contohnya saat menunggu pengumuman ujian atau lamaran kerja.  Masalahnya, rasa was-was yang terlalu tinggi bisa berdampak buruk bagi performa kerja serta kesehatan kita.

Efek samping dari terlalu tingginya rasa was-was biasanya adalah susah tidur.  Kondisi ini jika dibiarkan terlalu lama bisa memberi efek negatif dalam hidup anda.  Selain itu, hal ini juga bisa membuat kita tidak fokus dalam mengerjakan suatu hal dan selalu dibayang-bayangi oleh rasa takut.  Nah, bagaimanakah cara yang untuk mengusir rasa khawatir dan takut di dalam hati kita?  Berikut tipsnya dari Top10Indo:

by Francesco, Flickr.com, Creative Commons




10.  Berjalan-jalan

Berjalan-jalan, terutama dengan teman atau ke tempat-tempat yang anda sukai terbukti menjadi salah satu cara terbaik untuk menghilangkan rasa was-was.  Saat berjalan-jalan, pikiran anda akan  terisi dengan berbagai rencana dan berbagai hal yang anda lihat di sekitar.  Tentu saja, dalam jangka pendek hal ini bisa mencegah datangnya rasa khawatir yang berlebihan.

Sebagai alternatif berjalan-jalan, anda juga bisa melakukan kegiatan yang memerlukan aktivitas fisik, contohnya berolahraga atau membersihkan rumah.  Dengan melakukan hal ini, pikiran anda akan terisi dengan hal positif dan tubuh anda pun akan menjadi lebih sehat karena banyak bergerak.



9.  Aroma Terapi



Aroma terapi terbukti bisa membuat tubuh anda lebih rileks dan santai.  Hal ini sangat berguna untuk menenangkan pikiran sehingga rasa cemas, khawatir, dan was-was tidak terus menghantui anda.  Aroma terapi juga bisa membuat suasana hati kita menjadi terasa lebih damai, santai, dan jauh dari berbagai amarah serta emosi negatif.

Ada berbagai jenis aroma terapi yang bisa anda gunakan untuk mengatasi rasa was-was.  Yang paling populer adalah dalam bentuk lilin yang ketika dibakar memancarkan aroma harum.  Ada juga yang tersedia dalam bentuk dupa serta wangi-wangian yang bisa digunakan untuk berendam.



8.  Berpikir Positif

Rasa khawatir dan takut terbukti bisa diusir dengan pikiran positif.  Berpikir positif bisa menjadi senjata psikologis yang berguna untuk memangkas habis rasa was-was di dalam hati dan pikiran anda.  Pikiran positif juga bisa menjadi perisai yang tangguh untuk mengusir segala bentuk energi negatif yang bisa mendatangkan efek buruk bagi diri anda, baik secara fisik maupun psikologis.

Selalu berpikir positif, bahwa masalah yang sedang anda hadapi akan terselesaikan dengan baik.  Apabila tidak terselesaikan dengan baik pun pasti ada hikmah yang bisa anda petik, dan masih ada berbagai manfaat yang bisa anda dapatkan.  Oleh karena itu, jangan pernah berhenti untuk berpikir positif.




7.  Banyak Beraktivitas, Buat Hari Anda Sibuk



Bamyak-banyaklah beraktivitas sejak anda mulai bangun tidur untuk mengusir rasa was-was.  Pastikan anda memiliki jadwal harian yang padat, dengan banyak aktivitas yang harus dilakukan.  Jangan sampai anda hanya duduk diam termenung, karena hal itu justru sangat berpotensi membangkitkan kembali rasa khawatir di dalam diri anda.

Aktivitas yang padat juga bisa membuat tubuh anda merasa lelah, dan di malam hari anda bisa mendapatkan tidur yang nyenyak.  Tentu saja, tidur nyenyak sangat diperlukan untuk menjaga kesehatan tubuh, dan hal ini sangat terbukti manjur untuk mengatasi rasa khawatir dan takut.



6.  Bermeditasi

Hampir sama seperti aroma terapi, meditasi bisa membuat tubuh anda lebih rileks dan pikiran menjadi lebih tenang.  Bahkan, meditasi juga memiliki efek yang lebih hebat karena mampu membuat pikiran anda terfokus pada suatu hal, membangun pikiran positif, serta meningkatkan rasa percaya diri.  Untuk bermeditasi dengan baik, anda bisa membaca artikel kami, "10 Cara Meditasi Yang Benar".

Tidak perlu berbagai latihan atau kelas khusus untuk melakukan meditasi.  Intinya hanya satu, anda duduk tenang dalam postur tegap selama beberapa menit.  Pejamkanlah mata, cobalah untuk fokus pada satu titik, dan tanamkan sugesti yang positif di dalam diri anda.



5.  Makan Teratur dan Bergizi



Ketika rasa khawatir dan takut melanda, biasanya kita tidak akan memiliki selera untuk makan.  Hal ini sangat keliru, karena makanan yang bergizi dan dikonsumsi secara teratur sangat efektif untuk mengusir rasa was-was.  Ketika perut kita kosong, emosi akan terasa lebih labil, pikiran runyam, dan hal itu membuat kita makin rapuh terhadap berbagai pikiran negatif.

Makan-makanan yang bergizi pada waktu-waktu yang tepat bisa memperlancar fungsi kerja tubuh kita.  Hormon-hormon yang bisa membuat kita tenang dan berpikir positif bisa direproduksi dengan lancar, dan tentunya akan berpengaruh positif bagi kita.



4.  Berterimakasih

Berterimakasih dan bersyukurlah atas semua prestasi dan pencapaian yang bisa anda raih hingga saat ini.  Berterimakasih juga untuk hal-hal kecil yang hingga kini bisa anda nikmati, seperti kesehatan dan kesempatan untuk hidup.  Dengan banyak bersyukur, kita akan lebih mudah untuk berpikir positif, menerima kenyataan, serta merasa puas terhadap berbagai hal di sekeliling kita.

Rasa takut dan was-was biasanya hadir karena kita khawatir tidak bisa memenuhi pencapaian tertentu yang sudah kita targetkan.  Hal ini bisa teratasi dengan mudah jika anda membiasakan diri untuk bersyukur atas semua yang anda terima.



3.  Banyak Senyum



Tersenyum secara psikologis memiliki efek yang sangat baik untuk tubuh kita.  Sebuah senyuman, selain bisa membuat orang lain merasa bahagia juga dapat membuat diri kita merasa damai dan tenteram.  Sebuah senyuman yang tulus bisa mengusir berbagai prasangka negatif orang lain, dan secara tidak sadar juga menghilangkan pikiran negatif dari dalam diri kita.

Oleh karena itu, banyak-banyaklah tersenyum.  Senyuman yang dimaksud di sini tidak hanya senyum yang tampak secara fisik, namun juga yang ada di dalam hati anda.  Jadilah orang  yang selalu bisa berbahagia dalam kondisi apapun, maka hidup anda akan selalu terasa tentram.



2.  Ceritakan Masalah Anda ke Orang Lain


Salah satu cara paling efektif untuk mengusir rasa khawatir adalah dengan membaginya ke orang lain.  Jangan takut untuk menceritakan berbagai masalah yang anda miliki ke orang-orang terdekat seperti keluarga dan sahabat.  Siapa tahu, mereka bisa memberi solusi yang tepat bagi problem anda.  Walaupun mereka tidak memiliki solusi pun, setidaknya mereka akan memberikan support dan rasa empati yang secara psikologis bisa membuat anda merasa lebih tentram.  Jika memang perlu, anda bisa menggunakan jasa profesional seperti konselor atau psikolog.  Yang penting, jangan memutuskan untuk menyimpan sendiri beban anda.



1.  Berdoa

Berdoa dan berbagai aktivitas spiritual lainnya adalah salah satu cara paling ampuh untuk menghilangkan rasa was-was.  Dekatkanlah diri anda pada Sang Pencipta, berdoa, dan lakukanlah ritual doa sesuai dengan kepercayaan anda masing-masing.  Jika perlu, pergilah ke tempat-tempat sakral (tempat ibadah) di mana anda merasa bisa lebih dekat dengan Tuhan.

Berdoa juga bisa membuat kita lebih berserah diri dan ikhlas menerima berbagai kemungkinan yang terjadi di dalam hidup.  Satu hal yang bisa membuat anda jauh dari rasa khawatir:  manusia memang bisa berencana dan berusaha, namun pada akhirnya Tuhan-lah yang menentukan. 

Artikel Lainnya