10 Tips Menambah Tinggi Badan

Adakah tips-tips cepat untuk menambah tinggi badan?  Tentu saja.  Meninggikan badan bukanlah hal yang mustahil dan bisa dicapai dengan berbagai cara, baik dengan cara alami maupun menggunakan stimulan tertentu.  Sudah pasti, tinggi badan yang ideal menjadi impian banyak orang sehingga banyak yang berusaha keras untuk mencapainya.

Jika anda masih dalam masa pertumbuhan, antara 12 sampai 21 tahun, maka anda akan merasakan penambahan tinggi badan secara drastis.  Masa-masa ini adalah waktu yang paling tepat digunakan untuk semaksimal mungkin berusaha meningkatkan tinggi badan.  Nah, apa saja tips-tips yang bisa anda lakukan untuk menambah tinggi badan?  Berikut artikel dari Top10Indo  :

Image Credit : Pixabay.com, Creative Commons



10.  Pahami bahwa tinggi badan sangat ditentukan oleh faktor genetis dan keturunan.

Ini adalah konsep penting yang harus dipahami sebelum anda mencoba untuk meninggikan badan.  Faktor genetis memang sangat berperan besar dalam menentukan seberapa tinggi anda.  Cobalah untuk melihat ke orang tua anda, apakah mereka termasuk orang-orang yang jangkung atau pendek.  Pemahaman ini sangat penting untuk membentuk konsep berpikir anda.

Jika kedua orang tua anda pendek, kecil kemungkinan (walaupun bukan tidak mungkin) anda akan memiliki tubuh tinggi seperti pemain basket.  Namun hal ini belum tentu menghalangi anda untuk menjadi lebih tinggi dari mereka.  Poin yang ingin kami sampaikan di sini, apabila secara genetis anda tidak bisa tumbuh tinggi, jangan khawatir.  Sebagai gantinya, cobalah untuk meningkatkan rasa percaya diri anda sehingga anda akan tampak "tinggi" di mata orang lain.



9.  Hindari bahan-bahan yang mencegah pertumbuhan anda



Ada beberapa hal yang harus anda hindari untuk dikonsumsi, karena bisa membuat proses pertumbuhan anda terhambat.  Bahan-bahan tersebut antara lain  :

-  Kafein  :  Kafein memang tidak memiliki efek langsung untuk mencegah pertumbuhan, tapi zat ini bisa membuat anda susah tidur.  Tidur yang cukup dan nyenyak sangat diperlukan untuk membuat tubuh anda lebih tinggi.

Rokok  :  Berdasarkan dari penelitian Columbia University, merokok bisa menurunkan Body Mass Index dan terbukti dalam sebuah eksperimen, dua anak kembar, yang satu merokok dan yang satu tidak merokok.  Setelah mencapai akhir masa pertumbuhan, si perokok terbukti memiliki tubuh yang lebih pendek.

Steroids  :  Zat yang biasa digunakan untuk memacu pertumbuhan otot ini terbukti bisa membuat pertumbuhan tulang terhambat, kandungan sperma menurun, dan ukuran payudara mengecil.  Oleh karen itu, sebisa mungkin hindarilah konsumsi zat ini.



8.  Tidur cukup

Sama seperti jika ingin menambah berat badan, tidur yang cukup diperlukan untuk menambah tinggi badan anda.  Disarankan untuk setidaknya tidur selama 8 hingga 11 jam dalam kondisi yang benar-benar nyenyak dan tidak terbangun.  Ketika tidur, proses pembentukan zat-zat yang memiliki peranan dalam pertumbuhan tulang tubuh terjadi secara maksimal.

Usahakan selalu untuk tidur di kamar yang nyaman, dengan kondisi suhu udara yang paling nyaman bagi anda.  Pastikan bahwa sekeliling anda bersih dan rapi sehingga anda bisa tidur dengan tenang.  Satu hal lagi, jangan memanipulasi jumlah tidur anda dengan obat tidur atau zat-zat lain yang tidak alami.



7.  Perhatikan pola makan anda



Makan-makanan yang cukup setiap harinya.  Anda juga tidak hanya harus menambah kuantitas makanan yang anda santap, namun juga kualitasnya.  Perhatikan baik-baik apa yang anda santap, pastikan makanan tersebut sehat, bergizi, dan memiliki kandungan zat yang bisa membantu pertumbuhan tinggi badan.  Pastikan juga untuk makan tepat waktu.

Pola makan yang sehat sangat berpengaruh pada pertumbuhan fisik anda.  Pastikan untuk mengonsumsi makanan yang mengandung banyak nutrisi terutama ketika anda memasuki masa pertumbuhan.  Untuk pembahasan yang lebih mendetail tentang pola makan akan kita bahas di poin selanjutnya.



6.  Konsumsi zat-zat yang bisa membantu proses pertumbuhan tulang berikut

-  Kalsium  :  Bisa  anda dapatkan dari produk-produk olahan susu seperti keju, yoghurt, maupun susu segar.  Alternatifnya, anda bisa juga mengonsumsi sayuran yang mengandung kalsium tinggi seperti bayam dan kangkung.

-  Vitamin D3  :  Bahan ini terkandung dalam ikan, telur, dan bisa dibantu dengan cara berjemur di bawah sinar matahari pada pagi hari.

-  Protein  :  Daging, telur, dan susu sangat berguna memacu pertumbuhan tulang anda.  Pastikan untuk mengonsumsi banyak zat-zat tersebut secara rutin dan teratur agar efeknya ke tubuh anda menjadi jauh lebih signifikan.



5.  Jaga kekebalan tubuh anda

Terkadang, adanya berbagai penyakit di masa kecil bisa menyebabkan proses pertumbuhan menjadi terganggu.  Oleh karena itu, sangat penting untuk menjaga sistem imun (sistem kekebalan tubuh) untuk menjaga anda tetap sehat sehingga proses metabolisme tubuh (termasuk pertumbuhan tinggi badan) bisa berjalan dengan optimal.

Seperti yang sudah diungkapkan di poin-poin sebelumnya, kekebalan tubuh bisa dijaga dengan pola makan yang teratur, banyak-banyak beristirahat, dan makan makanan dengan kandungan gizi yang seimbang.  Bila perlu, lakukanlah imunisasi untuk mencegah berkembangnya virus dalam tubuh anda.



4.  Olahraga



Ada banyak konsep yang salah yang beredar di internet, terutama soal berbagai olahraga untuk meninggikan badan.  Satu faktor yang harus anda ketahui, jika masa pertumbuhan anda sudah berhenti (memasuki pertengahan usia 20-an), sekeras apapun anda berolahraga, tubuh anda tidak akan bertambah tinggi.  Namun jika masih dalam masa pertumbuhan, olahraga sangat berguna untuk menstimulasi pertumbuhan tulang dan hormon.

Pilihlah berbagai olahraga yang memerlukan banyak stretching (mengulur) otot-otot tubuh anda, seperti berenang, basket, dan bersepeda.



3.  Perhatikan postur tubuh anda

Anda akan tampak lebih tinggi apabila berjalan dengan postur tegap.  Jangan sampai anda membiasakan postur membungkuk, karena selain tidak sehat, hal ini juga bisa mengganggu pertumbuhan tulang belakang.  Cobalah untuk melihat diri anda melalui cermin (terutama dari samping) untuk melihat apakah selama ini anda berdiri dengan postur tegap atau membungkuk.

Ada berbagai macam olahraga yang bisa dilakukan untuk membiasakan postur tegap.  Push-up  secara teratur bisa membuat badan anda tampak lebih berisi dan jauh dari postur bungkuk, selama dilakukan dengan metode yang tepat dan benar.



2.  Faktor Psikologis (Kembangkan rasa percaya diri)



Percayalah bahwa anda akan tumbuh semakin tinggi.  Sugesti yang diberikan pada diri anda sedikit banyak berperan dalam proses pertumbuhan tinggi badan.  Ada banyak hal yang bisa dilakukan untuk membuat anda lebih nyaman dengan tubuh anda sendiri, tak peduli berapapun tinggi badan anda.  Lakukan semua tips di atas dengan gembira, sehingga motivasi anda untuk meninggikan badan akan lebih besar.

Satu hal lagi, jika ternyata masa pertumbuhan anda sudah berakhir dan ternyata belum mencapai tinggi badan yang diinginkan, jangan merasa minder.  Tinggi badan bukanlah suatu faktor mutlak yang menentukan kesuksesan orang lain.  Ingat sosok Napoleon, jenderal Perancis yang berhasil menaklukkan hampir seluruh Eropa?  Ia ternyata hanya memiliki tinggi badan yagn tergolong pendek.



1.  Konsultasi dokter

Untuk hasil yang lebih maksimal, cobalah untuk mengunjungi dokter dan tenaga medis profesional.  Anda bisa berkunjung ke dokter spesialis tulang atau ahli gizi, dan mereka akan memberi rujukan dan berbagai langkah selanjutnya yang harus dilakukan untuk menambah tinggi badan anda.  Mereka juga mungkin akan menyarankan anda untuk mengunjungi spesialis hormon untuk membantu proses pertumbuhan badan secara maksimal.  Dokter-dokter tersebut kemungkinan juga bisa menemukan berbagai penyebab yang menghambat pertumbuhan anda dan memberikan analisa secara medis.  Yang jelas, ketika anda mengunjungi dokter, pastikan untuk menjalankan semua tips dan saran yang mereka berikan agar tinggi badan anda bisa bertambah secara optimal.