10 Jurusan Kuliah dengan Prospek Kerja Terbaik


Masih bingung menentukan jurusan kuliah? Ada berbagai jurusan yang ditawarkan oleh kampus-kampus, baik di bidang eksakta maupun non-eksakta. Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan. Salah satu tolak ukur dalam memilih jurusan kuliah adalah prospek kerja setelah lulus. Berikut ini adalah 10 jurusan kuliah dengan prospek kerja terbaik.

10. Matematika


Matematika merupakan landasan banyak ilmu pengetahuan dan teknologi, jadi prospek kerjanya pun lebih luas. Ada banyak perusahaan yang sering membuka lowongan karier bagi lulusan Jurusan Matematika. Dengan ilmu yang dipelajari saat kuliah, para lulusan bisa bekerja di bidang kedokteran, ilmu teknologi, industri minyak dan nuklir, serta berbagai profesi lain di departemen pemerintahan.

Sementara itu, para lulusan yang mengambil fokus studi statistika dapat bekerja di lembaga pendidikan, industri farmasi, pemerintah daerah, perusahaan asuransi dan akuntansi, bank, hingga lembaga riset pasar dan pemasaran. Banyak sekali bukan? Tidak hanya itu, lulusan Jurusan Matematika juga dapat berkarier di lembaga riset yang yang dinaungi oleh lembaga publik maupun pemerintah.

9. Teknik Perminyakan


Berminat di bidang teknik? Pertimbangkanlah untuk mengambil Jurusan Teknik Perminyakan. Bidang tersebut memiliki prospek kerja yang bagus. Para lulusannya bisa bekerja untuk pengeboran sumur minyak dan gas, baik dari segi perencanaan biaya maupun pengujian tanah. Mereka juga bisa dilibatkan sejak tahap pertama, yaitu desain awal pengujian tanah hingga tahap terakhir, yaitu pengeboran.

Di mana tempat bekerjanya? Para lulusan Teknik Perminyakan bisa berkarier di unit pengeboran yang bekerja sama dengan perusahaan minyak, perusahaan kontraktor pengeboran, higga berbagai perusahaan jasa. Mereka bisa melakukan berbagai jenis pekerjaan. Di antaranya adalah memantau kemajuan pengeboran, mengelola keselamatan, dan melakukan perlindungan lingkungan. Tidak heran apabila tawaran pekerjaannya tinggi.

8. Sistem Informasi Manajemen


Di zaman yang maju ini, lulusan di bidang sistem informasi sangat dibutuhkan. Mereka dapat mengelola sistem komputer dalam perusahaan maupun organisasi. Tugas utamanya adalah mengawasi pemasangan, mengecek sistem agar dapat bekerja secara efektif, melakukan transaksi perangkat keras dan lunak, hingga ikut serta dalam pembuatan kebijakan perusahaan tentang standar kualitas sistem.

Oleh karena itu, tidak heran apabila lulusan Jurusan Sistem Informasi Manajemen banyak dicari oleh perusahaan. Pada dasarnya, jabatan mereka dibagi menjadi staf teknisi, programmer, hingga administrator database. Untuk meraih pangkat tinggi seperti manajer, karyawan harus mengumpulkan banyak pengalaman di bidang teknis maupun operasional.

7. Geologi


Siapa sangka, ternyata lulusan Jurusan Geologi sering dicari oleh perusahaan-perusahaan besar. Mereka ditugaskan untuk menganalisis material bumi dan menilai risiko bencana alam. Fokus utamanya adalah memastikan bahwa aspek-aspek geologis di suatu lingkungan tidak akan mengganggu pembangunan di sana. Hal tersebut berkaitan erat dengan keamanan keselamatan pekerja, penghuni, maupun masyarakat sekitar.

Saat kuliah, para mahasiswa Jurusan Geologi belajar menganalisis dan membuat desain pembangunan yang ramah lingkungan. Saat bekerja, kemampuan tersebut sangat penting untuk memberi saran tentang prosedur dan jenis bahan bangunan yang tepat. Dengan penilai tersebut, diharapkan pembangunan di lingkungan tersebut akan aman dalam jangka waktu pendek maupun panjang.

6. Teknik Sipil


Para lulusan Jurusan Teknik Sipil bisa berkarier di bidang yang mencakup desain dan pembangunan berbagai proyek. Pekerjaan utama mereka adalah memastikan agar pembangunan aman dan tepat waktu. Proyek yang dikerjakan biasanya adalah pembangunan jalan raya, pengembangan wilayah pesisir, manajemen sampah, dan rekayasa geoteknik. Banyak bukan? Tidak heran apabila mahasiswa Jurusan Teknik Sipil memiliki prospek kerja yang bagus.

Melalui kerja sama dengan klien, mereka diminta untuk terlibat dalam pembangunan. Mulai dari tahap perencanaan, pengelolaan, desain, hingga pengawasan pembangunan tersebut. Jabatan yang diberikan tidak hanya karyawan, tetapi juga manajer. Gaji yang diperoleh pun menyesuaikan tingkat kesulitan pekerjaan.

5. Teknik Lingkungan


Jurusan ini termasuk dalam daftar 5 besar jurusan kuliah dengan prospek kerja terbaik. Para lulusannya memang sering dicari oleh berbagai perusahaan. Dengan pengetahuan yang diperoleh selama kuliah, mereka diminta untuk membantu memperbaiki lingkungan, contohnya adalah perbaikan kualitas air dan udara. Hal tersebut dilandaskan pada berbagai aspek seperti pengolahan air limbah, polusi air, efek rumah kaca, dan sebagainya.

Klien utama mereka adalah lembaga pemerintah dan organisasi yang berkaitan dengan industri air. Pekerjaan utama yang dilakukan yaitu mengidentifikasi tingkat kontaminasi lingkungan dengan berlandaskan pada penelitian. Lalu, mereka diminta untuk melakukan penilaian tentang dampak negatif kontaminasi tersebut pada lingkungan sekitar.

4. Software Engineering


Masih bingung menentukan jurusan kuliah? Pertimbangkanlah untuk memilih Jurusan Software Engineering. Prospek kerjanya terus meningkat dari tahun ke tahun. Sebab, semakin banyak perusahaan yang membutuhkan ahli di bidang teknologi. Pekerjaannya berfokus pada penciptaan dan pemeliharaan aplikasi perangkat lunak. Hal tersebut dilakukan melalui praktik ilmu komputer, pengelolaan proyek, dan berbagai bidang lainnya.

Selama kuliah, mahasiswa Software Engineering diminta untuk memilih fokus studi. Hal tersebut membuat mereka lebih ahli di bidang tertentu, contohnya bidang game atau aplikasi baru. Kemampuan tersebut berguna saat bekerja. Tugas mereka tergantung oleh kebijakan perusahaan, bisa berupa analisis sistem, desain sistem, atau pengujian sistem.

3. Ilmu Komputer


Jika tertarik pada teknologi, Jurusan Ilmu Komputer adalah salah satu pilihan yang tepat. Setiap tahun, banyak sekali lulusan jurusan ini yang direkrut oleh perusahaan. Biasanya mereka berbisnis di bidang konsultan IT atau penyedia layanan IT. Mereka membutuhkan para lulusan baru yang bisa ditempatkan di bidang telekomunikasi, keuangan, ritel, hingga kedirgantaraan dan pertahanan.

Tidak hanya bekerja sebagai karyawan perusahaan, lulusan Jurusan Ilmu Komputer juga dapat membuka usaha sendiri. Banyak di antaranya yang merintis bisnis di bidang teknologi. Contohnya adalah bisnis di bidang pemrograman, perbaikan bug, penciptaan aplikasi, pengembangan program, dan sebagainya.

2. Biometrics


Jurusan ini mengajari mahasiswa cara membuat perangkat identifikasi otomatis, contohnya aplikasi yang dapat mengenali struktur wajah manusia. Industri tersebut terus tumbuh dalam beberapa tahun terakhir. Tidak heran apabila banyak perusahaan yang mencari tenaga kerja ahli. Mereka dibutuhkan untuk melakukan pengembangan atau penciptaan program.

Biasanya, aplikasi biometrics digunakan untuk mengontrol akses teknologi tertentu. Contohnya untuk membatasi pengguna ponsel, laptop, dan sebagainya. Sistem ini juga bisa digunakan sebagai pengaman tempat tinggal. Untuk menciptakannya, perusahaan membutuhkan karyawan-karyawan yang ahli di bidang biometrics. Bagaimana dengan gaji yang diberikan? Jumlahnya terus meningkat seiring dengan perpindahan jabatan.

1. Biomedical Engineering


Inilah jurusan dengan prospek kerja terbaik! Para lulusan Jurusan Biomedical Engineering bekerja dengan menerapkan teori di bidang teknik dan teknologi bagi kesehatan. Tugasnya adalah mengamati, mendesain, dan mengembangkan produk-produk medis. Contohnya adalah produk untuk mengganti sendi tubuh atau produk untuk melakukan pembedahan.

Para lulusan Biomedical Engineering dapat bekerja di berbagai tempat. Contohnya di rumah sakit, lembaga pelayanan kesehatan, penghasil peralatan medis, hingga tempat-tempat penelitian. Jabatan yang diberikan berbeda tergantung perusahaannya. Yang jelas, lulusan jurusan ini sering dicari begitu mereka lulus.