10 Tips Menghilangkan Rasa Galau

Apakah cara yang paling manjur untuk mengobati rasa galau, sedih, dan murung?  Dalam artikel kali ini, Top10Indo akan membahas tips-tips ampuh untuk menghilangkan rasa galau yang anda alami sampai ke akar-akarnya.  Memang, apapun penyebabnya, rasa galau bisa menimbulkan dampak negatif bagi diri kita, apalagi jika berlarut-larut dalam waktu yang lama.

Pada dasarnya, rasa galau adalah sesuatu yang bisa dihilangkan apabila anda merasa bahagia.  Nah, masalahnya kebahagiaan kita biasanya cenderung tertutupi oleh kabut tebal yang diakibatkan oleh kegalauan di dalam hati.  Namun jangan khawatir, rasa galau bisa diobati dengan cepat dan mudah.  Langsung saja, berikut 10 tips menghilangkan rasa galau:

by Arigulla. DeviantArt.com, Creative Commons



10.  Main game



Bermain game tidak harus berarti game komputer, playstation, dan sebagainya.  Yang dimaksud "game" bisa juga permainan seperti sepak bola, basket, tenis, dan lain-lain.  Berdasarkan penelitian para ahli, aktivitas bermain game ini secara ilmiah terbukti ampuh untuk mengusir rasa galau.  Ini terjadi karena anda fokus untuk memenangkan satu tujuan ketika sedang bermain game.

Yang terpenting, carilah game yang benar-benar anda sukai dan bisa membuat anda lupa waktu.  Namun satu hal pula yang perlu diperhatikan, jangan memilih game yang terlalu sulit karena anda akan justru merasa frustasi, marah, dan pada akhirnya rasa galau justru akan bertambah.



9.  Makan makanan favorit anda

Saat kita merasa galau, terkadang nafsu makan kita justru menurun drastis dan sama sekali tidak memiliki selera untuk menelan sesuap nasi pun.  Ini adalah suatu hal yang justru harus anda lawan.  Ketika perut kita kosong, energi yang kita miliki akan berkurang drastis.  Akibatnya rasa semangat dan kebahagiaan kita berkurang drastis, dan hal ini mengakibatkan rasa galau justru semakin tinggi.

Untuk mengatasinya, paksalah diri anda untuk makan.  Setidaknya, carilah makanan favorit anda sehingga pasti akan lebih mudah untuk menelannya.  Percayalah, ketika perut anda terisi kenyang, semangat hidup anda akan meningkat drastis.  Efek positifnya, rasa galau akan segera terusir dengan cepat.



8.  Berbelanja



Berbelanja bisa disebut sebagai suatu tindakan untuk "menghadiahi diri anda sendiri", dan tips ini terbukti sangat manjur untuk mengusir rasa galau.  Cobalah untuk membeli barang yang anda inginkan, tentu saja masih dalam jangkauan harga yang realistis.  Selain membuat diri anda menjadi lebih bahagia, aktivitas berbelanja juga terbukti dengan cepat mengalihkan pikiran dari sumber kesedihan.

Ketika berbelanja, cobalah untuk menghindari tempat-tempat di mana anda justru bisa mengingatkan anda pada masa lalu yang menjadi sumber kegalauan, misalkan di tempat anda biasa berkencan dengan mantan pacar, atau tempat anda melewatkan makan malam romantis dengannya.  Carilah suatu tempat belanja yang baru, yang benar-benar bisa membuat anda sibuk dan lupa pada berbagai hal yang menggelisahkan.



7.  Tertawa



Cobalah mencari aktivitas di mana anda bisa tertawa lepas.  Tawa adalah suatu bentuk kebahagiaan, dan menurut penelitian para psikolog, orang yang banyak tertawa akan lebih mudah dalam melupakan rasa sedih yang dialaminya.  Cobalah untuk menonton film-film lucu bertema komedi.  Namun hindari film lucu yang bertema romantis, karena hal ini justru bisa mempertinggi rasa galau anda.

Ada banyak hal yang bisa membuat anda bisa tertawa lepas.  Intinya, lakukanlah apa yang anda senangi, dan cobalah untuk sejenak melupakan beban yang ada di pikiran anda.  Konsentrasilah menghadapi hal-hal yang anda sukai tersebut, maka tanpa sadar anda akan bisa tertawa lepas dengan sendirinya.



6.  Berdoa

Mendekatkan diri kepada Tuhan memang sebuah cara yang ampuh untuk menghilangkan rasa was-was, cemas, sedih, dan galau.  Anda bisa mulai berdoa dengan cara berdiam diri, merenung, dan mencoba mendekatkan diri pada Sang Pencipta.  Saat berdoa, cobalah untuk mengikhlaskan semua yang sudah terjadi dalam hidup anda di tangan Sang Pencipta.  Serahkanlah diri anda pada Tuhan dan percayalah bahwa Tuhan Maha Bijaksana dan akan selalu membantu anda menyelesaikan berbagai permaasalahan hidup.  Jika perlu, datanglah ke tempat-tempat ibadah sesuai dengan kepercayaan anda, dan ikutilah berbagai acara keagamaan.  Hal ini terbukti sangat ampuh untuk mengatasi rasa galau.



5.  Pergi ke luar rumah

Ke manapun tujuannya, pergi ke luar rumah bisa mengusir rasa galau dengan sangat cepat.  Cobalah keluar dari kamar anda atau tempat-tempat di mana anda menumpahkan kesedihan dan berbagai pikiran galau.  Cobalah untuk sekedar keluar dari rumah, menikmati udara segar, dan melihat kondisi orang-orang di sekitar anda.  Hal ini bisa membuat anda sadar bahwa anda tidaklah sendirian, dan masih banyak orang-orang di sekitar anda yang juga memiliki masalah yang harus dihadapi.  Jika perlu, cobalah untuk bermalam di luar rumah, dan cari suasana yang baru.  Pikiran anda dengan mudah akan menjadi lebih jernih, dan hati anda juga akan lebih tegar menghadapi berbagai problem.



4.  Mandi



Cara ini praktis, singkat, dan efektif.  Ketika rasa galau sudah benar-benar memuncak dan membuat hati anda merasa perih, cobalah untuk mandi.  Anda bisa memilih mandi dengan air hangat atau air dingin, tergantung situasi, kondisi, dan preferensi.  Ketika mandi, siramlah seluruh badan anda, termasuk wajah, kepala, dan rambut.  Hal ini akan membuat pikiran dan tubuh anda menjadi lebih segar.

Tiga puluh menit selepas mandi, anda akan berada dalam kondisi yang benar-benar fresh.  Manfaatkanlah kondisi ini untuk berdoa atau bermeditasi, atau bisa juga untuk membulatkan tekat dan menegarkan hati dalam menghadapi penyebab kegalauan anda.  Cara ini terbukti sangat membantu mengembalikan semangat dalam jiwa anda.



3.  Menciptakan sesuatu



Percayakah anda bahwa ketika anda sedih, marah, dan galau kreativitas anda justru berada dalam titik puncak?  Ya, ada banyak seniman dan kreator yang bisa menciptakan karya-karya terbaiknya ketika kondisi mentalnya sedang sedih.  Jika anda menonton film The Social Network, anda akan melihat sebuah adegan di mana titik awal Mark Zuckerberg menciptakan Facebook adalah pada malam saat ia diputus oleh gadis yang disukainya.  Intinya, jangan biarkan rasa galau, marah, dan sedih menghancurkan diri anda.  Sebaliknya, gunakanlah hal-hal tersebut sebagai energi positif yang bisa membuat anda menghasilkan sesuatu yang bermanfaat, misalkan novel, puisi, lukisan, lagu, tulisan, desain, atau apapun sesuai dengan keahlian yang anda miliki.



2.  Curhat 

Beruntunglah jika anda memiliki teman yang baik, karena merekalah tempat di mana anda bisa melepaskan rasa galau dengan efektif.  Curhat dengan teman dan membicarakan masalah-masalah yang mengganjal dalam hati anda tak hanya bisa membuat anda merasa lega, namun jika beruntung mereka mungkin bisa memberi masukan dan saran yang berguna.

Yang terpenting, jangan hanya memanfaatkan teman untuk "wadah curhat" atau "tempat sampah".  Anda juga harus selalu siap untuk menjadi pendengar yang baik ketika mereka sedang membutuhkan.  Maka, ketika suatu saat anda memerlukan teman curhat, teman-teman anda dengan tulus dan sepenuh hati akan berusaha meringankan beban yang tersimpan dalam hati anda.



1.  Lupakan, dan Move On!



Tunggu apa lagi, lupakanlah semua hal-hal yang menyebabkan anda galau.  Jika kegalauan anda disebabkan oleh putus cinta, maka cobalah berbagai cara untuk melupakan mantan pacar anda.  Jika anda galau karena berbagai tugas yang menumpuk, maka hadapi dan kerjakanlah tugas-tugas tersebut.  Intinya, anda harus bisa beralih dari kondisi di mana anda hanya sekedar bersedih dan berpikir ke sebuah kondisi baru di mana anda bisa beraksi.  Percayalah, jika anda berhasil move on, maka semua kegalauan yang tadinya begitu memberatkan hati akan hilang tidak bersisa.  Tentu saja, hal ini memerlukan keteguhan hati dan usaha yang maksimal dari dalam diri anda.

Nah, itu tadi adalah tips-tips menghilangkan rasa galau dari kami.  Semoga bermanfaat dan berguna bagi anda.