10 Jurusan Kuliah Paling Langka di Indonesia


Tahukah kamu, ada beberapa jurusan kuliah yang langka di Indonesia. Tidak seperti Jurusan Kedokteran atau Ekonomi yang mudah dijumpai di berbagai kampus, jurusan langka ini hanya terdapat di kampus tertentu saja. Jumlah lulusannya pun cenderung lebih sedikit. Padahal, permintaan kerja di bidang tersebut cukup banyak. Penasaran apa saja yang termasuk dalam jurusan langka? Berikut ini adalah 10 jurusan kuliah yang paling jarang ditemui di Indonesia.

10. Teknik Pengairan


Untuk mengelola sumber air, dibutuhkan tenaga ahli yang menguasai bidang tersebut. Hal itulah yang membuat dibukanya Jurusan Teknik Pengairan di Universitas Brawijaya. Selain di kampus tersebut, jurusan yang mirip juga bisa ditemui di Institut Teknologi Bandung dengan nama Teknik Sumber Daya Air. Ilmu yang dipelajari memiliki banyak persamaan.

Selama kuliah, para mahasiswa diajari untuk membangun dan merawat sumber air di lingkungan. Pembangunan tersebut tidak boleh merusak ekosistem alam. Perawatan yang tepat juga perlu dilakukan agar sumber air dapat digunakan dalam jangka waktu panjang. Karena itulah, lulusan Jurusan Teknik Pengairan sering dicari oleh berbagai perusahaan.

9. Seni Peran


Jurusan ini mengajarkan para mahasiswa untuk berakting di atas panggung. Mereka diberi ilmu secara teori maupun praktik. Banyak hal yang harus dipelajari, seperti penulisan naskah, cara merias wajah, hingga cara mengarahkan pemain. Para mahasiswa juga bisa diarahkan untuk menjadi sutradara. Tertarik untuk memelajarinya? Jurusan ini terdapat di Institut Kesenian Jakarta dan Institut Kesenian Yogyakarta.

8. Penerbitan


Suka membaca buku? Mungkin pernah terpikir bagaimana proses pembuatan buku tersebut. Ternyata prosesnya cukup rumit. Mulai dari penulisan, editing, penataan letak buku, hingga desain cover depan dan belakang. Hal-hal tersebut dapat dipelajari di Jurusan Penerbitan. Jika tertarik, daftar saja ke Politeknik Negeri Media Kreatif Jakarta.

Ilmu yang diajarkan di sana tidak terbatas pada proses produksi buku. Para mahasiswa juga diajari untuk menyeleksi naskah, membandingkan hasil cetak, hingga menjual buku tersebut pada para pembaca. Tidak heran apabila lulusan Jurusan Penerbitan banyak dicari oleh perusahaan-perusahaan. Mereka memiliki prospek kerja yang cukup tinggi.

7. Pendidikan Guru SLB


Banyak universitas di Indonesia yang membuka jurusan pendidikan. Biasanya jurusan tersebut adalah Pendidikan Matematika, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Pendidikan Olahraga, dan sebagainya. Tetapi, tidak banyak universitas yang membuka Jurusan Pendidikan Guru SLB. Tidak heran apabila jurusan ini masih langka. Para mahasiswanya diajari untuk mentransfer ilmu pada murid-murid melalui berbagai cara. Yang perlu diperhatikan, para murid tersebut memiliki kebutuhan khusus. Ada yang tunanetra, tunarungu, dan sebagainya.

Karena kondisi setiap murid berbeda, perlakuan guru pun tidak bisa sama. Dibutuhkan penyesuaian di sana-sini agar semua murid dapat menyerap pelajaran dengan baik. Misalnya, murid yang tunanetra perlu dibimbing untuk membaca buku braille. Murid yang tunarungu perlu diajari untuk membaca gerak bibir. Karena hal tesebut sulit dilakukan, dibentuklah Jurusan Pendidikan Guru SLB yang tersedia di Universitas Pendidikan Indonesia. Setelah lulus, para mahasiswa akan menjadi tenaga pendidik di SLB atau lembaga khusus lainnya.

6. Batra


Nama jurusan ini terdengar asing. Batra adalah ilmu yang memelajari pembuatan obat tradisional. Para mahasiswa diajari untuk meracik obat-obat herbal dan mengembangkan pengobatan tradisional baru. Mereka bisa belajar dengan optimal karena Indonesia memiliki berbagai tumbuhan yang langka. Setelah dikumpulkan, tumbuh-tumbuhan tersebut dapat diramu menjadi obat yang menyembuhkan penyakit. Perlu diperhatikan bahwa yang dimaksud obat tradisional tidak berhubungan dengan hal mistis, tetapi hanya berkaitan dengan alam sekitar dan hal-hal yang alami.

Bagaimana dengan prospek kerja setelah lulus? Para lulusan Jurusan Batra memiliki prospek kerja yang cukup tinggi. Mereka sering dicari oleh produsen-produsen obat untuk menciptakan ramuan baru. Selain itu, mereka juga diserahi tanggung jawab untuk mengembangkan produk yang sudah ada. Gaji dan royalti pun akan diterima. Tertarik untuk memelajari bidang ini? Kampus yang menyediakan Jurusan Batra adalah Universitas Airlangga.

5. Seni Musik Bambu


Jurusan yang unik ini mengajari mahasiswa untuk bermain musik. Alat yang dimainkan bukan gitar, piano, atau biola, melainkan alat musik khusus yang terbuat dari bambu. Salah satu contohnya adalah angklung. Supaya menghasilkan bunyi yang indah, alat itu harus dimainkan oleh banyak orang sekaligus. Setiap orang memainkan nada yang berbeda. Jika digabungkan, akan tercipta melodi tradisional yang memukau.

Universitas yang memiliki jurusan ini adalah Institut Seni Budaya Indonesia Bandung. Mereka bertujuan melestarikan dan mengembangkan kesenian nasional. Para mahasiswa dididik untuk mencintai seni tradisional Indonesia. Di Jurusan Seni Musik Bambu, yang dipelajari tidak hanya praktik langsung, tetapi juga teorinya.

4. Transportasi Laut


Indonesia memiliki perairan yang sangat luas. Wajar apabila banyak penduduk yang memanfaatkan transportasi laut. Mulai dari perahu, kapal biasa, kapal selam, hingga kapal pesiar yang mewah. Masing-masing transportasi itu dibuat dengan teknologi yang sedikit berbeda. Dibutuhkan sejumlah tahapan mulai dari pengumpulan material hingga tahap mencoba transportasi yang sudah selesai dibangun.

Karena itulah, dibutuhkan mahasiswa dari Jurusan Transportasi Laut. Jurusan ini sangat langka, hanya bisa ditemui di Institut Teknologi Sepuluh November. Pihak kampus ingin melahirkan para ahli yang bisa mengelola transportasi laut dengan baik dan benar. Tertarik untuk menjadi bagian darinya? Langsung saja survey ke sana.

3. Teknik Nuklir


Di Indonesia, tenaga ahli dalam bidang nuklir masih sangat sedikit. Pendidikan di bidang tersebut juga langka. Satu-satunya Jurusan Teknik Nuklir hanya bisa ditemui di Universitas Gadjah Mada. Jika kuliah di sana, para mahasiswa akan sering belajar Fisika. Sebab, Jurusan Teknik Nuklir berada di bawah naungan Departemen Fisika. Rumus dan hitung-hitungan adalah hal yang kerap dijumpai oleh mahasiswa di sana.

Bagaimana dengan prospek kerja jurusan ini? Karena tenaga ahli nuklir masih sangat terbatas di Indonesia, banyak lowongan kerja yang belum terisi. Para lulusan Teknik Nuklir juga bisa bekerja di luar negeri. Jabatan dan gaji yang diberikan tergantung oleh perusahaan. Tertarik untuk kuliah di sini? Siapkan diri untuk menghadapi perkuliahan yang ketat.

2. Manajemen Industri Katering


Ingin bekerja di bidang kuliner? Tidak perlu kemampuan memasak yang tinggi untuk melakukan hal tersebut. Sebab, posisi yang tersedia tidak hanya koki, tetapi juga manajer pengelola katering. Bisnis tersebut memiliki prospek yang bagus karena banyak permintaannya. Gaji yang diterima pun bisa terus meningkat seiring dengan perkembangan usaha.

Di Jurusan Manajemen Industri Katering, para mahasiswa akan diajari untuk mengelola bisnis kuliner, terutama katering. Jurusan ini hanya tersedia di Universitas Pendidikan Indonesia. Para lulusannya memiliki prospek kerja yang cukup baik. Sebab, setelah lulus mereka bisa langsung menerapkan ilmu-ilmu yang telah dipelajari.

1. Kriminologi


Sepintas, nama jurusan ini terdengar menyeramkan. Jurusan Kriminologi memang berfokus pada bidang kejahatan atau kriminalitas. Para mahasiswa akan diajari secara teori maupun praktik. Mulai dari mengidentifikasi kasus, menangkap pelaku, hingga melakukan penangan saat terjadi kekerasan. Tujuan utamanya adalah menjaga keamanan dan keselamatan masyarakat.

Jurusan Kriminologi tergolong sangat langka. Hanya satu universitas di Indonesia yang memilikinya, yaitu Universitas Indonesia di Jakarta. Jika ingin mendaftar ke sana, bersiaplah untuk menuntut ilmu di ibukota. Bagaimana dengan prospek kerjanya? Lulusan Jurusan Kriminologi bisa bekerja di lembaga-lembaga keamanan.