15 Makanan Khas Negara-negara di Dunia

Dunia ini sangatlah luas, dan berkat perkembangan era globalisasi banyak budaya luar negeri yang merambah masuk ke Indonesia. Salah satunya adalah makanan. Anak muda zaman sekarang sering sekali menyantap beragam masakan-masakan khas dari berbagai negara yang bisa ditemukan di restoran-restoran di Indonesia.

Karena itu berhubungan dengan topik masakan berbagai negara, pada artikel kali ini Top10Indo akan mengajak kamu untuk menilik daftar 15 Makanan Khas Negara-negara di Dunia. Yuk, langsung saja simak daftarnya di bawah ini:

15.  Jerk Chicken (Jamaica)



Mempunyai nama unik, sebenarnya yang dimaksud dengan 'jerk' disini adalah metode masak orang Jamaica dimana ada 2 metode dalam memasak daging, daging kering atau daging yang disiram dengan saus spesial.

'Jerk' adalah gaya memasak asli Jamaika di mana daging kering atau basah direndam dengan campuran rempah-rempah panas. Bumbu-bumbunya secara tradisional digunakan untuk memasak daging babi dan ayam, namun di resep modern mereka memakai campuran rempah-rempah itu untuk ikan, udang, kerang, daging sapi, sosis, domba, sayuran, dan tahu.

14. Kari (India)



Tentunya kita sudah nggak asing lagi dengan masakan yang satu ini. Kari adalah hidangan berkuah asal India yang biasanya dimakan dengan nasi atau roti naan. Dan karena dimasak dengan banyak rempah-rempah, masakan ini mempunyai cita rasa yang tajam dan pedas.

Bumbu dan rempah-rempah yang digunakan untuk membuat kari sangat beragam. Bubuk kari atau masala adalah campuran dari berbagai jenis bumbu dan rempah yang pertama kali dibuat oleh orang Inggris pada zaman Kemaharajaan Britania karena rindu dengan kari India. Sekarang kepopuleran masakan ini telah menyebar ke seluruh dunia dan jenis-jenis karinya disesuaikan dengan selera masing-masing negara.

13. Kimchi (Korea)



Kimchi adalah  asinan sayur hasil fermentasi yang diberi bumbu pedas. Sayuran yang paling sering dibuat kimchi adalah lobak dan sawi. Setelah digarami dan dicuci, sayuran dicampur dengan bumbu yang dibuat dari udang krill, kecap ikan, bawang putih, jahe dan bubuk cabai merah.

Kimchi biasanya diletakkan di meja makan sebagai pendamping masakan mirip acar, namun tak jarang pula kimchi dicampurkan langsung ke dalam masakan seperti nasi goreng atau sup.

12. Rendang (Indonesia)



Siapa sih orang yang nggak kenal masakan khas negara kita sendiri ini? Rendang adalah masakan daging bercita rasa pedas yang menggunakan campuran dari berbagai bumbu dan rempah-rempah. Masakan ini dihasilkan dari proses memasak yang dipanaskan berulang-ulang dengan santan kelapa selama berjam-jam hingga kering dan berwarna hitam pekat.

 Pada tahun 2011, rendang dinobatkan sebagai hidangan peringkat pertama dalam daftar 50 Hidangan Terlezat Dunia yang digelar oleh CNN International. Rendang biasa ditemukan di Rumah Makan Padang di seluruh dunia dan masakan ini populer di kalangan masyarakat Indonesia serta negara-negara di Asia Tenggara.


11. Tom Yum (Thailand)



Tom Yum adalah sup yang berasal dari Thailand. Sup ini merupakan salah satu makanan Thailand yang  populer di dunia. Di Thailand, Tom Yum biasanya dibuat dengan bahan utama udang, ayam , ikan, atau jamur.

10. Sushi (Jepang)



Sushi adalah makanan Jepang yang terdiri dari nasi yang dikepal bersama lauk berupa makanan laut, daging, sayuran yang mentah atau sudah dimasak kemudian dicocol dengan kecap dan wasabi.

Nasi sushi mempunyai rasa masam yang lembut karena dibumbui campuran cuka beras, garam, dan gula. Saat ini tidak hanya di Jepang, di seluruh dunia termasuk Indonesia sendiri pun sudah banyak restoran-restoran yang menghidangkan makanan ini.

9. Haupia (Hawaii)



Haupia adalah dessert puding susu dan kelapa tradisional yang sering ditemukan di Hawaii. Sejak perang dunia II, makanan ini populer untuk digunakan sebagai topping kue putih di pesta pernikahan. Namun sekarang biasanya dessert ini lebih sering disajikan dengan bentuk kotak.

8. Pork Pie (Inggris)



Pork Pie adalah pai daging tradisional khas masyarakat Inggris. Pai ini terbuat dengan isian daging babi cincang yang dibungkus dalam adonan pastry lalu dipanggang. Pai ini biasanya dihidangkan dalam keadaan dingin dan dimakan sebagai camilan atau disajikan bersama salad.

7. Beef Bourguignon (Prancis)




Beef Bourguignon adalah masakan Prancis yang sangat populer. Masakan rebusan ini terbuat dari daging sapi yang dipotong kotak-kotak kecil lalu direbus dalam anggur merah, burgundy, bawang, dan jamur.

Seiring waktu, hidangan ini menjadi standar masakan Perancis.Resep masakan ini bagaimanapun telah mengalami beberapa perubahan  dalam peralatan memasak dan persediaan bahan makanan yang tersedia. Namun  banyak orang yang masih mengikuti cara memasak daging sapi bourguignon otentik yang pertama kali dijelaskan oleh Auguste Escoffier.

6. Pizza (Italia)



Pizza adalah roti berbentuk bundar pipih yang dipanggang di oven kemudian dilumuri saus tomat serta keju mozarella. Biasanya pizza juga ditambahkan bahan-bahan topping sesuai selera seperti sosis, daging, paprika, jamur, dan lain-lain. Makanan ini digemari oleh orang-orang dari segala usia kita bisa mendapatkannya dengan sangat mudah di berbagai restoran-restoran cepat saji atau layanan pesan antar.

 Pizza telah dikenal oleh masyarakat kuno, berbentuk lain dengan pizza zaman sekarang. Pizza yang kita kenal sekarang bermula sekitar tahun 1600dan pizza saat itu tidak dilumuri saus tomat di atasnya. Kemudian pada tahun 1800-an Pizza dengan saus tomat dibawa oleh seorang imigran Italia yang berasal dari Napoli ke New York, Amerika Serikat.

5. Bakpao kukus (Cina)



Bakpao merupakan makanan tradisional Tionghoa. Dikenal sebagai bakpao di Indonesia karena diserap dari bahasa Hokkian yang dituturkan mayoritas orang Tionghoa di Indonesia. Pao itu berarti bungkusan, dan bak itu artinya daging, jadi bakpao berarti bungkusan (berisi) daging.

Pada awalnya daging yang paling lazim digunakan adalah daging babi. Akan tetapi bakpao juga dapat diisi dengan bahan lainnya seperti daging ayam, sayur-sayuran,  selai kacang kedelai, kacang azuki, kacang hijau, dan sebagainya. Kulitnya sendiri  dibuat dari adonan tepung terigu diberi yang diberi ragi lalu di kukus sampai matang.


4. Schwarzwalder kirschtorte (Jerman)




Kue Schwarzwalder kirschtorte atau yang biasa kita kenal sebagai kue Black Forest ini adalah kue khas Jerman yang paling terkenal di dunia. Kue ini terbuat dari bolu coklat yang dilapisi krim segar, serutan coklat dan ceri yang direndam dalam Kirschwasser, schnapps ceri jernih khas daerah Schwarzw√§lder (Black Forest).

Ada beberapa teori yang menyebutkan tentang asal usul kue ini.Pertama, serutan coklat di atas kue mungkin melambangkan Black Forest. Kedua, mungkin karena namanya mengandung kata Kirschwasser yang merupakan ciri khas daerah Black Forest. Ketiga, ada yang mengatakan bahwa namanya berasal dari pakaian tradisional wanita Black Forest yang berwarna hitam dengan blus putih dan topi putih serta bola-bola merah yang dilambangkan oleh buah ceri.

3. Sup Shchi (Rusia)



Shchi adalah sup tradisional Rusia di mana telah dikenal sejauh abad ke-9, setelah kubis diperkenalkan dari Byzantium. Popularitasnya di Rusia berasal dari beberapa faktor. Shchi sangat mudah dipersiapkan karena dapat dimasak dengan atau tanpa berbagai jenis daging.

Bahan-bahan sup ini meliputi daging (terutama babi), kubis, kentang, tomat, wortel, bawang dan rempah-rempah.

2. Sill (Swedia)




Sill adalah asinan ikan hering yang berasal dari Swedia. Meski memiliki arti harfiah asinan, sebenarnya makanan ini lebih menyerupai ikan mentah yang difermentasikan bersama banyak bumbu. Semakin lama disimpan, bumbu tersebut semakin meresap ke dalam ikan sehingga baunya menjadi tajam.

Makanan ini hadir dalam berbagai varian seperti campuran bawang, merica dan tomat, sampai mustard dan biasanya disajikan bersama roti atau telur rebus.

1. Tortilla (Meksiko)



Berdasarkan ilmu asal kata (etimologis), kata tortilla berasal dari kata torta yang berarti sebuah kue bundar. Di Meksiko, Amerika Tengah, Amerika Serikat dan Kanada, tortilla adalah roti pipih tanpa ragi yang terbuat dari jagung giling atau gandum. 

Yang terbuat dari jagung giling adalah tortilla ala Amerika Utara dan banyak dianggap sebagai tortilla yang 'asli'. Faktanya memang tipe tortilla ini telah ada sebelum kedatangan bangsa Eropa di benua Amerika, dan mendapatkan nama 'tortilla' dari orang-orang Spanyol karena kemiripannya dengan kue dan telur dadar tradisional Spanyol.