10 Cara Membuat Blog Keren

Bagaimanakah cara membuat blog keren yang dikunjungi oleh banyak orang dan menjadi sumber pemasukan bagi pemiliknya?  Di artikel ini, kita akan membahas berbagai tips dan trik untuk membuat blog yang menarik, cool, berbeda, dan tentunya bisa menarik pengunjung untuk beramai-ramai datang ke blog anda.  Namun hal ini tentu saja memerlukan konsistensi, kedisiplinan, dan sedikit strategi.  Langsung saja, berikut 10 cara membuat blog keren dari Top10Indo  :

Image Credit : Wikimedia Commons



1.  Artikel original

Syarat pertama jika anda ingin membuat blog yang keren dan populer adalah dengan menulis artikel anda sendiri, bukan copy paste dari website atau blog orang lain.  Sekedar informasi, meng-copy paste artikel dari website atau blog lain justru akan berdampak negatif bagi blog anda sendiri, terutama di mata Google.  Bisa-bisa, Google mem-blacklist blog anda dan tidak menampilkannya di hasil pencarian.  Akibatnya, pengunjung blog pun menjadi sepi.

Dengan membuat artikel original, secara tidak langsung anda juga akan belajar menulis dan menuangkan ide. Pada awalnya mungkin akan terasa sulit, namun lama-kelamaan anda akan menemukan bahwa proses menulis akan menjadi mudah dan mengalir seperti air.



2.  Update blog secara rutin



Untuk menjadi sebuah blog yang keren, anda harus secara rutin memposting artikel baru.  Bisa satu artikel per hari, per tiga hari, ataupun satu artikel baru per minggu.  Yang penting, ketika ada pengunjung yang sama mengunjungi blog anda, ia akan menemukan artikel baru untuk dibaca.  Jika seorang pengunjung kembali ke blog anda setelah satu bulan, dan tak menemukan ada sesuatu apapun yang berubah, bisa-bisa ia merasa kapok dan tidak akan kembali lagi.

Mengupdate artikel blog secara rutin juga mempunyai sisi positif di mata Google.  Mesin pencari ini akan menganggap blog anda memiliki konten yang selalu fresh, dan menempatkannya di daftar teratas hasil pencarian.



3.  Tulis topik yang anda sukai dan kuasai

Agar proses menulis secara rutin di blog menjadi menyenangkan, sangat disarankan untuk menulis tentang hal-hal yang anda sukai dan kuasai.  Misalkan anda memiliki hobi menonton anime Jepang sekaligus menjadi fans JKT48, maka ketika harus menulis tentang hal itu anda akan merasa gembira.  Tulisan akan mengalir, dan karena ditulis dari dalam hati maka kualitasnya juga akan bagus.

Dengan menulis tentang topik yang anda kuasai, maka waktu yang diperlukan untuk melakukan riset sebelum menulis sebuah artikel akan lebih mudah.  Ide-ide baru pun akan senantiasa berdatangan menghampiri anda tanpa perlu terlalu banyak berpikir keras.



4.  Manfaatkan jejaring sosial



Gunakanlah sarana jejaring sosial untuk mendatangkan pengunjung di blog anda.  Anda bisa melakukan promosi melalui Facebook, Twitter, Instagram, Youtube, dan masih banyak lagi.  Promosikan blog anda ke keluarga dan teman-teman terdekat, serta catat komentar mereka.  Jika blog anda sudah mulai populer dan didatangi oleh banyak pengunjung secara rutin, jangan ragu untuk membuat Fan Page di Facebook, di mana promosi anda akan lebih tertarget daripada jika anda menggunakan akun pribadi.

Ingatlah satu poin :

Jangan SPAM!

Mempromosikan blog melalui jejaring sosial memang sah-sah saja, tapi jangan melakukan spamming.  Jangan terus menerus mempromosikan blog anda dalam jarak waktu yang singkat.  Jangan pula seenaknya memasang link anda di wall/ grup orang lain jika anda merasa link tersebut tidak ada hubungannya dengan topik yang sedang dibicarakan.  Spamming tidak akan membuat blog anda menjadi populer, namun justru bisa membuatnya dibenci orang lain.  Oleh karena itu, berpromosilah sewajarnya saja.  Percayalah, jika artikel di dalam blog anda berkualitas, maka Google akan secara otomatis mendatangkan pengunjung untuk anda.



5.  Pilih template blog yang unik namun simpel

Saat ini, sangat banyak template blog gratis yang bisa anda download, baik itu untuk Blogger maupun Wordpress.  Pilihlah template yang menurut anda paling unik dan bisa membuat blog anda tampak keren.  Tapi ingat, jangan berlebihan dalam memasang berbagai aksesori di template blog anda.  Usahakan untuk membuat blog tetap unik namun simpel, sehingga perhatian utama pengunjung untuk membaca artikel anda tidak teralihkan oleh template blog yang terlalu ramai.

Jika anda menguasai HTML dan CSS, anda mungkin bisa membuat sendiri template blog yang keren.  Pastikan untuk memilih template yang bisa mencerminkan karakter anda sebagai seorang blogger.



6.  Interaksi dengan pengunjung



Balaslah komentar-komentar dan pertanyaan para pengunjung yang mampir ke blog anda.  Dengan melakukan hal ini, mereka akan merasa dihargai dan tidak ragu untuk berkunjung lagi ke blog anda.  Jangan lupakan juga para visitor yang mampir di Facebook Page blog, beri mereka perlakuan yang sama, jawablah pertanyaan-pertanyaan dan komentarnya.  Gunakan juga kesempatan ini sebagai ajang untuk mendapatkan kenalan dan teman baru.



7.  Tulislah sesuatu yang berguna bagi orang lain

Anda bisa menulis tentang tips dan trik, cara-cara melakukan sesuatu, tutorial, atau sekedar cerita-cerita lucu yang bisa menghibur orang lain.  Yang jelas, pastikan untuk membuat pengunjung anda merasa terhibur dan mendapatkan manfaat tertentu setelah membaca artikel dari blog anda.  Jika mereka merasa senang, pasti blog anda akan kembali dikunjungi.  Jika banyak orang yang merasa senang karena posting anda, maka blog anda akan banyak mendapatkan pengunjung setia yang berkunjung dari waktu ke waktu.



8.  Baca blog-blog yang sudah lebih dulu sukses



Luangkanlah waktu anda untuk belajar dari blog-blog lain yang sudah populer.  Pelajari kelebihan-kelebihan blog tersebut, dan jika mungkin terapkanlah ke blog anda.  Anda bisa juga untuk mencoba mengontak pemilik blog tersebut, untuk bertukar link atau sekedar bertegur sapa.  Semakin banyak referensi anda tentang blog-blog yang populer, semakin mudah pula untuk membuat blog anda menjadi lebih keren.



9.  Pelajari statistik blog anda



Lihatlah statistik jumlah pembaca yang mengunjungi blog anda.  Biasanya, jika anda menggunakan Wordpress atau Blogger, fitur ini tersedia gratis dan sangat mudah dipahami.  Analisa-lah artikel mana yang paling populer dan mendatangkan banyak pengunjung.  Pelajari pula dari mana sumber terbanyak pengunjung yang mampir ke blog anda.  Dengan mengacu pada statistik jumlah pengunjung, maka akan lebih mudah bagi anda untuk menentukan target jangka pendek maupun jangka panjang bagi blog anda.



10.  Luruskan niat dan pola pikir anda

Konsep yang benar dalam membuat blog adalah demikian  :

"Tulis sesuatu yang keren, maka blog anda akan menjadi populer."

dan bukan
"Tulis sesuatu yang populer, maka blog anda akan menjadi keren."

Intinya, anda tidak perlu memaksakan diri untuk menulis sesuatu yang sedang hot dan menjadi tren untuk membuat blog anda menjadi blog yang keren.  Tetap konsisten untuk membuat artikel-artikel keren, original, dibuat dengan akurat, valid, dan sesuai dengan minat dan keahlian anda.


Nah, itu tadi adalah 10 cara membuat blog keren.  Selamat mencoba, dan semoga setelah membaca artikel ini blog anda akan semakin keren.