Top 10 Zombie Game Terbaik

Apa game zombie paling menyeramkan dan seru untuk dimainkan?  Simak daftar 10 game zombie terbaik yang pernah dibuat!

Pecinta game tentu saja sudah tidak asing lagi pada game-game bertema zombie.  Tema ini sangat seru, menegangkan dan asyik karena kita ditantang untuk bisa bertahan hidup dari zombie-zombie haus darah yang gemar memakan manusia.  Satu gigitan dari zombie bisa berakibat fatal karena bisa menyebabkan kita tertular dan ikut berubah menjadi monster kanibal ini.  Nah, berikut adalah 10 serial game zombie terbaik pilihan tim Top10Indo yang layak dimainkan!



1.  Resident Evil



Resident Evil boleh dibilang sebagai "Bapak Video Game Zombie" di dunia.  Game inilah yang menjadi trendsetter game-game zombie lainnya sejak kesuksesan mereka dalam "Resident Evil : Director's Cut", "Resident Evil 2", dan "Resident Evil 3 : Nemesis" di konsol Playstation.  Resident Evil kemudian mulai merambah berbagai konsol lain dengan judul-judul yang berbeda. seperti Resident Evil : Code Veronica dan Resident Evil Dead Aim.  Bahkan sejauh ini, sudah ada 5 film Resident Evil yang dibuat berdasarkan gamenya.

Cerita dari Resident Evil ini berpusat pada usaha para agen khusus untuk memerangi Umbrella Corporation yang mengembangkan virus mematikan yang mengubah hampir semua manusia di dunia menjadi zombie-zombie yang mengerikan.

Serial game terbaru, Resident Evil 6 boleh dibilang cukup revolusioner.  Game yang dirilis untuk XBOX dan PC ini memungkinkan anda untuk memainkan 4 misi cerita berbeda, dengan 7 karakter yang bisa anda kontrol.  Keempat misi ini tidak harus dimainkan secara urut, namun pada akhirnya mereka akan membentuk satu kesatuan cerita yang saling berhubungan.  Empat misi utama yang bisa anda mainkan adalah Leon dan Helena Campaign, Jake dan Sherry Campaign, Chris dan Piers Campagn, serta Sherry Birkin Campaign.  Secara grafis, game ini mengalami peningkatan yang luar biasa.  Gameplaynya juga lebih seru karena terdapat lebih banyak aksi yang bisa dimainkan, seperti berlari dari kejaran monster, mengendarai motor dan kendaraan tertentu, bergelantungan dari satu pesawat ke pesawat lainnya, dan masih banyak lagi aksi seru lainnya.  Walaupun menerima banyak kritik dari berbagai situs game review, saya rasa game ini wajib dimainkan oleh pecinta seri Resident Evil.


Kelebihan  :

1.  Resident Evil memiliki desain karakter yang sangat bagus dan terasa benar-benar hidup, bahkan beberapa dari karakter ini sangat-sangat cantik.  Sebut saja karakter-karakter seperti Jill Valentine, Claire Redfield, Sheva Alomar, Sherry Birkin, dan Ada Wong.  Karakter cowok seperti Leon, Chris, dan Jake juga didesain dengan baik.  Tak salah jika beberapa nama tersebut dinobatkan sebagai karakter game paling berpengaruh sepanjang masa, bahkan dimunculkan di dalam film.

2.  Sistem puzzle/ teka-teki yang cukup menguras otak, terutama di Resident Evil 3 dan 4.

3.  Anda tak hanya menghadapi zombie-zombie biasa, tapi juga monster-monster mengerikan lain hasil mutasi virus, seperti Nemesis dengan rocket-launchernya, atau cacing berukuran raksasa.

4.  Popularitas seri yang sangat tinggi, sehingga selain film Resident Evil anda bisa menemukan produk-produk lainnya seperti komik Resident Evil, novel Resident Evil, dan Cosplay Resident Evil.


Kekurangan  :

1.  Satu-satunya kekurangan dari serial ini adalah cerita yang dianggap terus menerus mengalami penurunan.  Pecinta game Resident Evil sangat kecewa menyambut rilis Resident Evil Raccoon City yang sama sekali tidak ada unsur zombienya.  Selain itu Resident Evil juga dianggap makin kehilangan unsur "Survival" serta "Puzzle" dan cenderung lebih menjadi game action, seperti yang terlihat di Resident Evil 6.  Para fans game ini merasa mereka tidak lagi merasa "takut" dan "tegang" ketika mereka memainkan game horor.  Bahkan karena faktor minus tersebut, Gamespot hanya memberikan nilai 4,5 dari 10 untuk Resident Evil 6.



2.  Left 4 Dead Series



Jika anda mencari game zombie yang benar-benar memuaskan dan asyik untuk dimainkan bersama teman ada, Left4Dead adalah pilihan yang tepat.  Di game ini, anda berperan menjadi seorang survivor di tengah-tengah kota zombie bersama tiga orang teman anda di dalam tim, berusaha untuk menemukan tempat perlindungan (safe house) dan titik evakuasi untuk melarikan diri kota zombie tersebut.

Left4Dead seri pertama dirilis pada tahun 2008, dengan keempat karakter utama Bill (veteran perang Vietnam), Louis (pegawai kantoran IT), Zoey (mahasiswi jurusan perfilman), dan Francis (biker).  Seri keduanya, Left4Dead 2 dirilis pada tahun 2009, dengan gameplay yang lebih seru, monster yang lebih banyak, dan 4 karakter baru yaitu Ellis (mekanik). Coach (guru olahraga di sebuah SMA), Nick (penjudi dan penipu) serta Rochelle (asisten reporter sebuah program TV).


Kelebihan  :

1.  Gameplay yang simpel dan seru.  Tugas anda hanya satu, berlari dari satu titik aman ke titik aman lainnya sambil membunuh zombie sebanyak mungkin yang menghalangi jalan, hingga akhirnya bisa mencapai titik evakuasi (biasanya berupa bantuan kapal atau pesawat terbang).

2.  Memuaskan!  Dalam satu level, anda bisa membantai ratusan zombie dengan berbagai cara :  menembak mereka dengan puluhan macam senjata api, menggunakan senjata hand to hand seperti kapak, gergaji mesin, atau teflon; atau dengan meledakkan mereka dengan bom.

3.  Mengutamakan kerja sama.  Anda harus bekerja sama dengan ketiga anggota tim anda untuk bisa mencapai titik tujuan.  Di sini anda harus saling membantu teman anda yang dikepung monster, atau bersama-sama mengalahkan monster raksasa.  Jika anda asyik berlari sendirian tanpa menghiraukan teman anda, bersiap-siaplah untuk mati atau dikepung ratusan zombie.

4.  Ada berbagai macam tipe zombie yang sangat menarik, seperti "Boomer", zombie super gendut yang bisa memuntahkan cairan yang mengundang ratusan zombie lainnya, "Smoker", zombie yang bisa menangkap anda dengan lidahnya yang super-panjang, atau "Tank", zombie berkekuatan raksasa yang sangat susah dibunuh.


Kekurangan  :

1.  Grafis yang mungkin terlalu sederhana jika dibandingkan dengan game-game keluaran terbaru.

2.  Tidak ada cerita yang berarti, apalagi drama yang melibatkan emosi anda.  Yang ada hanya lari, bunuh, lari, bunuh, dan maju terus ke titik aman.  Setiap karakter juga terkesan sama saja dan tidak mempunyai keahlian khusus.



3.  Dead Island



Dead Island adalah sebuah game zombie keluaran Deep Silver.  Game ini berkisah tentang sebuah pulau bernama Banoi (berlokasi di sekitar Papua Nugini) yang terinfeksi sebuah virus misterius yang mengakibatkan 80 persen populasi pulau ini berubah menjadi zombie.  Anda bisa memilih memainkan 1 dari 4 karakter di game untuk mencari jalan agar bisa keluar dari Pulau Banoi dengan selamat.   Karakter tersebut adalah : Purna (seorang polisi Australia, memiliki spesialisasi menggunakan senjata api), Xian Mei (agen rahasia dari Hong Kong yang sangat ahli menggunakan senjata tajam), Sam B (rapper terkenal asal Amerika, ahli menggunakan senjata tumpul seperti pemukul baseball atau palu raksasa) dan Logan (ahli menggunakan senjata lempar, mantan bintang American Football).


Lanjutan dari game ini diberi judul "Dead Island Riptide" dan akan dirilis pada minggu ketiga April 2013.


Kelebihan  :

1.  Kualitas gambar yang mungkin terbaik untuk game zombie hingga saat ini.  Anda bisa dengan jelas melihat darah yang memancar dari para zombie.

2.  Cukup menyenangkan, terutama ketika membantai zombie.  Jika anda memukul mereka di bagian kaki, maka kaki zombie tersebut akan terpotong putus atau patah sehingga tidak bisa lagi berjalan.  Jika anda memukul bagian tangan, maka zombie tersebut tidak akan bisa lagi menangkap anda.  Jika pukulan anda telak mengenai kepala, maka mereka akan langsung mati.

3.  Sistem senjata yang cukup seru, di aman anda bisa memodifikasi sendiri senjata anda menjadi alat pembunuh yang mematikan.  Misalkan sebuah pemukul baseball yang dikombinasikan dengan kabel-kabel listrik dan baterai untuk membuat para zombie gosong tersengat listrik, dan masih banyak lagi.

4.  Open world!  Artinya anda bisa dengan bebas mengeksplor setiap bagian pulau Banoi sampai anda bosan.  Anda juga bisa memilih misi-misi apa yang ingin anda lakukan, siapa saja penduduk lokal yang ingin anda selamatkan, dan sebagainya.

5.  Sistem level-up.  Setiap karakter anda naik level, maka anda bisa menambah kemampuan mereka untuk bisa lebih survive di dunia zombie.  Anda bisa membuka sebuah skill baru yang seperti menghancurkan kepala zombie secara instan dengan kaki anda, membuka killing moves yang sangat mematikan, menambah kecepatan regenerasi HP, dan sebagainya.  Setiap karakter mempunyai spesialisasi skill yang berbeda satu sama lain.


Kekurangan  :

1.  Dead Island lebih menekankan pada penggunaan senjata hand-to-hand daripada senjata api.  Jadi bagi anda yang lebih suka menggunakan pistol untuk membunuh zombie pasti akan kecewa, karena di game ini pistol tidak akan menjadi senjata yang efektif.

2.  Gameplay yang dianggap membosankan.  Banyak yang mengkritik bahwa misi yang ada di game ini cukup membosankan dan kurang memuaskan, hanya membawa suatu barang dari satu tempat ke tempat lain, atau mengantarkan survivor dari satu titik ke titik lain.

3.  Adanya bug dalam game yang terkesan mengganggu.



4.  The Walking Dead



Game buatan Telltale ini sangat berbeda dan ternyata cukup menarik.  Dikembangkan dari serial komik "The Walking Dead" yang sangat terkenal (begitu juga dengan serial TV-nya), game ini berkisah tentang petualangan Lee Everett di Atalanta, Amerika Serikat yang baru saja terkena wabah zombie.  Dalam perjalanannya mencari tempat yang aman, Lee Everett bertemu seorang gadis kecil bernama Clementine yang ditinggalkan oleh orang tuanya sendirian di rumah.  Lee dan Clementine pun berpetualang bersama dan bertemu dengan survivor-survivor lain, membuat grup untuk menuju ke tempat yang lebih aman.  Dalam perjalanannya, selain ratusan zombie haus darah, mereka juga harus menghadapi keterbatasan makanan, bensin, serangan bandit, jebakan satu grup pemakan daging manusia, atau bahkan teror dari psikopat.

Game "The Walking Dead" ini berbeda dari game-game zombie lainnya.  Di sini, anda hanya akan menggerakkan mouse anda.  Anda akan lebih banyak menghabiskan waktu untuk memilih dialog, memeriksa objek, atau berinteraksi dengan karakter lainnya daripada membunuh zombie.  Singkatnya, mungkin anda akan merasa lebih menonton sebuah film daripada memainkan suatu game.


Kelebihan  :

1.  Andalah yang akan menentukan sendiri perkembangan cerita.  Tiap pilihan dalam dialog yang anda ambil memiliki konsekuensi, di mana anda bisa membuat seorang karakter menyukai dan membantu anda; membuat mereka membenci anda; atau bahkan membuat karakter tersebut terbunuh atau bertahan hidup.

2.  Jalan cerita yang sangat menyentuh.  Anda merasa ada hubungan emosional yang sangat kuat dengan tiap-tiap karakter.  Cerita dalam game ini sangat bagus, bahkan ini adalah satu-satunya game di tahun 2012 yang bisa membuat saya menangis ketika menyaksikan endingnya.


Kekurangan  :

1.  Mungkin bagi anda yang mengharapkan game yang penuh aksi dalam membunuh zombie, game ini bukan game yang tepat untuk anda.  Karena game ini berfokus pada jalan cerita, maka penguasaan bahasa Inggris yang baik mutlak diperlukan untuk bisa memainkan "The Walking Dead".



5.  Dead Rising 2



Satu lagi sebuah game yang benar-benar diperuntukkan bagi anda yang ingin membantai zombie sepuas-puasnya.  Dalam satu layar, anda bisa menemukan ribuan zombie yang berusaha memangsa anda.  Untuk mengalahkan mereka, anda bisa menggunakan berbagai macam senjata mulai dari senjata api, samurai, kapak, hingga senjata-senjata konyol seperti kursi roda, kotak sereal, hingga piringan CD.  Anda bisa menggabungkan senjata-senjata tersebut untuk membuat senjata baru yang lebih mematikan.

Dalam Dead Rising 2, anda berperan sebagai mantan juara motocross.  Anak perempuan anda satu-satunya digigit oleh istri anda ketika kiamat zombie terjadi, dan untuk mencegahnya berubah menjadi zombie, anda harus memberinya obat khusus bernama "Zombrex" beberapa jam sekali.  Misi utama anda adalah menemukan Zombrex untuk putri anda sebelum batas waktu habis, sambil mencoba menyelamatkan survivor-survivor lain di kota dan membawa mereka ke tempat aman.


Kelebihan  :

1.  Gameplay yang memuaskan dan lucu, di mana anda bisa membunuh ribuan zombie dengan berbagai macam senjata.  Sangat memuaskan.

2.  Open world.  Anda bisa mengeksplor hampir semua area di dalam game secara bebas untuk menyelamatkan orang-orang yang terjebak kerumunan zombie.  Atau anda bisa juga sekedar bersenang-senang membantai zombie.

Kekurangan  :

1.  Adanya batas waktu tertentu, di mana anda harus mencari dan memberi Zombrex untuk putri anda setiap beberapa menit sekali, jika gagal maka Game Over. Hal ini tentu membatasi kebebasan anda dalam menjelajahi dunia zombie.

2.  Kurang menyeramkan.  Saya sama sekali tidak takut ketika memainkan game ini, bahkan di beberapa bagian terasa konyol.


6.  Plant vs Zombie 



Game zombie unyu-unyu yang mengisahkan pertarungan antara zombie melawan tanaman.  Yap, di game ini, anda tidak akan menemukan adegan berdarah-darah di mana zombie biasa memangsa manusia.  Dalam Plant vs Zombie, para zombie lebih suka mencoba memangsa tanaman.

Game ini bertipe "tower defense", di mana anda harus mempertahankan benteng anda dari serbuan para zombie dengan menanam beberapa tanaman sebagai penghalang.  Tanaman ini berbeda-beda bentuk dan fungsinya.  Ada yang menembakkan peluru biji-bijian ke arah zombie, ada yang bertugas menghalangi dan memperlambat gerakan zombie, ada juga yang berfungsi sebagai bomber untuk menghancurkan gerombolan zombie secara instan.  Jika anda berhasil bertahan hidup setelah beberapa gelombang serangan zombie, anda bisa lanjut ke level selanjutnya.

Kelebihan  :

1.  Lucu dan tidak mengerikan, dengan grafis 2 Dimensi yang sangat bagus.  Cocok untuk anda yang ingin merasakan sensasi membantai zombie tanpa memainkan game yang penuh darah.

2.  Hampir tersedia di semua platform, baik PC, XBOX, PS2, bahkan smartphone Android maupun iPhone.

3.  Bisa dimainkan sambil lalu untuk membunuh waktu, karena tidak terlalu menuntut konsentrasi.


Kekurangan  :

1.  Mungkin beberapa menganggap game ini terlalu kekanak-kanakkan dan kurang real jika dibandingkan game-game lainnya.



7.  Call of Duty Black Ops : Zombie Mode



Call of Duty adalah sebuah game First Person Shooter di mana anda berperan menjadi salah satu agen rahasia Amerika Serikat dan berperang di berbagai negara, seperti Vietnam, Korea, Rusia, dan Timur Tengah.  Game ini dinobatkan sebagai salah satu First Person Shooter terbaik dengan latar belakang sejarah yang cukup real.  Dalam Call of Duty, ada semacam "expansion pack" di mana anda bisa bermain online dan berusaha menyelesaikan misi dengan membunuh zombie sebanyak-banyaknya.  Bahkan, konon zombie mode ini jauh lebih populer dibandingkan campaign utama Call of Duty.

Zombie dalam game ini seperti zombie dalam Left4Dead.  Mereka mampu berlari cepat dan cenderung untuk memukul anda, bukan menggigit.  Tingkat kesuliatan untuk menyelesaikan misi dalam zombie mode ini pun cukup sulit.

Kelebihan  :

1.  Karena masih merupakan bagian dari Call of Duty, gameplay zombie mode ini pun cukup mirip.  Call of Duty dikenal sebagai game first person shooter yang kontrol maupun frame rate-nya sangat halus dan lancar, sehingga pengalaman anda dalam membantai zombie ini menjadi jauh lebih mengasyikkan.

Kekurangan  :

1.  Hanya bisa dimainkan dalam mode online.  Selain itu, grafis dan detail zombie-zombie dalam game juga kurang tergarap dengan detail.



8.  DayZ



DayZ adalah game online ekspansi dari Arma II.  Game ini bertemakan "survival game", di mana anda harus bertahan hidup di pulau yang penuh zombie.  Sebagai anggota militer, anda bisa mengeksplorasi pulau dengan bebas.  Di dalam game ini, selain mencari senjata, anda juga harus makan secara teratur dan beristirahat agar bisa tetap hidup.  Musuh anda pun bukan hanya zombie, namun juga pemain lain yang mungkin ingin merebut barang-barang yang anda miliki.  Sekali anda mati, maka game over, anda harus mengulang dari awal karena tidak ada sistem check-point dalam game ini.

Anda bisa juga membentuk grup bersama pemain lain.  Di pulau, anda akan menemukan berbagai senjata, bahkan kendaraan berat militer seperti tank yang akan memudahkan anda membunuh para zombie.  DayZ adalah salah satu game zombie paling populer, dan sekuelnya, WarZ juga sedang dalam tahap penyempurnaan.

Kelebihan  :

1.  Sangat realistis.  Anda harus bisa survive dari para zombie dan serangan pemain lain, bahkan juga harus mencari bahan makanan untuk tetap hidup.

2.  Open World.  Anda bebas menjelajahi pulau sesuka anda, tidak ada batasan waktu dan tidak ada batasan area.


Kekurangan  :

1.  Hanya bisa dimainkan secara online.

2.  Tingkat kesulitan yang sangat tinggi.  Di sini anda tidak bisa banyak berjalan biasa, apalagi berlari.  Anda harus merayap-rayap dengan sabar, membunuh zombie dengan suara seminimal mungkin, sambil tetap mewaspadai serangan dari pemain lain.


9.  Red Dead Redemption : Undead Nightmare



Game yang eksklusif dirilis untuk konsol PS 3 ini memang cukup menarik.  Bayangkan saja, anda harus membasmi zombie di awal abad 20, dengan setting kota-kota Wild West ala koboi.  Yap, dalam game bertema open world ini, misi anda adalah menghancurkan kuburan-kuburan yang menjadi tempat tinggal para zombie.  Selain itu, anda juga bisa berburu binatang-binatang yang sudah berubah menjadi zombie, seperti beruang raksasa zombie, rusa zombie, dan panther zombie.  Game ini menghadirkan sesuatu yang benar-benar seru, penuh dengan aksi dan menguras adrenalin anda.  Sayang sekali game ini hanya dibuat untuk PS 3 sehingga kesempatan untuk memainkannya sangat sedikit.


10.  Sniper Elite : Nazi Zombie Army



Sedikit berbeda dengan game-game zombie lainnya, di game ini anda dituntut untuk bisa bertahan dari serangan grup zombie.  Seperti namanya, game sniper ini mengharuskan anda untuk menjaga jarak dengan para zombie dan menembak mereka setepat mungkin di kepala.

Game ini mengambil setting di Perang Dunia II, di mana anda sebagai agen rahasia sekutu harus berusaha menggagalkan "Plan Z" dari Hitler yang saat itu sudah hampir kalah.  Anda berusaha bergerak dari satu kota ke kota lain sambil berusaha membunuh setiap zombie yang anda temui.


Kelebihan  :

1.  Menarik dan memiliki konsep berbeda.  Di sini, ketepatan menembak anda sangat diuji.  Dengan HP yang minimum dan waktu reload sniper yang lama, meleset satu tembakan saja bisa berakibat sangat fatal.  Selain itu, anda juga harus pandai memanfaatkan jebakan-jebakan yang bisa anda gunakan, seperti bom waktu, kawat berduri, ranjau darat, dll untuk memperlambat laju para zombie ini.

2.  Grafis yang memukau.  Jika anda berhasil mendaratkan headshot dengan sempurna, maka akan ada animasi di mana peluru anda menembus tengkorak para zombie dalam gerakan lambat.  Sangat memukau dan kita tak akan pernah bosan menyaksikannya.


Kekurangan  :

1.  Faktor kesulitan yang tinggi, bahkan dalam level easy.  Di game ini anda harus membunuh semua zombie, dan itu agak sulit dilakukan, terutama di level lanjut karena peluru anda sangat terbatas dan HP yang sangat sedikit.

2.  Game ini pada dasarnya hanya terlihat seperti Plant vs Zombie, hanya saja anda melakukannya sendirian dengan pistol.   Anda bergerak dari satu check point ke check point lainnya, menunggu gelombang serangan para zombie, dan jika semua zombie sudah terbunuh maka anda bisa bergerak ke check point lain untuk menunggu lagi gelombang serangan zombie.  Begitu seterusnya hingga akhir game.


Nah, itu tadi adalah 10 game zombie terbaik versi Top10Indo.  Bagaimana dengan anda?  Manakah game yang terbaik menurut anda?  Jangan lupa berikan komentar dan opini anda!