10 Cara Meningkatkan Rasa Percaya Diri

Rasa percaya diri sangat penting untuk dimiliki setiap orang.  Rasa percaya yang tinggi bisa membantu anda untuk sukses dalam pekerjaan, hubungan asmara, studi, serta pergaulan sosial.  Namun, tidak semua orang memiliki rasa percaya diri yang tinggi, bahkan cenderung introvert dan malu untuk mengungkapkan pikiran mereka di hadapan orang lain.  Nah, artikel kali ini akan membahas cara meningkatkan rasa percaya diri sekaligus tips-tips singkat untuk membuat anda merasa yakin dengan kemampuan anda sendiri.  Langsung saja, berikut 10 cara meningkatkan rasa percaya diri versi Top10Indo  :



1.  Pahami Kekurangan Diri Anda, dan Atasilah Kekurangan Tersebut

Rasa percaya diri biasanya gagal muncul karena kekhawatiran anda terhadap hal-hal di dalam diri anda yang menurut anda kurang dibandingkan orang lain.  Kekurangan ini bisa berupa kekurangan fisik maupun psikologis.  Nah, untuk meningkatkan rasa percaya diri, anda harus terlebih dahulu memahami kekurangan diri anda, dan cobalah untuk mengatasi hal-hal tersebut dengan kelebihan anda yang lainnya.  Misalkan anda merasa minder karena memiliki tubuh yang pendek.  Sadarilah kekurangan itu, dan cobalah untuk "berdamai" dengan diri anda.  Gunakanlah kelebihan anda yang lain, misalkan kemampuan anda untuk membuat orang lain tertawa, sehingga kekurangan itu tidak akan membuat anda merasa minder.



2.  Perhatikan Penampilan Anda



Penampilan fisik sangat erat hubungannya dengan rasa percaya diri.  Anda tidak perlu untuk tampil glamor dengan pakaian serba mahal.  Yang perlu anda perhatikan adalah kebersihan dalam penampilan anda serta pilihan busana yang sesuai dengan situasi dan kondisi.  Usahakanlah untuk tampil bersih, dengan baju disetrika dan bebas dari noda.  Perhatikan juga kebersihan kulit, kuku, dan rambut anda.  Gunakan juga deodoran setiap kali anda akan beraktivitas.  Dengan penampilan fisik yang bersih dan prima, maka rasa percaya diri anda akan meningkat dengan lebih mudah.



3.  Perhatikan Postur Tubuh Anda

Percaya atau tidak, postur tubuh yang anda tampilkan secara tidak langsung mempengaruhi kadar kepercayaan diri anda.  Jika selama ini anda cenderung untuk berdiri dalam posisi membungkuk, maka hal ini akan membuat anda mengekang diri anda sendiri untuk unjuk gigi di hadapan orang lain.  Selalu berdiri dengan postur tegap, berjalan dengan mantap, dan pandangan lurus ke depan.  Bahasa tubuh dan postur seperti ini terbukti efektif untuk meningkatkan rasa percaya diri anda.



4.  Berkomunikasilah Dengan Orang-Orang Terdekat Anda



Jangan ragu untuk mengungkapkan kekhawatiran dan ketakutan yang anda alami dengan orang-orang terdekat anda, misal sahabat, keluarga, atau kekasih.  Dengan melakukan hal ini, anda tidak hanya akan mendapat dukungan moral dari orang-orang terkasih, namun juga akan mendapat masukan berguna yang sangat ampuh untuk meningkatkan rasa percaya diri anda,



5.  Belajarlah Dari Kesalahan

Rasa percaya diri anda mungkin tertutupi oleh ketakutan untuk mengulang kesalahan yang pernah anda lakukan di masa lalu.  Untuk mengatasi hal ini, anda justru harus mempelajari lagi kesalahan-kesalahan tersebut sehingga tidak akan terulang lagi di masa depan.  Ingat, tidak ada orang yang sempurna di dunia ini, dan semua pasti pernah melakukan kesalahan.  Yang perlu anda lakukan adalah mengubah pengalaman buruk tersebut dari suatu trauma menjadi sumber motivasi untuk menatap masa depan yang lebih baik.



6.  Sadari Kelebihan-Kelebihan dan Sukses Yang Sudah Anda Capai



Selain menyadari kekurangan-kekurangan fisik maupun psikologis, anda juga harus memahami dengan tepat apa saja kelebihan diri anda.  Ingat-ingat juga berbagai kesuksesan yang sudah anda raih, karena hal-hal inilah yang menjadi sumber kekuatan untuk meningkatkan rasa percaya diri anda.



7.  Bersyukurlah Atas Semua Yang Anda Miliki

Baik itu fisik, non-fisik, material maupun non-material, syukurilah semua yang anda punya.  Berbahagialah dengan apa yang sejauh ini sudah anda peroleh.  Jangan selalu melihat milik orang lain, karena itu justru bisa menumbuhkan rasa iri hati dan membuat anda merasa minder.  Dengan mensyukuri semua milik anda, maka anda akan lebih mudah berdamai dengan diri sendiri dan meningkatkan rasa percaya diri.



8.  Berpikir Positif

Pikiran positif bisa membawa anda ke hal-hal baru yang sebelumnya tidak pernah anda duga.  Cobalah untuk selalu melihat nilai positif dari setiap hal yang anda lakukan, walaupun dalam kondisi yang paling buruk sekalipun.  Dengan berpikir positif, secara tidak langsung anda akan mensugesti diri anda untuk berhasil, dan keberhasilan adalah poin penting yang bisa menaikkan rasa percaya diri.



9.  Bantulah Orang Lain



Dengan membantu orang lain, anda tidak hanya memupuk relasi dan hubungan baik, namun juga bisa meningkatkan rasa percaya diri.  Ucapan terimakasih yang anda terima dari orang lain bisa menjadi sumber energi yang membuat anda lebih yakin akan diri anda sendiri.  Ingat, bantuan tidak harus berupa materi atau uang, namun bisa juga dalam bentuk yang paling sederhana, misalkan memberikan simpati dan menjadi pendengar yang baik bagi kawan yang sedang sedih.



10.  Sadari Konsep Ini  : "Tak Ada Hal Yang Sempurna"



Jangan pernah menjadi orang yang sempurna, karena memang tak ada yang sempurna di dunia ini.  Jangan khawatir jika anda memiliki berbagai kekurangan serta pernah melakukan berbagai kesalahan.  Keinginan untuk menjadi sempurna justru bisa membuat diri anda sendiri tertekan, stress, dan berakibat pada turunnya rasa percaya diri.  Cobalah untuk menerima diri anda apa adanya, sadari kekurangan dan kelebihan anda, maka anda akan lebih mudah dalam meningkatkan rasa percaya diri.